Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

7 Tips Mengamankan Router Wifi dari Serangan Cyber

Apakah router Wi-Fi kamu sudah aman dari serangan cyber? Apakah kamu sudah mengamankan router rumah kamu dari hacker? Jika belum, maka artikel ini perlu kamu baca sampai tuntas. Pembahasan kali ini akan mengulas beberapa tips untuk melindungi router Wi-fi dari serangan cyber. Simak pembahasannya di bawah ini.

7 Cara Mengamankan Router Wi-Fi

Apapun model dan merek router yang kamu gunakan di rumah atau di kantor, luangkan waktu untuk menganalisa bagaimana alat tersebut beroperasi dan pastikan tujuh poin berikut sudah diterapkan agar router wifi kamu aman dari serangan cyber. Ketahui juga cara mempercepat koneksi internet WiFi di rumah kamu.

Ubah Kata Sandi Router

Merupakan kelalaian yang fatal jikaa tidak mengubah password router bawaan ketika baru membelinya dari toko. Jadi, kita harus mengubah nama pengguna atau id dan kata sandi  router baru. Karena jika tidak, password default di router kamu bisa ditemukan orang dengan mudah hanya dengan melakukan pencarian di Internet. Jangan lupa juga bahwa password router haruslah kuat dan karakternya panjang dengan mengkombinasikan huruf besar dan kecil, tambahkan angka, simbol dan tidak menyertakan informasi pribadi seperti nama kamu, nama anggota keluarga lain atau tanggal lahir.

Gunakan Enkripsi yang Kuat di Jaringan Wi-Fi

Kebanyakan orang biasanya menggunakan router sebagai hotspot Wi-Fi untuk menghubungkan gadget, laptop atau PC desktop secara nirkabel di rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jenis enkripsi yang menjamin tingkat keamanan cyber yang tinggi. ESET merekomendasikan agar menolak modalitas sebagai WEP, karena tipe tersebut akan mengekspos router kamu ke peretas dan memilih enkripsi yang lebih aman sebagai WPA2, mengamankannya dengan kata sandi yang kuat.

Jangan Menyiarkan Jaringan Internet Kamu ke Publik

Registrasi WiFi dikenal dengan SSID dan dikonfigurasi secara default oleh pabrikan produsen WiFi tersebut. Nah, SSID tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi model router tertentu dan penyedia Internet apa yang digunakan. Informasi tersebut digunakan penyerang cyber untuk mengetahui kerentanan apa yang cocok digunakan untuk menyerang keamanan perangkat dan mengakses jaringan WiFi. ESET menyarankan pengguna untuk mengubah SSID router dengan pilihan yang lain dan menyembunyikannya. Sehingga tidak terlihat oleh perangkat apapun yang mencari jaringan Wi-Fi untuk terhubung. Dengan cara ini, pilihlah konfigurasi koneksi secara manual di semua gadget yang gunakan.

Loading...

Nonaktifkan Kayanan dan Fitur yang Tidak Digunakan

Sangat dianjurkan agar menonaktifkan semua fungsi yang tidak sedanga digunakan dan menggunakan teknik pemindaian untuk menentukan port dan layanan mana yang terbuka. Tidak disarankan untuk mengizinkan perangkat terhubung dengan mudah ke jaringan nirkabel menggunakan fungsi WPS tanpa mengetahui kata sandi Wi-Fi. Karena fungsi tersebut memungkinkan hacker mengeksploitasi kelemahan dalam implementasi WPS. Bagus juga meningkatkan keamanan dengan menonaktifkan administrasi jarak jauh jika kamu tidak menggunakan WiFi dari luar rumah atau kantor, serta memeriksa bahwa layanan administrasi dilakukan pada protokol yang aman seperti SSH atau HTTPS.

Pisahkan Perangkat

Manfaatkanlah fungsi yang disediakan oleh router modern dan buatlah jaringan yang berbeda untuk tujuan yang berbeda. Sehingga membuat perangkat yang paling sensitif tidak terekspos. Manfaatkan juga fungsi firewall yang memungkinkan kamu menganalisis lalu lintas keluar masuk perangkat dan menentukan koneksi mana yang diizinkan dan mana yang tidak diizinkan. Opsi lain yang bagus untuk keamanan WiFi, kamu bisa memisahkan perangkat yang sensitif dari perangkat yang lain atau memilih perangkat mana yang ingin kamu bagikan saat ada tamu di rumah dan mana yang harus terisolasi. Misalnya memisahkan konsol game dan PC dari perangkat terkecil lain yang terhubung ke jaringan.

Amati Perangkat Mana yang Terhubung ke Jaringan WiFi Kamu

Untuk mendeteksi perilaku aneh atau koneksi yang mengganggu, perlu mengetahu seberapa banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi kamu. Mengamatinya bisa dengan mengidentifikasi peralatan, membuat nama khusus untuk setiap perangkat dan memonitor jaringan internet di rumah atau kantor kamu secara berkala. Selain itu, disarankan agar memeriksa apakah router sudah diperbarui dengan benar atau masih terdapat kerentanan. Baca juga artikel lain mengenai penguat sinya WiFi terbaik agar koneksi jaringan di rumah atau kantor kamu cepat.

Perbarui Firmware

Perlu diingat bahwa router yang kamu gunakan memiliki sistem operasi tersendiri. Jadi, perlu juga memperbarui atau mengupdate nya secara berkala demi memperbaiki bug dan kerentanan yang mungkin ada di versi lama. Di sisi lain, ingat juga agar memeriksa situs web produsen router kamu secara teratur untuk mencari apakah ada pembaruan firmware untuk versi router yang kamu gunakan. Jika kamu terlanjur menginstal firmware yang rentan, pilihlah salah satu firmware open source yang tersedia, yang juga dapat memberikan fungsi tambahan ke router yang kamu gunakan.

Demikianlah tujuh cara yang dapat mengamankan router WiFi yang kita gunakan di rumah atau di kantor. Mengamankan router WiFi berguna untuk mencegah peretasan atau berbagai serangan cyber. Semoga artikel ini membantu untuk mengamankan router yang kamu pakai. Jika kamu menghadapi masalah lain, silahkan berkompentar di kotak komentar di bawah ini.

Apakah kamu juga tahu titik keamanan router yang lain untuk ditambahkan ke artikel ini? Jika adam silahkan bagikan juga kepada pembaca kami di kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *