90 Tips Memasak yang Praktis untuk Pemula

Tips memasak untuk pemula.

Untuk bisa memasak, prosesnya hampir sama seperti menguasai keterampilan lain. Memasak adalah proses belajar. Jadi, khusus pemula, sangat dibutuhkan tips memasak yang praktis.

Kita bisa saja belajar memasak makanan prancis dari buku recipe atau menonton acara memasak di TV atau mengamati profesional chef langsung. Tapi walaupun demikian, perlu mengetahui beberapa trik memasak agar bisa membuat makanan lebih enak dan bersih.

Banyak untungnya jika kita bisa masak sendiri, khususnya bagi ibu rimah tangga. Tapi sebenarnya pintar masak tidak hanya diharuskan bagi para wanita saja loh…! Pria juga seharusnya perlu pintar masak. Karena jika kita bisa masak, kita bisa membuat makanan sesuai dengan selera kita tanpa harus kesukaan mencari makanan favorit.

Selain untuk santapan sehari-hari, pintar masak juga bisa menjadi modal untuk buka usaha rumah makan atau jajanan lainnya. Banyak peritel makanan cepat saji sederhana yang sangat sukses dan gerainya pun merambah ke berbagai belahan dunia. Bisa masak juga tidak harus kuliah tata boga atau khursus masak. Bisa juga dipelajari sendiri dengan panduan resep masakan yang banyak dibagikan di berbagai media.

Nah, sebelum mulai mencoba resep masakan, berikut ini adalah 90 tips memasak untuk pemula agar masakan jadi lebih enak dan sehat dan dapur pun bisa jadi tempat favorite buat kamu sehari-hari.

Loading...

Tips Memasak untuk Pemula

  1. Siapkan ruang memasak yang baik dengan mempersiapkan peralatan memasak, mangkuk, dan semuanya harus bersih. Jangan lupa meletakkan tempat sampah pada tempat yang bisa di jangkau tangan pada saat sedang memasak.
  2. Untuk membuat adonan telur, campur telur dengan satu sendok makan air dan dikocok sampai halus. Tips memasak ini berguna agar telur bisa dijadikan sebagai lem yang dioles di bagian atas kue kering. Sehingga kue kering yang diolesi adonan telur tampak mengkilap.
  3. Agar mudah mengupas tomat, potong berbentuk X di bagian atas tomat, lalu rendam dalam panci berisi air panas selama 15 hingga 30 detik. Setelah itu, dinginkan, dan kulit tomat pun langsung rontok.
  4. Agar lebih nyaman dalam memasak, pakailah pakaian yang nyaman dan jangan lupa mengenakan celemek. Celemek atau apron sangat berguna pada saat bekerja di dapur, sehingga tidak perlu khawatir makanan mengotori pakaian.
  5. Gunakanlah timbangan dapur, atau disebut juga dengan baking scale. Timbangan dapur bukan hanya merupakan alat untuk mengukur keakuratan berat bahan masakan, tetapi juga dapat merampingkan seluruh proses memasak dengan mudah.
  6. Sebelum mulai memasak yang belum pernah dimasak, pastikan untuk selalu membaca mengerti dan baca kembali resep makanan yang hendak dimasak. Pastikan sudah melengkapi bahan makanan sebelum memulai masak.
  7. Kebersihan dan kesehatan tubuh, pakaian, bahan masakan, ruangan dan alat memasak adalah faktor yang penting bagi kesehatan makanan.
  8. Pada saat memanggang, sebaiknya menggunakan dua tusuk sate agar daging atau makanan panggangan tidak berputar.
  9. Pelajari dan pahami aturan praktis dalam memeriksa kematangan steak (daging panggang).
  10. Untuk mencegah agar mentega tidak terlalu coklat di panci, tambahkanlah sedikit air lemon.
  11. Gunakan garam. Jangan takut menggunakan garam untuk makanan karena garamlah yang membuat makanan enak. Gunakan garam kosher untuk masakan dan bumbui dengan garam laut.
  12. Tidak ada bawang merah? Ganti dengan kombinasi bawang bombay dan bawang putih.
  13. Setelah menangani bawang putih, gosok jari-jari pada stainless seperti wastafel, agar baunya hilang.
  14. Termometer oven sering tidak akurat. Tempatkanlah termometer tambahan di oven agar bisa memastikan suhu pemanasan awal yang tepat.
  15. Abaikan dulu waktu memasak untuk memeriksa hidangan yang masih ada dengan mencium, mencicipi, dan menyentuhnya untuk memastikan berapa lama lagi makanan tersebut masih layak untuk dimakan.
  16. Alat yang paling serbaguna dan penting dalam memasak adalah pisau koki yang tajam.
  17. Mantapkan semua ketrampilan memasak berbagai jenis masakan telur yang berbeda-beda.
  18. Pada saat merebus telur, tambahkan satu sendok teh cuka putih untuk mendidihkan air agar kuning telur tidak pecah.
  19. Untuk telur rebus setiap waktu, pastikan rebusan air di panci mendidih dan segera matikan kompor. Lalu, biarkan telur tersebut tetap di dalam panci berisi air panas selama 12 menit dan kemudian pindahkan telur ke dalam air dingin.
  20. Pecahkan telur di atas handuk kertas (paper towel / tisu toilet) di meja agar tidak repot menghabiskan waktu mengutip kulit telur dan dapur juga mudah dibersihkan!
  21. Buat sisi atas telur yang digoreng berwarna ideal dengan menutup panci atau kuali agar uap panas memasak bagian atas telur.
  22. Tidak perlu membalik telur yang digoreng.
  23. Selalu cicipi makanan sebelum dibumbui sesuai selera.
  24. Pegang pisau dengan benar pada saat memasak dengan menjepit bilah dekat gagang.
  25. Jangan membilas pasta.
  26. Jika susah mencari lemon meyer, ganti dengan setengah lemon biasa dan setengah jeruk.
  27. Saat menumis bawang putih, gunakan bawang putih yang diiris bukan yang dicincang, agar bawang tidak hangus terbakar.
  28. Gunakanlah cast iron skilled sebagai kuali. Alat dapur ini sangat bagus dalam mendistribusikan panas secara merata dan mudah dibersihkan.
  29. Buang batang yang keras pada sayur hijau dengan mencubit batang tersebut dengan tangan yang satu dan menarik daunnya menggunakan tangan yang lain.
  30. Jika resep masakan membutuhkan buttermilk, kamu bisa menggunakan susu biasa dengan jus lemon.
  31. Mempersiapkan salad sebelum disajikan bisa menghemat banyak waktu. Lapisi semua bahan dalam mangkuk dan jangan tambahkan saus sebelum disajikan.
  32. Jauhkan rempah-rempah dari sumber panas seperti kompor atau lampu. Rasa makanan herbal atau rempah-rempah bisa hilang jika tempatnya lembaban atau panas.
  33. Simpan roti yang sudah lama atau basi untuk dijadikan remah roti menggunakan blender. Remah roti tersebut bisa disimpan di kulkas selama 6 bulan untuk dijadikan makanan ternak atau hewan peliharaan seperti burung kicau atau anjing.
  34. Biarkan suhu steak yang baru dipanggang sama dengan suhu ruangan sebelum dibumbui.
  35. Simpan rempah-rempah dengan merendamnya pada segelas air di dalam kulkas.
  36. Untuk mencegah mata pedas pada saat mengiris bawang, buang akar sampai ke pangkal akarnya sebelum mulai mengiris.
  37. Untuk memasak kentang goreng atau keripik renyah, iris kentang lalu buang pati nya dengan merendam dalam air selama satu jam sebelum digoreng.
  38. Masakan layu padahal sudah di kulkas? Cobalah membungkusnya dengan kertas timah sebelum disimpan di kulkas.
  39. Lembutkan gula cokelat (brown sugar) yang mengeras dengan menaruhnya di stoples sepotong dan dimasukkan ke dalam tas dalam semalaman.
  40. Gelinding jeruk yang akan di jus di atas meja menggunakan telapak tangan agar sarinya terlepas semua pada saat diperas.
  41. Bahan-bahan masakan penting; minyak zaitun, tepung, minyak daging, garam, beras merah atau pasta, kacang, cuka, gula, telur dan kecap.
  42. Tambah umur simpan alpukat yang dibelah dua dengan menjaga lubangnya tetap utuh dan ditaruh di dalam kulkas.
  43. Untuk mencegah agar apel yang dibelah atau diiris tidak berwarna kecoklatan, peras lemon atau jeruk nipis dan taruh sedikit pada potongannya.
  44. Mentega bisa tahan di simpan di kulkas hingga enam bulan.
  45. Madu adalah pengawet alami dan tidak akan pernah membusuk.
  46. Agar tepung terigu tahan lama bisa disimpan dalam kulkas.
  47. Jamur yang disimpan harus tetap kering karena mudah menyerap air.
  48. Memasak makanan pada wajan jangan terlalu penuh karena panasnya akan menyebar secara merata.
  49. Gunakan alat pengiris telur untuk memotong buah kecil seperti kiwi.
  50. Resep hanyalah pedoman untuk memasak suatu makanan. Tapi jangan ragu mengganti bahan agar bisa sesuai dengan kreasi atau selera masing-masing.
  51. Untuk menyegarkan kembali stok tomat atau cabai yang kekeringan, rendam dalam air panas selama 20 menit.
  52. Perbandingan minyak dan cuka yang bagus untuk membuat classic vinaigrette adalah 3 banding satu 1.
  53. Agar bawang putih tidak bau, simpanlah selalu pada tempat dengan suhu ruangan.
  54. Jaga pisau dapur agar tetap tajam dengan sering mengasahnya. Pisau yang tajam penting untuk efisiensi dalam memotong atau mengiris bahan makanan.
  55. Membeli ayam utuh lebih hemat biaya dan lebih bijak.
  56. Madu terlalu kaku dan tidak bisa dituangkan dari botol? Rendap botol berisi madu tersebut pada air panas sekitar 5 menit untuk melonggarkan sisi nya yang lengket ke botol.
  57. Buat sirup sederhana dengan mendidihkan 1 cangkir air yang tercampur dengan 1 cangkir gula pada panci berukuran sedang sampai gulanya larut. Taruh di botol dan simpan di kulkas hingga 2 minggu.
  58. Bekukan sisa pasta tomat dalam wadah es batu kecil.
  59. Untuk melembutkan mentega, taruh ke dalam mangkuk dan diamkan pada suhu ruangan selama 10–15 menit.
  60. Saat menyajikan es krim versi untuk orang banyak, jangan gunakan sendok es krim nya untuk membagi-bagikan. Tapi buka seluruh wadahnya dengan es krim yang tetap utuh dan potong-potong es krim tersebut menjadi beberapa bagian.
  61. Jika perlu memarut keju lunak, terlebih daulu bekukan kejunya selama 30 menit agar irisan lebih rapi.
  62. Alat pemotong yang disebut dengan mandolin slicer bisa menjadi teman bak dalam memasak. Alat ini sangat bagus digunakan untuk membuat irisan julienne dan mengiris berbagai jenis sayur-sayuran atau buah-buahan. Iris sayuran secara perlahan dan gunakan pelindung keamanan untuk mencegah terkena jari.
  63. Pada saat menumis, sangat penting untuk memanaskan loyang terlebih dahulu, lalu panaskan minyak kemudian masukkan bahan masakannya.
  64. Lembabkan kelapa kering dengan menaburi susu dan didiamkan selama 10 menit.
  65. Cegah pertumbuhan bakteri dengan mendinginkan makanan panas pada piring yang rata.
  66. Jika ingin membuat stok makanan dalam jumlah besar, bekukan dalam kantong plastik agar tetap awet dan segar saat dimakan nanti. Sebelum dimakan bisa dipanaskan terlebih dahulu.
  67. Gunakan Greek Yogurt sebagai pengganti mayo, krim asam, krim kental dan lain-lain sebagainnya.
  68. Sebelum memanggang, keluarkan mentega dan telur dari kulkas dan diamkan agar mencapai suhu ruangan.
  69. Pertimbangkanlah untuk memiliki stok minyak zaitun extra virgin berkualitas tinggi untuk makanan khusus atau untuk diperciki ke piring sebelum ditunagi makanan agar rasanya mantap.
  70. Diamkan daging atau panggangan yang baru matang pada suhu ruangan sebelum disajikan.
  71. Masukkan sayuran ke dalam air es setelah blanching untuk mempertahankan warnanya agar tetap cerah.
  72. Untuk memudahkan pembersihan, letakkan loyang dengan kertas roti.
  73. Hemat uang dengan membeli buah dan sayuran di musim panennya. Setelah itu bisa di bekukan dan disimpan dalam wadah kedap udara untuk digunakan nanti.
  74. Selalu cicipi hidangan sebelum disajikan untuk memastikan rasanya.
  75. Makanan laut tidak musiman, jadi bisa mencicipi ikan laut atau sea food lain kapan saja. Bisa mnemasak seafood menggunakan jus lemon, garam dan merica.
  76. Jika membeli daging giling, carilah yang baru digiling.
  77. Untuk mencegah masakan gosong, penting untuk membuat api masakan tidak terlalu besar.
  78. Selalu berpedoman pada ukuran yang pas dalam memanggang. Karena memanggang merupakan suatu ilmu atau keahlian dan jika pengukurannya salah, makanan bisa jadi fatal. Misalnya masih mentah, masih ada bakteri yang hidup, masak hanya di bagian luar tetapi bagian dalam mentah, terlalu matang dan lain-lain.
  79. Agar sayuran hijau bisa bertahan lebih lama, bungkuslah dengan handuk kertas yang basah dan simpan dalam kantong plastik dan ditutup rapat sebelum disimpan.
  80. Uji minyak dalam kuali sebelum menuangkan bahan makanan apakah panasnya sudah pas. Masukkan sebagian kecil dan pastikan itu mendesis agar boleh memasukkan semuanya.
  81. Saat memasak dengan bahan cabai, lindungi tangan menggunakan sarung tangan karet dan jangan sampai mata terkena mata. Atau, lapisi tangan dengan minyak sayur dan cuci menggunakan sabun setelah selesai memasak.
  82. Makanan buatan sendiri jauh lebih baik untuk belahan jiwa. Jadi, masaklah sesering mungkin.
  83. Agar tidak melempem, jangan mendandani salad pada saat pesta besar. Cukup hanya menyajikan polos dan izinkan para tamu menambahkan saus mereka sendiri.
  84. Makanan laut seharusnya tidak berbau amis. Jika makanan laut amis artinya pertanda sudah mulai membusuk.
  85. Dinginkan adonan kue sebelum menaruh di atas loyang. Hal ini berguna untuk mencegah mentega sobek dan kehilangan teksturnya yang halus.
  86. Buang biji cabai untuk mengurangi panasnya.
  87. Taruhlah peralatan dapur utama yang sering digunakan di atas meja dapur, contohnya blender.
  88. Sayuran yang terlalu matang kehilangan enzim dan nutrisi penting bagi tubuh.
  89. Sterilkan talenan atau papan atau kayu alas pemotongan bahan makanan dengan mencucinya menggunakan cuka, tangan juga perlu dicuci menggunakan cuka sebelum melakukan pemotongan. Atau gunakan sarung tangan karet yang steril agar bahan makanan lebih steril.
  90. Dan selalu ingat agar tetap sederhana.

3 thoughts to “90 Tips Memasak yang Praktis untuk Pemula”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *