4 Tips agar Bisnis Kecil Kamu Menghasilkan Keuntungan dan Berkembang

Tips agar bisnis kecil bisa menguntungkan dan berkembang.

Tak melihat siapa, umur, atau seberapa kecil bisnis yang kamu jalankan, terkadang saran yang paling berharga adalah saran dari rekan bisnis kamu sendiri. Melainkan bukanlah saran dari seorang CEO dari salah satu perusahaan terbesar sejagad raya. Kita semua mungkin tahu bahwa di balik setiap bisnis ada orang, dan di balik setiap orang ada cerita – dengan wawasan dan saran yang berharga untuk dibagikan. Alangkah baiknya jika sebuah komunitas terdiri dari wirausahawan yang berbagi satu sama lain tentang tips bisnis dan menyadari pentingnya melayani pelanggan dengan baik.

Sering kita mendengar kiat-kiat usaha dari berbagai pelaku bisnis di berbagai industri, baik bisnis kecil ataupun yang sudah besar. Tentu hal tesebut bisa menjadi motivasi dan pedoman agar bisnis kecil yang kita jalankan bisa menghasilkan keuntungan dan dapat berkembang ke level yang lebih tinggi.

Tips agar bisnis kecil bisa menguntungkan dan berkembang.

Sebagai saran atau panduan yang mungkin cocok untuk bisnis kecil kamu, berikut ada beberapa tips agar bisnis dapat bertunbuh dan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak dari sebelumnya.

Terhubung dengan Bisnis-Bisnis lain dan Belajar dari Mereka

Dalam sebuah bisnis, apa pun bidangnya, tentu ada saingan (kompetitor), terlebih bisnis kecil yang baru “start up”. Banyak juga diantara mereka yang saling menjauhi satu sama lain dan saling sentimen. Namun disini para pelaku bisnis sangat dsarankan untuk mengunjungi kompetisi dan memperkenalkan diri mereka. Peliharalah dan kembangkanlah hubungan baik dengan mereka. Termasuk juga merujuk pelanggan kepada mereka. Hal ini cukup untuk memberi alasan bagi kamu untuk berkeliling mengunjungi kompetitor kamu. Dengan demikian, kamu tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan atau saran kepada mereka. Sebuah saran dari seorang pelaku bisnis yang berpengalaman tentu akan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu bisnis kamu.

Loading...

Bersosial

Salah satu prinsip bisnis yang sangat menarik adalah; “Jika kamu membangun bisnis kamu, maka pelanggan akan datang dengan sendirinya.” Oleh karena itu, bangunlah tempat yang indah untuk bisnis kamu dengan segala tawaran yang menarik. Namun hal tersebut belumlah cukup. Mungkin kamu juga memiliki situs web dan akun media sosial khusus untuk bisnis kamu. Lagi, hal tersebut juga tidak akan berbuah apa-apa kalau kamu tidak ada anggaran atau strategi untuk mempromosikan bisnis kamu. Oleh karena itu, pelajarilah segala sesuatu yang berkaitan dengan cara mempromosikan bisnis kecil. Jika kamu belum pernah mempromosikan bisnis kamu, mulailah dari hal yang kecil. Contohnya mempelajari cara menggunakan alat pemasaran sederhana yang ada di media sosial seperti Facebook atau Twitter. Dan mulailah mempromosikan usaha kamu.

Memprioritaskan Kualitas Ketimbang Kuantitas

Merupakan hal yang penting untuk mempublikasikan segala perkembangan yang ada dalam bisnis kamu kepada publik, contoh sederhananya melalui sosial media. Tapi bukan berarti bahwa hanya mengambil gambar foto-foto produk atau jasa kamu dalam satu hari dan kemudian memposting semuanya di sosial media dalam hari itu juga. Oleh karena itu, dengan pemikiran dan strategi kamu, buatlah minimal satu postingan berkualitas perhari dengan mencantumkan identitas bisnis kamu seperti merek dan logo bisnis kamu. Intinya disini adalah, lebih baik mempromosikan bisnis kamu secara rutin tiap hari walaupun hanya satu postingan di media sosial, ketimbang memposting sepuluh gambar dalam satu hari tanpa strategi yang jelas.

Ikuti Mimpimu

Semua orang bisa bermimpi, dan memang untuk sekedar memimpikan sesuatu yang besar sangatlah mudah. Tapi, mimpi hanyalah tinggal mimpi jika tidak ada aksi. Mungkin kamu, sebagai pelaku bisnis, memiliki mimpi yang positif untuk kelanggengan dan perkembangan bisnis kamu. Oleh karena itu, dapatkanlah motivasi yang cocok untuk cara berpikir dan bisnis kamu. Dan jangan ragu untuk memimpikan hal-hal yang besar.

Mulailah bisnis kamu dan kejarlah bidang tertentu dalah kehidupan berbisnis kamu yang sesuai dengan motivasi dan prinsip bisnis kamu. Kemudian, belajar dari orang lain dan dari pengalaman kamu sendiri, memimpikan bahwasuatu kelak bisnis kamu akan maju, dan dengan melalui proses demi proses. kemudian yang terpenting adalah, jangan pernah melupakan mimpi tersebut dan jangan putus asa. Kegagalan sering dialami oleh para pebisnis sukses sebelum mereka sukses. Akan tetapi, yang membuat mereka bertahan dan bertumbuh hingga mencapai mimpi yang mereka harapkan adalah bahwa mereka tetap optimis pada mimpi mereka dan tidak pernah menyerah.

Kemungkinan diantara kita ada yang baru memulai sebuah bisnis atau mngkin sudah berbisnis selama bertahun-tahun. Sekali lagi bahwa setiap saran para pemilik bisnis adalah sangat berharga. Kamu tidak pernah tahu kapan kata-kata bijak akan menyentuh dan menginspirasi kamu agar bisa bertumbuh menjadi lebih baik. Tapi tentunya kamu bisa mencari tahu mana saran-saran bisnis yang bisa memotivasi kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *