10 Oleh-oleh Khas Jogja Kekinian yang Harus Kamu Bawa Pulang

Rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu beli.

Tidak diragukan lagi bahwa Jogjakarta adalah salah satu daerah wisata terkenal di Indonesia yang tak kalah menarik dibandingkan berbagai kota terindah di dunia. Kota Yogjakarta atau biasa disingkat dengan Jogja, merupakan destinasi yang layak kamu kunjungi saat liburan panjang atau liburan akhir tahun. Selain di Jogja banyak tempat wisata kelas dunia, oleh-oleh khas Jogja juga tidak kalah menarik untuk kamu bagikan ke pacar, kerabat ataupun keluarga kamu.

Jogyakarta dikenal sebagai kota budaya, dengan budaya Jawa yang kental dan masih dilestarikan meskipun zaman modern sekarang ini sudah banyak yang berubah. Contohnya Keraton yang merupakan hal istimewa di Jogja dan orang-orang Jawa sampai saat ini sangat menghormati peraturan kerajaan bersejarah tersebut.

Oleh-oleh Khas Jogja Berupa Suvenir atau Makanan

Jika kamu ingin mengunjungi kota Jogja, perlu diingat bahwa disana terdapat banyak lokasi pariwisata yang sangat bernilai untuk kamu kunjungi. Misalnya pasar Beringharjo dan Malioboro. Kedua tempat tersebut adalah lokasi di mana kamu bisa membeli barang-barang unik atau makanan untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja saat kamu pulang. Kamu bisa membeli pakaian, aksesoris, makanan khas Jogja dan masih banyak lagi. Agar tidak salah beli, dapat di bawah ini ada beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jogja kekinian yang bisa kamu beli di sana.

1. Batik Jogja

Suvenir dari Jogja yang paling menarik hingga ke berbagai belahan dunia, Batik.

Suvenir asal Jogja berikutnya adalah Batik Jogja atau Batik asal Yogyakarta. Tentu orang Indonesia umumnya mengetahui bahwa di negara ini banyak karya-karya pakaian unik, salah satu yang paling ikonik adalah Batik. Setiap daerah di Indonesia yang menghasilkan pakaian Batik mengandung desain unik tersendiri dan kadang-kadang bahannya juga berbeda. Misalnya, di pulau Jawa saja sangat banyak variasi motif batik.

Loading...

Jika berbicara mengenai Batik Jogja, motifnya sedikit berbeda dari Batik asal tetangganya, Solo. Ada tiga motif batik Jogja terkenal. Yang pertama adalah Batik Caplok, yang kedua adalah Batik Kawung dan yang terakhir adalah Batik Parang. Di Jogja, kamu dapat menemukan berbagai jenis pakaian dengan motif Batik, seperti kemeja, topi, sandal, dan masih banyak lagi. Tapi yang paling favorit tentu saja kemeja Batik yang bisa digunakan di berbagai even resmi atau pesta besar seperti acara pernikahan, kemalangan, upacara, atau bahkan pakaian ke kantor.

2. Blangkon

Suvenir khas Joga yang unik, Blangkon.

Jika kamu pernah melihat acara pesta pernikahan dengan konsep Jawa, kamu bisa melihat beberapa pria mengenakan sesuatu di kepala mereka. Benda itu adalah topi yang dibentuk mirip seperti cangkang siput. Topi tersebut biasanya terbuat dari kain Batik yang dinamakan dengan Blangkon. Selain digunakan sebagai penutup kepala yang biasa dikenakan di berbagai acara seperti pesta pernikahan atau pertemuan resmi di Keraton, Blangkon juga bisa kamu beli untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja.

Kamu bisa menemukan toko suvenir yang menjual Blangkon di berbagai tempat di Yogyakarta. Terlebih jika kamu mampir di tempat-tempat ramai seperti mal, pasar, atau alun-alun kota untuk menemukan vendor yang menjual Blangkon batik. Harga Blangkon pun relatif murah. Jadi, biasanya wisatawan yang ingin bawa pulang oleh-oleh sering membeli Blangkon lebih dari satu untuk dibagikan ke keluarga atau kerabat terdekat saat pulang dari liburan di Jogja, terutama untuk diberikan ke saudara, anak, atau kerabat laki-laki baik muda maupun tua.

3. Miniatur Gamelan

Cendramata asal Jogja berupa miniatur gamelan.

Jika kamu sudah pernah mengunjungi kota Yogyakarta, kamu pasti ingat alat musik Jawa yang dinamakan dengan Gamelan. Gamelan adalah alat musik tradisional Jawa yang biasanya digunakan di beberapa acara adat. Sampai saat ini, gamelan sering dimainkan dalam pertunjukan wayang kulit, menghasilkan musik tradisi sebagai pelengkap Ketoprak, atau sering juga dimainkan pada pertunjukan untuk menyambut orang-orang penting dari luar negeri saat mengunjungi Yogyakarta.

Banyak orang merasa tertarik mempelajari Gamelan. Itu sebabnya banyak wisatawan yang penasaran mencoba memainkan setidaknya satu instrumen Gamelan saat mengunjungi Jogja dan tidak jarang juga yang membelinya sebagai cendramata asal Jogja. Tapi alat musik Gamelan yang asli harganya relatif mahal. Walaupun demikian, tidak perlu khawatir. Jika kamu ingin membeli oleh-oleh khas Jogja yang unik untuk dikenang, kamu bisa beli set miniatur Gamelan yang menarik. Tentunya lebih murah dari harga Gamelan yang asli.

4. Perhiasan atau Kerajinan Perak

Perhiasa perak asal Jogja juga bagus untuk dijadikan kenang-kenangan atau oleh-oleh.

Kota Yogyakarta juga dikenal sebagai produsen utama kerajinan perak di Indonesia. Pusat kerajinan tangan perak di Jogja adalah daerah bernama Kotagede, yang menghasilkan produk perhiasan dan suvenir perak paling banyak di Yogyakarta. Perhiasan perak dapat digunakan sebagai alternatif perhiasan emas asli yang harganya jauh lebih mahal. Anda juga dapat menggunakan kerajinan perak untuk berinvestasi di samping untuk tujuan lain.

Harga perhiasan perak asal Jogja sangat terjangkau dan tampilannya juga tidak kalah indah dibandingkan emas, bahkan ada yang lebih cantik. Itu sebabnya belakangan ini banyak orang dewasa yang semakin tertarik dengan perak, terutama para wanita yang juga menyukai perhiasan. Bentuk kerajinan perak khas Jogja bisa berbentuk aksesoris yang indah seperti anting-anting, kalung, cincin, dan perhiasan lainnya dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan perhiasan emas.

5. Wayang Kulit

Wayang Kulit adalah suvenir cantik yang ikonik asal Yogyakarta.

Banyak negara di dunia yang dikenal karena bonekanya yang ikonik dan menarik. Misalnya boneka Pinochio yang merupakan boneka terinspirasi dari cerita fiktif. Nah, sedangkan boneka ikonik asal Indonesia adalah wayang. Banyak jenis wayang asal Indonesia, yang terkenal diantaranya adalah Wayang Golek, yang merupakan boneka kayu yang dihiasi dengan ornamen dan yang kedua adalah Wayang Kulit, berupa boneka kulit yang tidak lain adalah suvenir khas Jogja.

Wayang Kulit merupakan bagian dari budaya tradisional Jawa yang masih dilestarikan dan dikembangkan sampai sekarang. Banyak orang masih suka menonton drama Wayang Kulit, yang merupakan suatu bentuk budaya lama yang sudah ada sekitar ratusan tahun lalu. Selain melihat pertunjukan Wayang Kulit, para wisatawan yang berlibur ke Jogja juga dapat membelinya untuk dijadikan oleh-oleh dari Jogja atau sebagai koleksi pribadi yang cantik dipajang di dinding. Harga Wayang Kulit bervariasi, ada yang murah dan ada yang mahal tergantung dari kualitas kulit asli yang dijadikan sebagai bahannya.

6. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja yang kekinian.

Oleh-oleh khas Jogja pertama yang harus kamu beli adalah Kaos Dagadu. Jika merek ikonik dari pulau Bali adalah Joger dengan berbagai suvenir seperti sandal, kaos, hingga payung, maka Dagadu adalah merek kaos yang otentik khususnya bagi para wisatawan yang berlibur ke Jogja. Kaos Dagadu dibuat dengan menggunakan bahan berkualitas dan desainnya juga bagus.

Setiap kaos dihiasi dengan huruf unik yang membentuk kata-kata lucu dalam bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia. Jika kamu ingin membawa pulan oleh-oleh khas Jogja, maka tidak salah lagi produk Dagadu mesti kamu beli. Kamu dapat membeli kaos Dagadu di beberapa lokasi, seperti Yogyatorium, Malioboro Mall dan juga di Alun-Alun Utara. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kamu menemukan produk-produk Dagadu tiruan di luar dari pada pusat perbelanjaan suvenir yang disebutkan tadi. Oleh karena itu, agar mendapatkan produk Dagadu yang asli, belilah di tempat-tempat resmi seperti yang disebutkan tadi.

7. Gudeg Kering Yu Djum

Selain rasanya enak, Gudek biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja.

Satu lagi makanan khas Jogja terkenal yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, Gudeg. Gudeg adalah makanan ikon kota Yogyakarta yang disukai banyak orang, khususnya wisatawan. Gudeg yang paling enak adalah Gudeg yang ada di Jogja. Jika kamu ingin membawa Gudeg sebagai oleh-oleh khas Jogja, disarankan membeli Gudeg Kering Yu Djum yang sudah sangat dikenal karena menyajikan versi keringnya. Karena kering, jadi cocok untuk dijadikan oleh-oleh terutama jika kamu pulangnya jauh. Tentu saja Gudeg Kering Yu Djum berbeda dari Gudeg biasa.

Tanggal kadaluarsa Gudeg Kering lebih lama dibandingkan Gudeg biasa. Yang versi goreng adalah asli buatan Yu Djum yang membuatnya dari nangka olahan yang belum matang. Gudeg kering disajikan tanpa air dan yang bermerek Yu Djum dijual dalam kemasan kaleng merah dengan label Gudeg Wijilan.

8. Bakpia Pathok

Oleh-oleh khas Jogja berupa produk makanan, Bakpia Pathok.

Satu lagi makanan khas Yogyakarta yang seharusnya tidak kamu abaikan, yaitu Bakpia. Sama halnya seperti Gudeg, Bakpia juga dianggap sebagai salah satu camilan lezat dari Jogja. Di Indonesia sendiri, Bakpia sudah dikenal ke beberapa daerah khususnya daerah pulau Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Malang dan kota-kota lain di tanah air. Namun, banyak orang mengatakan bahwa Bakpia yang terbaik dari adalah Bakpia Jogja Merlino.

Selain itu, kamu juga dapat membeli Bakpia merek lain yang juga memiliki cita rasa unik. Namun secara umum, Bakpia Pathok memiliki banyak varian rasa, seperti rasa keju, susu, singkong, cokelat dan teh hijau. Ada juga Bakpia rasa strawberry yang disukai anak-anak.

9. Belut Goreng

Oleh-oleh khas Jogja berupa makanan, Belut Goreng.

Selain suvernir berbentuk  barang asal Yogyakarta, kamu juga dapat membeli beberapa makanan khas Jogja untuk kamu nikmati atau dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman kamu. Harga makanan khas Jogja cukup terjangkau dan yang paling sederhana adalah belut goreng. Belut diproses dan ditambahkan rasa agar lebih lezat. Biasanya,dijual dalam kemasan plastik agar lebih mudah disimpan.

Jika kamu tertarik untuk membeli belut goreng di Jogja, kamu bisa mendapatkannya salah satu toko terletak di sisi barat Monumen Yogyakarta. Selain itu, kamu juga bisa membelinya di pusat kuliner Godean.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *