Pengenalan Machine Learning untuk Profesional IT

Sekarang, semaking banyak teknisi dan profesional lain mulai penasaran mempelajari Machine Learning. Banyak diantaranya melakukan penelitian awal dan membangun sistem awal, untuk mulai mengeksplorasi bagaimana jenis kecerdasan buatan ini dapat membuka peluang bagi perorangan ataupun perusahaan. Tetapi selama proses tersebut, ada sedikit kebingungan dalam mengartikan apa itu Machine Learning yang sebenarnya.

Definisi Machine Learning

Ide dasarnya Machine Learning merupakan sebuah teknologi baru yang memungkinkan mesin untuk “berpikir” dan “belajar” dengan cara yang lebih mirip dengan cara kerja otak manusia. Jika diartikan ke dalam bahasaIndonesia secara harfiah, Machine Learning adalah Pembelajaran Mesin.

Seperti yang telah diutarakan berbagai sumber, banyak cara untuk menggambarkan proses kinerja Machine Learning. Untuk mengilustrasikannya, mari kita lihat situs StackOverflow, yang mana merupakan situs komunitas andalan bagi para programmer dan profesional TI lain untuk mencari definisi, penjelasan, dan solusi berdasarkan praktek nyata mengenai hal-hal teknis dari berbagai bidang IT. Sebuah diskusi di situs StackOverflow mendeskripsikan Machine Learning sebagai “proses mengajar komputer untuk membuat hasil berdasarkan data input.”

Sementara, penulis lain mendeskripsikan Machine Learning sebagai “bidang ilmu komputer, teori probabilitas, dan teori pengoptimalan yang memungkinkan tugas-tugas kompleks dapat diselesaikan, yang mana jika dilakukan secara manual tidak akan mungkin dapat diselesaikan dengan cepat.” Baca juga; dampak Machine Learning bagi pendidikan.

Cara Kerja Machine Learning

Definisi yang terakhir tersebut mendekati titik utama pada definisi Machine Learning yang sebenarnya. Mungkin atau tidak mungkinnya pendekatan logis prosedural lebih menunjuk pada “keajaiban” dan nilai Machine Learning yang sebenarnya. Singkatnya, Machine Learning adalah “pasca-logika” – pembelajaran mesin yang melampaui apa yang dapat dilakukan oleh pemrograman tradisional, linear, dan sekuensial.

Kembali ke belakang, kita bisa melihat struktur inti Machine Learning untuk lebih memahami cara kerjanya.

Pertama, ada data pelatihan – data pelatihan yang diberikan atau dimasukan ke dalam program adalah titik awal dari mana sebuah Machine Learning mulai bekerja.

Bersamaan dengan data pelatihan, ada algoritma yang mengolah data tersebut dan menafsirkannya dengan berbagai cara. Para ahli menggambarkan tugas penting Machine Learning adalah “pengenalan pola”. Kamu bisa melihat berbagai topik mengenai hal ini di situs StackOverflow. Tetapi sebelumnya, sumber tersebut hanya sebagian dari bagaimana menggambarkan cara kerja machine Learning.

1 comment on “Pengenalan Machine Learning untuk Profesional IT

  1. Pingback: Bagaimana Machine Learning Bisa Meningkatkan Pengajaran Jadi Lebih Unggul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *