Cara Mengubah Android Jadi Seperti Windows

Tentu kita semua sudah kenal atau juga memakai ponsel berbasis OS Windows. Pada saat kamu baca judul artikel ini kamu mungkin berpikir kalau Android bisa diubah seperti Windows mula dari tampilannya hingga cara kerjanya secara keseluruhan. Sebenarnya bukan demikian. Lebih tepatnya, dengan memakai software  yang tepat, kamu bisa mengubah perangkat Android kamu menjadi mesin yang tersingkron dan terhubung dengan Microsoft.

Bagi para pengguna Windows setia, mungkin pernah mendengar kabar gembira bahwa smartphone berbasis Microsoft Windows dipasarkan. Namun kenyataannya produksi dan pemasaran telepon genggam berbasis OS Windows sepertinya kurang efektif sampai saat ini. Contohnya, dulu Nokia pernah meliris ponsel dengan berplatform Windows. Tapi baru-baru ini terdengar lagi kabarnya bahwa Nokia mulai beralih menggandeng Android. Tabi buat kau yang doyan ponsel Windows jangan putus asa dulu. Kamu masih bisa mendapatkan pengalaman Microsoft yang fantastis pada perangkat Android kamu.

Mengubah Android Jadi Seperti Windows

Dengan ponsel Windows atau smartphone Windows 10 yang katanya tidak termasuk hitungan, Microsoft malah mengerahkan segenap energi mereka dan meningkatkan usaha mereka untuk menciptakan sebuah OS mini yang berjalan dengan balik di dalam ekosistem Android. Dan mengingat bahwa Android adalah OS yang fleksibilitas dan mudah untuk disesuaikan, hal tersebut membuka peluang untuk pengembangan-pengembangan yang cukup menarik.

Nah, dengan mengkombinasikan Android kamu dengan beberapa aplikasi yang tepat, kamu dapat membuat sebuah ekosistem Windows pada ponsel Android kamu. Berikut ini adalah bahan dan langkah-langkah untuk mengubah Android jadi seperti Windows.

Tampilan Home

Pengaturan pertama adalah mengubah tampilan depan (Home) Android kamu. Aplikasi yang bisa mengubah laman depan Android menjadi sebuah saluran yang terkoneksi dengan Windows adalah Microsoft Launcher.

Pada dasarnya Microsoft Launcher memiliki fitur-fitur yang sama dengan firtur-fitur yang kamu temukan pada aplikasi Android launcher lainnya. Microsoft launcher dapat menyesuaikan tampilan layar beranda Anroid kamu dengan membuat pintasan-pintasan dan lain-lain. Selain itu, juga menambahkan sejumlah besar bawaan Microsoft, seperti mengubah pencarian default menjadi Bing, sekali sentuh untuk akses ke Cortana, dan beberapa aplikasi Microsoft yang paling direkomendasikan.

Di sebelah kiri panel layar beranda kamu akan ditempelkan feed Microsoft yang menggantikan Google Feed. Fitur ini mendukung koleksi “widget” seperti berita, cuaca, info agenda, catatan tepat, tugas, dan dokumen-dokumen terbaru kamu yang sesuai dengan layanan Microsoft. Kamu bahkan bisa mengirim dokumen langsung Android ke PC kamu dengan menggunakan opsi “Lanjutkan pada PC”, asalkan komputer kamu berbasis “Windows 10 Fall Creators Update”.

Aplikasi Microsoft Launcher pada Hape Android

Tampilan Aplikasi Microsoft Launcher pada Hape Android

Tampilan Ponsel Windows pada Android

Selanjutnya adalah mengubah tampilan Android kamu menjadi seperti tampilan ponsel Windows. Untuk menyetingnya, kamu bisa menggunakan aplikasi SquareHome 2. Sebenarnya aplikasi ini masih tergolong jebs apps launcher. Tapi sebenarnya tidak dikembangkan oleh Microsoft. Pengembang SquareHome 2 mengemulasikan tile-centric “Metro UI” dari platform ponsel Windows. Tapi untuk mengaktifkan SquareHome 2 kamu perlu mengorbankan integrasi Microsoft yang disediakan Microsoft Launcher. Nah, alternatif ini bisa kamu gunakan jika kamu hanya memprioritaskan tampilan ponsel kamu agar sama seperti ponsel Windows.

Tampilan homescreen SquareHome 2

Hape Android rasa Windows dengan menggunakan SquareHome 2

Notifikasi dan Aktivitas

Untuk mengsinkronkan PC kamu ke ponsel secara menyeluruh, kamu perlu memastikan untuk menghubungkan ponsel Android kamu ke Windows dengan mengikuti langkah-langkah di bagian Ponsel pada pengaturan komputer Windows 10 kamu. Dengan asumsi komputer Windows 1o kamu sudah versi Fall Creators Update. Sebagai tambahan, kamu juga bisa memasang aplikasi Cortana pada Android kamu. Cortana sangat cocok dengan Microsoft Launcher. Juga menyediakan kontrol pada setingannya yang memungkinkan untuk menunjukkan notifikasi ponsel Android kamu muncul di komputer Windows kamu. Aplikasi yang satu ini sangat bagus jika kamu ingin menerima atau membalas pesan teks atau juga melihat panggilan tidak terjawab langsung dari Windows 10 Action Center.

Ada banyak hal yang akan dirilis dalam waktu kedepan ini. Microsoft sedang bersiap-siap untuk meluncurkan pembaharuan Windows yang diharapkan akan menambah banyak fitur konektivitas antara PC dan telepon genggam. Sebagai contoh, suatu komponen yang disebut dengan memperbolehkan kamu untuk menyimpan “snapshot” kamu dari berbagai aplikasi. Kemudian mendukung pengguna untuk memilih tempat penyimpanan data pada perangkat lain. Misalnya menyimpan di desktop dan kemudian bisa dipindahkan ke ponsel kamu, atau sebaliknya. Hal lain yang diharapkan adalah konektivitas dalam pembuatan “clipboard” berbasis “cloud” yang memungkinkan kamu menulis teks di satu gadget dan menempelnya (paste) di perangkat lain.

Pembaharuan-pembaharuan tersebut diprediksi akan rampung pada bulan April ini, yang mana perilisannya dijuluki dengan “Spring Creators Update”.

Browser

Kalau browser, tentunya aplikasi Microsoft Edge. Suatu software yang cocok untuk berbagai macam OS. Aplikasi browser ini menyediakan pengguna suatu kerangka yang jelas seperti Microsoft dalam penjelajahan web. Salah satu piranti lunak yang konsisten dalam mendukung konektifitas perangkat seluler kamu ke komputer.

Dengan menggunakan Edge, kamu dapat lebih mudah untuk memindahkan konten dari ponsel dan PC kmau. Sekali lagi dengan asumsi komputer kamu memakai Windows 10 versi Fall Creators Update. Di samping itu, Edge juga secara otomatis menyinkronkan history, favorit, dan daftar bacaan kamu di ponsel Android. Ada juga fitur untuk menyimpan artikel untuk dibaca nanti. Sehingga kamu dapat berpindah pemakaian antara ponsel dan komputer tanpa halangan.

Penyimpanan Data

Microsoft OneDrive ditanamkan ke dalam Windows 10, dan dengan beberapa ketukan, salah satunya dapat dipasang ke perangkat Android kamu juga. Dengan dukungan aplikasi OneDrive, kamu dapat menyinkronkan data kamu untuk kemudahan akses melalui komputer Windows dan ponsel Android di manapun kamu berada.

Aplikasi Office

Pasti bagi para pengguna komputer di Indonesia sudah familiar dengan Microsoft Office. Lebih lagi, aplikasi Office untuk Android juga sudah ada cukup lama. Baru-baru ini juga Word, Excel dan PowerPoin versi Android juga sepenuhnya ditawarkan mendukung perangkat Android. Dan dipoles lagi agar nyaman untuk digunakan. Ditambah lagi, kalau kamu sudah terbiasa, fanatik dan cukup lama memakai Windows, kamu mungkin sudah tahu bahwa kamu bisa mengerjakan dokumen-dokumen berbasis desktop pada Android kamu tanpa harus mengkonversi atau penyesuaian terlebih dahulu.

Perlu kamu ketahui juga kalau kamu butuh berlangganan Office 365 untuk memanfaatkan semua fiturnya dan pada pada telepon seluler kamu. Selain itu, Outlook dan OneNote juga tersedia di Android. Jika kamu menggunakan salah satu program tersebut pada komputer Windows kmau, kamu mungkin ingin memasang aplikasi versi Android nya di smartphone kamu.

Virtual Asisten

Cortana adalah salah satu andalan yang terdapat pada Android Launcher keluaran Microsoft. Dimana, jika hanya launcher nya, hanya kelihatan pada di layar depan Android kamu. Dengan pengaturan tertentu, kamu dapat mengatur Cortana untuk berfungsi sebagai asisten default pada Android kamu. Dengan demikian kamu dapat mengakses Cortana melalui perintah sistem yang sama untuk Google Assistant, contohnya menekan dan menahan tombol Home yang biasa yang ada pada ponsel-ponsel Android.

Buka Pengaturan aplikasi yang ada di pengaturan (settings) Android kamu, kemudian geser ke bawah sampai kamu melihat baris berlabel “Default apps”. Pada sebagian jenis Andorid mungkin harus memencet baris yang bertuliskan “Advanced” untuk memunculkannya. Pilih “Assist & voice input”, lalu pilih “Assist app” dan pilih Cortana yand bergambar mikrofon.

Setelah itu: wanita virtual bersuara lembut dari Microsoft akan bersiap dan memanggil kamu, di mana pun dan kapan pun kamu membutuhkannya.

Aplikasi Virtual Assisten Cortana untuk Android

Kamu bisa juga menggunakan Cortana tanpa harus menginstal Microsoft Launcher. Tapi sebelumnya pastikan kamu memiliki aplikasi Microsoft Cortana yang standalone (berdiri sendiri). Kemudian ikuti langkah yang sama seperti yang sudah dijelaskan di atas dengan memilih Cortana yang ada lingkaran di ikonnya. Aplikasi Cortana yang berdiri sendiri juga memiliki opsi untuk membuat tombol Cortana yang mnucul mengambang home screen dan lock screen Android kamu.

Untuk pengguna smartphone Samsung Galaxy terbaru tombol Bixby akan menghalangi Cortana. Jika demikian, cobalah pakai aplikasi Bixby Button Remapper dari pihak ketiga. Aplikasi ini gratis dan dengan tawaran opsi upgrade senilai $2,99 melindungi tombol-tombol Android kamu dari pemencetan yang tidak sengaja ketika kamu taruh ponsel kamu di saku atau tas.

Microsoft Authenticator

Buatlah kegiatan sehari-hari kamu sedikit lebih mudah dan jadikan ponsel Android kamu sebagai kunci untuk komputer Windows 10 kamu dengan menggunakan aplikasi Microsoft Authenticator. Aplikasi ini dapat bertindak sebagai pembuat kode autentikasi dua arah seperti biasa (two-factor authentication) tidak perlu harus memasukkan sandi Microsoft kamu. Kamu hanya perlu memberikan otorisasi akses ke komputer kamu dengan membuka kunci ponsel dan menyetujui notifikasi yang muncul. Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Microsoft dengan versi akun pribadi.

Aplikasi Microsoft Authenticator untuk Android

Trik Tambahan

Aplikasi dan embel-embel di atas adalah bagian yang paling penting dalam mensinkronkan komputer Windows ke hape Android dan mengubah Android jadi seperti Windows. Tetapi Microsoft juga memiliki beberapa penawaran penting lainnya yang mungkin sewaktu-waktu bermanfaat buat kamu.

  • Jika kamu sering menggunakan Windowsdir rumah, mungkin kamu perlu aplikasi Photos Companion. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mentransfer foto dan video dari ponsel kamu langsung ke PC menggunakan Wi-Fi.
  • Jika kamu perlu menscan dokumen fisik, serahkan tugas tersebut pad aplikasi Office Lens. App ini akan memotong dan membersihkan jepretan kamu dari bagian-bagian yang bukan bagian dari dokumen fisik dan menyimpannya dalam bentuk PDF, Word, atau PowerPoint pada aplikasi OneNote atau OneDrive kamu. Atau boleh juga disimpa lokal drive hape Android kamu.
  • Keyboard SwiftKey. Telah berada di bawah sayap Microsoft sejak tahun 2016. Sebenarnya belum ada cara mengintegrasikan keyboard virtual ini dengan apps atau perangkat berbasis Microsoft. Tapi sepertinya hal tersebut akan menjadi kenyataan. Itulah mungkin kenapa Microsoft menggandengnya. Dan terlepas dari itu, keyboard ini sngat hebat untuk digunakan.
  • Ingin menerjemahkan bahasa tanpa bergantung dengan aplikasi Google Translate, Microsoft Translator sedang menunggu kamu untuk menyapa kamu dengan kata “bonjour”.
  • Yang terakhir dan tak kalah pentingnya, jika kamu benar-benar menggunakan Microsoft, aplikasi Bing Search yang cepat dan lebih akurat sangat bagus untuk pencarian – lengkap dengan berita, resep, dan bahkan pencarian barcode – hanya dengan satu sentuhan.

Sebagai catatan akhir, hanya sekedar tambahan: Clippy app (Bukan app resmi dari Microsoft), menawarkan fitur asisten Microsoft asli ke wilayah Android kamu. Mengambang di layar ponsel kamu dan membuat kamu kesal dengan tatapan tajam kamu. Selain itu kelemahannya pada penguncian screen, apa jadinya jika ditinggalkan tanpa pengawasan. Tapi sebenarnya tidak disarankan karena alasan yang sudah jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *