Mengenal Google Cloud Dan Mengetahui Cara Menggunakannya

Mengenal Google Cloud Dan Mengetahui Cara Menggunakannya

Mungkin diantara para pembaca yang bertamu ke situs ini telah mengetahui dan memanfaatkan sejumlah layanan yang dimiliki Google misalnya Google Search, Gmail, Android, Youtube, Play Store, Google Map, Blogspot, dll. Meskipun demikian, sudah taukah kamu mengenai layanan Google yang dikenal dengan Google Cloud Platform. Sekarang kita akan mengupas lebih lagi tentang salah satu layanan Google yang bernama Google Cloud.

Apa Itu Google Cloud?

Google Cloud adalah suatu platform layanan Cloud Computing yang meliputi empat macam service yang keseluruhannya bermaksud untuk membuat suatu project berdasarkan Cloud Computing supaya dapat didayagunakan dalam cakupan internasional. Mengenai empat macam service tersebut ialah AppEngine, BigQuery, Compute Engine dan Cloud Storage.

Keuntungan Berlangganan Google Cloud

  1. Data Security: Berlangganan dan memanfaatkan layanan Google Cloud, kamu jadi bisa mempunyai data security (keamanan data) yang sungguh terlindungi. Hal tersebut adalah aspek pokok untuk mendirikan suatu service berdasarkan internet.
  2. Keluwesan: Dari manapun pengguna dapat memasuki data yang disimpan pada Google Cloud secara gampang dan yang dibutuhkan cuma koneksi internet. Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur RESTful API supaya aplikasi software yang dibuat dapat menyatu dengan ponsel pintar berbasis iOS maupun Android.
  3. Sentralisasi Data : Storage yang tersentralisasi dibutuhkan sekali untuk mendirikan suatu layanan yang cakupannya luas dan besar, khususnya jika pemakai layanannya banyak sekali.
  4. Menekan Anggaran Dana: Jika pengguna mempertimbangkan penghematan jangka panjang, Google Cloud dapat menghemat pengeluaran dana untuk penyediaan prasarana system yang dibutuhkan pengguna untuk mendirikan suatu software bagi keperuan usaha.

Apa Saja Jenis Layanan yang Ditawarkan Google Cloud Platform?

Google Cloud Storage

Cloud Storage adalah suatu service yang diperuntukkan buat para programmer untuk dijadikan media buat ruang storage data yang ukurannya luar biasa besar. Service ini membuat kamu jadi bisa bikin suatu service berbagi atau publikasi file, video maupun gambar dengan sangat gampang tak perlu mempertimbangkan seperti apa cara mendirikan infrastuktur server. Jika kamu ingin menjajal service Cloud Storage, pastikan kamu sudah punya akun Google.

Google BigQuery

Service yang ini sungguh pas digunakan untuk tools buat meneliti big data sampai berukuran menjangkau Terabyte maupun Petabite yang hanya memerlukan waktu cuma beberapa detik saja. Service ini pas untuk digunakan buat bikin aplikasi usaha cakupan besar. BigQuery sering dimanfaatkan oleh perusahaan raksasa dalam hal meneliti data transaksi usaha. Buat yang penasaran atau ingin latihan memanfaatkan BigQuery, kamu dapat mencobanya menggunakan akun Google kamu.

Google AppEngine

Google AppEngine adalah suatu service google yang membuat kamu jadi bisa bikin dan mengoperasikan aplikasi berbasis web. Service ini memiliki penawaran yang berbayar dan bahkan ada yang gratis yang dapat kamu pakai hanya dengan modal buat Gmail. Pakai akun yang lama juga bisa. Untuk yang gratisnya, pengguna diberi ruang storage data sebesar 500 MB, Kapasitas CPU dan Bandwith yang diberikan AppEngine sanggup buat lima juta tampilan halaman per bulan.

Loading...

Ketika pertama kali dirilis, AppEngine cuma dilengkapi dengan bahasa pemrograman Python, setelah itu dimantapkan lagi sampai dilengkapi dengan bahasa pemrograman PHP, Go, Java, Ruby dan juga mendukung Farmework Google. Banyak situs-situs yang cakupannya besar dirancang dengan menggunakan service ini. Jadi, jika kamu ingin latihan bikin suatu aplikasi dengan memanfaatkan AppEngine, kamu dapat memulai dan mencobanya dengan versi yang gratisnya dahulu. Lalu jika cocok buat kamu dan ingin lebih serius, kamu bisa upgrade ke versi berbayarnya.

Google Compute Engine

Compute Engine adalah semacam service Cloud yang disediakan oleh Google buat menolong pengguna dalam mendirikan suatu cloud server. Pengguna dapat mengendalikan mesin Linux secara penuh yang dikembangkan pada server Google. Service ini sanggup menangani aplikasi web pengguna yang dirancang memanfaatkan pemrograman Ruby maupun PHP. Agar bisa mendalami lebih lagi tentang Compute Engine, kamu dapat langsung masuk ke halaman Compute Engine jika kamu sudah memiliki akun Google.

Nah, jika kamu berminat mengambil langkah untuk memanfaatkan cloud computing demi kepentingan usaha maupun pengembangan aplikasi Web, Dekstop maupun Mobile, saat ini kamu dapat mencoba memanfaatkan sejumlah service dari Google Cloud untuk kepentingan kamu, sekaligus jika kamu ingin mencoba pemrograman baru yakni Cloud Programming.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *