Melirik Atraksi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

Melirik wisata bahari di Sulawesi Tenggara.

Kebanyakan orang, khususnya wisatawan mancanegara, jika terlintas mengenai Indonesia, secara naluriah langsung membayangkan Bali. Orang Indonesia sudah seharusnya mengetahui bahwa Indonesia terdiri dari kepulauan yang terdiri dari 17.000 lebih pulau. Dengan begitu banyaknya pulau di Indonesia, mengapa tidak melirik daerah-daerah wisata lain di Indonesia yang tidak kalah menariknya dibandingkan pulau Bali. Salah satunya adalah wisata bahari di Sulawesi Tenggara. Jika kamu suka wisata bahari, kini saatnya melirik daerah-daerah lain selain Bali yang kurang dieksplorasi, seperti Sulawesi Tenggara.

Ketahui juga beberapa tempat bersejarah di Indonesia yang cocok untuk kamu kunjungi saat liburan.

Sulawesi adalah pulau terbesar keempat di Indonesia yang terletak antara pulau Kalimantan dan Papua. Salah satu pulau yang paling jarang penduduknya di Indonesia. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara masih belum mengenal wisata di Sulawesi, terutama daerah Sulawesi Tenggara. Pulau Sulawesi memiliki dua kaki yang memanjang ke selatan. Sulawesi Tenggara sendiri terletak di kaki kiri pulau tersebut dan masih banyak alamnya tidak tersentuh yang menawarkan wisata diving (penyelaman) kelas dunia. Melihat berbagai jenis ikan di laut, menikmati pantai yang dihiasi pohon kelapa, dan masih banyak lagi.

Untuk para petualang yang suka dengan wisata bahari, kenapa tidak berpikir out of the box dan mulai menelusuri daerah-daerah wisata di Indonesia yang indah. Terutama yang seharusnya tidak kamu lewatkan adalah wisata bahari di Sulawesi Tenggara.

Berbagai Atraksi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

Jika kamu penasaran seperti apa wisata bahari di Sulawesi Tenggara, mari kita simak beberapa tempat yang layak untuk dukunjungi dan kegiatan apa yang seru dilakukan di sana.

Loading...

Kendari

Kota Kendari adalah kota yang indah dengan pemandangan pantai, gunung dan laut.

Kendari adalah ibu kota Sulawesi Tenggara dan sekaligus sebagai pintu gerbang utama menuju tempat-tempat lain yang akan kamu telusuri di wilayah ini. Kota Kendari terletak di antara hutan belantara dan lautan. Tidak jarang orang yang tidak tahu bahwa Kendari adalah ibu kota Sulawesi Tenggara. Kota yang relatif terlupakan dan kini saatnya mulai mendapatkan reputasinya melalui sektor pariwisata. Dengan kurangnya prasarana seperti jalan-jalan utama yang menghubungkannya Kendari ke daera-daerah lain di pulau Sulawesi, kamu mungkin mulai merasakan bagaimana untuk menuju tempat-tempat wisata di Sulawesi Tenggara.

Kendari adalah tempat yang tepat untuk melihat budaya Sulawesi Tenggara sekaligus mencicipi berbagai makanan laut segar. Kamu bisa jalan-jalan di sekitar kota kecil, menikmati kuliner khas Sulawesi Tenggara seperti es teh yang segar atau minuman kelapa muda sambil menikmati suasana.

Jika kamu ingin pergi ke pantai maka ambil arah ke Konawe Utara atau Konawe Selatan di luar kota. Di sana kamu akan melewati jalan berliku yang dikelilingi hutan lebat dan diselingi desa-desa kecil. Desa-desa kecil tersebut menampilkan pemandangan rumah-rumah panggung dan anyaman tradisional. Masih banyak orang di sana yang hidup secara tradisional, sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi Sulawesi Tenggara. Di tempat tersebut pantainya sangat panjang. Jadi, kamu bisa dengan leluasa menikmati kenyamanan dalam menikmati pemandangan indahnya laut.

Tempat wisata favorit di Sulawesi Tenggara, Pantai Taipa

Jika kamu adalah seorang pelancong yang berjiwa petualang, pemandangan indah selama dua jam menuju Konawe Utara akan membawa kamu ke Pantai Taipa. Sebuah tempat wisata favorit penduduk lokal dan juga para turis lokal dan mancanegara.

Tempat wisata menarik di Sulawesi Tenggara, Air Terjun Moramo.

Satu lagi tempat wisata di Sulawesi Tenggara yang dekat ke Kendari, yaitu Air Terjun Moramo yang terkenal. Hanya berjarak 60 km dari kota Kendari dan layak untuk dikunjungi. Menampilkan tujuh teras dengan kolam alami di setiap air terjun setinggi 100 meter. Air Terjun Moramo merupakan sebuah tempat wisata yang sempurna untuk menyejukkan diri dan berenang ria.

Wakatobi

Tempat wisata bahari di Sulawesi Tenggara, Wakatobi.

Di lepas pantai Kendari, terdapat Taman Laut Nasional Wakatobi yang terdiri dari pulau-pulau kecil dengan air laut bening yang dihiasi terumbu karang alami. Nama Wakatobi adalah akronim dari huruf pertama ke-empat pulau utama di wisata bahari tersebut, antara lain: Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Wisata bahari di Sulawesi Tenggara ini mencakup taman laut dengan luas sekitar 1,4 juta hektar yang memiliki jumlah ikan dan spesies karang terbanyak di dunia.

Jadi, Kenapa Watakobi Tidak Setenar Bali?

Keindahan alam seperti wisata bahari di Sulawesi Tenggara menjadi daya tarik utama bagi para pecinta alam, khususnya para penggemar selam dunia. Wakatobi menawarkan hal yang sangat istimewa bagi para pelancong lokal maupun mancanegara. Hanya 7 dari sekitar 150 pulau yang dihuni di sana dan selain dari empat pulau utama, ada yang lebih kecil seperti Pulau Hoga. Pulau Hoga menawarkan tempat yang sempurna untuk bersantai. Snorkeling, menyelam, berenang, duduk di tempat tidur gantung, minum air kelapa muda yang segar, makan makanan laut sepanjang hari, mendaki gunung di sekitar pulau, dan masih banyak lagi kemungkinan atraksi Wisata yang bisa dinikmati di Watakobi.

Diving adalah atraksi wisata bahari utama di Watakobi.

Nah, wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang sangat istimewa tersebut bisa jadi dirahasiakan oleh turis-turis yang hobi wisata bahari. Khususnya para penyelam dari berbagai belahan dunia. Selain berwisata bahari, banyak diantara penyelam profesional tersebut juga meneliti kindahan laut dan keanekaragaman flora dan fauna laut yang hanya bisa dijumpai di Sulawesi Tenggara. Tentu mereka ingin selalu menjadi yang pertama dalam hal penemuan-penemuan terbaru mengenai dunia laut yang mereka harapkan. Itulah alasannya kenapa harus dirahasiakan. Kamu bisa ke Wakatobi naik pesawat dari Kendari ke Wangi-Wangi atau naik kapal dari Kendari. Saat di Watakobi, kamu bisa menyewa perahu untuk lebih leluasa mengunjungi tempat-tempat wisata di sana.

Pulau-Pulau Kecil

Bukan hanya deretan pulau Wakatobi yang bisa kamu jelajahi untuk berwisata. Hanya beberapa menit naik perahu, kamu bisa menikmati atraksi wisata di pulau Munda dan Bau-Bau yang tak kalah menarik. Jika kamu ingin tinggal lebih dekat ke Kendari atau tidak punya waktu untuk menjelajahi pulau-pulau terlalu jauh, kamu bisa menyewa perahu untuk menjelajahi pulau-pulau yang lebih dekat dari Kendari.

Sekitar satu atau dua jam perjalanan naik perahu, kamu juga bisa ke pulau Lara, Bokroi dan Hari. Pulau-pulau kecil tersebut menawarkan surga tropis. Lengkap dengan terumbu yang belum tersentuh, ikan-ikan tropis, pohon-pohon palem dan pantainya yang berpasir putih. Menghabiskan waktu sehari yang santai dengan atraksi wisata bahari di salah satu pulau ini tidak terasa sakin ashiknya. Direkomendasikan menyewa perahu agar kamu lebih leluasa bepergian ke pulau-pulau di dekat Kendari.

Itulah tadi beberapa hal yang menarik mengenai wisata bahari di Sulawesi Tenggara. Provinsi ini adalah salah satu daerah yang paling jarang dikunjungi di Indonesia dan sekaligus merupakan tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan panjang. Menjelajahi laut yang bening dan dihiasi dengan terumbu karang kelas dunia, menikmati pantai sepi berpasir putih atau sekadar duduk dan bersantai di tempat tidur gantung sembari menikmati kesejukan angin laut di siang atau malam hari.