TOEFL atau IELTS – Tes Bahasa Inggris Mana yang Harus Dipilih?

Tes bahasa Inggris mana yang harus diikuti, TOEFL atau IELTS?

Kebanyakan orang mungkin lebih familiar dengan istilah TOEFL ketimbang IELTS. Tapi jika ingin kuliah ke luar negeri, perlu mempertimbangkan matang-matang antara memilih tes bahasa Inggris TOEFL atau IELTS. Mungkin kamu juga bertanya-tanya apakah TOEFL lebih penting dari pada IELTS? Tes bahasa Inggris mana yang harus diikuti, TOEFL atau IELTS? Sebelum kita mencari tahu mana yang lebih penting, ada baiknya sekilas meninjau ulang apa itu TOEFL dan apa itu IELTS.

TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)

TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language yang jika diartikan ke bahasa Indonesia, artinya adalah tes Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang dibuat oleh sebuah lembaga yang berasal dari Amerika Serikat bernama ETS (Educational Testing Service). Ada 3 jenis TOEFL, antara lain;

  1. PBT-TOEFL

    Jenis TOEFL yang pertama ini juga sering disebut dengan Paper Based Test TOEFL, yang artinya adalah tes/ujian TOEFL berbasis kertas. Tes-tes TOEFL jenis paper based ini bisa berupa Listening Test, Structure Test, dan Reading Test. PBT-TOEFL diaukui di Amerika Serikat, dan ada beberapa negara tertentu seperti Indonesia yang menggunakan standard TOEFL untuk mengukur tingkat kemampuan bahasa Inggris seseorang.

  2. CBT-TOEFL

    Jenis yang kedua ini adalah singkatan dari Computer Based Test TOEFL. Tes ini diterapkan dengan menggunakan software resmi ETS sebagai media untuk pengujian. CBT-TOEFL juga sering disebut dengan TOEFL berbasis komputer. Jika tes-tes PBT-TOEFL ada 3 bagian, pada CBT-TOEFL tes-tes yang diadakan terdiri dari 4 bagian, yaitu Listening Test, Structure Test, Reading Test dan Writing Test.

  3. iBT-TOEFL

    iBT adalah singkatan dari “internet Based Test” atau di Indonesia sering juga disebut dengan tes TOEFL berbasis internet. Jenis TOEFL ini masih menggunakan komputer, namun tes-tes yang berlangsung diselenggarakan oleh ETS secara online. Walaupun masih menggunakan komputer, tes ini tidak menggunakan software, melainkan tes-tes yang ada disediakan langsung oleh ETS secara online. Ada empat bagian tes, antara lain Listening, Reading, Writing, dan Speaking

IELTS (International English Language Testing System)

IELTS dikelola dan sekaligus dimiliki oleh tiga organisasi, antara lain; British Council, Cambridge English Language Assessment, IDP: IELTS Australia. Ketiga organisasi tersbut dikenal sebagai mitra tes IELTS. IELTS adalah tes kemahiran berbahasa Inggris standar internasional bagi orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Mengikuti tes IELTS umumnya untuk tujuan belajar, bekerja dan migrasi. Adapun bagian-bagian tes yang dilaksanakan terdiri dari empat bagian, antara lain; Listening, Writing, Reading dan Speaking.

TOEFL atau IELTS

Dari kesimpulan di atas, kamu mungkin sudah mulai mendapat petunjung mana yang lebih penting buat kamu, atau tes bahasa Inggris mana yang harus kamu ikuti yang sesuai dengan keperluan kamu. Namun secara umum, dapat disimpulkan bahwa PBT-TOEFL berlaku atau dipakai di Amerika Serikat, dan juga di beberapa negara atau lembaga tertentu yang menggunakan standar PBT-TOEFL sebagai syarat penerimaan anggota baru. Sedangkan iBT-TOEFL sudah lebih banyak digunakan oleh berbagai negara di dunia.

Lalu, mana yang lebih penting buat kamu, TOEFL atau IELTS? Kalau IELTS digunakan lebih luas, dipakai di Australia, United Kingdom, dan negara-negara Eropa lainnya Sedangkan iBT TOEFL juga tidak kalah pentingnya karena dipakai di berbagai negara lain di dunia. Jadi, hal tersebut bisa dibilang relatif, tergantung apa tujuan kamu mengambil tes bahasa Inggris tersebut dan negara mana tujuan kamu.

Loading...

Sebagai persiapan berbagai hal di bidang pendidikan dan pekerjaan baik lokal ataupun ke negara lain, ada baiknya mengambil tes PBT-TOEFL terlebih dahulu. Mengingat bahwa PBT-TOEFL sering digunakan sebagai persyaratan berbagai bea siswa ke luar negeri. Jika hasil PBT-TOEFL kamu bagus, dan kamu ada niat untuk kuliah atau kerja ke negara tertentu, barulah kamu mengambil tes IELTS atau IBT-TOELF.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *