Yelp adalah situs penilaian dan review pelanggan terbesar yang memperbolehkan bisnis lokal untuk mempromosikan bisnis secara gratis. Perusahaan situs review ini berkantor pusat di San Francisco, California. Mungkin orang-orang Indonesia masih belum terlalu kenal dengan situs Yelp. Nah, ulasan kali ini akan menjabarkan secara singkat dan jelas mengenai Yelp dan mengapa usaha lokal seharusnya punya halaman di Yelp.

Yelp telah berkecimpung dalam bisnis review pelanggan sejak 2004 dan telah berkembang pesat. Yelp adalah salah satu situs ulasan pelanggan paling terkenal yang bagus untuk perusahaan ataupun usaha kecil untuk menargetkan pelanggan lokal. Namun memang, orang-orang Indonesia belum terlalu mengenal Yelp. Tapi kamu bisa memanfaatkan Yelp untuk menargettkan pelanggan bule. Karena memang orang-orang Amerika dan orang-orang asal Eropa sudah tahu Yelp dan selalu menggunakan Yelp untuk mencari bisnis lokal dan ketika sedang melancong ke negara lain.

Yelp bisa kamu jadikan alat yang ampuh untuk memberdayakan pemasaran mulut-ke-mulut dalam bentuk ulasan dari para pelanggan bisnis tertentu yang punya halaman Yelp. Tidak heran kalau cara tersebut memang ampuh karena bisnis lokal yang punya banyak ulasan positif di Yelp dapat dengan sangat mudah mendapatkan pelanggan baru. Jika di Amerika, bisnis yang memiliki banyak ulasan positif di Yelp akan menjadi market leader di lokasi tersebut.

Bagus untuk Bisnis Lokal yang Menargetkan Pelanggan Bule

Ide model situs Yelp ini hadir dengan tujuan untuk membantu orang-orang mengetahui bisnis mana yang bisa dipercaya suatu daerah. Oleh karena itu, Yelp sangat cocok untuk hotel, restoran, kafe, bengkel mobil atau motor, night club, atau jenis bisnis lokal lainnya. Jadi, jika kamu memiliki pelanggan yang senang, kenapa tidak menyarankan mereka untuk membuat review positif di halaman bisnis Yelp kamu. Yelp hadir dengan model komunitas sosial lokal yang para anggotanya saling membantu dan berbagi pengalaman mereka dalam bentuk ulasan pelanggan ketika berlangganan pada suatu bisnis lokal.

Yelp memiliki ratusan juta pengunjung setiap bulan dari seluruh dunia. Dan situs ini lebih dikenal di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Yelp juga menyediakan aplikasi seluler untuk Android dan iOS dan membuat pelanggan lebih mudah untuk menemukan bisnis lokal yang cocok untuk merekan dengan bantuan ulasan-ulasan pengalaman pelanggan. Dan juga gratis untuk digunakan oleh siapa saja. Jadi, jika para bule sedang melancong ke berbagai daerah di Indonesia, kemungkinan besar mereka menggunakan Yelp jika ingin mencari bisnis lokal tertentu. Nah, jika kamu juga pelancong ke negara-negara Amerika atau Eropa, kenapa tidak menggunakan Yelp untuk lebih mudah mendapatkan bisnis lokal terbaik di sana? Mencari informasi bisnis lokal di Yelp dengan bantuan ulasan pelanggan tentang bisnis lokal tertentu menjadi lebih mudah.

Bagaimana Orang Mencari Bisnis Lokal dengan Yelp

Tampilan pencarian bisnis pada Yelp

Yelp adalah media sosial komunitas untuk menilai dan meninjau bisnis lokal di seluruh dunia. Itu berarti, setiap bisnis lokal yang memiliki halaman bisnis Yelp dapat dengan mudah ditemukan oleh penduduk lokal yang ditargetkan. Kemudian, orang-orang yang memiliki halaman media sosial mereka di Yelp dapat langsung meninjau dan menilai bisnis lokal tertentu dan atau merekomendasikannya kepada teman, keluarga, atau siapa pun yang mencari jenis bisnis lokal serupa di Yelp. Ulasan ini semua tentang pengalaman pelanggan atau bagaimana perasaan pelanggan setelah mencoba layanan. Orang-orang yang terdaftar di Yelp menggunakan profil foto pribadi mereka juga disebut sebagai Yelpers. Mereka dapat mendaftar di Yelp secara gratis.

Bagaimana Cara Yelp Membantu Bisnis Lokal

Jika kamu menjalankan bisnis lokal atau usaha kecil-kecilan dan menargetkan orang-orang di kota tertentu, Yelpers yang menggunakan dapat dengan mudah menghubungi kamu dan mereka juga kemungkinan besar akan menilai dan me-review bisnis kamu. Sebagai pemilik usaha lokal cukup mendaftar menggunakan identitas dan foto bisnis asli. Sehingga Yelp dapat mengonfirmasi bisnis lokal kamu. Ulasan (review) dan penilaian positif yang diberikan oleh pelanggan senang kamu otomatis bermanfaat untuk meningkatkan reputasi usaha kamu dan menyarankan kepada Yelpers yang lain.

Begitulah kira-kira bagaimana cara Yelp membantu bisnis lokal. Namun karena di Indonesia ternyata pengguna Yelp bisa dibilang sangat sedikit, tentu Yelp belum cocok untuk diandalkan menargetkan pelanggan asli asal Indonesia. Tapi untungnya, Yelp digunakan oleh hampir satu milyar orang-orang Amerika dan Eropa. Kita tentu semua tahu kalau jumlah pelancong mancanegara ke berbagai destinasi wisata atau pulau terindah di Indonesia semakin bertambah tiap tahunnya. Tentu sebagian besar dari mereka juga menggunakan Yelp untuk mencari tempat belanja, jasa atau usaha lokal yang mereka butuhkan. Dan hal tersebutlah yang menjadi alasan Yelp merupakan situs review bisnis lokal yang bisa kamu manfaatkan untuk menargetkan pelanggan bule. Bahkan sekarang Yelp sedang gencar-gencarnya melebarkan sayap di Filipina, Korea Selatan, dan negara-negara maju dan berkembang lain di Asia. (Sayangnya Yelp belum ada planning mengembangkan marketing-nya di Indonesia).

Halaman bisnis Yelp juga merupakan media yang baik bagi pebisnis untuk memanfaatkan keuntungan pemasaran mulut-ke-mulut. Tapi tentunya ini bermanfaat jika bisnis kamu mendapat banyak ulasan positif. Setiap bisnis lokal yang terdaftar di Yelp juga disebut sebagai pengiklan. Ada pengiklan yang tidak bayar dan ada juga yang berbayar. Namun jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak tampilan di Yelp, kamu dapat mengupgrade halaman bisnis Yelp kamu menjadi pengiklan berbayar.  Halaman bisnis Yelp pengiklan berbayar terpampang di bagian paling atas pada mesin pencari Yelp.

Setiap pengiklan Yelp kemungkinan akan memperoleh ulasan atau review dari pelanggan lokal. Dan mengatur halaman bisnis di Yelp mudah dan gratis. Para pengiklan Yelp juga bisa berkomunikasi dengan pelanggan atau yelpers yang prospektif untuk menjawab smua pertanyaan mereka dan menjelaskan mengenai produk dan jasa bisnis mereka.

Ulasan Singkat Mengenai Yelp

Yelp diciptakan oleh mantan karyawan Paypal, Russell Simmons dan Jeremy Stoppelmen pada tahun 2004. Perusahaan ini berbasis di Amerika Serikat dan hadir dengan tujuan untuk membantu orang-orang menemukan bisnis lokal terbaik di sekitar mereka. Dan membantu bisnis lokal untuk mendapatkan pelanggan lokal yang tepat sasaran. Konsep pemasaran Yelp awalnya adalah jaringan referral berbasis email. Tapi setelah beberapa tahap perkembangan, Yelp tidak lagi menggunakan strategi pemasaran email tersebut. Sebaliknya, Yelp telah mengikuti evolusi informasi dan teknologi dan sudah menjadi berbasis web pada akhir tahun 2005. Dan akhirnya, Yelp sekarang juga menyediakan aplikasi Android dan iOS untuk membuat layanan mereka menjadi mudah dijangkau di berbagai perangkat.

Hingga 2010, Yelp telah menerbitkan lebih dari 4,5 miliar ulasan bisnis lokal dan memperoleh laba yang sangat signifikan, sekitar 30 miliar dolar AS. Yelp pernah mendapat tawaran dari ‘mbah Google, tepatnya $500 juta pada tahun 2009 untuk mengambil alih Yelp. Namun rencana tersebut tidak pernah terealisasi. Dan hingga Maret 2012, Yelp memutuskan untuk menjadi perusahaan dan mendirikan struktur badan hukum bisnisnya yang disebut Yelp Inc. Pada tahun 2014, Yelp menerbitkan lebih dari 71 miliar ulasan bisnis lokal. Yelp.com dikunjungi sekitar 135 miliar kali per bulan dan menghasilkan laba sekitar US $ 377,5 miliar setelah dua dekade mendirikan perusahaan sendiri. (Wikipedia)

Rincian Yelp

  • Nama merek: Yelp
  • Situs resmi: Yelp.com
  • Model bisnis: Situs untuk menerbitkan ulasan dan penilaian pelanggan berbasis situs media sosial dan ada juga yang berbasis aplikasi ponsel.
  • Pengguna: Yelpers
  • Pelanggan: Pemilik bisnis lokal (perusahaan besar, menengah, maupun usaha kecil).
  • Nama perusahaan: Yelp Inc.
  • Total ulasan per 2018: 155 juta ulasan pada akhir kuartal satu 2018.
  • Cocok untuk: Restoran, hotel, klub malam, layanan pijat, bengkel mobil, salon, penjahit, dan model bisnis lokal lainnya.

Semoga ulasan Yelp ini bermanfaat buat! Jika kamu memiliki sesuatu mengenai Yelp untuk dibagikan atau yelpers atau punya pengalaman dalam menggunakan Yelp, kamu boleh berkomentar pada kolom komentar di bawah ini.