Perbedaan Antara MBA dan BBA dari Segi Tingkat dan Kegunaan Gelar

Perbedaan MBA dan BBA dari segi program studi dan kegunaan gelar.

MBA adalah gelar master administrasi bisnis, sedangkan BBA adalah gelar sarjana administrasi bisnis. Jadi, MBA dan BBA adalah dua tingkat gelar pendidikan yang berbeda. Yang mana, untuk menyandang gelar BBA, seorang mahasiswa harus mengikuti program studi Administrasi Bisnis (Business Administration) kurang lebih empat tahun. Sedangkan MBA adalah gelar lanjutan yang layak diperoleh setelah mengikuti program studi magister administrasi bisnis dengan syarat memiliki gelar sarjana.

Sebagian besar universitas yang menyediakan program studi magister administrasi bisnis (MBA) mengharuskan calon mahasiswa ingin mengikuti program studi MBA paling tidak pernah menjabat level manager selama dua tahun. Dan pastinya sudah mengikuti tes GMAT dengan hasil nilai mencukupi yang ditetapkan oleh universitas jika ingin ambil gelar MBA di universitas berbahasa Inggris di Eropa atau Amerika. Perbedaan lain antara MBA dan BBA adalah hal yang berhubungan dengan sifat pendidikan dan kegunaan gelar dari segi tingkat pendidikan.

Perbedaan Format Pengajaran MBA dan BBA

Jurusan BBA biasanya mencakup mata kuliah dasar, yang mana, siswa diajar oleh dosen yang membagi pengetahuan dan memberi contoh dari pengalaman. Biasanya, partisipasi mahasiswa program studi BBA bukan merupakan komponen utama dalam proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan mahasiswa MBA perlu berpartisipasi dalam lingkungan belajar dan merupakan hal yang sangat penting.

Banyak kelas di jurusan-jurusan program studi MBA diadakan dalam bentuk forum diskusi, dan dosennya cenderung berperan sebagai fasilitator sekaligus menjadi mentor. Dengan demikian, keuntungan yang dapat diambil oleh mahasiswa MBA dalam program studinya adalah belajar pengalaman-pengalaman profesional umum secara luas yang didapat selama atau sebelum masuk program pascasarjana.

Perbedaan MBA dan BBA dari Segi Tim dan Individu

Perbedaan lainnya yang mencolok antara pengalaman BBA dan MBA adalah keseimbangan antara kerja individu dan tim. Gelar BBA cenderung dibekali dengan tugas individu, proyek dan magang (uji kerja), dan dengan proyek kelompok yang jarang dilakukan. Sedangkan gelar MBA dibekali dengan kolaborasi tim yang merupakan elemen utama pada program studinya. Hal ini didasarkan pada prioritas yang tinggi dalam berkolaborasi di tempat kerja umum pada tingkat profesional tertentu.

Loading...

Persyaratan Gelar MBA dan BBA

BBA adalah gelar sarjana empat tahun yang biasanya membutuhkan 120 kredit (SKS) untuk menyelesaikan program studi. Mahasiswa biasanya diharuskan mengambil mata kuliah inti seni liberal. Selain itu diharuskan juga mengikuti mata pelajaran bisnis yang diperlukan untuk konsentrasi atau sub-jurusan tertentu dan beberapa kelas bisnis opsional. Karena BBA merupakan gelar administrasi bisnis umum, mahasiswa program studi ini bisa memilih mata pelajaran pilihan di bidang bisnis terntentu. Misalnya bidang keuangan, wealth management, entrepreneurship, pemasaran, ritel atau bidang bisnis lain.

Nah, kalau jangka waktu program studi MBA biasanya jauh lebih singkat. Program MBA sangat bervariasi yang biasanya terdiri dari 30 hingga 60 sks. Mahasiswa MBA reguler (penuh waktu) secara normal bisa menyelesaikan program studi dalam satu atau dua tahun. Sementara, mahasiswa MBA paruh waktu (kelas sore atau sambil kerja) bisa menyelesaikan program studi selama tiga hingga lima tahun.

Kegunaan Gelar MBA dan BBA

Beberapa jenis pekerjaan dalam bisnis membutuhkan minimal gelar sarjana, sementara pekerjaan manajemen bisnis tingkat tinggi terkadang membutuhkan MBA. Selain itu, ada juga beberapa jenis profesional dengan gelar MBA yang mendapat keuntungan kesempatan mengajar di perguruan tinggi atau universitas lokal yang hanya mengharuskan dosen-dosennya memiliki gelar pendidikan yang lebih tinggi dari sarjana. Selama masa karir setelah lulus program studi MBA, biasanya penghasilan atau gaji jauh lebih besar dibandingkan lulusan BBA.

Dikutip dari data University of Texas McCombs School of Business pada tahun 2011, menunjukkan bahwa lulusan BBA nya bergaji rata-rata $54.151 per tahun. Sedangkan gaji rata-rata lulusan MBA nya lebih dari $107.000 per tahun pada tahun 2012. Ada lulusan MBA yang sebelum mengambil gelar tersebut sudah berkarir. Namun, karena gelarnya lebih tinggi, bisa menghasilkan gaji yang lebih besar pada posisi yang sama atau dari promosi jabatan berkat gelar MBA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *