10 Peritel Makanan Cepat Saji Terbesar di Dunia

Peritel makanan cepat saji terbesar di dunia.

Satu hal yang sering dipikirkan pada saat bepergian adalah makanan cepat saji favorit. Untungnya, peritel makanan cepat saji seperti KFC, Pizza Hut, McDonald, dan lain-lain tersedia di berbagai penjuru dunia. Jadi jika ingin menikmati makanan favorit atau tidak ingin lama menunggu hidangan makanan, salau satu dari peritel yang akan dibahas disini bisa jadi tujuan jajanan kamu berikutnya. Di bawah ini adalah daftar 10 peritel makanan cepat saji terbesar di dunia.

1. McDonald’s

McDonald’s adalah salah satu peritel terbesar di dunia.
McDonald’s / Sumber gambar: Insideretail.asia

McDonald’s adalah peritel makanan cepat saji terbesar di dunia. perusahaan ini memiliki lebih dari 35.000 outlet di 119 negara. Ada sekitar 68 juta pelanggan mengunjungi McDonald setiap harinya. Merupakan jumlah customer yang sangat fantastis tentunya. Jumlah tersebut lebih dar jumlahi populasi Inggris.

Makanan khas McDonald’s adalah hamburger yang terjual sekitar 80 hamburger setiap detik. Selain hamburger, McDonal’s juga menjual sandwich ayam, kentang goreng, pencuci mulut, dan minuman ringan yang juga merupakan produk utama McDonald’s.

Bisnis ritel yang dijalankan oleh McDonald dimulai pada tahun 1940 oleh Richard dan Maurice McDonald di San Bernadino, California. Pada saat ini, McDonald mempekerjakan lebih dari 1,7 juta orang di seluruh dunia. Perital makanan global ini juga bermitra dengan sejumlah perusahaan hiburan dan juga menjadi distributor mainan terbesar.

2. KFC

Gerai KFC
KFC / Sumber gambar: Liverpoolecho.co.uk

KFC adalah singkatan dari Kentucky Fried Chicken. Perusahaan ini merupakan rantai restoran terbesar kedua di dunia. KFC didirikan oleh Harland Sanders pada tahun 1930 di Kentucky. Sementara, citra Harland Sanders dan logo KFC sendiri banyak dipakai dalam berbagai versi iklan KFC. Sekarang, KFC memiliki lebih dari 19.000 toko di 118 negara. Perusahaan ini mraup sekitar 8 juta pelanggan setiap hari hanya di Amerika Serikat saja.

Loading...

Resep ayam goreng yang merupakan ikon KFC masih belum diketahui oleh orang-orang. Resep tersebut disimpan di tempat yang aman di Louisville, Negara Bagian Kentucky. Untuk memastikan kesegaran dan kerenyahan ayam goreng KFC, peritel ini membuang ayam goreng yang belum terjual dalam waktu 90 menit. Menu utama dalam KFC adalah burger ayam, ayam popcorn, dan berbagai jajanan lainnya.

3. Subway

Subway adalah peritel makanan cepat saji populer di Amerika
Subway / Sumber gambar: Fortune.com

Perusahaan makanan cepat berlabel Subway telah beroperasi di 107 negara dengan total gerai leih dari 42.000 restoran. Produk utama Subway adalah sandwich dan salad. Ada 38 juta pilihan sandwich tersedia untuk pelanggan di seluruh dunia. Peritel ini menjual sekitar 7,6 juta sandwich setiap hari. Jika diibaratkan, dalam setahun, jumlah sandwich yang dibuat oleh Subway cukup untuk menutupi permukaan Bumi sebanyak 14 kali lipat.

Sandwich submarine buatan Subway adalah produk yang menjadi ikon perusahaan ini. Tetapi produk sandwich-nya bervariasi sesuai dengan lokasi penjualan. Produk populer Subway lainnya ada ayam panggang, ikan tuna, subway cair, subway club, dan teriyaki ayam.

4. Pizza Hut

Pizza Hut merupakan peritel makanan cepat saji terbesar di dunia yang melayani pengiriman pizza sampai ke tempat pembeli. Pizza Hut memiliki 6.000 gerai di AS dan sekitar 5.500 gerai di 93 negara lainnya. Perusahaan ini didirikan pada tahun

Pizza Hut adalah penjual pizza terbesar di dunia.
Pizza Hut / Sumber gambar: Nrn.com

1958 oleh Dan dan Frank Carney, di kota Kansas.

Pada tahun 2001, Pizza Hut menjadi perusahaan pertama yang mengantarkan pizza ke stasiun luar angkasa internasional dengan diluncurkan oleh pesawat ruang angkasa yang bernama Soyuz. Setiap tahunnya, pondok Pizza menggunakan 150 juta kg keju yang dibuat dari 360 juta galon susu.

5. Starbucks

Penampilan toko Starbucks di pinggir jalan.
Starbucks / Sumber gambar: Oregonlive.com

Kantor pusat Starbucks berbasis di Seattle. Peritel makanan cepat saji ini adalah perusahaan kopi terbesar di dunia. Starbucks memiliki lebih dari 24.000 gerai di 64 negara, termasuk Indonesia. Diantaranya, lebih dari 13.000 gerai berada di AS. Starbucks menjual minuman dingin & panas, anggur, bir, dan juga makanan ringan. Starbucks menawarkan 87.000 kombinasi minuman untuk dinikmati pelanggannya.

Starbucks didirikan pada tahun 1971 oleh Jerry Baldwin, Gordon Bowker, dan Zev Siegl. Menariknya, Sejak 1987, Starbucks menambahkan paling tidak 2 toko baru setiap hari. Perusahaan ini juga menggunakan 93 juta galon susu dan 2,3 miliar cangkir kertas per tahun untuk menyajikan makanan dan minuman kepada para pelanggannya.

6. Burger King

Burger King memiliki gerai sekitar 13.000 di 79 negara.
Burger King / Sumber gambar: Pymnts.com

Perusahaan ritel yang menjual hamburger ini memiliki kurang lebih 13.000 gerai di 79 negara di seluruh dunia. Peritel makanan cepat saji ini merupakan peritel burger terbesar ketiga di Amerika Serikat. Setiap harinya, ada sekitar 1 juta orang mengunjungi gerai Burger King di seluruh dunia. Whopper sandwich merupakan produk unggulan Burger King, yang diperkenalkan kembali pada tahun 1957. Burger King menjual lebih dari 1,9 juta sandwich whopper setiap hari di seluruh dunia.

7. Domino’s Pizza

Domino’s Pizza memiliki lebih dari 10.000 toko di berbagai negara.
Domino’s Pizza / Sumber gambar: Teachaeris.com

Domino’s Pizza adalah perusahaan pengiriman pizza terbesar kedua di Amerika Serikat setelah Pizza Hut. Peritel makanan cepat saji ini memiliki kurang lebih 10.000 toko secara keseluruhan di 70 negara. Pizza dari roti Domino tersedia dalam berbagai bentuk sesuai dengan lokasi tokonya.  Selain Pizza, produk utama Domino’s Pizza lainnya adalah roti mangkuk, pasta, dan roti isi Owen.

Sementara untuk minuman, Domino’s Pizza menjual Coca-Cola. Meskipun hanya ada sekitar ribuan toko tersebar di AS, pengantar pizza dari perusahaan ini melakukan perjalanan jutaan kilometer setiap minggunya. Hari minggu dijuluki dengan Super Bowl oleh Domino’s Pizza, yang menjadi hari tersibuk melayani pelanggan sekaligus hari di mana peritela makanan cepat saji ini mengantarkan jutaan pizza ke tempat pelanggan.

8. Dunkin’ Donuts

Dunkin’ Donuts merupakan peritel makanan cepat saji yang didirikan pada 1950.
Dunkin’ Donuts / Sumber gambar: Franchisetimes.com

Dunkin ’Donuts memiliki jumlah gerai lebih dari 11.000 restoran di seluruh dunia. Perusahaan ini fokus untuk makanan cepat saji yang dipanggang dan juga hidangan kopi. Panggangan, minuman panas atau dingin, sandwich dan minuman ringan merupakan produk utama Dunkin ’Donuts.

Toko pertama Dunkin’ Donuts dibuka di Quincy city daerah Massachusetts pada tahun 1950. Sejak 2006, slogan perusahaan ini adalah ‘American run on Dunkin’ yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti; Orang Amerika lari ke Dunkin. Sampai saat ini, Dunkin’ Donuts menawarkan ribuan rasa kopi yang berbeda. Selain itu, perusahaan ini telah beralih dari menjual minuman ringan PepsiCo ke Coca-Cola sejak 2012.

9. Dairy Queen

Selain menjual es krim, Dairy Queen juga menjual ayam goreng dan burger.
Dairy Queen / Sumber gambar: Dairyqueen.com

Layanan Dairy Queen tersedia di sekitar 6000 lokasi di seluruh dunia. Dairy Queen beroperasi di 18 negara selain Amerika Serikat. Sementara di Amerika Serikat sendiri, Texas merupakan lokasi yang terdapat restoran Dairy Queen terbanyak, sekitar 600 restoran.

Dairy Queen didirikan oleh John Fremont McCullough pada tahun 1940. Toko pertama Dairy Queen dimulai di kota Joliet negara bagian Illinois. Produk unggulan Dairy Queen adalah soft serve ice cream. Gambar produk ini juga ditampilkan pada logo perusahaan Dairy Queen. Toko-toko DQ juga menyajikan burger, kentang goreng, ayam goreng, makanan dingin dan juga hot dog.

10. Papa John’s Pizza

Papa John’s Pizza didirikan pada tahun 1984.
Papa John’s Pizza / Sumber gambar: Qsrmagazine.com

Papa John’s Pizza adalah peritel makanan cepat saji yang menjual Pizza terbesar keempat di AS. Layanan itu, peritel ini juga membuka gerai-gerai nya di 34 negara. Ada sekitar 4.000 restoran Papa John’s Pizza di berbagai negara, yang mana lebih dari 3200 gerainya terletak di Amerika Serikat. Pendiri perusahaan ritel makanan cepat saji ini adalah John Schnatter yang membuka gerai pertamanya pada tahun 1984 di Indiana. Slogan Papa John’s Pizza adalah “Better ingredients, Better pizza”. Jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti “Bahan yang lebih baik, Pizza yang lebih baik”.

Pada tahun 2002, perusahaan Papa John ini menjadi layanan pizza pertama di Amerika Serikat yang menggunakan fasilitas pemesanan online. Saat ini, ada lebih dari 205.000 karyawan bekerja di perusahaan Papa John dan memiliki pendapatan bersih sebesar $ 1,4 miliar.

3 thoughts to “10 Peritel Makanan Cepat Saji Terbesar di Dunia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *