13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu

13 Tips Android yang Perlu Kamu Ketahui

Android merupakan sistem operasi yang kecil, namun hebat. Ada banyak fitur Android yang sangat bermanfaat untuk produktivitas, bisa disetting dan dimodifikasi untuk keperluan kamu. Ada banyak juga tips Android untuk mendukung produktivitas dan hiburan. Berkat OS yang gratis dan open source ini, ada jutaan pengembang (developers) aplikasi turut berkontribusi melengkapi fitur-fitur tambahaan untuk Android. Alhasil, Sistem operasi yang kecil ini disukai dan dipakai mayoritas pengguna ponsel di dunia.

Berbicara soal Android, seberapa banyak yang kamu tau mengenai ponsel atau tablet Android kamu? Tentu kamu bisa melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS. Tapi kamu pasti yakin bahwa ada beberapa, atau mungkin semua tips Android di bawah ini yang belum kamu ketahui ketahui. Mari baca terus artikel ini untuk mencari tau!

1. Aktifkan Mode Developer

Tips Android yang satu ini adalah salah satu trik yang paling diketahui oleh banyak orang. Namun penting untuk kamu ketahui.

Aktifkan Mode Developer Android

Untuk mengaktifkan mode developer, masuk ke Settings  About device dan ketuk Build number ponsel kamu tujuh kali. Kemudian akan muncul hitungan mundur di layar ponsel atau tablet kamu, yang diikuti dengan pesan bertuliskan; “Congratulations, you are now a developer”, yang artinya adalah; “Selamat, kamu sekarang adalah developer”.

Loading...

2. Mengganti Jaringan WiFi dengan Cepat

Untuk beralih dari jaringan WiFi yang sedang terkoneksi ke yang lain sebenarnya tidak sulit. Untuk menyetingnya, buka Settings Wi-Fi. Disanalah kamu bisa mengubahnya. Tapi bukan mengganti jaringan WiFi seperti biasanya kamu lakukan.

Tips Android - Mengubah WiFi Android dengan Cepat

Ada cara yang lebih cepat tentunya. Geser ke bawah sampai kamu temukan Quick Settings. Cara praktis ini lebih cepat dari pada menonaktifkan koneksi WiFi lalu beraih ke jaringan WiFi yang lain. Tips Android ini memungkinkan kamu untuk melihat semua daftar jaringan yang ada i sekitar kamu. Kemudian kamu tinggal menekan pada nama jaringan ang ingin kamu pakai. Tapi, pastikan versi Android kamu mendukung setingan ini.

3. Ubah Skala Animasi

Mengubah Skala Animasi pada Android

Sebagian besar ponsel Android terbaru sudah mendukung skala animasi yang tajam. Namun, setelah Nexus 5X terbaru dipasarkan yang hanya dilengkapi dengan kapasitas RAM 2GB, banyak pengguna merasa sedikit kewalahan oleh produk Google yang sangat populer ini.

Selain itu, banyak juga pengguna ponsel Android murah yang dilengkapi dengan kapasitas CPU yang lebih lambat dari standard dan hanya didukung oleh RAM 1GB atau 2GB.

Solusi yang praktis adalah mengubah “Window animation scale” ponsel kamu, “Transision scale” dan “Animator duration scale” dari 1x menjadi 0,5x. Memang, tips Android yang satu ini tidak membuat kinerja bawaan ponsel kamu menjadi lebih cepat. Tetapi ini mendukung agar ponsel kamu agar terasa lebih cepat.

Untuk melakukannya, Buka Settings → Developer options dan turun ke bawah untuk menemukan opsi yang diperlukan. Sebelumnya, pastikan kamu terlebih dahulu mengaktifkan Developer Mode.

4. Akses Cepat Menu Quick Settings

Dengan fitur Quick Settings pada Android, kamu bisa dengan cepat mengatur hal-hal tertentu pada ponsel kamu. Tapi gimana bisa cepat kalau mengakses ke menu Quick Settings saja masih perlu beberapa kali gesek dan ketukan pada screen Android kamu. Sebenarnya pada platform Android yang terbaru kamu bisa mengakses Quick Settings (Pengaturan Cepat) hanya dengan ketukan dua jari secara bersamaan sekaligus.

5. Hapus App Defaults

Tentu akan sangat menyebalkan ketika tautan terbuka pada sebuah aplikasi, melainkan bukan di browser. Hal ini sering terjadi ketika sedang browsing menggunakan browser dan mengklik tautan YouTube, Twitter, atau Facebook. Dimana kamu harus menunggu ponsel kamu menonaktifkan browser yang sedang kamu buka dan memunculkan aplikasi yang lain untuk membuka tautan tersebut.

Ini gampang disetting. Buka Settings  Apps, dan temukan aplikasi yang terbuka tersebut (terbuka ketika ketika mengklik tautan). Setelah ketemu, gulir ke bawah sampai ketemu Open by default. Lalu tekan, dan kemudian pilih Clear Defaults. Jika belum berhasil, coba lakukan hal yang sama terhadap aplikasi browser yang sedang kamu pakai tersebut.

6. Transmisikan atau Cerminkan Layar Android

Apakah kamu pengguna Chromecast? Jika demikian, kamu bisa dengan mudah mencerminkan layar Android atau media seperti video atau gambar pada aplikasi tertentu dengan menggunakan fungsi Cast.

Untuk mengaktifkan fungsi Cast, buka Quick Settings dan tekan Cast. Dengan tips Android yang satu ini ponsel atau tablet kamu menemukan Chromecast kamu dengan sendirinya. Tapi pastikan ponsel dan Chromecast kamu terkoneksi pada jaringan lokal yang sama. Alhasil, kamu bisa menampilkan layar Anroid kamu pada layar monitor yang lebih lebar seperti TV atau komputer.

Menyambungkan layar Android ke TV atau Monitor

Fitur yang satu ini sangat cocok untuk bermain game di layar yang lebih lebar, melihat gambar atau menonton video bersama keluarga atau teman, atau bisa juga untuk memutar musik melalui speaker yang lebih keras suaranya. Sekarang sudah banyak aplikasi Android yang memiliki tombol Cast.

8. Temukan Notifikasi yang Mengganggu

Jika Android kamu terpasang banyak aplikasi, mungkin kamu sering mendapatkan notifikasi menyebalkan, dan tidak tahu dari aplikasi mana penyebabnya.

App Info pada notifikasi Android

Solusinya sebenarnya sangat gampang. Kamu cukup menekan agak lama pada notifikasi tersebut, dan kemudian Android kamu akan memberi tahu aplikasi mana yang membuat notifikasi tersebut.

7. Atur Notifikasi dari Aplikasi

Sebenarnya tips Android yang satu ini adalah lanjutan dari tips yang sebelumnya. Setelah kamu menekan lama pada notifikasi tersebut, kamu akan melihat ikon informasi. Tekan ikon tersebut, dan kemudian kamu akan diberi opsi pengaturan notifikasi untuk aplikasi pembuat notifikasi tersebut.

Cara menonaktifkan notifikasi Android yang tidak diinginkan

Kamu bisa mengatur pemberitahuan dari app tersebut seperti memblokir semua pemberitahuannya, membolehkan untuk mengesampingkan mode prioritas, atau menghindari aplikasi tersebut untuk membuka informasi pribadi kamu.

9. Zoom Peta

Aplikasi Google Mapts pada AndroidPernah menggunakan Google Maps hanya dengan satu jari pada layar Android kamu? Kamu cukup ketuk layar Android kamu dua kali dan geser ke atas atau ke bawah dengan satu jari untuk memperbesar dan memperkecil tampilan petanya. Cara praktis ini jauh lebih mudah daripada harus mencubit permukaan layar Android kamu dengan dua jari dan tangan uang satu lagi memegang ponsel kamu. Makanya jangan heran kalau lihat tukang gojek mainin Google Maps sambil merokok. 😀

10. Mode Prioritas

Mode prioritas mungkin salah satu fitur yang paling dihiraukan dan kurang dimanfaatkan pada Android. Sementara fitur Android yang satu ini memungkinkan kamu untuk mengatur ponsel kamu ke mode diam, tetapi masih bisa mengeluarkan beberapa “suara” dari notifikasi atau pemberitahuan yang lebih priorits. Contohnya panggilan masuk, SMS, atau WhatsApp, alarm dan pemberitahuan-pemberitahuan dari setiap aplikasi yang kamu prioritaskan.

Mengatur Mode Prioritas pada Android

Untuk mengatur mode prioritas, buka Settings  Sound & Notification Do not disturb, lalu disitulah opsi-opsi yang kamu prioritaskan. Pengaturan mode prioritas ini bisa dengan cepat kamu aktifkan dan non-aktifkan dari menu Quick Settings.

11. Membuat Pin Layar

Jika di rumah atau sekitar kamu ada anak-anak yang sering meminjam ponsel kamu, tips Android yang satu ini adalah cara yang bagus untuk memastikan mereka tidak kecolongan untuk menghabiskan paket atau pulsa kamu dengan mendownload atau menonton konten yang aneh-aneh.

Sekarang ini, banyak aplikasi yang seolah-olah dibuat khusus utuk anak-anak, namun pada saat sedang dimainkan ternyata mengandung opsi yang bisa menguras pulsa kamu melalui “Google Pay”, atau iklan yang tidak sesuai untuk anak kecil.

Fitur pin layar ini secara default dimatikan pada Android. Oleh karena itu, kamu harus mengaktifkan fitur ini untuk keamanan. Untuk mengaktifkan fitur pin layar, buka Settings Security dan gulir ke bawah sampai kamu temukan Screen pinning. Untuk menyematkan layar, buka aplikasinya, lalu tekan tombol Overview (tobol persegi empat) dan kemudian tekan ikon pin. Di situlah kamu bisa membuat PIN untuk melindungi layar Android kmau.

12. Smart Lock

Smart lock sangat berguna sekali. Dengan fitur keamanan yang satu ini, hape kamu akan terkunci di lokasi lain, sedangkan di rumah atau di daerah tepercaya lainnya secara otomatis keamanannya akan terbuka.

Tips keamanan ponsel Android dengan Smart Lock

Agar hape Android kamu tidak mengunci dirinya sendiri, fitur ini menggunakan GPS, jaringan tertentu, wajah pemilik, atau bahkan suara kamu. Tentunya membuat penggunaan ponsel seperti biasa jauh lebih cepat tanpa harus memasukkan pin atau memecahkan kode-kode rahasia. Untuk mengaktifkan Smart Lock, kamu bisa ke Settings Security → Smart lock.

13. Game Rahasia

Permainan Android Easter egg mungkin sudah cukup dikenal bagi kalangan orang yang lebih tua. Dimana permainan rahasia ini mungkin tidak begitu dikenal bagi pengguna baru Android.

Selain itu, ada juga game Lollipop dan Marshmallow yang mirip Flappy Bird. Dasar gameplay-nya sama, tapi grafis cenderung bertema Android.

Untuk menikmati permainan rahasia Android, buka Settings About device dan kemudian ketuk nomor versi Android kamu beberapa kali. Setelah itu kamu akan disajikan dengan game Lollipop atau Marshmallow di layar kamu, tergantung dari jenis OS Android kamu. Lalu dengan cepat ketuk bagian tengahnya dan kemudian game akan diluncurkan.

Game Lollipop Android

Demikianlah beberapa tips Android di atas, semoga bermanfaat buat kamu. Mungkin kamu juga memiliki tips Android yang mungkin orang lain belum ketahui. Jika kamu berniat, kamu boleh bagikan tips Android kamu pada kolom komentar di bawah ini.

2 thoughts to “13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *