12 Peluang Usaha Modal Kecil dengan Keahlian Tingkat Dasar

Daftar usaha modal kecil yang sangat menjanjikan di masa kini.

Jika kita berbicara mengenai usaha modal kecil, sebenarnya nilai nominal modal awalnya relatif, tergantung tingkat kesanggupan masing-masing. Peluang usaha merupakan kesempatan yang bagus untuk memulai sebuah bidang bisnis karena saingan belum terlalu banyak atau mungkin belum ada saingan di daerah tertentu.

Memang memulai usaha tidak mengenal usia. Berapapun usia kita, kita bisa memulai usaha asal ada kemauan. Seperti pepatah yang mengatakan; “ada kemauan ada jalan”. Tapi sangat disarankan untuk memulai usaha sejak usia dini, atau memulai usaha jauh hari sebelum merit.

Menentukan usaha bukan hanya ditentukan oleh seberapa sanggup modalnya, tapi juga harus disesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki. Selain keahlian atau skill, perlu juga mempertimbangkan tingkat kesulitan usaha yang ingin kamu mulai.  Baiklah, tanpa banyak berbasa-basi lagi, inilah 12 peluang usaha modal kecil yang mungkin cocok dengan keahlian standar yang mungkin kamu kuasai.

1. Jasa Pemasaran Digital

  • Modal: ≤ Rp. 1.500.000
  • Penghasilan Bulanan: Rp. 5.000.000 – 150.000.000
  • Tingkat kesulitan: Tinggi
  • Keahlian yang dibutuhkan: Marketing, SEO, manajemen media sosial, jejaring sosial, keyword research, dan mengerti struktur HTML website.

Kehadiran sebuah perusahaan (atau perorangan) ke dunia online berarti ingin agar orang-orang agar bisa menemukan situs perusahaan tersebut. Jasa pemasaran digital menawarkan solusi kepada pemilik situs yang ingin menjangkau orang-orang lebih banyak lagi dengan tujuan dikonversi menjadi pelanggan yang berpotensi terhadap pendapatan melalui penjualan produk atau jasa.

Sebagai penyedia jasa pemasaran digital, kamu dapat menjual keahlian kau dalam bidang SEO, Social Media Management, Konten Marketing, atau Email Marketing untuk bisnis yang ingin melakukan branding secara online. Memang perusahaan tersebut bisa melakukan pemasaran dengan mengandalkan iklan berbayar di mesin pencari atau media sosial agar lebih cepat mendapatkan. Dan cara tersebut juga termasuk ke dalam kategori pemasaran digital (digital marketing). Tapi untuk pemasaran untuk jangka panjang, dibutuhkan SEO dan optimasi medsos.

Loading...

Untuk tahap awal, kamu bisa menemukan klien dengan mudah melalui situs agen freelancing seperti Upwork, Fiverr, Freelancer, dan SEOClerks. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa merintis situs sendiri untuk mempromosikan usaha layanan pemasaran digital kamu. Jika usaha ini sudah berkembang, kamu bisa membangun tim, agar tugas-tugas dapat didelegasikan, sehingga orderan klien dapat ditangani lebih cepat. Layanan pemasaran digital membutuhkan modal kecil. Akan tetapi, jika dijalankan dengan serius dan konsisten, usaha online ini bisa menjanjikan. Selain itu, perlu juga meningkatkan reputasi melalui media online.

Baca juga; Cara memperbanyak followers Twitter.

2. Mesin Penjual Otomatis (Vending Machine)

  • Modal: Rp. 3.000.000 – 6.000.000
  • Penghasilan bulanan: Rp. 250.000 – 6.000.000
  • Tingkat kesulitan: Rendah
  • Membutuhkan: Kejelian dalam menentukan lokasi strategis dan bisa merawat mesin dengan baik.

Jika kamu mencari peluang usaha modal kecil yang tidak terlalu menuntut keahlian, kamu bisa membuka usaha vending machine. Vending machine adalah mesin penjual otomatis. Usaha kecil ini hanya butuh perawatan rutin dan penyediaan stok barang jualan. Kalau mesin yang kamu punya hanya sedikit, kamu masih bisa menanganinya dengan sendiri tanpa membutuhkan tenaga kerja tambahan. Akan tetapi, pastikan penempatan vending machine kamu di lokasi-lokasi yang tstrategis dan aman. Contohnya di dekat halte, dekat pintu keluar masuk kantor besar atau sekolahan, dan lain sebagainya.

3. Memproduksi atau Menjual Furnitur Rakitan

  • Modal: Rp. 2.500.000 – 100.000.000
  • Tingkat kesulitan: Sedang
  • Membutuhkan: Logistik, manajemen, penjualan, dan pemasaran.

Indonesia merupakan negara hijau yang masih banyak daerah hutan dengan sumber kayu yang melimpah. Hal tersebut menjadi peluang usaha yang sangat potensial bagi orang-orang yang memiliki bakat keterampilan dalam memproduksi produk mebel untuk di pasarkan di lokal maupun ekspor ke luar negri. Jika kamu tau jalur yang tepat, kamu dapat mejalankan usaha ini dengan memasok bahan baku dan memproduksi sendiri atau melalui konsinyasi dengan produsen lokal, sedangkan kamu berfokus pada sistem logistik dan pemasaran.

4. Layanan Penyimpanan Barang

  • Modal: Rp. 80.000.000 – 200.000.000
  • Tingkat kesulitan: Tinggi
  • Membutuhkan: Keahlian manajemen, logistik, dan pemasaran.

Di kota-kota besar, ruang hidup menjadi komoditas mahal pada saat ini. Jika kamu punya lapak di wilayah kota, kamu bisa membuka usaha khusus menyewakan ruang untuk mengamankan barang-barang penting orang lain seperti kenang-kenangan, vas bunga, lampu antik, kursi, meja, atau apapun yang terlalu repot untuk di bawa-bawa. Di jasa penyimpanan barang sangat dibutuhkan pada saat orang sedang dalam kondisi mendadak untuk pindah rumah jauh.

Layanan penyimpanan barang susah biasa di negara-negara barat. Tapi sepertinya di Indonesia masih hal yang baru dan belum terlalu banyak saingan. Kamu bisa memulai dari kecil dengan menyewa ruangan atau gudang di mana kamu bisa mendesainnya menjadi unit-unit penyimpanan barang dengan berbagai ukuran yang bisa kamu sewa per unit.

5. Street Food

  • Modal: Rp. 1.500.000 – 6.000.000
  • Tingkat kesulitan: Rendah
  • Membutuhkan: Stamina dan lokasi strategis.

Usaha street food adalah usaha menjual makanan di jalanan seperti yang biasa kita lihat. Contohnya dagang bakso keliling menggunakan grobak. Makanan yang dijual tergantung keahlian memasak kamu. Atau jika kamu tidak pintar masak atau tidak ingin repot masak, kamu bisa juga memasok dari orang yang pintar masak. Usaha street food sangat menjanjikan, karena banyak orang yang tidak ingin repot memasak sendiri atau repot membeli ke rumah makan karena jauh. Memang saingan banyak, tapi jika tau lokasi-lokasi strategis tidak perlu takut tidak kebagian pembeli.

Selain itu, yang penting diperhatikan dalam usaha street food adalah mengutamakan kebersihan, kesehatan menu makanan, dan kelezatan makanan yang dijual. Ide-ide makanan yang cocok dijual adalah sate, bakso, nasi goreng, mie ayam, batagor, roti bakar, dan lain sebagainya. Kalau kamu kreatif, kamu bisa membuat strategi penjualan yang unik agar lebih laku dari saingan kamu. Sekarang ini bahkan ada beberapa merek makanan cepat saji yang sudah sangat dikenal masyarakat yang menawarkan waralaba modal kecil dengan bisnis ritel kecil model street food. Usaha modal kecil di bidang ritel ini memang terlihat sepele. Tapi siapa sangka usaha street food ternyata berpotensi menghasilkan pendapatan yang lumayan besar.

6. Jasa Cetak 3D

  • Modal: Rp. 3.000.000 – 15.000.000
  • Tingkat kesulitan: Sedang
  • Membutuhkan: Ketrampilan desain grafis, teknis, dan pemasaran.

Usaha jasa cetak 3D cocok untuk para penggemar DIY yang serius. Dibutuhkan printer 3D yang layak jika kamu memiliki ide produk yang tepat. Contohnya miniatur patung pribadi, cendramata, perhiasan seperti gantungan kunci atau tas, dan lain sebagainya.

Produk-produk yang dicetak menggunakan printer 3D biasanya berupa cendramata, pernak-pernik, suvenir, dan barang-barang pribadi lainnya. Usaha modal kecil ini sangat menjanjikan dan mudah untuk dijalankan. Jika kamu jago pemasaran online, kamu bisa jadikan usaha ini menjadi model usaha rumahan.

7. Jasa Pemasangan CCTV

  • Modal: Rp. 6.000.000 – 15.000.000
  • Tingkat kesulitan: Sedang
  • Membutuhkan: Ketrampilan teknis, penjualan dan pemasaran.

Ketika harga paket CCTV semakin turun, semakin banyak orang menggunakannya untuk keamanan rumah, toko, atau kantor. Kamu bisa memanfaatkan momentum teressebut untuk memulai usaha di bidang jasa khusus pemasangan CCTV. Jika kamu memang tertarik dan mempunyai bakat teknisi, kamu bisa mengambil paket pelatihan untuk menjadi penginstal CCTV bersertifikat. Setelah itu, kamu bisa menawarkan jasa pemasangan CCTV kepada orang-orang yang membutuhkan sistem keamanan. Selain itu, bisa juga sambil menjual produk keamanan lain, seperti dasbor mobil, dan sistem keamanan rumah lainnya.

8. Junk Shop

  • Modal: Rp. 3.000.000
  • Tingkat kesulitan: Sedang
  • Membutuhkan: Lokasi bagus, Akuntansi, Manajemen, dan Penjualan.

Junk shop adalam toko barang bekas yang mendapat uang melalui beli dan jual baarang bekas. Pemulung menjual barang-barang bekas kepada junk shop, lalu toko junk shop bisa menjualnya ke agen pendaur ulang yang akan mengubah sampah atau barang bekas menjadi barang daur ulang.

9. Jasa Pendirian Perusahaan

  • Modal: Rp. 3.000.000 – 6.000.000
  • Tingkat kesulitan: Sedang
  • Membutuhkan: Teknik, relasi dan nanajemen.

Membangun sebuah bisnis berbadan hukum bukanlah tugas yang mudah. Dengan begitu banyaknya dokumen hukum yang diperlukan, sering pengusaha butuh bantuan tenaga profesional untuk mengurus dan memastikan semua urusan dokumen lengkap dan diselesaikan.

Jasa pendirian berbadan hukum akan lebih mudah prosesnya jika ditangani oleh tenaga profesional yang memiliki banyak relasi dan tau cara mendaftarkan perusahaan di Indonesia.  Jika kamu berpengalaman di bidang dokumentasi perusahaan dan hukum perdata, kamu berpeluang mendirikan usaha yang satu ini.

10. Jasa Videografi

  • Modal: Rp. 12.000.000 – 30.000.000
  • Tingkat kesulitan: Sedang
  • Membutuhkan: Peralatan videografi, software edit video, leadership, keahlian desain grafis, dan pemasaran.

Banyak even penting yang ingin didokumentasikan orang. Misalnya ingin mengabadikan momen pernikahan dengan video, acara ulang tahun, reuni, wisuda, kelulusan atau acara-acara resmi lainnya.

Jasa videografi dapat menjadi usaha yang menjanjikan jika kamu memiliki keterampilan dan bisa membentuk tim kreatif. Selain menawarkan jasa memvideokan even-even tertentu, ada juga peluang lain yang bisa kamu pelajari. Bahkan beberapa jenis layanan videografi lain bayarannya lebih besar, seperti meliput konverensi, memproduksi iklan video online, atau merekaman konser dan festival.

11. Jasa Konsultasi dan Pelatihan IT

  • Modal: Rp. 1.500.000 – 5.000.000
  • Tingkat kesulitan: Tinggi
  • Membutuhkan: Peralatan standar, keahlian di bidang teknik IT, dan pemasaran dan komunikasi.

Jasa konsultasi dan pelatihan ID adalah bisnis modern yang mengandalkan ketrampilan di bidang sistem komputer. Usaha modal kecil yang satu ini sangat menjanjikan untuk saat ini maupun di masa mendatang. Karena semakin banyak rumah tangga atau perusahaan yang semakin ketergantungan ke IT. Sistem komputer yang beroperasi untuk keperluan serius membutuhkan perawatan dan manajemen yang rutin dan teratur. Usaha modal kecil ini sangat menjanjikan dan berpotensi meraup keuntungan yang konsisten. Karena selain jumlah potensi klien yang terus bertumbuh, perusahaan-perusahaan besar biasanya membutuhkan jasa konsultasi dan pelatihan IT dari pihak luar perusahaan.

Kantor-kantor membutuhkan pengembangan jaringan intranet atau internet serta membutuhkan pembaharuan teknologi komputer mereka agar sesuai dengan standar terkini khusus bidang pekerjaan tertentu. Contohnya mempercepat koneksi WiFi dengan meng-upgrade harware ke teknologi yang lebih baru. Termasuk juga penyetingan dan maintenance komputer kelas server, sistem pengawasan, dan komputer PoS agar lebih akurat dan terkoneksi ke jaringan internal perusahaan. Bahkan kedai kopi modern juga membutuhkan pemasangan dan maintenance WiFi yang digunakan pelanggannya. Sebagai tambahan masukan, kamu juga bisa menawarkan pelatihan kepada perusahaan, freelancer, blogger, gamer, atau juga usaha-usaha lain yang memebutuhkan sistem komputer.

12. Jasa Pemindahan

  • Modal: Rp. 1.500.000 (jika kamu sudah punya mobil box atau mobil kontainer jenis lainnya)
  • Tingkat kesulitan: Rendah
  • Membutuhkan: Layanan pelanggan, keseksamaan dan pemasaran.

Banyak orang uang pindah dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan jasa pemindah. Karena jika barang pindahan sangat banyak, besar dan berat, mengangkut sendiri kurang efektif. Jadi, dibuthkan jasa pemindahan yang profesional.

Jenis usaha ini akan terus maju di kota-kota besar yang padat penduduknya, jika dipasarkan dan dijalankan dengan baik dan benar. Banyak keluarga-keluarga muda sering pindah rumah agar dekat dengan kantor atau pekerjaan mereka.

Itulah tadi keduabelas usaha modal kecil yang mudah untuk dimulai karena keahlian yang dibutuhkan mudah dipelajari. Akan tetapi, dibutuhkan kemauan membuka usaha dan ketertarikan di bidang tertentu agar usaha dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Jika sobat Wongunik ada ide usaha lain yang butuh modal tidak terlalu besaar, boleh berkomentar di kolom komentar di bawah. Itulah tadi 12 usaha modal kecil yang mungkin cocok untuk kamu. Semoga bermanfaat!

One thought to “12 Peluang Usaha Modal Kecil dengan Keahlian Tingkat Dasar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *