Apa itu Cryptocurrency dan Mengapa Sekarang Banyak Digunakan?

Mengenal apa itu cryptocurrency di zaman digital sekarang tidaklah gampang, khususnya bagi kalangan pemula. Walaupun begitu, adanya cryptocurrency makin disukai sebagai alat investasi jangka panjang atau trading jangka pendek. Hal tersebut diakibatkan karna nilai yang terkandung pada mata uang digital cenderung terus menaik dengan pergerakan laju harga fluktuatif terus menerus. Dengan demikian, supaya menambah pengetahuan, kita butuh mengetahui arti, ide landasan, sampai prosedur jual beli (trading) cryptocurrency. Baca lebih lanjut pembahasannya!

Pengertian Cryptocurrency

Secara mudah, cryptocurrency bisa disebut juga dengan suatu mata uang digital. Tidak sama dengan mata uang biasa yang kita gunakan sehari-hari, mata uang digital bisa digunakan untuk jual beli secara virtual maupun item yang berdasarkan jaringan internet. Demi memelihara keamanannya, mata uang digital diamankan menggunakan sandi-sandi kompleks.

Lebih jauh lagi, cryptocurrency bersifat desentralisasi. Berarti, tak satupun orang atau oknum yang menjadi mediator dalam jual beli mata uang digital. Pembayaran yang diterapkan memanfaatkan cryptocurrency beroperasi dengan peer-to-peer, yakni dari si pengirim langsung ke penerima. Walaupun begitu, semua jual beli yang diterapkan juga tercatat pada sistem yang ada pada jaringan mata uang digital yang digunakan. Pencatatan atau record nya diterapkan oleh penambang mata uang digital dan kemudian akan menerima komisi berbentuk cryptocurrency yang digunakan.

Karna ciri mata uang digital yang terdesentralisasi, dengan demikian mata uang digital memerlukan PC dengan rincian spesifik dan canggih. Biasanya memanfaatkan platform Blockchain supaya cryptocurrency bisa difungsikan dalam bertransaksi. Kamu dapat mengetahui Blockchain yang diibaratkan berupa buku besar yang mengandung landasan data, semua orang dapat memasuki platform tersebut walaupun tidak melaksanakan jual beli uang digital.

Jenis Mata Uang Digital yang Beredar Sekarang

Pada umumnya, mata uang digital telah mulai dimantapkan sedari era 1990-an. Tapi, selang sekitar 10 tahun lalu baru terkenal di golongan orang-orang tertentu. Sekarang sudah ada banyak macam mata uang digital yang aktif difungsikan, yaitu Litecoinm, Ethereum, Monero, Ripple, dan yang terpopuler ialah Bitcoin. Disamping mata uang digital yang disebutkan tadi, masih banyak lagi jenis mata uang digital yang saat ini digunakan di dunia, diperkirakan lebih dari 1000 jenis.

Loading...

Awalnya Bitcoin cuma dibuat hingga 21.ooo.ooo koin saja oleh pembuatnya, Satoshi Nakamoto (Jepang), berbanding lurus dengan protokol yang sudah disetujui. Total tersebut diperkirakan tak kunjung habis ditambang sampai tahun 2140 nanti. Orang dapat melakukan trading atau jual beli dengan menggunakan mata uang Bitcoin melewati gadget atau PC, tanpa mediator bank maupun badan keuangan yang lain. Penambang Bitcoin lebih sedikit resiko karna tidak akan menanggung kerugian dari pemalsuan maupun inflasi, misalnya seperti pada mata uang biasa.

Prosedur Jual Beli Mata Uang Digital

Sesudah mengetahui pengertian mata uang digital, kamu juga butuh memahami prosedur maupun cara kerja jual beli yang diterapkan dengan memanfaatkan cryptocurrency. Jual beli mata uang digital menyuguhkan fleksibilitas yang lumayan tinggi karna dapat diterapkan kapan pun dan ke mana saja dan dari mana saja. Hanya menggunakan ponsel pintar maupun komputer yang terkoneksi dengan jarinan internet, orang dapat melakukan transaksi baik mengirim maupun menerima beberapa uang virtual tanpa melewati mediator. Selain itu, jual beli dengan menggunakan mata uang digital dapat tuntas dalam beberapa menit tanpa cemas terhadap downtime.

Misalnya, pada saat kamu akan mentransferkan uang ke si penerima. Kamu dan si penerima akan diinformasikan mengenai nilai jual beli yang diterapkan. Dibekali juga dengan signatur secara virtual melewati private key pada sistem mata uang digital yang difungsikan. Jual beli yang sudah divalidasi tersebut berikutnya direcord permanen. Tak satupun pihak lain yang dapat mengganti, membajak, maupun mengimitasi catatan atau record tersebut.

Karna sifatnya permanen, semua jual beli menggunakan cryptocurrency tak dapat dibatalkan atas dalih apapun. Dengan demikian, kamu yang baru mengetahui pengertian mata uang digital semestinya lebih bijak sebelum melakukan transaksi menggunakan mata uang digital.

Tips Memilih Nilai Mata Uang Digital

Karena mata uang digital dibuat dengan teknologi kriptografi yang dienkripsi dengan unik, tidaklah abnormal kalau besarannya sangat bergantung pada prosedur market. Penting untuk diingat bahwa nilai dari tiap jenis mata uang digital mirip dengan produk keuangan yang lain. Artinya, saat permintaan lumayan tinggi sementara penambang cuma sedikit, oleh karena itu nilai mata uang digital nya pun akan meningkat. Misalnya, Bitcoin yang cuma disediakan sejumlah 21 juta sedari awal dibuat, alhasil mempunyai nilai cenderung lebih tinggi jika kita bandingkan dengan berbagai macam mata uang digital lainnya.

Artinya, nilai sebuah mata uang mata uang digital bersifat naik turun yang dapat secara mudah mengalami kenaikan maupun penurunan tergantung ketersediannya atau kepercayaan pemakai. Belum lama ini, nilai mata uang digital juga bisa dipengaruhi oleh serangan malware yang bernama WannaCry, yang mana secara alami memaksimalkan jumlah jual beli menggunakan mata uang digital karena lebih aman.

Penting untuk diingat bahwa sekarang peringkat tertinggi dalam aktivitas mata uang digital adalah Bitcoin yang kapitalisasi marketnya menjangkau 63,6 miliar dolar (USD), dan kemuduan berikutnya ada Ethereum yang nilai kapitalisasinya sebesar 12,9 miliar dolar (USD).

Aktivitas Jual Beli Menggunakan Mata Uang Digital

Kamu yang telah sering menambang mata uang digital dapat memanfaatkan cryptocurrency untuk berbagai macam jual beli. Seperi aktivitas transaksi di Pasar Bursa dengan menukar mata uang biasa ke Bitcoin. Sekarang sudah ada perusahaan setempat memperbolehkan kita melakukan transaksi dengan sistem pembayaran cryptocurrency, atau ada juga sistem pengumpulan dana massal atau disebut dengan crowdfunding menggunakan mata uang digital untuk memperkecil tarif transaksi jika rencana pendanaan tidak sukses.

Sekarang Pasar Bursa mata uang digital berjangka dapat ditemukan dengan mudah di Amerika, yakni ICE, CME), dan CBOE.

Eksistensi Mata Uang Digital di Indonesia

Walau telah lumayan banyak orang-orang setempat Indonesia yang mengetahui pengertian mata uang digital, sayangnya eksistensi cryptocurrency mendapat penolakan keras dari penguasa negeri kita. Selain itu, mata uang digital di negara ktia juga bukan merupakan alat pembayaran yang valid di negara ini. Hal tersebut berdasarkan kebijakan Undang-Undang No. 7, Pasal 1 Ayat 1, tahun 2011.

Tapi walau jual beli menggunakan mata uang digital dilarang oleh penguasa negeri kita, eksistensi cryptocurrency di Indonesia tidaklah hal yang melanggar hukum. Bank Indonesia sebagai perwakilan pemerintah pusat merekomendasikan bahwa mata uang digital bisa disimpan ataupun ditransaksikan sebagai aset seperti layaknya trading, tapi resiko kerugiannya ditanggung masing-masing. Hal tersebut terbukti dengan izin resmi didirikannya Bitcoin Indonesia yang saat ini merek atau logonya sudah diganti, yaitu Indodax (Indonesia Digital Asset Exchange).

Tapi, buat kamu yang ingin trading atau berinvestasi menggunakan mata uang digital, sedari  Februari 2019 telah ada kebijakan hukum yang melindungi semua kegiatan tersebut. Dirilis oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia, peraturan No. 5 Tahun 2019 yang mengatur mengenai teknis penyelenggaraan market fisik aset kripto di bursa berjangka.

Positifnya lagi, sedari Mei 2018, negara kita sudah mempunyai mata uang digital sendiri yang dikenal dengan Cyronium. Mata uang digital ini menarget penambang crypto dari kalangan pengusaha UKM agar memaksimalkan omset bulanan mereka. Nilai kapitalisasi market Cyronium di penutup tahun 2018 telah mencapai Rp29,4 juta. Nilai tersebut secara konstan mengalami kenaikan secara fluktuatif tiap harinya.

Tertarik dengan Cryptocurrency?

Sesudah memahami pengertian mata uang digital, mungkin kamu berniat untuk berganti profesi menjadi penambang cryptocurrency. Apalagi bagi kalangan banking & finance yang sudah terbiasa melakukan trading. Pasti sangatlah tertarik dengan cryptocurrency, mengingat pergerakan harga mata uang cryptocurrency yang sangat fluktuatif, bisa atau cocok untuk trading jangka pendek bahkan trading dalam hitungan jam yang menguntungkan dengan minim resiko kerugian (akan kita bahas caranya di lain waktu, tetap kunjungi situs ini untuk mendapatkan tipsnya). Bahkan lebih menggairahkan dibandingkan trading forex atau saham.

Tidak perlu diragukan lagi, berdasarkan hasil peninjauan Bitocto Indonesia taun 2019, sejumlah 70% dari 18.000 penambang mata uang digital adalah mereka yang berasal dari generasi milenial. Disamping menambang cryptocurrency, banyak diantaranya juga giat melaksanakan trading mata uang digital. Jadi, semuanya tergantung pada minak dan niat kamu. Jika kamu tau cara trading cryptocurrency yang baik dan benar dan tau cara memimalisir kerugian dalam trading, kamu bisa beralih profesi menjadi trader crypto independen dengan penghasilan yang menggiurkan setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *