Cara Mempromosikan Produk atau Bisnis Secara Gratis

Ketika kamu mulai mencari informasi tentang cara mrmpromosikan bisnis secara gratis, kamu bisa melihat begitu banyak informasi yang berlebihan tentang cara mengiklankan produk atau bisnis kamu tanpa menjalankan iklan pada program periklanan berbayar. Selain itu, promosi gratis terdengar seperti lelucon bagi sebagian orang. Tapi serius, ada beberapa cara yang terbukti ampuh untuk beriklan secara gratis. Yang mana praktiknya membutuhkan kreativitas.

Berikut Beberapa Cara Berpromosi Gratis

1. Menulis atau Berkontribusi di Blog Orang Lain

Jika kamu ingin memulai mengiklankan produk atau bisnis kamu secara gratis, kamu bisa mulai menulis di berbagai blog atau situs orang sebanyak mungkin. Cara ini disebut juga dengan “guest writing”. Tetapi, kamu juga harus tahu cara menulis khusus untuk blog atau situs-situs tertentu. Perlu digaris bawahi bahwa hampir semua blogger atau webmaster yang mengizinkan guest writing menyukai artikel yang dioptimalkan untuk SEO. Selain itu, mereka juga membutuhkan konten yang unik dan gambar yang menarik sehingga bermanfaat meningkatkan keterlibatan para pembaca seperti bertanya, kritik, memuji, atau hanya sekedar berkomentar. Pemilik situs butuh “traffic” dan kamu butuh personal branding dan promosi gratis. Jadi, sebaiknya kamu mengerti dulu akan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara kamu dan si pemilik situs.

Jadi, kamu bisa mulai melakukan guest writing di blog atau situs yang relevan dengan bisnis dan keahlian kamu. Sebagian biasanya menyediakan formulir untuk mengajukan artikel bagi para penulis tamu. Tapi ada juga webmaster yang mungkin menerima pengajuan guest writing melalui pengiriman email ingin mengirimkan konten untuk blog atau situs mereka. Cara beriklan gratis ini adalah metode promosi atau branding jangka panjang tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Di mana para pembaca yang tertarik dan memiliki minat di “niche” tertentu pada blog-blog tempat kamu berkontribusitentu akan membaca artikel kamu.

Dalam berkontribusi di blog atau situs orang lain, kamu perlu membagikan informasi tentang perusahaan kamu dan peluang kemitraan dengan cara yang kreatif. Poles artikel kamu dengan kiat-kiat yang berharga bagi mereka dan dihiasi infografis yang menarik. Sehingga pembaca yang melihat akan senang dan terlibat dalam konten kamu. Dengan cara ini, merupakan cara yang bagus untuk memulai komunikasi dengan mereka. Atau juga berdiskusi, sehingga kamu memiliki kesempatan untuk memprospek mereka. Ingatlah bahwa meskipun blogger atau webmaster membutuhkan “penulis tamu”, mereka juga tidak menyukai artikel yang berbau spam karena sangat mengganggu pembaca atau pengunjung mereka.

Pengguna internet dan jumlah blog atau situs bertambah secara signifikan setiap hari. Jadi, jika mereka menyukai artikel atau konten kamu, mereka akan mengingat kamu, ingin tahu tentang produk atau bisnis kamu, dan berpotensi menjadi pelanggan atau mitra bisnis kamu. Semakin banyak kamu berkontribusi di blog atau situs orang lain, semakin banyak pula orang mengenali kamu. Dan ini adalah cara yang bagus untuk personal dan beriklan online gratis.

2. Buat Akun Marketplace untuk Bisnis Kamu

Jika kamu menginvestasikan waktu untuk beriklan online secara gratis dengan cara guest writing sebanyak mungkin, bisnis kamu tentu sudah banyak yang tahu. Meskipun demikian, kamu juga harus membuat halaman di situs marketplace terkenal untuk bisnis yang kamu jalankan. Apalagi jika kamu menjalankan tipe bisnis lokal, tentunya cara ini sangat berguna sekali. Apa itu situs marketplace? Marketplace adalah salah jenis situs review untuk para pebisnis atau pedagang bisa bisa berjualan dan menggarap pasar lokal. Contohnya Bukalapak, Tokopedia, Elevania, dan masih banyak lagi.

Bisnis kamu akan cepat dikenal orang-orang melalui situs marketplace dalam waktu yang singkat. Karena sirus marketplace adalah portal tempat dimana orang-orang mencari dan me-review produk atau bisnis berdasarkan lokasi tempat tinggal mereka. Lebih lagi, biasanya orang-orang berduit mencari jasa atau produk melalui situs marketplace. Contohnya, bengkel khusus Mercedes Benz di Jakarta Timur, Tukang Jahit Pengantin di daerah Kelapa Gading, atau Restoran Manado di Kebon Jeruk.

Selain mengiklankan bisnis secara gratis di situs marketplace, kamu juga bisa menyarankan agar para pelanggan kamu untuk menulis ulasan mereka mengenai produk atau jasa kamu di situs tersebut. Semakin banyak bisnis kamu mendapatkan review positif, semakin besar kemungkinan bisnis kamu untuk semakin dikenal banyak orang. Hal ini tentunya membuka lebih banyak peluang bagi orang-orang yang tertarget untuk menjadi pelanggan kamu melalui situs-situs marketplace.

Pengunjung bulanan situs marketpalce bisa mencapai lebih dari 15 juta orang dari seluruh Indonesia. Sementara situs-situs marketplace di Indonesia saat ini semakin di minati oleh orang-orang dari berbagai penjuru Indonesia untuk berbelanja online dan tentunya juga aman. Karena dijamini pihak situs, yang mana adalah sebagai perusahaan yang konsisten. Dengan demikian, berarti kamu tidak boleh mengabaikan situs marketplace bagi untuk mengiklankan bisnis secara gratis. Situs-situs marketplace telah terbukti membantu berbagai bisnis kecil dan tumbuh dari waktu ke waktu. Jadi, jika kamu benar-benar serius dalam menjalankan bisnis kamu.

3. Kontes dan Kuis Berhadiah di Media Sosial

Kontes dan kuis berhadiah adalah cara paling ampuh untuk mengiklankan bisnis kamu secara gratis mempromosikan sesuatu di sosial. Selain cara yang cukup menarik untuk teman-teman atau follower kamu di media sosial, merek kamu juga akan lebih sering tertayang di wall target pasar kamu. Situs media sosial terbaik buat kamu untuk mengiklankan bisnis secara gratis adalah Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Path.

Namun, jika kamu sudah memiliki pelanggan tetap, tentu akan lebih efektif lagi dalam mempromosikan bisnis kamu secara online melalui media sosial. Akan lebih mudah buat kamu dalam membuat kontes dan kuis yang berhubungan dengan produk kepada lebih banyak orang. Dan biarkan pelanggan kamu yang melakukan endors melalui mulut ke mulut. Tentu hal tersebut juga dapat meningkatkan jumlah pengikut Twitter atau like di Fanpage FB bisnis kamu.

Untuk cara yang lebih kreatif, buatlah kontes atau kuis tertentu khusus untuk pelanggan tetap kamu. Ini adalah cara yang bagus untuk menghargai pelanggan kamu dan juga salah satu praktik terbaik untuk membina hubungan dengan pelanggan kamu.

4. Berbagi Pengetahuan di Blog Sendiri

Selain guest posting, marketplace, dan kontes, cara kreatif lain untuk mempromosikan bisnis secara gratis adalah dengan berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan bisnis atau produk kamu. Ketika kamu mencari di Google tentang tutorial, tips, dll, kamu pasti menemukan bahwa sebenarnya banyak hasil pencarian tersebut bersumber dari berbagai bisnis atau perusahaan. Kalau kamu memang benar-benar bisa berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel, kamu bisa mulai membuat blog. Atau jika kamu sudah memiliki situs untuk bisnis atau toko online, kamu dapat menambahkan versi blog-nya di mana kamu boleh membagikan pengetahuan kamu dalam bentuk postingan.

Sebenarnya, kamu dapat berbagi pengetahuan di akun Twitter dan fanpage FB. Tetapi tentunya akan lebih kreatif dan profesional jika kamu juga menyertakan URL portingan blog kamu ketika sharing media sosial. Jadi, buatlah artikel kamu sekreatif mungkin dan undang pembaca untuk berkomentar.

Kemudian, jika kamu terbiasa berbicara di depan orang banyak, kamu juga bisa mempromosikan bisnis kamu melalui vlogging. Seperti yang kita ketahui, semakin banyak orang mencari hiburan, berita, dan belajar sesuatu lebih memilih di Youtube. Youtube adalah situs web video sharing terpopuler kedua setelah Google. Jadi, buatlah video-video semenarik mungkin untuk membuat orang ingin berlangganan ke saluran YouTube kamu. Semakin banyak orang berlangganan di kalan Youtub kamu, semakin efektif juga promosi gratis online kamu.

Selain itu, jika kamu benar-benar mahir dalam produksi video, kamu bahkan bisa menjual video kamu di Vimeo. Tidak ada cara lain yang lebih gampang untuk menjual video secara online daripada Vimeo. Dengan memulai akun gratis kamu di Vimeo dan pelajari fitur-fitur Vimeo. Ada banyak bisnis dan perusahaan yang mencari video-video kreatif di Vimeo untuk digunakan sebagai properti iklan video mereka di Youtube atau di berbagai situs video lainnya.

5. Menjangkau Komunitas Online

Nah, kalau cara yang satu ini sangat disarankan jika kamu tahu apa yang harus dilakukan dalam berpromosi gratis di berbagai situs komunitas online. Kamu bisa menemukan banyak orang melakukan cara yang salah seperti mengirim postingan spam dan membuat balasan yang tidak relevan dan bertentangan dengan persyaratan penggunaan situs komunitas tersebut. Bahkan banyak dari mereka juga menggunakan alat auto-spam.

Jadi, cara yang baik untuk menjangkau komunitas online adalah mencari dan bergabung dengan komunitas online yang relevan dengan bisnis kamu. Kemudian, di sana kamu boleh mendiskusikan dan membagikan sesuatu yang ada hubungannya dengan produk atau layanan kamu. Juga berbagi pengetahuan. Beberapa situs komunitas online yang bagus adalah situs forum niche spesifik, Quora, Yahoo Answers!,  grup Facebook, Google Plusone Community, dan situs media sosial niche spesifik lainnya.

Setelah semuanya praktek beriklan online gratis diatas kamu pahami dan kembangkan, bersabarlah, terus lakukan, terus bergerak, dan lakukan semua hal yang benar dalam mempromosikan bisnis atau produk kamu secara online dan gratis kamu bisa menikmati keuntungan-keuntungan yang mengalir di kemudian hari.

1 comment on “Cara Mempromosikan Produk atau Bisnis Secara Gratis

  1. Pingback: Yelp – Situs Review Bisnis Lokal untuk Menargetkan Pelanggan Bule

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *