Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Spek PC atau Laptop yang Optimal untuk Edit dan Render Video

Aktivitas atau jasa mengedit dan render video semakin banyak dibutuhkan melihat semakin maraknya aktivitas vlogging di berbagai media online. Disamping itu, mengedit video dan rendering video memerlukan komputer baik desktop atau laptop dengan spesifikasi yang lumayan tinggi agar optimal untuk software edit video. Kalau tidak optimal, menunggu rendering video bisa jadi sangat lama yang membuat jengkel (buat orang yang ga sabaran) dan tentu boros waktu.

Untuk keperluan edit dan render video, spek komputer yang dibutuhkan kurang lebih hampir sama dengan spek PC atau laptop gaming. Karena software yang menjalankan perintah video editing dan rendering yang dilakukan pengguna membutuhkan hardware seperti prosesor, kartu video, kartu VGA, HDD atau SSDdan RAM berkinerja tinggi. Hal tersebut dikarenakan kompunen-komponen tersebut erat kaitannya dengan pemrosesan bit dan frame video yang jumlahnya sangat banyak.

Tips Memilih Komputer untuk Video Editing

Untuk melakukan tukas produksi video yang optimal dan lancar, dibutuhkan komputer yang sepadan dengan pekerjaan tersebut. Memiliki PC atau laptop yang optimal untuk edit video tidak hanya untuk memperlancar tugas karyawan video editor di perusahaan-perusahaan saja. Mungkin kamu adalah seorang vlogger lepas yang mendapatkan uang dari YouTube. Kebutuhan produksi video atau edit video semakin tinggi saat ini mengingat semakin pentingnya branding menggunakan konten video sejak ketenaran YouTube, Twitch dan Vimeo semakin melejit. Oleh karena itu, sebagai pelaku video producer atau vlogger, tidak bisa disangkal lagi harus memiliki komputer dengan spek yang cocok untuk edit atau render video.

Ketahui juga: Kamera untuk vlog yang bagus.

Nah, jika kamu ingin membeli PC atau laptop untuk edit dan render video, artikel ini akan membagikan info standar hardware yang optimal untuk mengedit video. Atau bisa juga hanya upgrade komponen komputer jika beberapa komponen sudah optimal. Jika kamu adalah seorang vlogger yang sering mengedit video, sangat disarankan untuk upgrade komponen komputer ke generasi teknologi terkini agar mengedit video dapat dilakukan dengan lancar dan cepat. Selain itu, meng-upgrade komponen PC atau laptop ke generasi teknologi hardware terkini juga memiliki nilai investasi yang sangat bagus. Karna selain lebih hemat waktu dalam mengedit video, kamu juga tidak perlu upgrade komponen lagi dalam waktu yang cukup lama.

Loading...

Software edit video selalu diperbaharui oleh pengembangnya dan biasanya setiap pembaharuan semakin membutuhkan spek komputer yang lebih tinggi. Misalnya software Premiere Pro yang sangat sering di-update oleh Adobe. Jadi, perlu mempertimbangkan berapa lama suatu hardware akan tetap optimal untuk keperluan edit video. Di bawah ini adalah beberapa tips mengoptimalkan atau memilih komponen komputer yang tepat untuk pekerjaan edit dan render video.

Gunakan SSD

Ruang penyimpanan data yang memiliki kecepatan tinggi dalam mentransmisikan data adalah salah investasi terpenting dalam hal mengedit video. Coba hitung seberapa banyak waktu yang kamu sia-siakan jika harus menunggu rendering video yang prosesnya lama. Apalagi video yang harus kamu edit banyak jumlahnya, bisa-bisa waktu yang digunakan sangat banyak. Oleh karena itu, HDD sudah tidak optimal lagi untuk keperluan video editing karena sekarang kecepatannya sudah tergolong lambat dibandingkan SSD.

SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD, sekitar 2  hingga 4 kali lebih cepat tergantung teknologi SSD yang digunakan. Oleh karenai ut, SSD sangat cocok untuk menjalankan OS dan software, sehingga dapat mendukung pemrosesan berat seperti rendering atau gaming. SSD memungkinkan PC atau laptop kamu bisa mengakses rekaman dan software lebih cepat. Alhasil, render, loading, dan waktu eksport video jadi lebih cepat. Dalam kebanyakan kasus, SSD akan mendekati dua kali lipat harga hard drive tradisional, tetapi itu sangat berharga.

Tambah RAM

Manambah jumlah RAM PC atau laptop dapat meningkatkan kecepatan dalam hal pengeditan. Itulah sebabnya mengapa banyak software NLE modern menyarankan agar setidaknya komputer memiliki RAM 4GB. Tapi jika kamu serius dan sering dalam hal pengeditan video, lebih banyak RAM juga sangat bermanfaat. Saat ini, jarang ditemui video editor profesional yang masih memakai PC atau laptop dengan RAM kurang dari 8GB. Semakin banyak RAM berarti semakin bagus untuk kecepatan dalam pengeditan video.

Kartu Video yang Lebih Bagus

Kartu video pada komputer berfungsi untuk memproses gambar grafik ke layar monitor komputer. Dalah hal mengedit video, kartu video sangat penting. Untuk saat ini, standar kartu video yang optimal untuk urusan edit dan render video adalah kartu video 32-bit. Sebagian besar software edit video terbaik telah merekomendasikan kartu VGA. Jadi, sebelum sebelum memutuskan untuk membeli komputer atau laptop atau upgrade komponen, pastikan kartu apa saja yang direkomendasikan untuk NLE pilihan kamu.

Processor

Prosesor yang kinerjanya lebih cepat akan menghasilkan waktu render yang lebih cepat juga. Akan tetapi, processor juga harus diseimbangi dengan hardware lainnya. Walaupun kamu menggunakan prosesor intel core i7 coffelake tapi masih mengandalkan HDD untuk menjalankan OS dan software edit video, kecepatan asli processor tidak semua terpakai, melainkan menyeimbangi kecepatan HDD yang dipakai. Demikian juga kaitannya dengan RAM dan kartu video yang saling timbal balik saling ketergantungan. Ada juga NLE yang merekomendasikan processor tertentu. Jadi, periksalah informasinya di situs NLE tersebut sebelum kamu mulai upgrade komputer atau laptop kamu dengan processor yang sesuai kebutuhan.

Mac atau Windows?

OS juga perlu dipertimbangkan, apakah harus menggunakan Mac atau Windows untuk mengedit video. Dari segi kemampuan, fitur, dan kinerja, Mac dan Windows sama-sama bagus. Kedua OS tersebut sama-sama bisa digunakan untuk edit dan render video panjang. Namun, yang menjadi pertimbangan terbesar untuk memilih Windows adalah karena biayanya yang lebih murah ketimbang Mac. Selain itu software edit video untuk Windows juga banyak pilihannya dan harganya juga lebih murah dibandingkan software kusus untuk Mac. Tapi pertimbangkan juga kenyamanan, lebih nyaman menggunakan Mac atau Windows. Jika budget tidak jadi masalah buat kamu, punya Mac dan Windows juga bagus supaya bisa menjalankan software edit video khusus untuk Mac dan yang khusus untuk Windows

Layar Monitor

Banyak jenis layar monitor saat ini, dan kinerja nya juga beda-beda. Ada monitor mendukung video 4K. Jika kamu prlu mengedit video 4K, disarankan untuk menggunakan monitor 4K agar bisa menyesuaikan video pada layar yang sudah mendukung 4K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *