10 Tempat Bersejarah di Indonesia yang Paling Memikat Dunia

Tempat bersejarah di Indonesia yang terkenal di dunia.

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak urutan keempat di duniad dan mencakup 17 ribu lebih pulau. Dunia mengakui bahwa Indonesia adalah fenomena budaya yang tidak ada duanya. Pulau-pulau dan lautan yang membentuk negara ini memiliki banyak tempat bersejarah di Indonesia. Beberapa diantaranya masuk dalam kategori UNESCO World Heritage (warisan dunia UNESCO). Selain itu, terdapat sangat banyak atraksi dan wisata budaya lainnya di Indonesia. Menjadikan Indonesia sebuah tujuan wisata yang sempurna bagi para pelancong nasional bahkan internasional. Di bawah ini adalah beberapa tempat bersejarah di Indonesia yang paling memikat.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan tempat bersejarah di Indonesia yang jadi wisata favorit dunia.

Candi Borobudur adalah sebuah ikon wisata bagi Indonesia, sekaligus menjadi salah satu tujuan paling favorit bagi para pelancong dari berbagai negara. Candi ini terletak di Jawa Tengah dan bermula sejak pertengahan abad ke 8 dan 9 pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Luasnya sekitar 2.500 meter persegi, suatu konstruksi bangunan kuno yang sangat menakjubkan. Bangunan Candi Borobudur membentuk tiga tingkatan. Yang mana setiap tinggkatan tersebut dibuat untuk melambangkan tiga alam yang diyakini dalam kosmologi Buddha, antara lain: Kamadhatu (alam hasrat), Rupadhatu (alam berbentuk) dan Arupadhatu (alam tidak berbentuk).

2. Taman Nasional Komodo

Komodo dijuluki sebagai naga yang satu-satunya hidup di dunia nyata.

Ada hal yang unik di pulau Taman Nasional Komodo, yaitu hewan bernama komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan dijuluki sebagai naga karena perilakunya yang agresif. Jadi, jika kamu ingin melihat sosok naga yang asli hidup, hanya terdapat di pulau Komodo. Selain menyaksikan dan mempelajari keunikan hewan komodo, taman nasionalnya juga sangat indah, cocok sebagai tempat pariwisata. Taman Nasional Komodo membentang di 29 pulau dan menyimpan beragam flora dan fauna asli Indonesia. Sedangkan hewan komodo adalah daya tarik utama bagi banyak pelanjong lokal dan mancanegara. Selain menikmati daya tarik komodo dan keindahan taman nasionalnya, berwisata ke tempat bersejarah ini juga bisa menikmati pengalaman scuba diving di perairan sekitarnya. Serta menjelajahi pulau-pulau untuk melihat keajaiban evolusi alam.

Loading...

3. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak menyimpan sejarah penting mengenai Islam di Indonesia.

Salah satu masjid tertua di Indonesia berlokasi di Jawa Tengah, tepatnya di daerah Demak, yaitu Masjid Agung Demak. Mesjid ini mengungkapkan kisah menarik mengenai sejarah agama di Indonesia. Diperkirakan dibangun pada abad ke-15, dengan estetika struktur bangunan yang luas dan menyoroti perbedaan antara masjid-masjid Indonesia dan yang biasanya ditemukan di Timur Tengah. Seperti bahan kayu yang dibuat, serta atap berjenjang yang tidak seperti mesjid pada umumnya yang berbentuk kubah menajdi ikonik Islam. Pada masjid yang menakjubkan ini, kamu bisa meningkatkan wawasan kamu tentang sejarah Islam di Indonesia.

4. Situs Manusia Purba Sangiran

Menggambarkan kehidupan manusia purba di Museum Sangiran.

Sangiran adalah tempat bersejarah yang diakui dunia sebagai salah satu situs terpenting untuk mempelajari fosil manusia. Terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di daerah Kalijambe, Sragen, Karanganyar. Merupakan sebuah situs yang merupakan tempat ditemukannya setengah dari jumlah fosil Hominid secara keseluruhan di dunia. Hal tersebut menjadikan tempat bersejarah ini sebagai situs penting untuk memahami evolusi manusia. Telah dihuni manusia purba sekitar satu setengah juta tahun lalu. Memang Sangiran tidak sefantastis Candi Borobudur bagi orang-orang pada umumnya. Tetapi aura di sekitar tempat ini sama kuatnya. Museum Sangiran yang baru dibuka pada 2011 memamerkan fosil-fosil manusia purba dan menawarkan wawasan bagi pengunjung mengenai pentingnya tempat bersejarah Sangiran.

5. Situs Arkeologi Trowulan

Trowulan sering disebut mengandung mistis yang mengandung sejarah kuno.

Terletak di Jawa Timur, Situs Arkeologi Trowulan telah masuk ke daftar sementara warisan dunia UNESCO, sebagai satu-satunya situs kota dari zaman kuno Hindu-Budha di Indonesia yang masih bisa ditemukan. Diduga merupakan sebuah pusat tertua Kerajaan Majapahit, para pelancong dapat menyaksikan kuil, kolam renang, dan bangunan bersejarah di tempat ini. Banyak sejarawan dari berbagai belahan dunia yang sangat semangat untuk mencoba menelusuri dan menjawab teka-teki sejarah Indonesia. Selain situs arkeologi yang merupakan tempat bersejarah di Indonesia ini, banyak tempat-tempat wisata lain di Trowulan yang layak untuk dikunjungi wisatawan.

6. Tana Toraja

Menikmati keindahan wisata budaya Tana Toraja

Terletak di Sulawesi Selatan, penduduk asli Tana Toraja terkenal dengan budayanya yang kental dan ritual pemakamannya yang menarik. Ritual pemakaman bisa berlangsung hingga beberapa hari, dan menjadi daya tarik utama Tana Toraja bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. Saat mengunjungi Tana Toraja, para pelancong bisa menyaksikan keindahan tongkonan, rumah-rumah tradisional dengan atap berbentuk seperti perahu. Konstruksi tongkonan penting bagi budaya Tana Toraja, dengan berbagai bentuk yang mewakili sistem hierarki sosial masyarakat Toraja. Di daerah Tana Toraja, kamu bisa menambah wawasan mengenai sejarah Toraja dan bagaimana budaya Toraja berubah setelah penjajahan Belanda.

7. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan tempat bersejarah di Indonesia yang mendunia.

Satu lagi tempat bersejarah yang terletak di Jawa Tengah, Candi Prambanan. Merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Dibangun pada abad ke-9, tempat bersejarah ini memiliki beberapa menara yang menjulang tinggi yang didedikasikan untuk tiga dewa Hindu yaitu Siwa, Wisnu dan Brahma. Menara-menara yang menakjubkan tersebut dihiasi dengan ukiran batu yang menggambarkan kehebatan Ramayana versi Indonesia. Candi Prambanan mengandung wawasan bersejarah mengenai kehidupan Hindu dan Budha di Indonesia pada zaman dulu.

8. Ubud

Menikmati wisata budaha di Ubud, Bali.

Ubud terkenal sebagai salah satu pusat seni dan budaya di Bali, menawarkan pengalaman wisata yang tak ada habisnya bagi para pelancong dari berbagai belahan penjuru dunia. Di tempat berserajah yang terkenal ini terdapat Cagar Alam Monyet yang terkenal di dunia dan dilengkapi dengan taman-taman Botani yang menakjubkan, beberapa museum, restoran-restoran, pasar seni dan kerajinan dan Istana Ubud yang menginspirasi. Ubud memancarkan budaya tradisional yang dilestarikan sejak zaman dahulu yang masih bertahan hingga sekarang dan ramai.

9. Palembang

Jembatan Ampera menjadi ikon wisata kota Palembang.

Salah satu kota tertua di Indonesia adalah Palembang, sekaligus menjadi ibu kota Sumatera Selatan. Daya tarik utama kota Palembang adalah Jembatan Ampera yang mengesankan dan menyimpan sejarah penting bagi Indonesia. Jembatan ini dilengkapi dengan pengangkat vertikal yang menakjubkan, yang saat diaktifkan pada malam hari menciptakan pemandangan yang tak terlupakan di atas Sungai Musi. Jembatan Ampera di Palembang yang sangat menarik menambah fasad memikat pada identitas budaya Indonesia.

10. Pura Besakih

Pura Besakih menjadi salah satu tempat bersejarah di Indonesia yang menarik wisatawan.

Juga dikenal sebagai Pura Agung Besakih, terletak di pulau Bali dan terdiri dari candi-candi Hindu yang luas. Kuil-kuil tersebut masih digunakan sampai sekarang, dan selama festival Pura Besakih dikunjungi gelombang penduduk lokal maupun wisatawan yang datang untuk merayakannya sepanjang tahun. Tempat bersejarah ini dianggap sebagai tempat yang paling suci dari semua monumen Hindu di Bali, tempat suci Pura Penataran Agung juga berada di dalam kompleks candi Besakih. Selain menambah wawasan mengenai sejarah Hindu di pulau Bali, para pelancong juga menikmati wisata yang mengasyikkan di sekitar Pura Besakih. Tidak hanya mengunjungi kuil-kuil tetapi juga menyaksikan lokakarya ukiran kayu lokal dan arsitektur yang indah dari Paviliun Kertha Gosa di dekatnya.

One thought to “10 Tempat Bersejarah di Indonesia yang Paling Memikat Dunia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *