Desain Interior: Tips Menata Ruang Keluarga Agar Lebih Nyaman

Tombol berbagi:

Ruang keluarga kerap kali bisa jadi kurang nyaman karena terlalu banyak barang, perabotan atau furnitur. Maka akibatnya, ruang keluarga akan terlalu sesak dan tidak akan nyaman untuk di tempati. Dan jika kamu mengalami hal seperti ini, mari simak tips menata ruang keluarga agar lebih nyaman.

Ruang keluarga yang memiliki fungsi terlalu banyak malah bisa jadi seperti toko serba ada kelihatannya. Banyak fungsi berarti terletak terlalu banyak perabotan atau furnitur di ruang keluarga tersebut. Dan tentu saja ruangan akan menjadi sempit dan kurang nyaman. Jangankan untuk bisa duduk bersandar dan menyilangkan kaki sembari menonton televisi, sandaran sofa saja tidak akan bisa difungsikan semestinya, karena berhimpit dengan meja atau barang lain yang terletak tepat di belakangnya. Akhirnya, yang tadinya diharapkan agar bisa menonton dengan nyaman malah bisa jadi terganggu karena terhalang oleh rak buku, contohnya.

Tips Menata Ruang Keluarga

Tentu banyak alasan bagi pemilik rumah untuk menaruh banyak perabotan atau barang di ruang keluarga. Dan biasanya juga karena banyak kegiatan yang akan di lakukan di ruangan tersebut, mulai dari menonton televisi, membaca, sekedar berbincang-bincang, makan, minum, ata juga sekaligus tempat bermain anggota keluarga yang masih anak-anak. Ruangan yang sempit juga kerap kali di jadikan alasan. Faktor seberapa besar luas ruang bukanlah hal yang paling utama. Ruangan yang terbilang luas pun akan bisa terlihat sempit karena menghimpun terlalu banyak barang di dalam satu ruangan. Sangat banyak manfaatnya jika menyingkirkan barang atau furnitur yang menurut kamu tidak terlalu penting. Kemudian, utamakanlah untuk menaruh barang-barang yang menurut kamu memiliki fungsi di area ruang keluarga.

Oleh karena itu, untuk mencari tahu fungsi-fungsi utama apa yang seharusnya ada di ruang keluarga kamu, dapat di evaluasi dari aktifitas rutin setiap anggota keluarga kamu pada saat berada di ruang keluarga. Contohnya, sofa dan Televisi merupakan barang-barang yang paling utama dan harus ada di ruang keluarga kamu. Dan apabila menonton televisi memang  merupakan kebiasaan yang hampir setiap hari anggota keluarga gamu lakukan pada ruang keluarga tersebut.

Ruang yang berantakan bisanya dikarenakan oleh tidak tersedianya tempat yang pantas untuk menyimpan barang-barang tertentu. Disamping kelihatannya tidak teratur sedemikian rupa, tentu akan sangat menyulitkan bagi kamu dan anggota keluarga untuk mencari barang pada saat butuh untuk menggunakannya. Dan ada baiknya untuk memilih perabot yang berfungsi ganda agar lebih efisien tempat dan juga bisa digunakan untuk fungsi lainnya.

Jika tidak memperhitungkan luas ruangan ketika hendak membeli barang atau perabot tertentu, juga akan berpotensi membuat kewalahan pada saat ingin menata dan meletakkan barang atau perabot tersebut. Membeli barang karena fungsinya memang merupakan pertimbangan utama buat kamu, tapi seharusnya juga perlu mempertimbangkan estetikanya. ‘’ Sesuai besar atau kecilnya barang atau perabotan yang ingin kamu beli dan carilah barang atau perabot yang tidak terlalu boros tempat, sehingga akan menyisakan tempat untuk barang yang lain.

Apabila luas ruang keluarga kamu sangat terbatas atau minimalis, sebaiknya jangan menggunakan furniture yang terlalu besar. Tapi ada baiknya menggunakan furniture custom, yang biasanya pembuatannya di pesan terlebih dahulu. Kemudian, besarnya dapat di sesuaikan dengan ukuran ruang keluarga kamu.

Ada cara yang sistematis untuk menentukan apakah proporsi barang-barang atau furniture di dalam suatu ruangan sudah ideal atau belum. Yaitu, luas total furniture seharusnya lebih dari setengah dari total luas ruangan tersebut. Luas ukuran perabot atau furniture yang biasanya di hitung menggunakan rumus mencari luas; panjang x lebar. Dan semua benda-benda yang ada di dalam ruang keluarga kamu, termasuk sofa, meja besar, meja kecil, dan lain-lain. Jika model ruang keluarga kamu tergolong model minimalis, kamu bisa memakai pintu geser untuk menghemat tempat.

Bagi rumah dengan anggota keluarga yang banyak , di banding membeli banyak kursi sesuai dengan jumlah anggota keluarga , maka lebih baik gunakan saja furnitur yang bisa di alih fungsikan sesuai dengan keperluan . ‘’ Misalnya , penggunaan sofa bed , ketika dialih fungsikan sebagai sofa biasa , dan bisa untuk menampung tiga orang , dan juga bisa di letakkan di pojok ruangan yang kosong .Lalu ketika seluruh anggota keluarga telah berkumpul , maka sofa bed akan bisa di buka dan di fungsikan seperti dipan yang empuk , ‘’ juga saran dari pada Rina .

Maka salah satu strtegi agar ruang keluarga tidak terlalu sesak , adalah dengan tidak membuat partisi dengan ruangan yang ada di sebelahnya . Namun , bisa juga dengan menggunakan karpet yang ada di depan televisi , di bandingkan dengan menaruh banyak kursi .

Nah, berikut ini adalah tips desain interior untuk menata ruang keluarga kamu.

Pilih Furnitur yang Multi Fungsi

Agar ruangan tidak penuh sesak karena banyaknya aktivitas dan barang , maka sebaiknya pilihlah furniture yang bisa berfungsi ganda , misalnya meja yang bisa untuk di gunakan menaruh televisi dan laci – lacinya , untuk buku – buku atau pun mainan anak – anak .

Pilih Furnitur yang Tidak Terlalu Memakan Tempat

Sebelum membeli sebuah furniture untuk ruang keluarga , maka perhatikan dan ukur terlebih dahulu , apakah furniture tersebut tidak akan membuat ruangan terlihat sempit . Lalu perhatikan juga dari nilai estetikanya dan jika akan menempatkan furniture itu di ruang keluarga .

Taruh Barang-Barang yang Tidak Perlu di Ruang Keluarga pada Ruangan Lain

Lalu jika barang yang harus di tempatkan di ruang keluarga memang sangat banyak , dan sementara ruangan sudah sangat sesak , maka sebaiknya taruh sebagian barang yang tidak terlalu penting atau yang tidak terlalu di perlukan , di ruangan yang terdekat dengan ruang keluarga agar jika suatu saat di perlukan akan mudah unuk diambil .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *