Cara Memeriksa Apakah iPhone 6S Palsu atau Asli

Pada waktu ponsel keluaran Apple berlabel iPhone 6S resmi mulai dijual September 2015 lalu, harganya dibandrol sekitar Rp. 11,4 juta. Sedangkan iPhone 6S Plus dibandrol sekitar Rp. 12,8 juta. Sementara, hingga saat ini masih ada toko-toko online yang jual iPhone 6S dengan harga di kisaran Rp. 2.8 hingga 4.5 juta. Alamak…! Murah kali…! Kalau begini yah kita yang dulu beli diatas 11 juta merasa rugi dong! Sekarang harganya malah murah meriah untuk smartphone sekelas iPhone. Itu iPhone 6S palsu atau asli? Kira-kira kalimat seperti itu yang pertama muncul di pikiran kita jika kenal betul dengan produk-produk keluaran Apel.

Jual iPhone 6S murah harga kisaran 2-4 juta rupiah.

Gambar: Tampilan harga iPhone 6S murah yang dijual online.

Nah, oleh karena itu sobat, mari simak terus bagaimana cara memeriksa apakah yang sedang kamu lirik itu iPhone 6S palsu atau asli. Tentu tidak ada salahnya dengan penjual jika menjual stok iPhone dengan harga jauh dari harga ketika baru dirilis. Mungkin mau cuci gudang, atau juga mungkin harga pasarannya memang sudah segitu sekarang. Akan tetapi, sebagai customer kita juga perlu jeli untuk mengetahui apakah sebuah produk iPhone 6S asli atau palsu.

Tidak mengherankan juga jika sebelum iPhone 6S dan 6S Plus resmi mulai dijual, pada waktu itu beberapa versi iPhone 6S palsu malah sudah dijual dimana-mana. Bisa dibilang iPhone 6S dan iPhone 6S Plus palsu yang beredar sangat mirip dengan yang aslinya dari segi tampilan, mesin, hingga apps nya. Dan yang menggiurkan lagi, harganya juga sangat murah jauh dari harga aslinya. Banyak juga orang yang beli iPhone 6S palsu, karena mereka tidak jeli dan belum tahu harga iPhone 6S asli yang baru keluar. Membeli iPhone palsu, walaupun murah, namun sangat merugikan. Karena tidak ada jaminan dan seketika bisa berhenti berfungsi seperti masalah layar mati, kualitas panggilan yang jelek, lambat, dan tentunya buang-buang duit.

Apple telah berusaha keras melakukan berbagai cara untuk meminimalkan penjualan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus palsu. Tapi anehnya masih ada saja yang jual iPhone 6S palsu, terutama produk dari China. Dan yang perlu diperhatikan adalah, replika smartphone bermerek yang ternama akan selalu tersedia di pasar. Nah, pada artikel ini kita akan mengulas beberapa cara sederhana untuk memeriksa apakah sebuah iPhone 6S palsu atau asli. Cara-cara ini juga bisa kamu praktekkan untuk memeriksa iPhone model lama seperti iPhone 6 dan iPhone 6 Plus untuk mengidentifikasi apakah palsu atau asli.

Cara Mengetahui Apakah iPhone 6S Palsu atau Asli

1. Memeriksa OS dan Berat iPhone-nya

Pertama-tama, periksalah OS yang diinstal dan berapa beratnya. Sebuah iPhone apakah palsu atau asli tentu dilihat dari sistem operasi-nya (OS). Nah, pelajarilah iOS itu seperti apa. iPhone 6S asli pasti menggunakan iOS sebagai software-nya. Jika ponsel yang hendak kamu beli memakai OS yang tidak sama denga iOS pada umumnya, maka harga mati bahwa iPhone tersebut adalah palsu. Kemudian periksa juga berat ponsel iPhone 6S dan 6S Plus yang asli di situs resmi Apple. Lalu bandingkan juga dengan produk iPhone yang ingin kamu beli. Itu kenapa membeli dengan COD lebih aman ketimbang hanya melihat iklan di mesin pencari atau situs saja. Jika membeli iPhone dengan cara online adalah cara satu-satunya buat kamu, belilah di situs-situs toko online terpercaya.

2. Fitur 3D Touch

Kemudian yang tidak kalah penting dalam memeriksa apakah iPhone 6S dan iPhone 6S Plus asli atau palsu adana fitur baru  3D Touch (sentuh 3D). Apple mempromosikan teknologi terbaru, yaitu multi-touch untuk mendukung permainan. Jadi kamu bisa mengetahui apakah iPhone 6S palsu atau asli dengan mencoba menggunakan fitur 3D Touch-nya. Dengan memeriksa yang satu ini kamu bisa mengetahui apakah iPhone 6S atau iPhone 6S Plus  yang sedang kamu coba tersebut asli atau palsu.

Fitur 3D Touch pada iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Fitur 3D Touch pada iPhone 6S

3. Periksa Siri-nya

Setelah itu yang perlu kamu periksa lagi untuk mengetahui apakah iPhone 6S palsu atau asli adalah fitur Siri. Siri adalah asisten digital yang bisa kamu perintah dengan suara untuk membantu menggunakan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Siri adalah fitur asisten digital pada iPhone.

Gambar: Memeriksa fitur Siri

4. Pastikan Berlogo Apple yang Resmi

Pemeriksaan logo resmi Apple adalah hal paling umum yang sering tidak disadari oleh pembeli handphone. Dimana iPhone yang asli selalu mengenakan logo resmi produsennya, yaitu Apple Inc. Logo Apple bisa kamu ditemukan di bagian belakang bodi iPhone 6S atau iPhone 6S Plus. Namun, sebagian besar pembuat iPhone palsu juga mereplikasi logo tersebut. Dan kadang-kadang selalu ada ketidaksesuaian yang bisa kamu teliti dengan melihat lebih dekat.

Periksa Logo Apple di bagian belakan iPhone 6S atau iPhone 6S Plus.

5. Sekrup Pentalobe:

Untuk mengetahui apakah iPhone 6S palsu atau asli, kamu harus memeriksa sekrupnya. Apple menggunakan sekrup penta lobe pada produk keluaran seri iPhone. Sedangkan iPhone palsu memiliki sekrup silang normal. Sekrup pentalobe adalah sekrup yang seperti berbentuk bunga berhelai 5 pada kepalanya. Di bawah ini gambar sekrup pentalobe yang terdapat di bagian ujung atas iPhone 6S dan 6S Plus.

Sekrup pentalobe yang terdapat pada produk iPhone 6S asli.

Gambar: Sekrup Pentalobe

6. Kualitas Tampilan Layar

Tampilan layar iPhone 6S yang asli sangat tajam dan segar-segar enak dilihat. Jika kamu melihat tampilannya terpixel (atau kelihatan pixel-nya) kemungkinan besar bahwa iPhone iPhone yang sedang kamu coba adalah barang palsu atau tiruan.

7. Cek Nomor Seri iPhone-nya

Tentu pengecekan yang satu ini adalah nomor seri yang terdapat pada setiap uni iPhone. Seperti nomor seri yang terdapat pada pecahan mata uang kertas, setiap unit produk iPhone asli juga memiliki nomor seri yang resmi. Kamu bisa mengecek nomor seri iPhone yang bisa kamu temukan ketika menekan layar di pengaturan umum iPhone. Nomor seri iPhone 6S atau 6S Plus bisa kamu verifikasi di situs web resmi Apple. Nomor seri ini untuk menyatakan keaslian suatu produk iPhone yang dijual di pasaran.

Cek nomor seri iPhone yang asli dan verifikasi di situs resmi Apple.

Gambar: Nomor Seri iPhone

8. Slot Kartu Memori Eksternal

Apple iPhone 6S dan iPhone 6S Plus tidak memiliki slot kartu memori eksternal seperti yang ada pada seri-seri iPhone pendahulunya. Jadi, jika kamu sedang menjajal produk yang katanya iPhone 6S atau iPhone 6S Plus, periksa apakah ada kartu SD eksternal. Jika ada, terindikasi bahwa iPhone 6S tersebut adalah 100% palsu.

9. Periksa Konektivitas iTunes

Salah satu fitur yang hebat dari ponsel iPhone adalah kemampuannya untuk menghibur penggunanya dengan iTunes. Jadi, kamu harus memeriksa apakah iPhone 6S yang ingin kamu beli adalah palsu atau asli dengan dengan mengkoneksikannya ke iTunes? Jika tidak mau terhubung, jelas itu bukan iPhone asli.

10. Periksa Kotak Kemasannya

Tidak perlu heran jika kamu hendak membeli produk baru, tentu akan dikemas dengan kotak kemasan yang bersegel. Tetapi produk iPhone palsu kotak kemasannya terdapat beberapa detail yang seharusnya ada pada kemasan yang asli. Nah, disinilah kamu bisa memeriksa detail keasliannya jika masih dikemas. Kotak kemasan iPhone 6S atau iPhone 6S Plus ada tertulis model, deskripsi telepon, nama negara tempat diproduksi, nomor seri, dan kode batang yang memastikan keaslian produk di bungkus di dalamnya. Biasanya kualitas kemasan iPhone palsu se-premium kemasan iPhone asli.

Periksa kelengkapan tulisan pada kemasan iPhone 6S.

Gambar: Periksa kotak kemasan iPhone 6S

11. Periksa Aplikasi Bawaan yang Sudah Terpasang Sebelumnya

IPhone asli hadir dengan beberapa aplikasi pra-instal seperti Photos, Music, dan iTunes. Selain itu, semua model terbaru iPhone termasuk iPhone 6S dan iPhone 6S Plus sudah ada terinstal aplikasi Apple Watch. Jika tidak ada aplikasi Apple Watch di iPhone 6S atau iPhone 6S Plus yang sedang kamu pegang, jelas merupakan iPhone 6S atau iPhone 6S Plus palsu.

12. Periksa Tombol Fisik

Salah satu aspek kualitas fisik yang dapat menunjukkan apakah iPhone asli atau palsu adalah penempatan tombol fisik-nya. Sangat penting bagi kamu untuk memeriksa apakah tombol fisik pada iPhone yang sedang kamu pegang berada di tempat yang seharusnya. Di perangkat iOS asli, tombol sleep/wake-nya berada di sudut kanan atas, sementara tombol pengatur volume dan pengalih berada di sisi kiri atas. Jika tombol ditempatkan pada tempat lain maka jelas itu adalah iPhone palsu.

Letak tombol fisik iPhone 6S atau 6S Plus.

15. Periksa Jumlah Slot Kartu Sim

IPhone asli hanya mendukung penggunaan satu kartu Sim. Oleh karena itu, pastikan dan lihat beberapa jumlah slot kartu Sim pada iPhone yang sedang kamu periksa. Jika ponsel tersebut memiliki slot kartu Sim lebih dari satu atau juga slot-nya tidak dterletak di tempat yang seharusnya, maka produk tersebut adalah iPhone palsu.

16. Periksa Tampilan “Welcome” dan Jenis Font-nya

Tampilan “Welcome” yang terlihat pada layar ponsel iPhone asli menunjukkan logo asli Apple. Jika ternyata menunjukkan sesuatu yang lain, terindikasi bahwa ponsel tersebut adalah palsu. Hal lain yang ditampilkan oelh iPhone palsu adalah ketika kamu memeriksa jenis font (gaya tulisan) pada fitur pesan. Jika ponsel tersebut awalnya menunjukkan tulisan China, seting dulu ponsel tersebut ke bahasa Inggris agar kamu bisa memeriksanya.

Tampilan layar welcome iPhone 6S dan 6S Plus.

Gambar: Tampilan layar welcome iPhone

17. Fitur TouchID

Dan pemeriksaan yang terakhir dalam memeriksa apakah yang kamu tes adalah iPhone 6S palsu atau iPhone 6S asli adalah memperhatikan fitur Touch ID-nya. Fitur Touch ID sangat dikembangkan pada model-model iPhone terbaru. termasuk juga iPhone 6 dan iPhone 6S. Fitur yang satu ini bisa kamu gunakan untuk pembayaran online menggunakan Apple Pay. Jadi, jika kamu menemukan Touch ID-nya tidak pintar, iPhone 6S tersebut adalah palsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *