Perbedaan Antara Investasi Saham dan Investasi Obligasi

Tombol berbagi:

Perbedaan yang paling mendasar antara saham dan obligasi adalah ketika anda memiliki saham, anda memiliki ekuitas atau persentase fraksional perusahaan. Harga saham (stock) berfluktuasi sesuai dengan nilai perusahaan. Sedangkan ketika anda memiliki obligasi, anda memiliki piutang. Anda meminjamkan uang perusahaan yang harus dibayar pada saat jatuh tempo, bersama dengan pembayaran bunga setengah tahunan. Harga obligasi berfluktuasi sesuai dengan suku bunga pasar.

Pengertian Saham

Sebuah perusahaan menerbitkan saham dengan imbalan investasi modal. Ketika sebuah perusahaan swasta diluncurkan, para pendiri mengumpulkan dana untuk membiayai startup dengan menjual saham swasta, sering kepada teman-teman mereka, keluarga dan investor malaikat. Siapa pun yang memegang saham di perusahaan memiliki sebagian dari perusahaan itu. Ketika perusahaan siap untuk go public, saham terdaftar dengan Securities and Exchange Commission dan dijual kepada investor publik melalui penawaran umum. Ini menambah lebih banyak modal untuk perusahaan, meningkatkan asetnya dan, oleh karena itu, nilainya. Pemegang saham asli di perusahaan swasta sering mengambil keuntungan investasi mereka saat ini dengan menjual saham mereka.

Berinvestasi Dalam Bentuk Saham

Ketika Anda membeli saham yang sudah diperdagangkan, Anda tidak memberikan modal perusahaan – Anda membeli bagian kepemilikan orang lain di perusahaan. Jika perusahaan membayar dividen, Anda juga membeli hak untuk menerima dividen itu. Jika perusahaan melaporkan laba yang baik dan menunjukkan bahwa masa depannya kemungkinan akan berhasil, nilai perusahaan naik dan, karena saham Anda adalah bukti kepemilikan persentase di perusahaan, nilai intrinsik teoretisnya naik. Biasanya ini tercermin dalam kenaikan harga saham, tetapi selama pasar bearish atau jika investor lain tidak membeli berita baik, harga saham Anda mungkin tidak naik. Demikian pula, jika perusahaan kehilangan uang dan kontrak penting dibatalkan, nilainya menurun dan demikian pula harga sahamnya.

Pengertian Obligasi

Perusahaan juga dapat mendanai dirinya sendiri dengan meminjam. Secara pribadi, pinjaman-pinjaman ini dapat berupa surat promes atau hutang konversi, yang memberi si pemberi pilihan untuk dibayar kembali dalam bentuk tunai atau saham. Jika pemberi pinjaman berpikir bahwa perusahaan telah menjanjikan sebagai investasi, dia akan memilih untuk dibayar kembali karena dia berpikir perusahaan akan memiliki IPO yang sukses dan dia akan dapat menjual sahamnya dengan harga tinggi. Jika perusahaan sudah menjadi perusahaan publik atau memenuhi syarat dengan SEC untuk menerbitkan obligasi secara terbuka, perusahaan dapat meminjam uang di pasar obligasi publik. Semua obligasi adalah bukti hutang.

Berinvestasi dalam Obligasi

Ketika Anda membeli obligasi, sertifikat obligasi Anda memberi kesaksian bahwa perusahaan berutang Anda pembayaran jumlah nilai nominal, biasanya $ 1.000, pada sertifikat pada tanggal tertentu di masa depan, yang disebut tanggal jatuh tempo. Ini juga menunjukkan tingkat kupon, yang merupakan jumlah bunga yang ditetapkan ketika obligasi pertama kali diterbitkan. Pembayaran kupon akan tetap sama kecuali ada ketentuan floating rate atau repricing dalam masalah ini. Harga obligasi berfluktuasi sesuai dengan suku bunga pasar yang berlaku untuk peringkat kreditnya. Harga obligasi juga akan berfluktuasi jika perusahaan melakukannya dengan sangat baik atau buruk sehingga peringkat kreditnya berubah. Investor meminjamkan uang kepada perusahaan, melalui obligasi, dan berharap pendapatan bunga kupon cukup menarik untuk membuatnya bermanfaat mengambil risiko meminjamkan uang yang tidak akan dibayar kembali selama bertahun-tahun. Ketika suku bunga pasar naik, harga obligasi turun sehingga uang yang diterima dalam bunga mewakili persentase $ 1.000 sama dengan tingkat pasar untuk peringkat kredit itu. Demikian pula, ketika suku bunga pasar turun, harga obligasi naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *