6 Tips Perjalanan Bisnis Agar Lebih Hemat, Sehat, dan Produktif

Jika kamu sering melakukan perjalanan jarak jauh untuk keperluan bisnis, baik sebagai pengusaha atau sebagai representasi perusahaan, kamu tentu tahu bahwa perjalanan bisnis merupakan hal yang melelahkan. Aplikasi atau situs khusus membantu perjalanan sangat bermanfaat, tetapi hal tersebut tidak selalu dapat memecahkan masalah yang sering dihadapi di dalam perjalanan tugas.

Banyak jenis-jenis tugas yang mengharuskan kamu untuk bepergian ke berbagai daerah, bahkan mungkin harus pergi ke luar negri untuk melaksanakan urusan bisnis. Bahkan ada jenis perjalanan tertentu yang mengharuskan travel ke ratusan kota. Memang perjalanan keliling dunia sambil melakukan tugas merupakan kegiatan yang menggembirakan dan bermanfaat, tapi juga melelahkan.

Nah, pada artikel ini kamu akan mengetahui 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas pengalaman perjalanan tugas kamu. Semoga kiat-kiat berikut juga bermanfaat buat kamu.

1. Buat Checklist Travel

Checklist travel adalah daftar segala sesuatu yang kamu butuhkan ketika hendak bepergian untuk dipersiapkan, lalu diperiksa kembali pada hari keberangkatan. Cara ini sangat bermanfaat untuk perjalanan bisnis, apalagi jika kamu sering melakukan perjalanan bisnis. Dan sangat membatu untuk menghindari kelupaan dalam mempersiapkan keperluan perjalanan bisnis. Kita semua bisa lupa, dan memang itu memang alasan yang manusiawi. Akan tetapi, lebih baik kita menghindari kelupaan dari pada nantinya menyesal ketika terlanjur berangkat ke kota lain atau ke luar negri. Dengan memeriksa dan mempersiapkan segala keperluan perjalanan tugas atau bisnis, tentunya dapat mengoptimalkan kinerja sekaligus.

2. Pesan Tiket Pesawat dan Kamar Hotel Lewat Situs Pembanding Harga

Sangat banyak situs atau aplikasi travel yang menawarkan jasa pemesanan tiket pesawat atau booking kamar hotel yang mengiming-imingi harga termurah. Akan tetapi seharusnya kamu tidak berpatokan pada satu situs atau aplikasi saja. Perlu dicatat bahwa dalam melakukan perjalanan bisnis tentunya kita ingin mencari uang. Nah, tentu perlu dong untuk berhemat!

Situs pembanding harga tiket pesawat

Oleh karena itu, cari beberapa situs pembanding harga tiket pesawat dan kamar hotel yang lengkap. Kemudian, tentukanlah mana yang paling murah dan menyediakan jasa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk alasan berhemat dan keamanan, sangat disarankan untuk mencari tiket dan hotel lewat situs pembanding harga yang mereferensikan kamu langsung ke situs peusahaan penerbangan atau hotel yang kamu inginkan.

3. Persiapkan Pil atau Obat

Minum pil atau obat maksudnya disini bukan berarti hal-hal merugikan kesehatan. Melainkan mempersiapkan pil tidur atau pil pereda rasa nyeri dan letih. Mengingat banyak sekali faktor yang membuat kita letih dan pusing ketika sedang bepergian jauh. Terutama sakit kepala yang bisa membuat susah tidur. Oleh karena itu pil tidur sangat diperlukan ketika susah tidur, apalagi untuk perjalanan singkat (satu atau dua jam) dan saat tiba di tempat tujuan langsung kerja. Tentu dibutuhkan kebugaran yang optimal. Akan tetapi, sebisa mungkin hindari pil tidur jika tidak terlalu dibutuhkan.

Sebelum berangkat ke bandara, sebaiknya terlebih dahulu menyediakan paling tidak dua pil atau sachet obat penghilang rasa sakit. Karena berdasarkan pengalaman, saya sering sakit kepala karena dehidrasi, sakit leher kepala tegak terus selama perjalanan, sakit punggung atau lengan karena membawa tas berat, atau sakit perut karena makan tidak teratur. Tentu saja, kesemuanya itu perlu dihindari sebisa mungkin dengan mempersiapkan beberapa obat penghilang rasa nyeri. Selain pil atau obat penghilang rasa nyeri, persiapkan juga suplemen makanan untuk menambah energi.

4. Selalu Bawa Charger dan Power Bank untuk HP dan Laptop

HP dan laptop merupakan gadget penting yang tidak bisa lepas dari aktivitas bisnis kamu saat perjalanan. HP atau Laptop bisa digunakan pada saat menunggu pesawat di bandara atau setelah sampai di kota tujuan. Akan tetapi, sangat merepotkan jika HP atau laptop tiba-tiba mati karena tidak ada power bank. Oleh karena itu, pastikan power bank selalu sedia di tas kamu. Selain itu, usakanlah mengisi daya power bank agar tetap penuh pada saat sedang menunggu keberangkatan pesawat atau sedang mampir ke restoran. Nah, untuk charger HP dan laptop tentu sangat dibutuhkan untuk mengisi daya pada saat tiba di hotel atau di tempat kerja.

5. Gunakan Shoeboxed

Ada banyak hal untuk  diatur sedemikian rupa dalam perjalanan bisnis. Shoeboxed merupakan aplikasi produktifitas untuk keperluan bisnis. Aplikasi ini berfungsi untuk menolong kamu dalam menscan dan mengelola kartu nama partner atau kenalan kamu, menscan fatur, struk atau tanda terima pembelian barang atau makanan, dan juga mendeteksi jarak tempuh perjalanan kamu. Selain itu, Shoeboxed sangat cocok untuk bisnis sekelas perusahaan besar. Dimana tersedia juga aplikasi untuk manager dan karwayan guna mengkelola klaim pengeluaran karyawan atau reimbursement.

Aplikasi Shoeboxed dapat membantu pengaturan kartu nama dan struk pembelian

Nah, untuk karyawan, jika kamu dalam perjalanan tugas berbuan-bulan, tentu alat ini bisa membantu klaim pengeluaran kamu secara cepat dan akurat. Selain dapat membantu pengembalian pengeluaran karyawan, Shoeboxed juga sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis untuk menghindari kecurangan laporan pengeluaran karyawan. Sehingga segala pengeluaran untuk keperluan bisnis kamu semakin tepat guna.

6. Gunakan Yelp

Yelp mungkin tidak terlalu dikelal orang Indonesia. Tapi jika kamu sering tugas bisnis ke luar negri, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mencari alamat toko-toko untuk belanja keperluan kamu atau juga mencari makanan sesuai selera kamu. Yelp sudah sangat dikenal di Amerika, Eropa, dan beberapa negara di Asia (kecuali Indonesia). Banyak bisnis lokal di negara-negara tersebut membuat halaman di Yelp agar sesiapa saja di daerah mereka dapat menemukan alamat usaha, toko, atau bengkel mereka dengan mudah.

Gunakan Yelp untuk mencari nasi pada di New York.

Jika kita belum mengenal suatu kota yang baru saja kita singgahi, tentu sangat menyedihkan pada saat lapar, karena kemungkinan besar makanan di sana tidak cocok. Oleh karena itu, dengan menggunakan Yelp, kamu bisa mencari restoran di kota tersebut yang menyediakan menu makanan sesuai dengan budget dan selera kamu. Dan Yelp juga menyediakan roadmap untuk jalan pintas tercepat mencapai toko atau tempat usaha yang ingin kamu kunjungi.

Nah, sebagai tambahan, terpikir nggak kalau tips perjalanan bisnis yang terakhir tadi menimbulkan ide pemasaran usaha lokal buat kamu? Walaupun Yelp tidak dikenal di Indonesia, tapi kamu bisa memanfaatkan Yelp untuk menargetkan pelanggan bule di Indonesia.

Demikianlah tips perjalanan bisnis yang singkat ini, semoga dapat membantu kamu dalam melakukan aktivitas perjalanan bisnis kamu. Selamat beraktivitas!

1 comment on “6 Tips Perjalanan Bisnis Agar Lebih Hemat, Sehat, dan Produktif

  1. Pingback: 15 Tips Manajemen Tepat Waktu Agar Kamu Lebih Produktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *