Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Monitor Gaming 4K Terbaik yang Cocok untuk Setingan Grafis Maksimal

Dengan rilis kartu grafis terbaik berlabel RTX 20 keluaran Nvidia, game PC 4K menjadi standar gaming pada saat ini. Oleh karena itu, monitor gaming 4K menjadi pilihan yang bagus untuk menikmati kualitas grafis yang maksimal dalam bermain game.

Bidang teknologi hardware komputer banyak berubah dalam setahun belakangan ini. Salah satunya adalah penurunan harga yang drastis pada produk monitor 4K di pasar dunia. Sekaligus penambahan berbagai teknologi yang dibutuhkan gamer profesional. Misalnya, kecepatan refresh variabel yang lebih cepat dan waktu respons piksel yang lebih cepat.

Walaupun harga pasaran monitor 4K menurun di pasar dunia, kita gamer Indonesia tidak perlu berharap bisa menikmati penurunan harga monitor gaming 4K terbaik keluaran produsen ternama, khususnya yang di import dari luar negri. Karena harganya masih mahal di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pemerintah membatasi import dengan menaikkan bea masuk barang-barang tertentu, termasuk barang elektronik.

Hal yang Penting Diketahui Sebelum Membeli Monitor Gaming 4K

Sebelum kita membahas beberapa rekomendasi monitor gaming 4k terbaik, perlu terlebih dahulu mengetahui teknologi variable refresh rate (VRR). Karena, jika tidak tahu mengenai teknologi refresh rate yang bervariasi, kemungkinan kita akan menyesal membeli monitor gaming 4K. memang masih bisa digunakan seperti biasa. Tapi tidak semua jenis teknologi refresh rate variabel yang terdapat pada monitor kompatibel dengan jenis kartu grafis kita.

Kartu grafis (VGA card) terlebih dahulu menggambar frame dan kemudian menunggu siklus penyegaran monitor sebelum grafis yang digambarkan bisa ditampilkan pada monitor. Nah, ketika kedua proses tersebut tidak sinkron, frame pada layar monitor bisa mengalami screen tearing (monitor terlambat menyesuaikan refresh rate dari kartu grafis). Itulah sebabnya perlu menyesuaikan teknologi kartu grafis dengan teknologi monitor 4K yang akan kita beli.

Loading...

Perbedaan antara refresh rate V-Sync dan G-Sync.

Jika kamu menggunakan monitor yang memiki kapasitas refresh rate 60Hz dan GPU komputer kamu lebih lambat menggambar frame 1/60 detik, kinerja frame ratenya menjadi turun ke 30 frame per detik (fps), bukan 57fps. Karena harus menunggu 60Hz refresh monitor berikutnya.

Perbedaan G-Sync dan FreeSync

Variabel refresh rate (VRR) monitor memutarbalikkan hubungan antara kecepatan penggambaran dan penungguan siklus penyegaran layar pada saat kartu grafis selesai menggambar frame. Jika game selesai menggambar frame dalam waktu 1/57 detik, layar monitor juga akan berjalan pada 57Hz dan frame bisa segera ditampilkan. VRR membuat grafis pada game terlihat lebih halus dan memberi keleluasaan dalam menyesuaikan kualitas visual dalam permainan tanpa khawatir akan framerate kaku atau grafisnya sobek. Hal ini sangat penting jika kamu baru menjajal game 4k. Karena 4k/60fps masih sulit walaupun menggunakan rig atau komponen komputer rakitan high-end.

Perbedaan antara G-Sync dan FreeSync.

Ada dua teknologi monitor untuk gaming sekarang, dan keduanya tidak saling kompatibel satu sama lain. Nvidia menggunakan teknologi G-Sync yang membutuhkan hardware khusus pada monitor dan hanya berfungsi dengan kartu grafis Nvidia. Sedangkan AMD mengadopsi teknologi FreeSync yang tidak memerlukan perangkat keras khusus. Fitur ini dirancang untuk bagian opsi spesifikasi VESA. Tetapi hanya didukung kartu grafis AMD.

Jadi, disamping G-Sync dan FreeSync sangat berguna, kamu perlu memastikan apakah monitor kamu kompatibel ke kartu grafis Nvidia atau AMD. Monitor akan tetap berfungsi dengan menggunakan kartu grafis yang tidak kompatibel. Tapi tidak bisa memanfaatkan fitur VRR.

Pada artikel ini, ada beberapa rekomendasi monitor gaming 4k terbaik yang terdiri dari dua kategori ukuran, yakni: 27-inci (atau 28-inci) dan 32-inci. Serta membandingkan pilihan G-Sync dan FreeSync pada masing-masing kategori. Jika kamu memiliki anggaran terbatas untuk membeli monitor 4K, mungkin yang berukuran 24-inci tidak kalah seru juga. Sebenarnya, piksel yang banyak pada layar yang kecil adalah pemborosan dan mendingan menggunakan monitor di bawah 3 juta dengan resolusi 1440p. Selain itu juga bisa menghemat uang dan tidak memakan tempat di atas meja.

Monitor Gaming 4K G-Sync 27-inci Terbaik: Acer Predator XB271HK

 Acer Predator XB271HK adalah monitor G-Sync 4K terbaik kelas 27 inci.

Acer Predator XB271HK adalah monitor 4K dengan refresh rate 60Hz yang menggunakan teknologi IPS yang memiliki kualitas warna yang lebih bagus. Kecepatan respon piksel nya adalah 4ms. Harganya relatif mahal, sekitar 12 jutaan. Monitor ini memiliki reproduksi warna yang bagus, dan waktu respons yang cukup baik untuk panel IPS. Port USB-nya mungkin agak sulit dijangkau dan menjangkau tombol pengaturan tampilan layar juga canggung. Namun, untuk kualitas visual dan kinerja yang luar biasa, bermain game terasa lebih seru.

Monitor Gaming 4K FreeSync 27-inci Terbaik: LG Electronics 27UD68P-B

LG Electronics 27UD68P-B adalah monitor gaming 4K FreeSync terbaik versi 27 inci.

Sebagian besar monitor 4K FreeSync yang dipasarkan ke gamer berpanel TN. Waktu respon piksel-nya juga cepat, tetapi reproduksi warna dan sudut pandangnya kurang bagus. LG juga memiliki produk monitor berpanel IPS yang bagus. Tapi teknologinya belum bisa dikatakan sebagai monitor gaming khusus. Walaupun demikian, fitur yang ditawarkan hampir sama dengan monitor gaming 4K lainnya. Selain itu reproduksi warnanya juga bagus dan kecerahannya 350 nit, dan dilengkapi dengan port HDMI 2.0 yang mendukung 4K pada 60Hz. Sehingga bisa dipasang untuk bermain PS4 Pro atau Xbox One X dengan resolusi penuh, tetapi belum HDR.

Monitor Gaming 4K G-Sync 32-inci Terbaik: Acer Predator XB321HK

Acer Predator XB321HK adalah monitor G-Sync 4K terbaik kelas 32 inci.

Untuk membeli monitor 4K berukuran besar dengan teknologi G-Sync dari Nvidia, budgetnya lumayan mahal. Satu-satunya monitor 4K 32-inci saat ini yang menggunakan teknologi G-Sync dengan resolusi full 3840 x 2160 adalah Acer Predator XB321HK. Monitor 4K ini merupakan versi 32-inci dari rekomendasi 27-inci yang sudah disebutkan pertama di daftar paling atas. Artinya, semua fitur dan spesifikasi-nya sama. Kecuali lebar layarnya saja yang lebih besar yaitu 32 inci. Cocok untuk menikmati game favorit kamu dengan tampilan layar besar. Harganya lumayan mahal, tapi melihat saat artikel ini dibuat saingan monitor 32-inci G-Sync 4K tidak ada, harga tersebut tidak menghalangi gamer pro untuk memainkan game kesayangan dengan layar paling lebar khusus teknologi monitor gaming G-Sync.

Monitor Gaming 4K FreeSync 32-inci Terbaik: LG-32UD59

LG-32UD59 adalah monitor FreeSync 4K terbaik kelas 32 inci.

Jika kamu menggunakan VGA keluaran AMD, monitor 32-inci ini cocok untuk main game 4K dengan teknologi FreeSync. Harganya hampir setengah harga layar G-Sync 4K yang disebutkan sebelumnya. Pada ukuran 32 inci, monitor LG menggunakan panel VA. Berarti tidak seperti versi 27-inci yang disebutkan di atas. Dengan demikian, akurasi warna dan sudut pandang lebih bagus dibandingkan monitor berpanel TN, tapi sayangnya tidak sebagus monitor IPS. Monitor 4K ini sama seperti monitor LG 27-inci yang disebutkan di atas yang dilengkapi dengan dua port HDMI 2.0 yang mendukung 4K pada refresh rate 60Hz. Sehingga, gamer juga dapat memasang konsol game seperti PS4, XBox atau laptop gaming.

Monitor Gaming 4K 24-inci Terbaik: LG 24UD58

LG 24UD58 adalah monitor 4K terbaik kelas 24 inci.

Kamu bisa menemukan berbagai merek monitor 4K dengan lebar layar 24-inci dan belum ada yang mendukung teknologi G-Sync Nvidia. Namun LG memiliki produk monitor 4K 24-inci dengan teknologi FreeSync yang dibandrol dengan harga terjangkau. Hal tersebut menjadi keuntungan bagi gamer yang menggunakan AMD. Atau cocok buat kamu yang tidak peduli dengan refresh rate variabel. Monitor gaming 4K terbaik di model 24 inci ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *