Resep Sayur Lodeh dan Cara Membuatnya

Resep sayur lodeh dan cara memasaknya.

Banyak variasi masakan sayur lodeh, ada yang dilengkapi dengan santan, pedas dan sebagainya. Resep sayur lodeh kali ini khusus membuat yang versi dari Jawa.

Umumnya sayur lodeh terbuat dari berbagai jenis sayuran seperti terong, labu siam, nangka muda, kacang panjang, melinjo, wortel, dan lain-lain. Sayur ini adalah salah satu makanan favorit di pulau Jawa. Sehingga sering ditemui di rumah makan atau warteg pinggir jalan, karena rasanya enak dan murah.

CATATAN: jika kamu tidak suka makanan yang terlalu pedas, disarankan untuk tidak memakan sayur lodeh karena biasanya sayur lodeh lebi enak jika disajikan lebih pedas.

Nah, sebelum kita simak resep sayur lodeh, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu sayur lodeh.

Apa Itu Saur Lodeh?

Sayur lodeh adalah sejenis sup sayuran yang bahan utamanya adalah kaldu santan. Makanan ini adalah salah satu sayur yang paling difavoritkan Indonesia, Malaysia dan negara sekitarnya. Ada dua variasi sayur lodeh, salah satunya khas sayuran seperti kubis, kacang, wortel, lobak, bawang dan kembang kol. Dan variasi yang satunya adalah sayur lodeh yang dicampur dengan kaldu dan rempah-rempah disiapkan seperti kari pasta aromatik panggang dan rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, bawang putih, ketumbar dan kunyit.

Meskipun hidangan sayur lodeh sering digambarkan sebagai sup sayuran, jenis makanan ini tidak selalu berarti vegetarian. Karena ada juga sayur lodeh udang kering atau udang basah, ada yang dicampur dengan ikan bilis atau juga ikan teri kering. Kuah sayur lodeh pada umumnya agak tebal atau ada juga yang tipis, tergantung jenis santan yang digunakan dan banyaknya air yang ditambahkan. Setelah memasak sayur lodeh selesai, bisa langsung disajikan untuk disantap dengan nasi, lontong, mie atau ikan goreng.

Loading...

Salah satu faktor yang menentukan kelezatan sayur lodeh adalah jumlah dan variasi jenis sayuran yang ditambahkan ke dalam resep. Bahan sayur lodeh yang paling umum adalah kacang hijau, wortel, kembang kol, kubis, terong, bawang dan brokoli. Yang lebih jarang antara lain; kentang, lobak dan seledri. Agar rasa sayur lodeh lebih enak dan sehat, bahan sayurannya perlu dibersihkan dan kemudian dipotong kecil-kecil agar bisa masak secara merata di dalam kuahnya.

Kuah sayur lodeh dibuat seperti kari. Bumbunya halus dan ada juga yang memanggangnya terlebih dahulu. Kemudian digiling menjadi bumbu kental. Bumbu sayur lodeh yang umum adalah bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar, kunyit, jinten, cabai dan serai. Udang kering atau ikan bilis juga bisa digiling menjadi campuran bumbunya.

Resep Sayur Lodeh

  • satu liter santan,
  • satu bungkus bumbu kaldu penyedap masakan,
  • dua sendok makan minyak sayur,
  • tiga sentimeter lengkuas,
  • tiga lembar daun salam,
  • lima buah cabai hijau,
  • lima buah petai,
  • enam buah cabai merah,
  • sepuluh potong tahu,
  • 150 gram kacang panjang.
  • garam secukupnya.

Cara Memasak Sayur Lodeh

Untuk membuat sayur lodeh, perlu mencampurkan bumbu di wajan panas dan ditumis (digoreng) sampai minyaknya keluar dan tercium bau harumnya. Kemudian santan dikombinasikan dengan kaldu atau air dan dipanaskan dalam wajan. Campuran bumbu yang sudah matang dicampur dengan santan kelapa dan dimasak sampai rasanya merata ke seluruh kuah. Sebelum mulai memasak, boleh juga mengetahui tips memasak terlebih dahulu agar bisa lebih praktis dalam memasak dan makanan pun jadi lebih lezat dan sehat. Untuk lebih terperinci, ikuti panduan memasak sayur lodeh di bawah ini.

  1. Memarkan lengkuas.
  2. Belah dua semua petai.
  3. Iris cabai hijau dan cabai merah tipis-tipis.
  4. Potong-potong kacang panjang sepanjang 3 cm.
  5. Potong tahu berukuran kecil sekitar 1,5 cm.
  6. Panaskan minyak menggunakan wajan sampai siap untuk menggoreng.
  7. Goreng tahu sampai siap santap.
  8. Tumis semua cabai merah dan hijau, daun salam, lengkuas, bumbu kaldu dan lengkuas sampai baunya harum. Setelah itu kecilkan api kompor.
  9. Tuangkan santan dan jangan berhenti mengaduk.
  10. Sambil mengaduk, masukkan sisa bahan yang belum dimasukkan dan aduk terus.
  11. Jika sudah matang, cobalah rasa. Kalau belum asinnya belum cocok, bisa menambahkan garam sedikit. Jika sudah enak, sayur lodeh siap dihidangkan.

Sayur lodeh yang sudah matang dapat disajikan pada mangkuk atau panci yang ukurannya sesuai untuk menampung seluruh kuahnya. Setelah matang bisa juga ditambahkan ketumbar segar, dan dituangkan ke atas hidangan nasi putih untuk disantap. Sayur ini sangat nikmat dimakan bersamaan dengan ikan asin yang digoreng renyah. Baca juga resep sayur asem. Semoga bermanfaat!

One thought to “Resep Sayur Lodeh dan Cara Membuatnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *