Panduan Membeli Hape Android Agar Tidak Menyesal

Panduan membeli smaprtphone Android agar tidak menyesal.

Memilih hape Android sebelum membeli memerlukan beberapa peninjauan terlebih dahulu. Dengan bervariasinya jenis hape Android dipasaran berdasarkan merk, fitur dan harga, tidak jarang bikin bingung calon pembeli, apalagi yang belum terlalu mengerti mengenai teknologi smartphone. Jadi, hape Android seperti apa yang bagus, cocok untuk keperluan dan yang sesuai dengan budget?

Banyak orang yang jadi salah milih akibat hanya melihat reputasi merk smartphone. Sementara untuk membeli hape peru memperhatikan spesifikasinya terlebih dahulu. Sesudah sekian lama memakainya, mereka menyesal dan mempersalahkan merk hape.

Sementara itu, referensi mengenai rincian fitur smartphone gampang ditemukan. Kewajiban calon pembelilah menentukan secara cerdas ketika ingin membeli hape. Namun demikian, keperluan setiap orang dalam menggunakan smartphone tidaklah sama. Itu sebabnya perlu mengtahui cara memilih smarphone Android yang sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli.

CPU yang diusung smartphone juga pada umumnya ada pengaruhnya terhadap tahapan pembaharuan sistem operasi Android. Hal tersebut ada kaitannya dengan ketersediaan driver dan pemaksimalan chipset. Misalnya, hape yang mengusung CPU Mediatek cenderung lebih jarang bisa memperbaharui sistem Android ketimbang yang mengusung CPU Snapdragon.

Perhatikan Hal-hal Non Teknis Saat Memilih Hape

Di bawah ini adalah hal-hal non teknis yang dapat perlu kamu evaluasi ketika lagi milih hape sebelum membelinya.

Loading...

1. Tetapkan Budget Kamu untuk Membeli Hape

Dengan menetapkan budget untuk pembelian hape baru, berarti kamu telah menentukan bakalan hape seperti apa yang kamu inginkan. Kisaran harga tentu akan memastikan kisaran fitur dan sepesifikasi dan produk hape. Hape dengan rincian spek yang lebih canggih dibanding yang lain yang budgetnya kurang lebih sama bakal lebih gampang kamu kenali.

2. Ketahui Keperluanmu dalam Menggunakan Smartphone

Ketahui fungsi seperti apa saya yang kamu perlukan dari sebuah hape. Sejumlah fungsi smartphone yang terbilang canggih acap kali kurang dimanfaatkan dalam aktivitas keseharian. Fungsi canggih yang ada pada hape keluaran paling baru juga umumnya belum berfungsi secara ideal. Sebagai contoh fitur retina scanner yang berfungsi sebagai pemindaian retina yang memverifikasi pola unik pada pembuluh darah retina pengguna.

3. Ikuti Info Terkini Mengenai Pergantian Teknologi

Pergantian teknologi gadget sangat dinamis dan cepat berubah seiring waktu. Hal tersebut bisa jadi menggocek kebiasaan yang sudah nyaman dilakukan selama ini. Terlebih-lebih jika teknologi smartphone ada kaitannya dengan gadget lain yang berbeda, misalnya aksesoris.

Sebagai contoh, iPhone 7 membuka tren bahwa tidak adanya plug audio 3,5 mm. Sekarang sejumlah varian hape Android juga tidak mendukung plug audio tersebut.

Jika anda tergolong pengguna gadget yang sering menikmati musik menggunakan hape, pastinya aspek teknologi seperti hal tersebut bisa menjadi masalah yang krusial. Karena hape kamu tidak mendukung plug audio 3,5mm, kemu mesti mengeluarkan duit lagi untuk beli headset bluetooth maupun plug audio pelengkap.

Perhatikan Hal-hal Teknis Sebelum Beli Hape Android

Setelah mempertimbangkan keperluan kamu dalam penggunaan smartphone Android dalam sehari-hari, analisa juga sejumlah hal teknis besar pengaruhnya terhadap pendayagunaan sesudah kamu bawa pulang hape Android yang akan kamu beli.

Tapi sebelum ke hal-hal teknis di bawah, ada baiknya untuk memeriksa keaslian smartphone yang kamu beli. Setiap merek smartphone memiliki ciri khas tersendiri. Pelajari ciri-cirinya, misalnya kamu ingin membeli smartphone Samsung, pelajari cara cek handphone Samsung. Setelah yakin keasliannya, perimbangkan hal-hal teknis di bawah ini.

1. Versi Android

Mengenai versi Android dari hape yang kamu lirik adalah masalah penting. Pertimbangkan untuk membeli hape Android yang mengusung OS versi keluaran paling baru. Karna kemungkinan besar bakalan ada banyak upgrade sistem, mulai dari pemaksimalan sistem ataupun fungsi terkini. Lihat juga mengenai hape yang kamu lirik apa dapat menerima pembaharuan sistem Android keluaran paling baru atau tidak bisa sama sekali.

2. Daya Tahan Kasing

Biasanya pengguna memanfaatkan kaising hape pelengkap. Tapi produk-produk hape saat ini pada umumnya telah mendukung sejumlah fitur daya tahan kasing. Sebagai contoh screen Gorilla Glass, tahan terhadap debu dan air.

Daya tahan terhadap debu dan air pada smartphone umumnya dibuktikan dengan label sertifikasi yang dikeluarkan oleh IEC, yakni IP67 dan IP68. Label ini memperlihatkan apakah hape terkait tahan terhadap air pada kedalaman air dan selang waktu tertentu. Tapi perlu diingat juga mengetesnya pada keadaan tertentu, misalnya pada saat hape lagi hidup. Oleh karena itu, selalu teliti.

Misalnya, sejumlah merek hape punya fitur daya tahan. Misalnya Motorola yang mengusung kasing coating di dadan hape. Fitur tersebut bagus untuk memproteksi hape dari percikan air atau hujan.

Oleh karena itu, lihat dengan teliti daya tahan hape seperti apa yang kamu perlukan. Perlu dicatat jika kamu tergolong pengguna hape yang sering kerja di lingkungan ekstrim.

3. Sesuaikan Keperluan Kamu dengan Kesanggupan CPU Hape

CPU atau proseseor maupun disebut juga dengan System of Chips (SoC) pada sebuah smartphone adalah tolak ukur sperti apa kecepatannya dalam mengelola data. Mulai dari membuka apps, bermain game, menyunting gambar dan lain-lain.

Kapaitas CPU smartphone pada umumnya juga menggambarkan level kecanggihannya. Sebagai contoh hape kelas menengah pada umumnya mengusung CPU Snapdragon 6xx, sedangkan hape kelas atas sering ditemui mengusung Snapdragon 8xx.

CPU juga tentunya berpengaruh terhadap tahapan pembaharuan OS Android pada smartphone. Mengenai ini, ada kaitannya dengan ketersediaan driver dan pemaksimalan chipset. Misalnya, hape yang mengusung CPU Mediatek umumnya jarang yang bisa pembaharuan software Android ketimbang yang mengusung Snapdragon keatas.

4. Kapasitas Memori Penyimpanan Data

Sebagai perumpamaan, ponsel Android 6.0 Marshmallow mengusung kapasitas memori penyimpanan data sebesar 3,93GB. Selain dilengkapi dengan apps bawaan, kamu nantinya juga bakal menginstal berbagai apps lainnya dan menyimpan gambar, musik maupun video.

Periksa apakah hape tersebut mempunyai colokan SD card. Periksa juga seberapa banyak total ruang penyimpanan data internalnya. Jika terdapat slot SD card, tidak apa-apa mententukan yang ruang penyimpanan internalnya berkapasitas 16GB. Jika tidak dilengkapi dengan slot SD card, tentukan yang paling tidak mengusung memori ruang penyimpanan internal data berkapasitas 32GB atau kalau ada yang lebih tinggi.

5. Sesuaikan Kebutuhan Multitasking dengan Kapasitas RAM Hape

Sama seperti latpop atau desktop, RAM hape berkaitannya dengan kapabilitas multitasking pada hape yang mengusungnya. Makin tinggi kapasitas RAM sebuah hpe, kita bakalan makin gampang untuk memanfaatkannya dalam menjalankan beralih antara beberapa apps sekaligus tanpa jadi lemot.

6. Lebar Screen

Sekarang, sejumlah produk hape mengusung tipe standar dan tipe plus dengan lebar screen yang lebih gede. Perihal tersebut pasti saja demi memfasilitasi kebutuhan setiap pengguna smartphone.

Jika kamu prioritas kamu dalam menggunakan hape ialah berkomunikasi, baik via apps perpesanan maupun jejaring sosial, hape berlayar screen selebar lima inci juga cukup untuk kamu. Tapi jika anda senang nonton film, baca ebook, edit video, dan lain-lain, layar gede gamblang memberi laba lebih.

7. Kapasitas Daya Baterai

Tentu saja, faktanya bahwa masalah ini sebenarnya nggak perlu ditelaah lebih jauh. Telah terbukti kalau kapasitas baterai tinggi akan lebih bermanfaat.

Meski demikian, disarankan untuk memeriksa apakah hape yang yang kamu lirik mengusung fungsi fast charging. Fungsi ini sangat berguna untuk pengisian baterai dengan cepat. Dengan demikian, kamu nggak butuh waktu lama menunggu hingga daya hape terisi full.

Disamping itu, perlu juga perhatikan mengenai baterai hape tersebut apakah dapat ditukar atau tidak. Jika dapat ditanggalkan dan ditukar, kamu lebih beruntung karena dapat menggunakan baterai tambahan.

8. Colokan Kartu SIM

Mungkin kamu membutuhkan hape yang bisa pakai 2 kartu SIM sekaligus. Jika semikian, direkomendasikan menentukan hape yang dilengkapi dengan dual SIM card. Menggunakan hape dual SIM card mempunyai nilai tambah, yaitu, kamu tidak mersi menggunakan 2 hape meskipun kamu punya 2 kartu SIM.

Itulah tadi hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan saat hendak membeli smartphone Android baru. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin memberi masukan mengenai panduan membeli smartphone Android, jangan sungkan-sungkan untuk menulsnya di bagian komentar di bawah. Terimakasih sudah bmembaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *