Perbedaan Antara Koneksi Internet LAN dan USB

Perbedaan Antara Koneksi Internet LAN dan USB

Jika membahas soal LAN atau disebut juga dengan “jaringan area lokal” (Local Area Network) dan Internet, perlu diketahui bahwa kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda. Jaringan Internet jauh lebih luas dibandingkan jaringan LAN. Yang membedakan LAN dan Internet tidak hanya dari segi ukuran luas cakupannya saja. Tetapi juga dibedakan berdasarkan rincian mengenai bagaimana dua komputer bisa terhubung, apakah menggunakan kabel USB atau Ethernet. Teknologi yang paling relevan untuk keperluan kamu sangat tergantung pada kebutuhan menghubungkan komputer dan kebutuhan koneksi internet.

LAN

Jaringan LAN adalah sistem yang menghubungkan komputer pada lokasi tertentu, seperti di kantor atau gedung misalnya. Biasanya, koneksi LAN dibuat dengan bantuan kabel Ethernet. Teknologi LAN pada dasarnya berbeda dengan WAN yang merupakan jaringan area luas (Wide Area Network) atau beberapa LAN yang terhubung bersamaan. Ethernet LAN biasa menawarkan kecepatan transfer data berkisar 10 sampai dengan 100Mbps. Namun, jaringan dengan teknologi yang lebih maju bisa mencapai kecepatan transfer data hingga 10.000 Mbps.

Internet

Internet adalah jaringan terbesar di dunia, yang bisa menjangkau global dan menghubungkan jutaan hingga milyaran komputer dari berbagai penjuru dunia. Internet jauh lebih besar dibandingkan dengan LAN yang hanya berbasis lokasi. Dalam hal USB (Universal Serial Bus), kamu dapat mengakses Internet melalui perangkat modem yang terhubung ke komputer kamu dalam menggunakan kabel USB atau modem model colok. Koneksi internet USB juga bisa mendukung kecepatan transfer data berkecepatan tinggi berkisar antara 1,5 hingga 480Mbps.

Modem

Disamping kabel Ethernet yang merupakan sarana untuk menghubungkan LAN, banyak modem Internet yang mendukung koneksi Ethernet atau USB ke komputer. Dengan mempertimbangkan tingkat kecepatan transfer data, Ethernet jelas lebih unggul dalam hal kemampuan kecepatan koneksi Internet. Untuk lebih jelasnya, sebagian besar bisnis kecil yang menggunakan Internet untuk tugas-tugas biasa seperti menjelajahi website dan mengirim email biasanya menggunakan Ethernet atau koneksi USB. Namun, jika bisnis kamu memerlukan akses LAN dan Internet, sudah barang tentu lebih ekonomis dan efektif menggunakan Ethernet. Jika butuh kepraktisan yang mengandalkan koneksi nirkabel, mungkin perlu mempertimbangkan memasang penguat sinyal WiFi agar trasfer data bisa lebih cepat.

Jaringan USB Nirkabel

Perangkat USB juga disebut dengan adapter, stick atau flash drive, yang dihubungkan ke laptop atau komputer desktop untuk terhubung ke Internet nirkabel yang tersedia. Bisa melalui hotspot Wi-Fi khusus atau layanan data melalui operator telepon seluler. Untuk keperluan bisnis, kamu bisa menambahkan fitur USB nirkabel ke paket data telepon seluler kamu.

Loading...

Demikianlah perbedaan antara koneksi internet LAN dan USB yang sering kita gunakan sehari-hari baik di rumah, tempat umum ataupun kantor. Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini internet semakin menjadi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui dan memahami bagaimana konsep LAN, WAN, Internet, Jaringan USB nirkabel dan jaringan melalui kabel Ethernet. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *