Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di Android / iPhone

Cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus.

Ingin tau cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di Android kamu? Artikel ini akan memandu kamu untuk melakukannya. Mungkin kamu pernah memutuskan untuk menghapus chat yang ada di wa kamu atau sebelum instal ulang Android kamu tidak mencadangkan semua pesan yang ada di aplikasi wa kamu.

Perlu diketahui bahwa chat wa yang pernah diarsipkan dapat dikembalikan dengan mudah ke dalam aplikasi WhatsApp kamu. Sedangkan chat wa yang dihapus tapi tidak pernah diarsipkan tidak mudah. Tapi yakinlah, sangat mungkin untuk restore chat wa kamu yang sudah terhapus.

Dalam panduan ini, kamu akan mengikuti cara mengembalikan chat wa yang terhapus baik di Android ataupun iPhone kamu. Selain itu, akan menjabarkan juga cara mengatur WhatsApp backup plan, sehingga kamu tidak akan pernah lagi kehilangan pesan singkat yang ada di WhatsApp kamu.

Memahami Cadangan Chat WhatsApp

Untuk mengembalikan chat wa yang terhapus, kamu harus mengaktifkan “Chat Backup” di pengaturannya (Settings).

Di “Auto Backup” (pencadangan otomatis), WhatsApp menawarkan beberapa opsi frekuensi cadangan, antara lain:

Loading...
  • Harian
  • Mingguan
  • Bulanan
  • Off

Cara restore chat wa yang terhapus.

Penting juga untuk diketahui bahwa WhatsApp hanya akan menyimpan file cadangan terakhir di iOS, sedangkan di Android menyimpan dua file cadangan terakhir.

Dengan mengaktifkan cadangan otomatis harian, kamu bisa dengan mudah restore chat wa yang terhapus. Selain itu, pencadangan otomatis mingguan akan memungkinkan kamu untuk kembali memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus dalam kurun waktu tujuh hari yang lalu dengan mengiklaskan pesan obrolan terbaru hilang.

Oleh karena itu, pilihlah frekuensi cadangan otomatis yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk rencana cadangan yang lebih lanjut pada ponsel Android, gulir ke bawah ke bagian “Advanced WhatsApp Backup Strategy”.

Cara Restore Chat WA

Untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, terlebih dahulu kamu harus mencari tau bagaimana chat tersebut terhapus.

Mengembalikan Chat WhatsApp yang Diarsipkan

Jika pesan yang ada di wa kamu diarsipkan, maka kamu cukup membalikklan arsipnya dengan menggoyangkan iPhone kamu dan memilih “Undo” untuk mengembalikan chat yang diarsipkan.

Cara mengembalikan chat wa di iPhone.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Diarsipkan

Meskipun chat diarsipkan beberapa waktu yang lalu, kamu masih bisa mengembalikannya.

Pada Perangkat iOS:

  1. Gulir ke atas dalam daftar chat sampai Archived Chats muncul.
  2. Tekan, lalu geser ke kiri chat untuk mengembalikannya.
  3. Tekan “Unarchive”

Pada Perangkat Android:

  1. Tekan pada “Archived Chats” di bagian bawah chat list (daftar obrolan).
  2. Tekan dan tahan chat wa yang ingin kamu kembalikan.
  3. Ketuk ikon “Unarchive”.

Cara mengembalikan chat WhatsApp di Android.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Untuk restore chat wa, kamu cukup menghapus dan instal ulang aplikasi WhatsApp di hape kamu. Saat menginstal ulang aplikasi wa, akan diminta mengembalikan riwayat pesan kamu dari file cadangan chat. Cukup tekan “Restore” (Pulihkan) dan semua chat dari cadangan terbaru akan dipulihkan.

Selesai! Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di ini berlaku pada ponsel Android dan iOS. Tetapi harus dalam frekuensi cadangan otomatis yang kamu pilih. Misalnya, jika frekuensi cadangan otomatis diatur ke harian, maka kamu bisa mengembalikan chat wa yang terhapus sebelum pencadangan berikutnya dibuat.

Restore Chat WA.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Sudah Lama Dihapus

Untuk restore chat wa yang sudah lama dihapus setelah pencadangan berjalan, caranya agak sulit. Semuanya tergantung pada frekuensi cadangan otomatis yang pernah kamu tentukan dan hanya akan berfungsi pada hape Android. Di bawah ini garis besar langkah-langkah untuk restore chat wa yang sudah lama terhapus;

  1. Buka File Explorer di hape Android kamu.
  2. Arahkan ke folder WhatsAppDatabase
  3. Ganti nama msgstore.db.crytp12 menjadi msgstore-latest.db.crytp12
  4. Ganti nama msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crytp12
  5. Jika cadangan Google Drive di Android kamu aktif, buka Google Drive, tekan Backups (Cadangan), lalu hapus file cadangan WhatsApp.
  6. Hapus dan instal ulang aplikasi WhatsApp.
  7. Saat dimintai tindakan, lakukan restore from the backup file (pulihkan dari file cadangan).

Untuk lebih jelas dan terperinci dalam melakukan cara di atas, ikuti panduan dibawah ini.

Panduan untuk Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Lama Terhapus

Seperti disebutkan sebelumnya, WhatsApp akan menyimpan dua file cadangan chat terbaru. Yang satu akan menjadi cadangan chat terbaru dan yang satu lagi tergantung pada frekuensi cadangan otomatis yang pernah kamu tentukan, bisa satu hari, tujuh hari, atau 30 hari. Kedua file terebut berada di storage penyimpanan lokal ponsel Android kamu.

Buka File Explorer atau file manager pada ponsel Android kamu dan navigasikan ke WhatsApp → Database.

Di dalam folder tersebut, kamu akan menemukan dua file cadangan chat wa yang bernama msgstore.db.crytp12 (cadangan terbaru) dan yang format lainnya msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 (YYYY-MM-DD adalah tahun, bulan dan tanggal.

Rename File Backup Chat WA.

Untuk mengambil chat WhatsApp yang dihapus beberapa waktu antara dua cadangan, lakukan cara di bawah ini:

  • Ganti nama msgstore.db.crytp12 menjadi msgstore-latest.db.crytp12
  • Ubah nama file msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crytp12

Setelah itu, hapus atau uninstall aplikasi WhatsApp.

Lakukan langkah di atas jika kamu juga mengaktifkan cadangan Google Drive: buka aplikasi Google Drive kamu, ketuk pada Backups dan hapus file cadangan WhatsApp.

Rename file backup chat WA melalui Google Drive.

Instal ulang WhatsApp. Sekali lagi, akan dimintai untuk memulihkan chat wa dari file cadangan yang baru saja kamu edit tadi (dan sudah berumur sekian hari, bukan file cadangan terbaru).

Cara ini memungkinkan pengguna Android untuk restore chat wa yang terhapus dari cadangan terbaru kedua. Kamu dapat terus menggunakan WhatsApp sejak saat itu. Jika perlu kamu juga dapat mengekspor pesan obrolan yang diambil dan mengembalikan WhatsApp kembali ke cadangan terbaru dengan menjalankan kembali seluruh prosesnya.

Untuk itu, di File Explorer ponsel Android kamu, lakukan kebalikkan prosesnya:

  • Ganti nama msgstore.db.crytp12 menjadi msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12
  • Ganti nama msgstore-latest.db.crytp12 kembali ke msgstore.db.crytp12

Hapus aplikasi WA dan instal ulang kembali, pulihkan dari cadangan, dan chat obrolan wa terbaru kamu akan muncul kembali!

Baca juga: Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Menemukan Gambar, Video dan Audio WA yang Terhapus

Mungkin sangat mengejutkan buat kamu jika gambar dan video dari WhatsApp terhapus dengan sendirinya sebenarnya tidak benar-benar terhapus jika kamu belum menghapusnya. Mengembalikan gambar dan video WhatsApp yang telah terhapus dari pesan obrolan cukup mudah.

Buka File Explorer pada perangkat Android kamu, navigasikan ke WhatsAppMedia. Dari sana, cari di folder tersebut sampai kamu menemukan file yang terhapus dan ingin kamu kembalikan ke daftar obrolan. Chat yang tidak disengaja terhapus biasa terjadi di semua aplikasi chat, bukan hanya di WhatsApp saja.

Demikianlah beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *