Mengenal Game Arena of Valor (AoV) dan Proses Dalam Permainannya

AoV aadalah sebuah game MOBA untuk ponsel.

Jika kamu mengikuti berita Asian Games 2018 lalu, pasti kamu mendengar istilah game AoV yang ikut dipertandingkan. Tidak sedikit juga yang bertanya apa itu AoV. Saat artikel ini ditulis, jumlah pemain Arena of Valor versi Android sudah lebih dari 10 juta orang, belum termasuk pemain AoV versi iOS yang dimainkan di iPhone dan iPad. Permainan utama dalam game ini adalah pertandingan online 5 vs 5.

Game mobile online ini cukup populer, khususnya di kalangan gamers Indonesia dan kawasan Asia lainnya seperti Malaysia, Singapur China, dll. Iklan game AoV di Indonesia cukup marak, sampai-sampai sosok Wiro Sableng dijadikan salah satu karakter hero nya. Nah, buat kamu yang masih belum main AoV, sebaiknya ikuti terus artikel ini. Karena game ini butuh pengertian yang luas dalam hal peran dan kemampuan setiap hero yang tersedia di AoV.

Apa itu AoV?

Arena of Valor atau biasa disingkat dengan AoV adalah game MOBA seluler. Tapi apa itu MOBA? MOBA adalah suatu genre dan konsep game. Baca penjelasan lebih lanjut mengenai MOBA di bawah ini.

Mengapa AoV disebut game MOBA?

Arena of Valor adalah game dengan mode permaian arena pertempuran online multi pemain atau MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Genre game MOBA dilahirkan dari Starcraft and Warcraft 3, yang mana saat itu menjadi salah satu genre game paling populer di dunia. Misalnya seperti League of Legends dan Dota 2 yang dipertandingkan dengan hadiah bernilai jutaan dolar setiap tahunnya.

Ketahui juga:

Loading...

3 Cara Jadi Pemain Game yang Menghasilkan Uang Banyak Setiap Bulan

Terlepas dari popularitas game-game tersebut, kurva belajar game-game moba juga terbilang tinggi dan bisa sangat menyulitkan bagi pendatang baru atau pemula yang belum terbiasa dengan game MOBA. Untuk membantu meningkatkan skill gaming AoV kamu, mari kita simak fitur-fitur AoV yang unik.

Berbagai Karakter Hero di AoV

Pemain seperti melihat ke arah bawah, ke medan perang atau dengan sudut pandang orang ketiga (third-person). Ada ratusan unit karakter yang bisa kamu pelajari agar bisa mengontrolnya dengan strategi real-time. Tapi dalam pertandingan, setiap pemain mengendalikan satu unit hero. Arena of Valor memberi label unit-unit karakter sebagai hero (pahlawan), sementara game MOBA lain biasanya menyebut unit karakter sebagai champion atau character. Di AoV, para hero masing-masing memiliki kemampuan normal, dua kemampuan standar, kemampuan pasif, dan kemampuan tertinggi.

Kemampuan Serangan Hero

Serangan normal adalah cara paling sederhana yang dimiliki setiap hero dalam serangan. Setiap hero memiliki serangan normal yang berbeda, misalnya ayunan pedang, palu, tembakan pistol, atau ledakan energi nekrotik. Tanpa modifikasi item atau kemampuan tertentu, serangan normal tidak terlalu berarti terhadap kesehatan target lawan.

Setiap hero di AoV memiliki satu kemampuan pasif: efek unik yang selalu tersedia bagi setiap hero. Kemampuan pasif dapat memicu dalam situasi tertentu atau menjadi satu set kemampuan adalan karakter hero. Pemain tidak perlu melakukan apa pun untuk mengaktifkan kemampuan pasif, tapi perlu memahaminya agar bisa tampil baik dalam menggunakan hero apa saja.

Kemampuan-kemampuan standar adalah mantra dan teknik yang dimiliki oleh setiap hero. Hal tersebut menjadi ciri khas dan rasa setiap hero dan merupakan hal yang membedakan setiap hero dalam AoV. Kemampuan-kemampaun standar dapat merusak kesehatan musuh, membantu tim atau sekutu, atau mengontrol aliran medan perang. Efek-efek pengendalian sering disebut sebagai crowd control (CC).

Tidak seperti serangan normal, sumber daya kemampuan standar butuh energi atau mana dan memerlukan periode pendinginan (cooling down) agar dapat digunakan kembali. Penguasaan kemampuan suatu hero adalah kunci untuk mendominasi pertarungan dan memenangkan pertandingan.

Kemudian, kemampuan pamungkas (ultimate ability) adalah serangan kuat yang benar-benar dapat mengubah arah pertempuran saat digunakan dengan tepat. Tidak seperti kemampuan-kemampaun standar, kemampuan pamungkas belum dapat digunakan sampai hero mencapai level 4 dalam sebuah pertandingan. Pemain yang menguasai penggunaan Ultimate bisa menjadi kekuatan yang menakutkan di medan perang AoV.

Baca juga:

10 Game Android Grafis Terbaik yang Banyak Dimainkan

Peran Hero

Dari banyaknya Hero di AoV hadir dalam berbagai rasa, tapi umumnya dikategorikan menjadi enam peran. Berikut adalah peran-peran hero tertentu yang ada di AoV.

1. Tank

Merupakan hero garis depan, pertahanan pertama dan sebagai dinding pelindung sekutu yang rapuh terhadap serangan musuh. Sosok hero tank biasanya lebih licin dan lebih tahan bating dibandingkan jenis hero lain. Hero tank adalah pusat kekuatan pertahanan tim dalam pertandingan. Tapi biasanya daya rusaknya kecil. Jadi, disarankan agar hero tank agar selalu berdampingan dengan hero lain agar serangan lebih efektif.

Seorang tank lebih dari sekadar pelindung sekutu, karena sebagian besar tank di AoV juga berperan sebagai inisiator tim. Seorang inisiator adalah hero yang memulai pertarungan tim, bukan menyerang sendiri. Hero tank adalah karakter yang agresif ketika anggota tim yang lain sudah siap-siap menyerang dibelakangnya. Tank biasanya dilengkapi dengan persenjataan yang kontrolnya berguna untuk menghalangi gerakan musuh dan untuk melarikan diri.

2. Warrior

Ini adalah hero khusus pertarungan jarak dekat, umumnya sedikit lebih tahan damage di bawah tank saat bertanding. Kebanyakan warrior berusaha menemukan tempat yang nyaman antara kerusakan (damage) dan kemampuan bertahan hidup. Artinya, tipe hero ini cocok dipakai dengan cara mengisi tim dengan berbagai peran yang berbeda-beda.

3. Assassin

Ahli hit-and-run, assassin unggul dalam melompati musuh, menghancurkan kesehatan mereka dan kemudian melarikan diri sebelum musuh bereaksi. Banyak assassin yang sangat cocok di hutan (jungle), karena gaya permainan hero jenis ini biasanya cocok menyergap, atau menyapu jalur musuh. Akan tetapi pertahanan hero assassin sangat lemah, jadi saat  pertarungan tim diutamakan tank dan warrior berada di depan assassin. Dan ketika musuh sudah menggunakan semua kemampuan standar dan ultimate untuk merusak tank dan warrior, disitulah saatnya assassin menyerang.

4. Mage

Perapal mantra dan mistikus, atau penyihir. Peran mage mengandalkan kemampuan serangan normal. Mage biasanya bisa membuat kerusakan pada musuh dari jarak tertentu dan terus-menerus mengoceh musuh dengan mantra. Merusak atau mengganggu (memperlambat/freeze) musuh dengan sihir adalah cara terbaik bagi mage untuk melindungi anggota tim yang sedang bertarung jarak dekat.

5. Marksman

Berperan sebagai penembak jitu atau pemanah, sekaligus sebagai perusak utama di pertarungan tim AoV. Hero jenis ini mampu membunuh musuh demi musuh dari kejauhan, membuat kerusakan berat dengan serangan normal. Marksman membutuhkan waktu untuk membangun item sebelum dapat berkontribusi penuh pada tim. Oleh karena itu, pemain yang menggunakan hero marksman harus mahir mengumpulkan emas (gold) dengan cepat agar bisa upgrade item.

6. Support

Hero support biasanya berperan sebagai pendukung tim. Jadi sering tidak populer atau jarang dapat MVP. Artinya, hero support bisa menjadi peran terpenting dalam tim sebagai faktor penentu kemenangan dalam perkelahian tim. Hero jenis ini fokus pada pengendalian musuh dengan kemampuan crowd control dan menyembuhkan serta melindungi tim ketimbang merusak musuh. Jadi, hero support harus tetap dekat dengan tim sepanjang pertandingan, terlebih pada saat tertarungan tim, agar semua hero di tim bisa mendapatkan dukungan healing dan musuh terkena crowd control.

Medan Pertempuran

Lane – Jenis permainan utama di Arena of Valor adalah pertarungan tim, yaitu lima lawan lima hero. Setiap tim dimulai dari sudut peta yang terdiri dari tiga jalur, atau ‘lane’. Dua jalur berada di sepanjang sisi peta melingkari medan pertempuran, dan satu jalur lurus berada di tengah melalui titik tengah peta. Aliran panjang disebut dengan “the River”, yang membagi medan menjadi dua bagian.

Brush – Medan pertempuran tersebut dihiasi dengan semak-semak tinggi atau disebut dengan “brush”, tempat para hero bersembunyi dan tak terlihat. Area besar di sudut paling bawah dan atas adalah pangkalan kedua tim. Sudut tersebut adalah tempat inti para hero muncul kembali setelah takluk dalam pertempuran. Tim yang dapat menghancurkan inti lawan dinobatkan sebagai pemenang dalam pertandingan.

Tower – Untuk mencapai inti musuh bukanlah hal yang mudah. Banyak rintangan yang harus dihadapi sebelum pemain dapat mencapai tujuan akhir tersebut. Enam menara (tower) berdiri di setiap jalur, diantaranya, tiga punya tim yang satu dan tiga punya tim lawan. Pemain harus menghancurkan ketiga tower di sebuah jalur agar dapat menyerang inti musuh.

Untuk membantu menyerang tower, kedua tim mengirimkan gelombang antek-antek yang disebut minions yang dikontrol AI untuk berbaris di jalur untuk menyerang musuh yang ditemui dan jika berhasil mencapai tower juga akan menghancurkan tower tersebut. Cara tersebut dapat membuat pengepungan menara lebih mudah dan merenggut pertahanannya, asalkan pemain sudah selesai berurusan dengan antek musuh terlebih dahulu.

Jungle – Di antara jalur terdapat hutan atau biasa disebut dengan “jungle” di AoV. Area hutan dipenuhi dengan makhluk netral, atau disebut dengan monster, yang bisa memberikan peningkatan kesehatan atau bonus khusus setelah dibunuh. Makhluk-makhluk tersebut adalah sumber emas (gold) dan pengalaman (exp) yang berharga setelah berhasil dibunuh.

Core – Tujuan pertama tim adalah untuk melancarkan jalan mereka dan kemudian menghancurkan inti musuh sambil mempertahankan milik mereka. Permainan menjadi menarik jika sebuah tim terdiri dari jenis hero yang berbeda dan berinteraksi satu sama lain.

Proses Permainan

Setiap hero meningkatkan level kekuatan sepanjang pertandingan. Pemain tumbuh dengan mengumpulkan poin exp (poin pengalaman) dan gold (emas). Setiap kali seorang hero, antek, atau monster mati, hero terdekat mendapatkan poin exp dan gold. Jika seorang melakukan pukulan pembunuhan, hero tersebut mendapatkan bonus exp dan gold. Hal itu disebut sebagai ‘last hitting’ dan merupakan kunci untuk mendapatkan manfaat atas lawan.

Exp

Exp yang didapatkan oleh setiap pemain dikonversi ke dalam bentuk level. Di Arena of Valor, pemain dapat menaikkan level hingga level 15. Setiap level memberikan dorongan tingkat kemampuan. Dengan membandingkan level kamu dengan level musuh saat berhadapan adalah cara yang tepat untuk menilai seberapa kuat kamu bisa menghadapinya.

Gold

Setiap pemain menggunakan gold untuk membeli item di sepanjang permainan. Item merupakan alat utama agar para hero dapat meningkatkan kekuatan serangan, kecepatan dan kemampuan bertahan. Item tertentu dapat memberikan bonus besar untuk kerusakan, pertahanan, atau efek yang berbeda untuk membantu pertarungan dengan berbagai cara. Intinya, gold yang dikumpulkan dikonversi menjadi kekuatan dengan membeli item saat pertandingan berlangsung. Jadi, mendapatkan gold sebanyak mungkin adalah cara terbaik untuk mendominasi lawan.

Laning

Untuk mempertahankan semua jalur, pemain harus berpisah untuk melakukan tugas laning. Setiap hero lebih cocok pada jalur tertentu tergantung kekuatan dan gaya bermainnya.

Abyssal Dragon Lane

Jalur ini juga disebut sebagai jalur terbawah atau ‘bottom lane’ atau ‘bot lane’. Karena lokasinya dalam pertandingan kustom atau pertandingan lawan AI. Lajur Abyssal biasanya tempat dimana seorang carry mengumpulkan kekuatan, baik sendiri atau dengan bantuan seorang hero lain. Pemain di jalur ini perlu membunuh Abyssal Dragon (atau Engraged Abyssal Dragon) saat dibutuhkan. Pembahasan tentang ini akan dibahas lebih lanjut nanti.

Middle Lane

Merupakan jalur terpendek diantara ketiga lajur dan yang paling berbahaya untuk dipertahankan. Merupakan jalur tengah yang memotong bagian tengah seluruh peta. Meskipun bahaya, hero yang bertanggung jaawb di jalur middle lane biasanya sendirian agar bisa dengan cepat mendapatkan exp tanpa berbagi.

Hero yang cocok di middle lane yaitu hero yang mampu menyerang dari jarak jauh dan dengan kekuatan damage yang bisa cepat membersihkan gelombang minions. Kemampuan membersihkan gelombang minions dengan cepat bermanfaat agar sesegera mungkin membantu hero lain yang sedang berusaha menyapu jalur samping. Dapat dengan cepat melakukan perjalanan ke kedua sisi, hero di jalur tengah dapat membantu mendorong seluruh tim maju.

Dark Slayer Lane

Disebut juga dengan jalur teratas atau ‘top lane’ karena lokasinya mirip seperti pertandingan game komputer dan game MOBA lain. Jalur Dark Slayer adalah jalur yang paling dekat dengan binatang tituler. Jalur ini adalah cerminan atau kebalikan dari jalur Abyssal Dragon dalam hal tata letak. Hero yang lebih tahan atas pukulan atau lebih kuat terhadap damage dalam waktu yang lama cocok pada jalur ini. Yang berada di jalur Dark Slayer juga lebih sedikit menerima dukungan dari sekutu.

Jungling

Pemain dapat memulai permainan dengan melawan monster netral yang berada di hutan yang terletak di antara jalur. Sejumlah makhluk berada di hutan tersebut. Kedua tim mampu membunuh semua monster netral tersebut dengan mudah. Pemain yang fokus membunuh makhluk-makhluk tersebut ini dikenal sebagai “jungler”.

Membunuh monster-monster tersebut bermanfaat agar pemain mendapatkan poin ext lebih cepat sehinngga naik level juga lebih cepat ketimbang mencari poin exp di lane. Selain itu, ada sejumlah efek khusus, atau “buff” yang bisa didapatkan melalui pembantaian makhluk khusus. Karena jungler biasanya tidak hadir di jalur, dibutuhkan hero yang mempunyai kemampuan damage yang besar agar bisa dengan mudah mencegah pelarian musuh.

Makhluk Epik

The Abyssal Dragon – Naga besar yang berada sendirian di pinggir sungai. Abyssal Dragon adalah objektif penting di game Arena of Valor. Kematian naga ini memberi bonus kepada tim yang membunuhnya dengan hadiah gold dan exp. Bonus yang didapat setara dengan dua kills, jadi jangan dianggap remeh. Namun, jika Abyssal Dragon berevolusi, akan berubah menjadi Engraged Abyssal Dragon yang lebih kuat.

Dengan membunuh monster yang lebih kuat ini dapat memberikan buff kepada setiap anggota tim buff yang sangat bermanfaat selama pertarungan tim. Terus tingkatkan tim kamu dengan hadiah dan buff seperti ini sembari menghindari ketersediaan mahluk ini untuk lawan guna menjaga keseimbangan kekuatan yang menguntungkan. Dengan demikian, pemain harus memberi perhatian khusus terhadap status naga yang berada di Abyssal Dragon Lane.

Spirit Sentinel – adalah mahluk berbentuk kelelawar besar yang berada di depan Dark Slayer. Membunuh kelelawar ini berguna untuk mendapatkan buff yang menyembuhkan dan mempercepat killing serta tambahan sejumlah kecil gold untuk tim.

The Dark Slayer – adalah makhluk netral yang terkuat, berwujud gorila raksasa yang berdiam di seberang Spirit Sentinel. Beberapa hero perlu bekerja sama untuk menaklukkan makhluk ini karena sangat kuat baik menyerang maupun bertahan. Mengalahkan makhluk ini berguna untuk mendapatkan kesehatan dan regenasi mana, dan mobilitas, sehingga membuat pahlawan jauh lebih kuat dalam pertarungan tim.

Fase Permainan

Game Arena of Valor terdiri dari fase yang mirip dengan periode atau kuartal dalam olahraga tradisional. Namun, fase-fase nya longgar saat tim mulai dan lebih tergantung pada apa yang telah terjadi sejauh ini dalam pertandingan daripada pada berapa banyak waktu telah berlalu.

Permainan Awal

Seperti namanya, ini adalah awal dari pertandingan. Pada awal pertandingan, pemain membangun kekuatan hero yang dimainkan dan dapat dirasakan saat musuh menyerang jalur yang dijaga. Hal tersebut disebut juga dengan “Laning Phase”( fase laning), karena banyak pemain memfokuskan waktu di jalur masing-masing. Dekat dengan minions yang saling bertarung satu sama lain akan memberikan hero teresbut penghasilan gold dan exp yang stabil. Last hit (pemukulan terakhir) hingga minion mati memberikan bonus emas dan exp yang lebih bagus. Akan tetapi, bisa menjadi berisiko juga bagi hero tersebut karena berhadapan dengan aturan emas MOBA:

Jangan Mati

Game MOBA seperti Arena of Valor menghukum berat yang heronya mati. Pertama-tama, musuh kamu menerima banyak gold dan exp jika membunuh hero kamu, sekaligus menambah kekuatan. Selain itu, pemain yang berhasil ditaklukkan juga menghabiskan waktu jeda saat ketidakhadiran hero nya, karena dikeluarkan dari pertempuran untuk beberapa saat.

Dengan demikian, hero yang mati tidak akan bisa mendapatkan sumber daya berharga yang dibutuhkan untuk mengimbangi musuh. Sekali lagi, emas yang dikumpulkan dikonversi secara langsung menjadi kekuatan di game Arena of Valor, jadi membiarkan lawan unggul di awal pertandingan berakibat rawan kalah di akhir pertandingan. Bermainlah dengan aman, hindari penysupan berisiko ke wilayah musuh, dan sembuhkan damage sesegera mungki; lakukan apa yang harus kamu lakukan agar hero kamu tetap hidup.

Fase Pertengahan Permainan

Fase pertandingan pertengahan dimulai saat menara-menara pertama, mulai rubuh. Para hero akan mulai berkeliaran dari jalur sau ke jalur lain untuk membantu anggota tim yang lain. Yang berarti pertempuran tim akan mulai sering terjadi. Tim perlu saling mendekat sesering mungkin, karena pemain yang berkeliaran sendirian adalah mangsa empuk bagi tim musuh yang terkoordinasi. Tim yang terkoordinasi atau terlatih dengan baik memiliki kemampuan untuk mengakhiri berbagai hal di fase ini, dan melalui fase permainan selanjutnya bersama-sama.

Akhir Pertandingan

Akhir permainan dimulai saat para pemain mulai menyelesaikan build item mereka. Pada titik ini, hampir seluruh permainan terdiri dari pertarungan tim dan periode siaga tempur. Dengan demikian, setiap pemain harus bersatu sesering mungkin. Pada fase ini, waktu respawn (muncul lagi setelah mati) hero jauh lebih lama dibandingkan fase menengah dan awal. Akibatnya, satu Ace (semua hero di tim mati) beresiko kalah di akhir pertandingan. Saat para hero menyelesaikan upgrade item, tingkat kekuatan sudah sangat maksimal. Perbedaan kekuatan antara tim akan sangat terasa. Tim yang bertahan meskipun sebelumnya level itemnya tertinggal di bawah punya musuh, masih memiliki kesempatan untuk menang jika bisa bertahan selama pertandingan.

Apa yang Diperlukan untuk Memulai Main Ranked Mach di AoV

Panduan Pemula – Pelajari dengan serius panduan yang diberikan Arena of Valor yang berada di screen pada saat baru daftar dan masuk. Cari tahu cara menavigasi game ini dan pelajari dasar-dasar lain seperti monster ada di hutan.

Daftar Hero – Halaman atribut hero lengkap (termasuk informasi mengenai jarak serangannya, rentang kemampuan, dan mekanisme kemampuan yang tidak akan kamu temukan di game atau di situs lain), panduan masing-masing hero, dan pemilihan item yang cocok untuk hero-hero tertentu.

Panduan Item AoV – Setiap item memiliki fungsi masing-masing, dan setiap jenis item ada levelnya dan bentuknya juga berbeda-beda. Perlu mengetahui mana yang harus kamu sertakan dalam build item hero kamu. Selain itu, item mana yang kamu perlukan saat hero musuh menggunakan item-item tertentu agar serangan dan bertahan bisa dominan.

Nah, semoga pemula yang bertanya apa itu AoV juga tertarik untuk memainkan game yang adiktif ini. Akan tetapi, sangat disarankan agar mempelajari kemampuan beberapa hero terlebih dahulu, agar tidak kalah pada saat ranked match. Karena jika kalah saat ranked match, kamu beresiko terkena hukuman pengurangan nilai credibility score apabila kamu bermain tidak kooperatif dengan tim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *