Tips dan Trik Cerdas untuk Menambah Pengikut Twitter

Cara menambah Pengikut Twitter

Jika kamu sudah melakukan semua cara untuk menambah pengikut Twitter kamu tapi hasilnya belum maksimal, mungkin cara-cara yang kamu lakukan tidak terlalu efektif. Hampir semua pengguna Twitter menginginkan akun Twitternya memiliki banyak pengikut. Namun, banyak juga diantaranya melakukan segala cara hingga membuat kesalahan yang bira berakhir di blokir oleh Twitter. Saya adalah seorang IM, tentu pernah mencoba berbagai cara, mulai dari yang valid hingga cara-cara yang dianggap tidak sah oleh algoritma Twitter.

Strategi Ampuh untuk Menambah Pengikut Twitter

Nah, jika topik-topik sebelumnya telah mengulas bagaimana meningkatkan jumlah pengikut Twitter menggunakan blog dan cara memperbanyak followers Twitter, kali ini kita akan fokus mengenai tips dan trik cerdas menggunakan Twitter hingga bermanfaat untuk menambah pengikut Twitter. Kamu boleh mempertimbangkan dan mempraktekkannya secara langsung. Tidak berpanjang-lebar lagi, mari kita simak satu-persatu apa saja yang seharusnya kita lakukan agar berhasil menambah pengikut Twitter.  platform – mereka layak dipertimbangkan.

1. Hindari Penerbitan Jumlah Tweet yang Terlalu Banyak Dalam Waktu Singkat

Tahukah kamu, berdasarkan praktek-praktek pada beberapa akun saya, menerbitkan banyak tweet dalam waktu singkat dapat menyebabkan banyak pengikut berhenti mengikuti “feed” status Twitter kamu.

Jika kamu menggunakan beberapa alat (software) untuk menerbitkan tweet, memang bisa seperti menyulap karena dalam waktu yang singkat, kamu bisa menerbitkan banyak tweet dan mungkin juga tiap menit tanpa henti dalam waktu 24 jam. Tapi kalau kamu cerdas dalam pemakaian alat penerbit tweet dan lebih fokus pada pembuatan kualitas status tweet, tentu akan sangat bermanfaat untuk menambah pengikut Twitter.

Ada banyak alat penerbit tweet yang bisa kamu cari di Internet. Tapi sebelum membeli dan menggunakannya, pastikan alat tersebut menyediakan versi gratis atau trial (percobaan) agar kamu tidak menyesal setelah membeli. Nah, di situlah kamu uji bagaimana sifat alat tersebut, apakah nantinya nyaman untuk kamu dan pengikut Twitter kamu, ata justru malah membuat tidak nyaman. Menggunakan alat penerbit tweet sangat penting untuk dimanfaatkan. Apalagi kalau kamu ingin memanfaatkan SMO untuk situs kamu. Akan tetapi, secara manual juga bagus, karena bisa berinteraksi langsung dengan para pengikut kamu yang aktif.

Loading...

2. Berhenti Mengirim DM Otomatis

DM (Direct Message) atau pesan langsung kepada tujuan individu berfungsi untuk komunikasi pribadi antara 2 pengguna Twitter. Dengan menggunakan alat Twitter, sangat memungkinkan buat kamu untuk mengirim DM otomatis secara berkala. Alhasil berfungsi sebagai trik untuk menghasilkan pengunjung situs atau jalur untuk mempromosikan jejaring sosial kamu yang lain. Jika kamu melakukannya dengan benar, tentu kamu akan menuai hasil yang berkelanjutan. Tapi jika terlalu agresif,  hanya akan menimbulkan efek samping, yaitu, pengikut kamu merasa terganggu dan kemungkinan besara akan berhenti jadi pengikut kamu.

Kebanyakan orang tidak suka menerima DM otomatis. Termasuk saya juga. Terlebih jika DM otomatis tersebut menyertakan URL ke sebuah halaman situs produk atau layanan, bahkan lebih buruk. Bagaimana jadinya kalau seketika pada saat ada yang baru mengklik tombol follow kamu, tiba-tiba pengikut baru tersebut langsung menerima notifikasi DM. Tentu sebagai orang awam akan merasa risih, heran, bahkan takut kalau-kalau itu adalah spam yang berisikan URL ke halaman “phishing”. Tidak sedikit pengguna akun MedSos di Indonesia menjadi korban phishing.

Nah, mengirim DM otomatis dan menyertakan URL sih boleh-boleh saja. Tapi pastikan juga alat pengirim DM otomatis kamu diatur sedemikian rupa. Contohnya, menonaktifkan DM otomatis khusus untuk saat ada follower baru dan menentukan waktu dan kata-kata yang tepat untuk mengkonversinya menjadi “lead”. (Saya kurang paham mengartikan lead ke bahasa Indonesia. Tapi Internet Marketer tentu harus sudah paham mengenai Lead, hehehe…!).

3. Menerbitkan Tweet Lebih Banyak Hanya Jika Ada Alasan yang Tepat

Menerbitkan tweet yang sangat banyak dalam waktu singkat tidak pernah menjadi trik yang baik. Malah hanya akan membuat pengikut Twitter kamu bosan dengan hal tersebut.

Anggaplah kamu sebagai pengikut akun Twitter Wongunik. Lalu, saya menerbitkan sangat banyak tweet dalam waktu singkat setiap hari. Asumsinya, kamu tentunya tidak menghabiskan waktu kamu satu harian hanya untuk membaca semua tweet Wongunik. Apalagi ada URL ke postingan situs Wongunik. Kamu mau membaca satu postingan sampai selesai saja sudah syukur. Dengan demikian semua tweet yang diterbitkan tidak efektif untuk membuat lebih banyak yang aktif terlibat pada postingan dari jumlah keseluruhan pengikut.

Nah, oleh karena itu, butuh menyeimbangkan waktu penerbitan tweet demi tweet yang masuk akal. Sehingga, di lain hal kamu juga ingin agar setiap pengikut yang aktif bisa menikmati informasi yang kamu sajikan lebih maksimal.

4. Terlibat Bersama Para Pengikut yang Aktif

Para pengikut yang aktif akan berkomentar, bertanya, atau juga mengunjungi situs jiga tweet kamu mengandung URL tertentu. Jika kamu tidak terlibat dengan mereka, cepat atau lambat mereka akan lupa dengan kamu. Nah, pastinya kamu tidak ingin keihilangan fans atau customer. Dengan membalas komentar dan menjawab pertanyaan mereka, kamu berjuang untuk menambah pengikut Twitter dan membangun interaksi yang bermanfaat buat mereka. Sehingga mereka semakin tertarik dan mengingat kamu.

Memang, selalu ada batas waktu untuk terlibat dengan para pengikut kamu lain. Itulah tadi mengapa sebelumnya disarankan agar tidak menerbitkan tweet yang tidak terlalu banyak. Sehingga, waktu untuk mereka membaca tweet kamu seimbang dengan waktu buat kamu untuk terlibat bersama mereka. Untuk membuat interaksi sosial kamu di Twitter semakin terarah, kamu bisa mention (@namaakunfollower) pengikut kamu.

5. Ikuti Juga Orang-Orang yang Menghargai Apa yang Kamu Katakan

Strategi yang paling banyak digunakan adalah mengikuti orang lain yang memiliki minat yang sama. Hal tersebut dianggap dapat menambah pengikut Twitter. Memang strategi yang cukup baik, tapi ada juga kemungkinan bahwa orang yang kamu folllow tidak mem-follow kamu balik.

Sebaliknya, cobalah mengikuti orang-orang yang sudah tahu betul siapa kamu dan yang menghargai apa yang pernah kamu katakan pada tweet-tweet kamu. Untuk melakukannya, salin alamat URL tweet kamu (yang sudah banyak komentar), lalu paste pada kotak search twitter dan enter. Hasil pencariannya akan menunjukkan siapa saja yang me-retweet status kamu dengan mode status komentar pribadi.

Tentu orang yang menghargai apa yang kamu katakan juga akan membagikannya ke status mereka. Hal ini sangat menguntungkan kamu, karena menambah jumlah tampilah tweet kamu dengan disertai komenter yang me-retweet. Maka, hargailah dia dengan memfollow balik. Trik ini dapat meningkatkan keterlibatan orang tersebut terhadap kamu.

6. Minta Retweet Tapi Jangan Terlalu Sering

Berdasarkan pengalaman saya, dengan meminta pengikut untuk me-retweet dapat membantu meningkatkan retweet hingga 3-4 kali. Tergantung seberapa bermanfaat atau menarik isi status pada tweet kamu.

Dengan mendapatkan jumlah retweet yang lebih banyak, tentu merupakan hasil yang hebat. Karena hal tersebut memperluas jangkauan kamu atau memaksimalkan “branding” kamu. Dan dari setiap retweet kamu mendapat peluang untuk menambah pengikut Twitter kamu lebih banyak.

Cukup menambahkan”Silakan retweet” atau “Retweet ya…!”di bagian awal isi tweet kamu. Trik ini sangat berpotensi untuk meningkatkan jumlah retweet, karena kamu menyertakan “call-in-action” atau ajakan untuk bertindak langsung kepada pengikut kamu. Tetapi perlu diingat bahwa ada juga loh orang-orang di Twitter jengkel menganggapi hal cara tersebut. Nah, oleh karena itu, tidak disarankan terlalu sering meminta followers untuk me-retweet.

7. Buat Jenis Konten Tweet Kamu Bervariasi

Keberagaman itu penting di Twitter. Tapi jika hanya menerbitkan tautan URL terus-menerus tidak akan membantu siapa pun. Coba kamu bahas berbagai hal yang terbaru, gambar-gambar menarik dan unik, kutipan dari orang-orang bijaksana dan hebat, atau pertanyaan-pertanyaan menarik yang membuat penasaran.

8. Manfaatkan dan Optimalkan Fitur Hashtag

Menambah hashtag – #(tagar) yang relevan pada tweet kamu merupakan trik yang bagus juga untuk meningkatkan jumlah “eyeballs” terhadap tweet kamu.

Cara yang kurang tepat dalam hal ini adalah, penggunaan tagar yang tidak bermanfaat sama sekali. Jadi kuncinya, temukanlah tagar mana yang pantas untuk kamu tambahkan pada tweet kamu. Contohnya, tagar #pertanianbedahkemiskinan lagi trending di Twitter. Kamu boleh mencari topik yang relevan dengan tagar tersebut dan menerbitkan tweet bertagar #pertanianbedahkemiskinan.

9. Pin Beberapa Tweet Terbaik Kamu pada Status Kamu

Tips yang satu ini bukan hal baru lagi. Namun masih banyak pengguna Twitter masih belum memanfaatkannya. Pinned tweet atay sticky tweet adalah tweet yang kamu setting untuk menetap di urutan teratas pada status Twitter kamu. Jadi, jika kamu memiliki sesuatu berupa tweet andalan kamu yang berguna untuk kamu bagikan, cobalah mem-pin tweet tersebut ke profil kamu.

Setiap kali pengunjung membuka profil Twitter kamu, mereka akan melihat tweet tetap kamu, dan memperbesar peluang kamu untuk mendapatkan lead dan membuat lebih banyak pengikut yang terlibat pada tweet tersebut.

Biasannya pinned tweet disertai gambar atau video yang menarik. Dan hal yang terpenting disini adalah, kamu membagian informasi terbaik kamu kepada setiap orang yang berkunjung ke profil Twitter kamu.

10. Perbanyak Konten yang Diminati Followers Kamu

Kemudian, setelah sekian banyaknya kamu menerbitkan tweet, kamu tentu sudah bisa menganalis. Tweet yang mana yang paling diminati followers kamu. Dengan memperbanyak konten-konten ter-update yang relevan dengan minat para pengikut kamu, tentu dapat meningkatkan daya tarik pada status-status kamu. Alhasil, peluang menambah pengikut Twitter semakin besar.

Orang yang ingin belajar tentang topik tertentu akan mengikuti akun orang yang sering menerbitkan topik tersebut. Oleh karena itu, kamu bisa menganalisa lebih jauh mengenai konten apa yang sebenarnya paling diminati oleh para pengikut kamu. Dibantu dnegan firut “tweet stats” yang ada pada sisi kanan bawah tweet kamu.

11. Bantu Tweet Punya Orang Lain

Tentu fitur retweet ada manfaat timbal balik bagi para pengguna Twitter. Tapi herannya sangat banyak orang-orang enggan menggunakan fitur tersebut. Istilahnya, “jangan pelit-pelit amat dong gan…!”. Trik ini merupakan salah satu langkah utama untuk menambah pengikut. Jika kamu membantu orang-orang kecil, maka kamu pasti diingat seberapapun kecilnya bantuan kamu.

Cara yang lain adalah, menambah hastag orang lain atau mention orang yang kamu pada tweet mengenai kekaguman kamu terhadap mereka. Hal yang salah mengenai cara ini adalah, menambahkan mention atau hastag sebanyak mungkin pada satu tweet. Jadi, gunakanlah hastag untuk membantu tweet orang, dan gunakanlah mention dengan berisi konten yang relevan atau terkait dengan orang yang di-mention.

Trik ini merupakan langkah penting dalam menumbuhkan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan satu sama lain. Semakin banyak kamu membantu orang lain, semakin besar kemungkinan mereka membantu kamu juga.

12. Jadwalkan Penerbitan Tweet Kamu pada Saat Jam-Jam Santai

Kata yang peling tepat untuk trik yang terakhir ini adalah; mengoptimalkan waktu dalam menerbitkan konten untuk menambah jumlah tampilan, meningkatkan jangkauan, dan memperbesar peluang untuk menambah pengikut Twitter kamu.

Ada alat yang gratis seperti Tweriod. Alat tersebut memungkinkan kamu untuk mengetahui jam berapa followers kamu paling banyak aktif di Twitter. Tapi secara manual juga kamu tentu sudah tau jam-jam berapa saja followers kamu sedang bersantai. Contohnya, jam sarapan pagi, waktu istirahat kerja, atau jam pulang kerja. Tapi jangan terbitkan tweet kamu jam 5 sore kalau target audiens kamu adalah orang Jakarta.

Setelah kamu tahu kapan pengikut kamu paling aktif, kamu dapat mulai menjadwalkan penerbitan tweet kamu. Bisa melakukannya secara manual, tapi jauh lebih efektif menggunakan alat penjadwalan seperti yang terdapat pada alat-alat twitter pada umumnya.

Pemikiran Akhir

Menambah pengikut Twitter membutuhkan waktu dan usaha. Jadi, bisa dimengerti jika sebagian besar IM menggunakan jalan pintas seperti menggunakan Software untuk membantu mengotimasi SMO khususnya Twitter.

Tetapi pada kenyataannya perihal menambah pengikut Twitter adalah, melakukannya dengan cara mem-follow orang-orang sebanyak mungkin (dengan maksud agar di-folback) tidaklah efektif. Bahkan ada juga Software yang bisa menghujani akun dengan banyak pengikut palsu. Jadi, bagi mereka yang memakai cara-cara pintas tersebut akan berdampak pada masalah reputasi.

Akhir kata, gunakan kiat-kiat yang agar bisa membuat followers kamu semakin terlibat dan menambah pengikut Twitter. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *