Tips Membeli Laptop Bekas dengan Harga Murah Berkualitas

Desain Lenovo Legion Y530 sangat elegan

Kita bisa menikmati berbagai keuntungan jika tau cara memberi laptop bekas murah berkualitas. Perlu memperhatikan beberapa hal dalam membeli laptop second. Karena kita tentu saja tidak mau menyesal setelam membeli laptop bekas tapi ternyata ada komponennya yang rusak atau belum lama dipakai sudah rusak total.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setelah membeli laptop second, pada artikel kita akan mengulas sepuluh tips memilih laptop bekas yang tidak hanya memiliki spesifikasi tinggi, tapi juga berkualitas. Jika berbicara mengenai kualitas laptop maksudnya seberapa lama sisa masa pakainya. Adapun sisa masa pakai laptop bekas dilihat dari sisi teknologi komponen hardware yang terpasang (generasi CPU, Motherboard, RAM dan VGA) dan kondisi komponen harware itu sendiri.

Cara Membeli Laptop Second

Cara membeli laptop bekas tidak sama dengan membeli mobil bekas. Karena industri hardware komputer selalu memproduksi dan memasarkan komponen-komponen komputer yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan generasi hardware sebelumnya. Misalnya, tidak semua generasi processor Intel core i7 keluaran lama lebih canggih dibandingkan dengan Intel core i5 generasi terkini. Dan kalau kita perhatikan dengan seksama, produsen hardware mengiklankan produk hardwre generasi baru mereka sedemikian rupa agar seolah-olah menjadikan model hardware keluaran sebelumnya seperti sudah jadul.

Satu hal yang lebih menjengkelkan lagi, produsen hardware memblokir upgrade perangkat keras dari generasi yang lama ke generasi yang paling baru, walaupun pengguna hanya ingin upgrade satu kelas saja. Contohnya jika kita ingin upgrade dari processor dari generasi Kaby Lake (gen 7) ke Coffee Lake (gen 8). Kita tidak bisa hanya membeli processor gen 8 nya saja. Tapi juga harus membeli motherboard terbaru yang kompatibel dengan CPU gen 8. Belum lagi motherboard khusus CPU gen 8 semuanya hanya kompatibel dengan RAM DDR4, kalau kita upgrade CPU ke gen 8 harus juga ganti RAM DDR 3 kita. Direkomendasikan untuk dibaca juga; Cara memilih processor.

Atau ada produsen yang menjual hardware model terbawah yang gampang rusak dan hanya bertahan dalam pemakaian beberapa tahun saja. Strategi tersebut seperti memaksa orang-orang awam yang kurang mengerti teknologi komputer merasa takut membeli produk-produk laptop dengan generasi lama atau laptop bekas.

Loading...

Nah, seharusnya kamu tidak perlu takut membeli laptop bekas. Tetapi perlu juga tahu bahwa mesin laptop bekas tidak sesempurna mesin laptop baru. Jadi, perlu melakukan beberapa penelitian dan mengerti pengetahuan-pengetahuan dasar yang diperlukan agar bisa memilih laptop bekas yang sesuai dengan kebutuhan. Tips membeli laptop bekas yang akan kita ulas disini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri, ditambah beberapa tips dari beberapa bengkel laptop yang pernah saya kunjungi.

Mencari Laptop Bekas Terbaik

Tentukanlah laptop seperti apa yang kamu inginkan. Banyak orang menginginkan teknologi komputer terbaru yang heboh di pasaran. Kalau bisa dapat laptop second keluaran terbaru dengan harga murah sih mujur bener tuh nasib. Tapijangan terlalu berharap dapat yang jauh lebih murah dari harga barunya. Sebaliknya, carilah beberapa laptop bekas terbaik keluaran satu hingga tiga tahun lalu. Laptop yang memiliki komponen 3 tingkat lebih rendah dari generasi terkini biasanya bisa melakukan tugas yang sama seperti yang dapat dijalankan model hardware keluaran terbaru. Sebagai bonus tambahan, kamu juga dapat mencari laptop yang sudah terinstal OS dan beberapa software yang sangat diperlukan untuk pekerjaan. Atau jika kamu adalah gamer, carilah orang yang menjual laptop yang dilengkapi dengan banyak game. Atau juka kamu adalah seorang pelajar, ketahui juga cara memilih laptop untuk pelajar.

Pilih Tempat Membeli

Tentukan toko dimana kamu akan membeli laptop bekas yang murah. Jika bisa mendapatkan laptop bekas pemakaian pribadi jauh lebih bagus. Akan tetapi tanyakan terlebih dahulu apa alasan pemilik menjualnya. Jika alasan pemilik ingin ganti laptop, maka kemungkinan besar kondisi laptopnya masih mulus. Usahakanlah COD jika pemilik menjual dengan harga yang sangat jauh dari pasaran laptop bekas dengan specs sekelas.

Ada berbagai opsi dimana kita bisa membeli laptop bekas. Ada toko online atau ada juga toko khusus menjual laptop bekas, ada juga pemakai pribadi yang memasang iklan di situs-situs marketplace. Utamakanlah mencari laptop bekas dari pemakaian pribadi. Karena biasanya harganya jauh lebih murah dibandingkan dari toko khusus jual laptop bekas. Dan toko seperti itu sering menjual laptop yang sebelumnya mati total tapi dibandrol dengan harga yang tidak masuk akal. Akan tetapi ada untungnya juga jika beli dari toko laptop bekas, yaitu berupa garansi toko. Kalu opsinya harus membeli laptop bekas dari luar daerah kamu, carilah toko online yang menyediakan jaminan keamanan transaksi. Karena jika seandainya barang yang dikirim ternyata tidak berfungsi atau tidak sesuai dengan deskripsi iklannya, kamu diperbolehkan koplain untuk meretur barang dan uang kamu akan kembali seutuhnya.

Periksalah Kondisi Fisik Laptop

Seperti yang disebutkan pada tips sebelumnya, jika kondisi barang rusak atau salah satu komponennya rusak, dan pemilik menyembunyikan keadaan tersebut, kita berhak untuk membatalkan membeli atau komplain jika pemeriksaan barangnya pada saat barang sampai dari ekspedisi. Yang pertama diperiksa adalah kasing-nya dan memastikan tidak ada kerusakan yang cukup berarti. Selama laptop masih berfungsi sebagaimana mestinya, chip atau processor keluaran lama tidaklah menjadi masalah serius. Akan tetapi, jika kamu memang membutuhkan spesifikasi CPU tertentu, kamu mungkin butuh mencari laptop bekas dengan spesifikasi yang bisa melaksanakan keperluan kamu. Perihal CPU atau processor menjadi krusial ketika kita ingin laptop khusus gaming atau untuk desain grafis dan rendering. Tapi jika untuk keperluan produktifitas sehari-hari, cpu keluaran lama juga bisa malaksanakannya.

Tidak Ada Cacar Pixel Pada Layar (Bercak atau Garis)

Hal yang paling lainnya adalah memperhatikan layar monitor. Pertimbangkanlah apakah kamu harus membeli laptop yang layarnya ada bercak atau tidak. Jika ada cacat pixel, kamu mungkin rela mengeluarkan dana untuk mengganti screen-nya. Biaya ganti screen lapto biasanya tidak terlalu mahal. Dan kamu bisa sekaligus upgrade screen yang lebih bagus, misalnya mengganti dengan creen layar sentuh. Tapi jika kamu tidak ingin ribet dengan urusan mengganti layarnya, carilah laptop bekas kerkualitas lainnya.

Menguji Input

Periksa semua colokan, soket, dan koneksi nirkabel seperti bluetooth dan Wi-Fi. Banyak colokan yang melekat ke motherboard laptop. Jika ada yang tidak berfungsi, akan mahal mengganti motherboard-nya. Motherboard laptop jauh lebih mahal dibandingkan harga motherboard komputer desktop. Jika port yang rusah hanya satu port USB mungkin tidak terlalu masalah buat kamu. Jika jack headphone rusak, kamu masih bisa menggunakan headphone bluetooth. Dan kelemahan-kelemahan seperti itu bisa jadi senjata kamu untuk menawar harga lebih murah lagi. Tapi jika kamu tidak ingin satupun koneksi inputnya cacat, carilah laptop bekas lainnya.

Periksa Hard Disk, Drive CD, RAM, dan Baterai

Uji hard drive laptop bekas yang ingin kamu beli apakah masih berfungsi atau tidak. Pertimbangkan juga apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan jenis ruang penyimpanannya, apakah HDD atau SSD. Laptop yang menggunakan ruang penyimanan SSD sangat jauh lebih cepat dibandingkan laptop yang hanya mengandalkan HDD.

Kemudian, periksalah Drive CD nya apakah masih berfungsi atau tidak. Ketahui juga jenisnya apakah DVD ROM atau DVD RW. DVD RW memilki fungsi lebih banyak ketimbang DVD ROM. Cobalah burning berbagai jenis media yang bisa diputar drive CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD+R DL, dll.

Selanjutnya, tes daya tahan baterainya. Tujuan utama kita membeli laptop adalah mobilitas kita. Jika baterai laptop cuma bisa dipakai hanya satu jam tanpa mengecas, berarti kualitas baterainya sudah tidak bagus lagi.

Jangan terlalu kawatir jika specs laptop second yang ingin kamu beli tidak sesempurna teknologi komputer keluaran terbaru. Perlu diketahui bahwa komponen dan monitor laptop juga bisa di upgrade. Disamping semuanya itu, yakinlah bahwa pilihan kamu sesuai dengan keperluan dan budget yang kamu punya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *