Selain Pangandaran Ada 7 Opsi Wisata Pantai Lain di Jawa Barat

Dari sekian banyak lokasi wisata pantai di Jawa Barat, ada beberapa yang cukup terkenal. Contohnya yang paling negtop adalah Pantai Pangandaran.

Tapi ada juga sejumlah wisata pantai lain yang tak kalah menarik dan harus kamu datangi jika ingin menambah pengalaman berwisata kamu di Jawa Barat. Di bawah ini adalah beberapa wisata pantai tersebut.

1. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar berlokasi di wilayah Kampung Wisata Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Merek atau logo wisata pantai ini bermula dari ilustrasi 2 buah batu karang yang sangat besar dengan bermodelkan layar kapal. Di sebelah timur pantai ini ada tumpukan batu karang yang tampak mirip jejak kaki.

Sisi kiri berdimensi 2×1 meter yang disebut dengan Jejak Kaki Kabayan. Beritanya, jejak kaki kakaknya terdapat di wilayah Jampang, Sukabumi. Sekarang, destinasi wilayan ini dan yang lainnya di wilayah Kampung Wisata Sawarna diurus oleh BUMdes Sawarna.

Loading...

Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak menentukan 3 destinasi wisata teratas di Lebak, diantaranya ialah Kampung Wisata Sawarna yang melingkupi destinasi wisata lainnya di wilayah ini, tergolong Pantai Tanjung Layar. Selain itu, Gubernur Banten Rano Karno menuturkan, sirkulasi uang di wilayah Pantai Sawarna menjangkau sekitar Rp5 miliar setiap tahunnya.

Lebih-lebih cuma dalam jangka waku 2 hari, sirkulasi uang di wilayah pariwisata ini menjangkau sekitar Rp1,5 miliar saat liburan Idul Fitri pada 2015 lalu.

2. Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah
Sumber: Pantainesia.com

Pantai Selatan Tasikmalaya yang biasanya disebut dengan pantai Cipatujah. Pantai ini adalah suatu obyek wisata alam yang dilengkapi dengan pesona berbentuk wisata bahari.

Sekarang, di wilayah wisata Cipatujah sudah ada gazebo, kios-kios wisata, zona bermain untuk anak-anah, hotel, dll. Zona Parkirnya juga lumayan leluasa, dan dilengkapi juga dengan wahana tamasya lainnya.

Wisata Pantai Selatan dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya. Luas areanya kira-kira 115 hektar. Berlokasi kira-kira 74 km dari sentral kota Tasikmalaya.

Pantai Tasikmalaya Selatan mempunyai kapasitas wisata yang membentang di jalur pantai Cipatujah hingga Cikalong. Selain destinasi-destinasi wisata yang disebutkan tadi, ada juga objek dan pesona lainnya. Banyak sungai-sungai berukuran lumayan besar yang bermuara di jalur pantainya. Alhasil, pemandangan alam di area tersebut jadi cantik dan sangat bagus untuk dibuat menjadi atraksi wisata.

3. Pantai Cijayana

Wisata laut ini mempunyai luas wilayah kurang lebih sembilan hektar dan dilengkapi berbagai unsur tanah berbentuk pasir halus yang ronanya natural putih agak kecoklatan.

Pantai Cijayana adalah sebuah destinasi wisata yang dilengkapi dengan area pinggir pantai yang memanjang dengan lebar sekitar 200 meter lebih dan panjangnya sekitar 2000 meter. Dan hiasan pandan bidur yang tumbuh alami merupakan tanaman terbanyak di pinggir pantainya.

Kemantapan destinasi wisata ini baik karna level erosinya minimalis, serta memiliki keadaan perairan yang lumayan bagus, misalnya rona air yang biru serta aroma air biasa dan suhu udara yang normal.

Pantai Cijayana biasannya tinggi ombaknya sekitar satu meter, dan daya hembusan anginnya sedang dan cahaya matahari yang juga sedang. Kondisi alam di sekitarnya juga masih belum semua tertelusuri. Poin ini diakibatkan karna destinasi wisata pantai ini belum dijamah oleh bermacam akomodasi terutama akomodasi wisata.

Menyaksikan panorama pantai Cijayana sangat bebas dan tidak terlalu ramai orang. Pantai ini mempunyai waduk minimalis di kawasan pinggir pantainya, dan aktivitas yang dapat kamu lakukan ialah menyaksikan panorama laut, berfoto ria, memancing, rekreasi, jalan santai dan olah raga pantai.

Mengenai pola empunya area wilayah pantai ini ialah tanah kampung yang dikhususkan buat pertanian, bagian lokasi pariwisata, dan umumnya masih berbentuk lahan kosong yang belum diurus.

4. Pantai Sindangkerta

Estetika pemandangan Obyek Wisata Laut yang terdapat di kawasan Kabupaten Tasikmalaya sepertinya tidak komplet kalau belum mampir ke Pantai Sindangkerta. Lokasinya cuma sejauh 4 Km dari Pantai Cipatujah ke bagian Timur.

Wilayah wisata ini cukup pas buat lokasi rekreasi famili ataupun rombongan. Dihiasi dengan pepohonan besar yang subur di tepi pantai dan tiupan lembut angin bahari membuat kenyamanan dan membuat kerasan untuk berekreasi lebih lama di pantai yang satu ini.

Pada destinasi wisata ini akan ditemukan Taman Lengsar maupun Taman Datar, karna ada karang yang datar dan lumayan lebar yang gamblang dipandang jika kondisi laut sedang surut.

Di penghujung karang datar tersebut, pada umumnya dimanfaatkan turis sebagai tempat memancing, karna letaknya yang mengarah ke laut bikin tamu yang gemar memancing sering dapat ikan yang lumayan besar.

Akomodasi yang disuguhkan yaitu ada Gazebo, gerai-gerai berbagai hidangan makanan dan minuman, lokasi untuk memanggang ikan dan hotel Wisma Mutiarasari yang harganya termasuk murah untuk suatu wilayah pariwisata.

Untuk menuju ke lokasi pariwisata ini, kamu bisa memanfaatkan angkutan umum atau Bis Mikrodari Pusat Kota Tasikmalaya yang ongkosnya sekitar Rp20.000. Tiap ganti tahun tepatnya lepas 1 Januari, biasanya dilaksanakan seremoni yang menarik untuk disaksikan, yakni Hajat Lembur Mapag Tahun.

5. Pantai Batu Hiu

Pantai ini populer karena batu karangnya yang besarn, mirip seperti bentuk ikan hiu. Kamu bisa menikmati pemandangan Samudera Indonesia yang indah serta belaian ombak laut yang bersahabat.

Disamping itu, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan pantainya yang paling elok, dekat dengan daerah perbukitan hijau yang dihiasi dengan pohon-pohon pandan wangi.

Hal yang membuat pesona pantai Batu Hiu ini sangat seru untuk dikunjungi ialah lokasinya yang merupakan penangkaran penyu. Pada lokasi wisata pantai ini, kamu bisa memperhatikan dan mendalami serta mengamati bagaimana para peternak penyu tersebut melestarikan penyu di alam aslinya.

6. Pantai Santolo

Pantai Santolo berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini bukan cuma populer karena Jeruk Garut-nya tapi juga karena panorama pantai yang terkenal bagi para pelancong berada di Kabupaten Garut yakni Pantai Santolo.

Berlokasi di kecamatan Cikelet, bagian selatan sentral kota Garut yang juga sering dinamakan dengan Garut Selatan, Garsel maupun Garsela, jarak perjalanannya sekitar 3-4 jam naik kendaraan. Yaiut kira-kira 88 km dari Garut Kota. Lokasi pariwisata ini lumayan populer di kota Bandung dan adalah wilayah destinasi wisata.

Baca juga: Rekomendasi tempat nongkrong di Bandung.

Wilayah Pantai Santolo adalah daerah yang banyak nelayan yang dimajukan menjadi wilayah destinasi wisata yang memikat hati para turis. Sekaligus sebagai wilayah untuk aktivitas para nelayan setempat untuk dijakikan dermaga kapal nelayan maupun perahu-perahu yang terdapat di Pameungpeuk.

Menyaksikan keintahan pemandangan pantai dan alam bahari adalah kegiatan wisata yang bisa diperbuat di daerah ini. Disuguhkan juga dengan bahtera tradisional sewaan khusus untuk turis dalam menikmati goyangan ombak pantai selatan yang lumayan menantang.

Disamping itu para turis jgua dapat menikmati makanan laut yang segar dengan hidangan yang bersahaja. Akomodasi yang diperlukan turis sudah tersedia disana. Misalnya losmen, gerai-gerai buah tangan dengan harga yang relatif murah.

7. Pantai Karang Tawulan

Hawa yang natural dan sepi menyambut ketika bertamasya ke Pantai Karangtawulan. Gemuruh ombak laut selatan yang menerjang batu-batu karang yang menghiasi pantai meronai kelengangan destinasi wisata pantai ini.

Pantai ini dihiasi dengan karang-karang yang curam. Kira-kira tiga ratus meter dari tepi pantai, kamu bisa melihat sejumlah atol maupun pulau karang yang sering dihinggapi beraneka ragam burung.

Pantai Karangtawulan berada di Kampung Cimanuk, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya. Kira-kira 97 Km dari sentral Kota Tasikmalaya dan kurang lebih 40 Km dari Pantai Pangandaran.

Sekitar seratus meter ke bagian timur dari Pantai Kawangtawulan, kamu bisa berkunjung ke Makam Keramat Syekh Abdul Rohman dan Eyang Garuda Ngupuk. Disampinya kamu bisa melihat Goa PArat dan Goa Lalay.

Jika menjejaki kawasan Jawa Barat bagian selatan yang mengkoneksikan Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi dan Pantai Pangandaran Ciamis, kamu boleh singgah ke pantai ini untuk melepas lelah bersama keluarga atau teman-teman kamu.

Pantai nan elok dilengkapi dengan sejumlah gazebo maupun gubuk untuk para turis bisa memandang ke bahari membuat suasana jadi lebih romantis dan kenyamanan saat melakukan perjalanan yang lumayan jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *