Resep Nastar Spesial dan Cara Membuatnya

Resep nastar dan cara membuatnya.

Banyak resep kue kering asli asal Indonesia yang dapat perlu dipelajari. Mulai dari resep tradisional dan kue yang biasa disajikan di hari raya. Salah satunya adalah resep nastar.

Kue nastar biasanya mulai disajikan di malam Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, Imlek atau perayaan hari-hari besar lainnya. Selain itu, kue nastar bisa juga dijadikan untuk hidangan buat tamu di hari-hari biasa. Sebelum mempelajari cara memasak kue nastar, sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu apa itu kue nastar secara detail.

Apa Itu Kue Nastar?

Kue nastar adalah kue tart nanas berukuran kecil yang biasanya disajikan pada perayaan hari raya di Indonesia. Makanan ini juga dikenal dengan sebutan kue kering nastar atau nastar cookies. Kebiasaan membuat kue nastar menjelang hari raya sudah menjadi tradisi di Indonesia. Tapi banyak juga orang yang membelinya ketimbang repot buat sendiri. Jadi, jualan kue nastar adalah salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan menjelang hari raya.

Dalam membuat kue nastar, dibutuhkan kesabaran, karena untuk mengisi selay nanas, diperlukan nanas yang segar. Selay nanas untuk kue nastar dibuat dengan diparut menjadi seperti bubur dan dimasak dengan dicampur bumbu-bumbu. Kemudian bisa disimpan di dalam lemari sebelum dibungkus bola-bola kue kecil. Untuk selai nanas, bisa juga menggunakan selai nanas yang dijual di supermarket atau minimarket jika tidak ada waktu untuk membuatnya.

Popularitas kue kering kecil yang diisi dengan selay nanas ini juga terkenal sampai ke Malaysia dan sering juga dibuat di hari raya di sana. Anek aresep nastar pada umumnya terdiri dari 3 bahan yang variasinya termasuk kue tart nanas, nanas gulung dan kue kering nastar. Nastar adalah singkatan dari nanas tart nanas dan variasinya juga berbeda-beda. Sebelum mengikuti resep kue nastar dan panduan cara membuat kue nastar di bawah, mungkin kamu ingin mempelajari tips memasak untuk pemula terlebih dahulu. Agar memasak di dapur bisa jadi lebih praktis dan makanan sehat berkualitas.

Loading...

Resep Nastar

Resep nastar hampir sama dengan kue maamoul dan ghraybeh. Selay nanasnya meleleh di mulut pada saat mengunyah pastri lapisan luarnya. Yang menjadi ciri khas kue nastar dibandingkan kue sejenis lainnya adalah isinya yang membuat ledakan kesegaran dengan rasa manis dan rasa sedikit asem.

Bahan Pastry Nastar

  • Dua batang atau satu cangkir mentega tawar (sekitar 220 gram),
  • 2,5 cangkir tepung terigu (sekitar 375g),
  • 1/4 sendok teh garam,
  • 2 kuning telur,
  • 6 sendok makan gula icing atau gula tepung (sekitar 50 gram), dan
  • 2 sendok makan tepung maizena.

Bahan Krim Telur untuk Lapisan Luar Atas

  • 1 kuning telur,
  • 1 sendok teh susu kental manis (opsional/tidak harus),
  • 1 sendok teh cuka (untuk menghilangkan bau telur).

Campur 1 kuning telur tersebut dengan susu kental manis dan kocok hingga semuanya tercampur merata.

Bahan Selay Nanas

  • 250g nanas atau 1 nanas berukuran sedang yaang sudah dikupas,
  • 1/2 atau 3/4 cangkir gula (atau secukupnya),
  • 1 sendok makan jus lemon,
  • 5 buah cengkeh (opsional, tapi sangat disarankan).

Cara Membuat Kue Nastar

Membuat Selay Nanas

  1. Parut nanas sampai menjadi seperti bubur dan taruh di panci.
  2. Masukkan cengkeh ke dalam bubur nanas, dimasak di wajan dengan api sedang dan diaduk-aduk dengan sampai sebagian sebagian besar cairan menguap (sebelum bubur nanas mulai melengket).
  3. Tambahkan gula dan jus lemon dan terus diaduk sampai selay menjadi berwarna keemasan, tebal dan lengket di sendok belangan.
  4. Cicipi untuk memastikan apakah selay nanas sudah manis sesuai dengan yang diinginkan. Tambahkan gula jika masih kurang manis.
  5. Matikan api kompor dan terus mengaduk sampai wajan dingin. Hal ini berguna agar selay bagian bawah tidak lengket ke wajan.
  6. Jika wajan sudah dingin, diamkan nanas sampai mencapai suhu ruangan, lalu simpan di kulkas selama 30 menit. Mendinginkan selay nanas di kulkas akan membuatnya lebih mudah ditangani pada saat mengisi ke pastry. Selain itu, selay nanas yang didinginkan di kulkas juga bisa bertahan hingga 1 minggu sebelum diisi ke pastry.

Membuat Pastry untuk Kue Nastar

  1. Ayak tepung terigu, tepung jagung, garam dan gula icing ke dalam mangkuk berukuran sedang.
  2. Dalam mixer berdiri Anda atau dalam mangkuk, kocok mentega sampai berubah menjadi warna terang dan halus.
  3. Tambahkan 2 kuning telur dan kocok lagi hingga tercampur merata dengan campuran tepung.
  4. Tambahkan sedikit demi sedikit campuran tepung sampai adonan tidak menempel di tangan. Jika adonan masih lengket setelah menambahkan tepung, tambahkan lagi tepung lebih lambat (sekitar setengah sendok atau satu sendok). Atau jika adonan terlalu rapuh, tambahkan mentega (sekitar setengah atau satu sendok).

Membentuk Kue Nastar

  1. Bagi adonan pastry menjadi bagian kecil-kecil atau bentuk menjadi berbentuk kelereng berukuran diameter 1.5 s/d 2 cm.
  2. Taruh bola pastry ke telapak tangan dan gunakan jari telunjuk untuk membuat rongga penampung selay nanas. Atau boleh juga membentuk sesuai kreasi sendiri. Tekan-tekan secara perlahan menggunakan satu atau dua jari hingga dinding boal pastry tersebut menjadi lebih tipis dan lebih merata.
  3. Tambahkan setengah sendok teh selay nanas ke dalam rongga tersebut, lalu cubit kembali hingga kembali berbentuk bola atau boleh juga membentuk sesuai dengan selera. Bias berbentuk daun atau berbentuk kubus. Tips: Jika membuat kue nastar dalam jumlah banyak, disarankan membentuknya bulat agar menghemat ruang penyimpanan dan pastry tidak mudah pecah pada saat ditumpuk.
  4. Letakkan bulatan-bulatan nastar mentah di atas loyang.
  5. Opsional: Hias bagian atas bola-bola tersebut. Cotohnya menggunakan sendok atau pisau untuk membuat pola silang.
  6. Setelah menghias, olesi bagian atas nastar yang belum dipanggang menggunakan cream telur.
  7. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180º C selama 10 s/d 13 menit atau sampai bagian bawahnya berwarna coklat keemasan.
  8. Jika puncaknya tidak emas, letakkan di bawah broiler selama 1-2 menit
  9. Keluarkan loyang berisi kue nastar yang sudah matang dan diamkan dingin di atas loyang tersebut selama 5 menit. Lalu pindahkan ke wadah penyimpanan seperti stoples atau kaleng roti.

Itulah tadi resep nastar sederhana dan bagaimana cara membuat selay nanas, cream telur dan mengolah pastry-nya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *