Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

35 Perangkat Smart Home Terbaik yang Bisa Diperintah Pakai Alexa

Aplikasi asisten suara keluaran Amazon bernama Alexa adalah salah satu aplikasi Android tercanggih yang memiliki banyak fitur. Bisa diintegrasikan ke berbagai perangkat smart home yang kompatibel. Mulai dari memainkan musik kesayangan kamu hingga melaksanakan perintah suara tertentu yang kamu suruh. Aplikasi canggih ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat smart home.

Gadget atau Alat yang Kompatibel dengan Aplikasi Alexa

Sebelumnya kita sudah membahas cara menggunakan aplikasi Alexa untuk menikmati berbagai fitur canggih yang ditawarkan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengontrol berbagai perangkat atau produk smart home melalui ponsel Android atau iPhone. Berikut ini adalah beberapa gadget atau perangkat smart home terbaik yang bisa kamu kendalikan mengguankan aplikasi asisten suara bernama Amazon Alexa.

Steker Wi-Fi Aukey

Merupakan steker yang solid berlabel Aukey dan mudah digunakan. Steker pintar merek Aukey ini bisa diseting supaya berfungsi secara otomatis untuk menghidupkan dan mematikan kontak colokan dalam jangka waktu yang ditentukan. Alat canggih ini murah dan juga bisa merespon terhadap suhu, cuaca, kelembaban, dan kualitas udara. Selain bisa dikontrol menggunakan perintah suara via aplikasi Alexa, steker canggih ini juga bisa dikontrol menggunakan IFTTT dan Google Assistant.

Lampu Warna Elemen Plus Led Pintar Sengled

Loading...

Paket starter kit lampu warna keluaran Sengled adalah alternatif murah untuk perangkat lampu pintar (smart light) yang biasanya harganya mahal. Lampu pintar ini kompatibel dengan aplikasi Alexa dan juga Google Assistant. Lampu ini memancarkan 16 juta warna dan mudah dikendalikan menggunakan perintah suara melalui smartphone.

Fire TV Cube

Seperti pendahulunya, Fire TV Cube keluaran Amazon bisa dikendalikan menggunakan perintah suara via aplikasi Alexa untuk mengontrol TV, kotak kabel, dan peralatan streaming paketannya. Tampilannya sangat intuitif dan dengan kualitas gambar 4K HDR yang sangat bagus. Dilengkapi juga dengan aplikasi streaming keluaran Hulu, Sling dan DirecTV. Fire TV Cube juga dilengkapi dengan remot Alexa sebagai bonus. Jadi, selain mengontrol menggunakan ponsel juga bisa dikontrol secara manual menggunakan remot tersebut.

TV LG Premium

Jika kamu punya TV LG keluaran 2018 yang OLED atau Super HD dengan ThinQ AI, perangkatnya sudah dilengkapi dengan Google Assistant bawaan. Tapi juga bisa dikontrol menggunakan Alexa. TV LG Super UHD memiliki layar yang bagus dengan kinerja HDR dan juga dengan kualitas suara yang luar biasa. Dengan perintah suara via Alexa, kamu bisa menyalakan dan mematikan TV dan setingan lainnya, bahkan bisa streaming YouTube.

Lifx Mini

Bohlam pintar merek Lifx, ada juga yang versi Lifx Mini, kompatibel dengan aplikasi Alexa dan Homekit, Google Assistant dan Cortana. Jika menggunakan aplikasi Alexa atau aplikasi Lifx di hape Android atau iOS, kamu bisa menyalakan dan mematikan lampu ini, mengatur kecerahan dan warna, dan juga bisa mengatur jadwal on dan off nya. Kamu juga bisa menyeting beberapa model efek pencahayaan yang keren mengguakan lampu pintar ini. Bisa berkedip seperti cahaya lilin, mode kedip dengan efek seram, strobo dan bisa juga berubah warna seiring dengan ketukan atau launan musik yang sedang kamu putar. Dengan panjang hanya 2,2 inci, lampu ini cocok dipasang di berbagai jenis lampu meja atau lampu langit-langit.

Sonos Beam

 

Soundbar Sonos Beam sudah dilengkapi dengan Alexa. Bukan hanya perangkat speaker pintar yang berkualitas tinggi dengan empat woofer full-range. Tetapi juga dilengkapi dengan port HDMI ARC. Port ini bisa dipasangkan remot TV ke Beam dan membantu menyinkronkan audio pembicara ke TV. Dengan panjang 26 inci dan tinggi 4 inci, Sonos Beam cocok untuk TV berukuran besar.

iHome ISP100

Steker iHome iSP100 sangat menarik dan mudah dipasang. Cocok untuk outdoor untuk pemasangan perangkat lampu kelap-kelip. Bisa dikontrol menggunakan ponsel melalui perintah suara menggunakan aplikasi Alexa. Steker ini juga kompatibel dengan Siri, Google Home, Wink dan Nest.

Sakelar Ecobee

Banyak produk sakelar cerdas, tetapi hanya sakelar Ecobee lah yang kompatibel dengan aplikasi Alexa. Sakelar ini memungkinkan kamu mengakses asisten suara Amazon melalui dinding rumah atau kantor. Selain itu, saklar ini dilengkapi dengan sensor gerak, sehingga bisa menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis. Dilengkapi juga dengan sensor suhu, sehingga kamu dapat menghubungkan sakelar ini dengan termostat cerdas Ecobee untuk memastikan semua ruangan dihangatkan atau didinginkan dengan benar.

Sakelar WeMo Insight

Perangkat kecil ini membuat perangkat cerdas apapun bisa diperintah atau dikontrol melalui ponsel, walaupun ketika kamu sedang tidak di rumah. Sakelar WeMo Insight juga memungkinkan kamu untuk mengatur jadwal kapan sakelar ini harus menyala atau hidup dan bahkan memberi tahu berapa sebanyak banyak daya yang digunakan perangkat yang terhubung. Kamu juga bisa mengintegrasikan tombol Insight dengan produk smart home lainnya melalui IFTTT.

Smarter Coffee 2

Dengan alat ini, aplikasi Alexa atau Google Assistant bisa membuat kopi. Setelah mesin ini dimuat dengan bubuk kopi, kamu bisa menggunakan perintah suara atau aplikasi Smarter Coffee via ponsel Android dan iOS. Kamu bisa menentukan seberapa banyak kopi yang ingin kamu buat dan berapa lama mesin harus tetap hangat. Dengan menggunakan IFTTT, kamu juga bisa memprogram perangkat ini agar mulai menyeduh kopi walaupun kamu sedang melakukan aktifitas lain.

Paket Lampu LED Philips Warna Putih

Philips juga menjual beberapa jenis lampu LED yang dilengkapi dengan aplikasi White Starter untuk sepaket dua lampu dan juga hub kecil yang menghubungkan lampu ke Wi-Fi (Philips juga akan menjual versi empat lampu). Kamu bisa mengontrol paket lam[u ini menggunakan applikasi Alexa. Kit lampu ini tidak berubah warna, jadi hanya bisa memancarkan sinar dengan warna putih. Philips juga membuat berbagai macam lampu LED pintar.

Amazon Fire TV

Amazon Fire bisa dikontrol menggunakan remot suara Alexa via ponsel yang memungkinkan kamu untuk mencari atau mengganti channel TV atau menggunakan aplikasi. Selain itu, kamu juga bisa mencari skor pertandingan olahraga, berita, cuaca dan musik. TV Amazon Fire juga terhubung ke sejumlah saluran program dan aplikasi streaming video. Juga mendukung 4K.

Hue Led Strip Philips

Ada mode pencahayaan yang cocok untuk suasana tertentu.Lampu ini dan aplikasi Alexa bisa memenuhi hal tersebut. Dengan menggunakan aplikasi Alexa, kamu bisa mengatur warna strip cahaya Philips Hue yang bisa di pasang di sekitar pintu atau jendela untuk mencerminkan suasana hati kapan saja.

Netgear Arlo Q

Netgear Arlo Q adalah kamera keamanan indoor yang mudah dikontrol. Dilengkapi dengan video resolusi 1080p untuk siang atau malam dan dilengkapi dengan memori untuk ruang penyimpanan video hasil rekaman. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Alexa untuk melihat live video langsung dari Arlo Q di ponsel atau melalui Amazon Echo Show dan Amazon Echo Spot. Alat ini juga cocok digunakan sebagai monitor bayi.

Speaker Sonos One

Speaker kecil ini menghasilkan suara yang bagus dari perangkat apa pun yang sudah menggunakan aplikasi Alexa. Hasil suara yang Sonos One sangat seimbang di seluruh ruangan. Speaker ini juga berfungsi digunakan dengan Spotify. Jadi, kamu bisa mengontrol pemutaran streaming musik menggunakan perintah suara.

Rachio Smart Sprinkler Controller

Jika di halaman rumah kamu terdapat taman, kamu bisa menyiramnya menggunakan pengontrol alap penyiram taman ini. Atau jika ingin mengusir salesman yang masuk sembarangan juga bisa. Dengan menghubungkan Rachio Smart Sprinkler Controller ke sistem penyiraman taman, kamu bsia memberi aplikasi Alexa untuk menyalakan air dalam jangka waktu yang ditertentu. Kamu juga bisa mengontrol area mana yang perlu diaktifkan. Jika kamu tidak mengirim perintah suara, Rachio secara otomatis akan menyesuaikan jadwal penyiraman berdasarkan ramalan cuaca dan kondisi setempat.

Alat Penyiram Orbit B-hyve

Orbit B-hyve cocok digunakan untuk menjaga agar tanaman tetap terhidrasi secara teratur dengan bantuan aplikasi Alexa melalui ponsel Android atau iOS. Kamu juga dapat mengatur jadwal pengairan, batas penyiraman, dan membuat penyesuaian penyiraman air berdasarkan cuaca. Kamu bisa menanyakan aplikasi Alexa kapan faucet ini terakhir kali menyala dan kapan akan menyala lagi.

Ecobee4 Thermostat

Alat termostat Ecobee4 ini bisa dikendalikan menggunakan aplikasi Alexa, karena sudah terpasang software Alexa bawaan. Jadi, kamu bisa menaikkan atau menurunkan suhu hanya dengan perintah suara. Kamu bisa menggunakan perintah suara ke Ecobee4 seperti layaknya pada produk-produk Echo lainnya. Namun, kelebihan Ecobee4 dibandingkan alat termostat keluaran lama adalah sensor jarak jauhnya yang memungkinkan pengguna bisa memastikan suhu yang sempurna di ruangan.

Monitor Smart Baby Project Nursery

Selain dilengkapi dengan kamera, monitor bayi ini juga dilengkapi dengan speaker mirip Echo dan juga Alexa. Kamera 720p dipasangi penggerak yang bisa berputar 270 derajat dan dengan kemiringan 120 derajat. Kamu bisa menggunakan speaker pintar untuk melihat ke anak yang sedang tidur di kamar, memutar musik, memeriksa suhu ruangan, dan masih banyak lagi. Project Nursery dilengkapi dengan kualitas video yang bagus, termasuk juga night vision (penglihatan malam).

Nest Learning Thermostat

Nest Learning Thermostat dapat membantu kamu untuk menjaga rumah agar tetap nyaman sepanjang hari dan sepanjang malam. Tergantung preferensi suhu yang kamu inginkan hanya dengan memberikan perintah suara ke aplikasi Amazon’s Alexa. Kamu bisa menyesuaikan suhu ruangan hingga tingkat tertentu dengan memberi tahu Alexa bahwa thermostat terlalu panas. Setelah itu Nest Learning akan menurunkan suhu beberapa derajat. Alat ini juga dapat dihubungkan ke perangkat smart home lainnya. Dan yang paling unik, alat ini bisa beradaptasi dengan preferensi pemanasan dan pendinginan yang pernah kamu perintahkan. Itulah sebabnya dinamakan Nest Learning. Jadi, alat ini akan belajar untuk menjaga suhu ruangan persis seperti yang kamu sukai di sepanjang hari.

Ring Floodlight Cam

Jika kamu memiliki perangkat smart home seperti Amazon Fire TV, Fire TV Cube, atau Fire TV, kamu bisa memberi perintah suara ke aplikasi Alexa untuk mengontrol lampu ini. Kemudian akan muncul di layar TV kamu. Alat ini dilengkapi dengan kamera 1080p yang bagus. Ditambah dua lampu sorot LED yang menyala pada saat mendeteksi gerakan. Perangkat ini memungkinkan kamu mengatur zona gerakan dan dapat memberi lansiran ketika tetangga melaporkan insiden ke alat ini.

August Smart Lock Pro

Alat ini merupakan perangkat smarthome khusus untuk pengunci pintu otomatis. Tidak perlu lagi kawatir apakah pintu depan sudah tertutup atau terkunci pada saat lupa mengunci pintu di malam hari. August Smart Lock Pro adalah salah satu perangkat pertama yang dirancang kompatibel dengan aplikasi Alexa. Alat ini adalah alat generasi ketiga yang dibundel dengan aksesori Connect, yang memungkinkan pengguna bisa mengunci pintu dengan perintah suara via aplikasi Alexa di smartphone.

Ponsel HTC U12+

Ponsel pintar HTC U12+ adalah ponsel yang layak memiliki desain indah dan dengan kinerja yang kuat. Dilengkapi dengan kamera yang luar biasa. Bahkan, kamu bisa meremas alat ini. Dilengkapi juga dengan fitur khusus aplikasi Alexa dari Amazon, tanpa harus menekan tombol terlebih dahulu. Produk pendahulu U12+ adalah HTC U11 yang juga dilengkapi dengan Alexa.

Remot Logitect Harmony Elite

Alat smart home ini adalah remot universal keluaran Logitech yang dilengkapi dengan integrasi smart-home. Jadi, kamu bisa menyalakan TV dan perangkat hiburan lainnya dengan mudah.

TV Smartcast Vizio

Banyak jenis TV Smartcase Vizio, a.l.; E-, M-, dan P- 4K. TV ini dapat dikontrol melalui aplikasi Alexa begitu kamu mengaktifkan Vizio. Kamu bisa menggunakan perintah suara untuk mengatur volume, mempercepat, memundurkan, dan pause pemutaran video melalui beberapa aplikasi. Jika kamu juga menggunakan Google Home, kamu juga bisa menggunakan fitur TV Vizio yang berhubungan dengan Chromecast.

iRobot Roomba 690

Sekarang kamu bisa membersihkan rumah hanya memberi perintah suara ke aplikasi Alexa. Alat ini adalah robot vakum terbaru yang bisa dikontrol melalui Alexa. Kamu bisa memerintahkan agar alat ini berhenti atau memulai pembersihan kembali. Fitur lainnya adalah penjadwalan kebersihan, sistem pembersihan 3-tahap, alat ini bisa kembali lagi ke tempatnya untuk mengisi daya dengan baterai yang harus bertahan hingga 60 menit.

Neato Botvac Connected

Kamu bisa memberi tahu Alexa untuk membersihkan lantai. Jika kamu juga memiliki Neato’s Botvac Connected. Alat ini dapat dihubungkan dengan Amazon Assistant. Sehingga kamu bisa memintanya untuk memulai, menghentikan, menjeda, dan melanjutkan pembersihan. Selain itu, Botvac Connected juga menggunakan Wi-Fi dan laser untuk memetakan dan menavigasi kamar yang sedang dibersihkan. Dapat membersihkan hingga 15km persegi. Dilengkapi dengan filter HEPA dan sikat samping untuk menyapu lantai papan.

Kipas Langit-langit Haiku

Kipas langit-langit yang bagus bisa membantu mengurangi suhu panas ruangan dan alat ini merupakan pendingin ruangan dengan biaya listrik yang efisien. Memang harganya jauh lebih mahal dari kipas biasa, tapi penghematan uangnya sangat terasa untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Kamu bisa memerintah dan memberi tahu Alexa untuk menghidupkan atau mematikan kipas ini kapanpun kamu mau. Panjang kipasnya 52 inci dan tersedia dalam beberapa warna dan juga dilengkapi dengan lampu LED internal. Merupakan perangkat smart home yang cocok untuk menghemat biaya listrik, apalagi jika dibutuhkan banyak kipas seperti di kantor.

Nanoleaf Aurora

Alat ini bukanlah yang paling praktis, tapi merupakan lampu cerdas yang paling menyenangkan. Panel-panel segitiganya dapat dihubungkan bersama untuk menciptakan pertunjukan cahaya yang menakjubkan di dinding. Ketika dipasangkan dengan modul Nanoleaf Rhythm, lampu ini akan merespon irama musik, layaknya lampu disko dalam kotak.

Oven GE Profile PGS930SELSS

Suka membuat nastar atau membuat pastri danish keju apel? Oven ini cocok untuk kame karena integrasi aplikasi Alexa nya bsia diperintah untuk memanaskan oven dengan suhu yang kamu inginkan tanpa harus mengangkat satu jari pun. Alat ini dilengkapi dengan enam loyang, dan oven seluas 1.8m kubik dilengkapi dengan rak roller yang bisa membersihkan secara otomatis. Kamu juga bisa mengendalikan oven ini menggunakan Google Assistant, dan Nest. Benar-benar sebuah perangkat smart home terbaik khususnya buat para ibu-ibu yang gemar membuat roti kering atau kue bolu. Baca juga; tips memasak untuk pemula.

Kulkas LG Instaview

Kulkas LG Instaview memiliki layar sentuh 21-inci yang memungkinkan kamu untuk melihat ke dalam kulkas dengan. Tidak hanya bisa dikontrol menggunakan aplikasi Alexa untuk membuat daftar belanja bahan makanan. Tetapi dilengkapi juga dengan kamera di lemari es yang menunjukkan isi kulkas melalui aplikasi ponsel cerdas barang-barang apa yang perlu diisi ulang. Bahkan bisa memesan bahan makanan dan mengirim pesan kepada anggota keluarga dengan daftar belanja dan banyak fitur unik lainnya. Tak diragukan lagi, perangkat smart home khusus dapur ini sangat bermanfaat untuk mengingatkan kita untuk membeli resep sayur asem, resep sayur lodeh, resep bakso dan berbagai resep makanan lainnya yang kadang sering kelupaan dibeli.

Alaram First Alert OneLink

Alat ini adalah perangkat smart home berupa alat detektor asap dan karbon monoksida pertama dan dirancang agar kompatibel dengan Alexa. Jadi, selain cocok untuk mendeteksi asap dan kebakaran dan mengeluarkan peringatan berupa alarm, alat ini juga bisa membacakan dongeng, membaca buku, memutar musik, mengontrol produk-produk rumah pintar lainnya dan melakukan banyak hal lain.

iDevices Instinct

Ada banyak sakelar lampu cerdas yang bisa dikendalikan menggunakan aplikasi Alexa. Tetapi iDevices Instinct adalah perangkat smart home terbaik berupa lampu pintar pertama yang kompatibel dengan Amazon Assistant. Sehingga kamu bisa memerintahnya dengan suara untuk menyalakan lampu atau mengontrol alat-alat smart home lainnya. Sakelar nya dilengkapi dengan speaker kecil, sehingga Alexa dapat merespon perintah suara kamu. Dan dengan lingkaran biru yang bersinar juga menunjukkan bahwa alat ini sedang mendengarkan suara kamu. Alat ini juga bisa dikontrol menggunakan Siri dan Google Assistant serta aplikasi bawaan iDevices.

Laptop Acer Nitro 5 Spin

Laptop Acer Nitre 5 Spin memiliki desain ramping dan ringkas serta memberikan kekuatan multitasking yang solid. Masa pakai baterai laptop ini panjang. Dilengkapi dengan GPU khusus yang sudah disertakan dengan Alexa. Acer Spin 5 dan Aspire 5 juga dilengkapi dengan asisten suara Amazon.

Echo Input dari Amazon

Harga Echo Input adalah salah satu perangkat smart home yang harganya lebih murah dan ukurannya lebih kecil dari Echo Dot karena tanpa speaker built-in. Berarti kamu masih bisa menggunakan alat ini ke speaker lain dan tetap bisa dikontrol menggunakan Alexa. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengontrol gadget rumah pintar lainnya yang kompatibel dengan Alexa. Alat ini adalah salah satu gateway Alexa termurah.