Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Software Edit Video Terbaik untuk Komputer

Dalam memilih software edit video yang cocok untuk keperluan, perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti harga, format input dan output, fitur, kemudahan dalam menggunakan, serta kelebihan dan kekurangannya. Tapi sebelum membeli atau mendownload software berat, pastikan spesifikasi hardware komputer kamu sanggup menjalankannya. Misalnya kapasitas processor, RAM, dan kartu VGA sudah memenuhi persyaratan minimum software tersebut. Selain standar hardware yang dibutuhkan, pastikan juga OS komputer kamu kompatibel dengan software tersebut. Apalagi software edit video terbaik, biasanya standar hardware yang dibutuhkan tinggi.

Jika kamu ingin mengedit video atau hanya masih sekedar belajar, daftar yang disebutkan pada artikel ini sangat disarankan. Karena fitur nya lengkap dan sebagian besar diantaranya sudah banyak tutorial di berbagai media seperti situs, buku ataupun majalah. Di bawah ini adalah beberapa software edit video terbaik yang sering digunakan profesional maupun pemula.

Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah software edit video terbaik.

Harga: $50/bulan

Kelebihan:

Loading...
  • Pembaruan software yang konsisten,
  • pengeditan multicam, banyak dukungan online,
  • antarmuka yang bisa disesuaikan, dan
  • integrasi yang dinamis dengan software Adobe lain.

Kekurangan:

  • Pembaruannya kadang ada bug
  • Eksport video lebih lambat dari FCPX

Premiere Pro sudah lama beredar. Tetapi sejak fitur Creative Cloud dirilis, Premiere menjadi NLE yang paling banyak digunakan oleh video editor profesional. Bahkan kalangan vlogger yang menghasilkan uang dari YouTube juga lebih suka menggunakan software ini. Premiere Pro adalah program yang cocok untuk tugas pengeditan video dalam skala besar maupun kecil. Dan progran edit video terbaik ini juga sering diperbarui (di-update), tidak seperti software lain.

Ketahui juga: Kamera vlog yang bagus untuk YouTuber.

Satu hal yang membuat Premiere Pro sebagai software edit video andalan adalah kemampuan integrasinya dengan program-program lain seperti After Effects, Media Encoder, Audition, dan SpeedGrade. Pengguna jadi lebih mudah dalam mengirim timeline Premiere antar program jika fitur bawaan Premiere tidak bisa menangani. Tidak ada pengerjaan edit video yang tidak bisa ditangani Premiere Pro.

Satu-satunya kekurangan Premiere Pro adalah update software yang harus berlangganan ke Creative Cloud dengan biaya $50 per bulan. Tapi Creative Cloud adalah fitur Adobe yang bagus jika kamu adalah seorang editor atau desainer kreatif. Karena editor atau desainer kreatif biasanya sering menggunakan program-program Adobe lainnya seperti Photoshop, Illustrator, dan After Effects. Jika kamu tidak sering melakukan pengeditan atau mendesain grafis, pengeluaran tersebut hanya memboros saja.

Final Cut Pro X (FCPX)

Final Cut Pro X adalah software adit video khusus untuk Mac.

Harga: $299

Kelebihan:

  • alur kerja cepat,
  • klip gabungan,
  • antarmuka ramping, dan
  • dukungan multicam.

Kekurangan:

  • hanya untuk OS Mac,
  • tidak kompatibel dengan FCP7.

Pada saat baru dirilis, software ini merupakan suatu kegagalan terbesar dalam sejarah NLE modern. Tapi sekarang telah berevolusi menjadi salah satu software edit video terbaik di dunia. FCPX adalah NLE yang kaya akan fitur praktis dan jauh lebih powerful dibandingkan antarmukanya. FCPX dilengkapi dengan berbagai fitur editor seperti rendering background dan pengeditan multikam. FCPX sangat mirip dengan Premiere dan Avid. Dan fungsi-fungsi FCPX juga mirip dengan Premiere Pro dan Avid Media Composer.

Avid Media Composer

Avid Media Composer adalah software edit video pilihan producer film Hollywood.

Harga: $35/bulan
Kelebihan:

  • bagus untuk tugas pengeditan video skala besar,
  • kompatibilitas server rendering,
  • fitur-fitur lengkap.

Kekurangan:

  • antarmuka kurang bagus,
  • kurva belajar lebih jelek dibandingkan FCPX dan Premiere.

Avid Media Composer adalah software edit video terbaik dan menjadi pilihan bagi sebagian besar producer film-film Hollywood. Kmu juga dapat menggunakan Premiere Pro atau FCPX untuk mengedit video-video panjang. Tapi Avid Media Composer saat ini merupakan NLE yang paling handal untuk proyek film-film panjang. Software edit video terbaik ini dirancang dengan fitur-fitur yang bisa digunakan dengan perintah shortcut keyboard saja. Hal tersebut berguna untuk menghemat waktu dalam proses pasca-produksi film.

DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah software edit video gratis terbaik.

Harga: Gratis (untuk Versi Lite)
Kelebihan:

  • fitur warna yang bagus,
  • software gratis,
  • desain ramping,
  • efek-efek berbasis node.

Kekurangan:

  • tutorial edit video menggunakan DaVinci Resolve belum banyak.

Software ini juga bagus kamu pilih untuk tugas mengedit video. DaVinci Resolve awalnya merupakan software perata warna dan koreksi warna. Tapi Blackmagic Design terus mengembangkannya dan merombaknya, alhasil software edit video ini menjadi NLE yang kuat. Sebagai software edit video terbaik, DaVinci Resolve tidak sepopuler software lain yang tercantum di atas. Walaupun demikian, tidak berarti Davinci Resolve bukan NLE yang hebat.

Blackmagic Design terus memperbarui DaVinci Resolve dan tidak heran jika beberapa tahun ke depan DaVinci Resolve menjadi software edit video terbaik yang lebih populer dibandingkan software sejenis lainnya. Kelebihan DaVinci Resolve yang paling disukai adalah versi Lite nya yang gratis. Tapi tidak perlu kawatir dengan istilah Lite yang dicantumkan membuat. Walaupun DaVinci Resolve Lite adalah software edit video gratis, fitur-fitur nya hampir mendekati software edit video berbayar yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kesimpulan Terakhir

Ada berbagai merek dan jenis software edit video untuk profesional yang lain. Tetapi keempat yang sudah disebutkan di atas adalah software edit video terbaik yang paling populer saat ini. Contoh software sejenis lainnya adalah Autodesk Smoke dan Sony Vegas, bisa juga dijadikan alternatif video editor. Jadi, jika kamu ingin melengkapi aplikasi pengedit video di komputer kamu, alternatif tersebut sangat disarankan. Terlebih dari semua itu, sebelum membeli sebuah software edit video, perlu memastikan apakah kamu sudah punya komputer yang cocok untuk edit video.

One thought on “Software Edit Video Terbaik untuk Komputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *