ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Manfaat Bawang Dayak untuk Menjaga Kesehatan dari Berbagai Penyakit

Bawang Dayak adalah salah satu tanaman umbi yang berasal dari hutan daerah Kalimantan Barat. Di berbagai negara, Bawang Dayak lebih dikenal dengan sebutan Eleutherine Bulbosa (nama latin Bawang Dayak). Sedangkan orang Dayak sendiri menyebut tanaman umbi ini dengan sebutan Bawang Hutan. Ironisnya, meskipun manfaat bawang dayak bagi kesehatan sangat berkhasiat, masih belum banyak orang mengenal tanaman umbi ini. Termasuk di kalangan masyarakat Indonesia sendiri.

Tumbuhan jenis umbi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sehingga, banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia, yang mulai memasukkan Bawang Dayak sebagai bahan obat herbal atau rempah yang dicampur ke masakan sehari-hari. Ketahui juga manfaat kopi untuk kesehatan.

Bentuk dan warna umbi bawang dayak hampir serupa dengan bawang merah biasa yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Akan tetapi bentuk bawang dayak sedikit lebih oval, lebih besar, dan warnanya juga lebih merah dibandingkan dengan bawang merah biasa.

10 Manfaat Bawang Dayak Bagi Tubuh Manusia

Sebelum kita mengulas berbagai manfaat bawang dayak bagi kesehatan, ada baiknya kita mengenal bebagai kandungan kimia penting yang dikandung oleh bawang dayak, yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain:

  • steroid,
  • alkaloid,
  • glikosida,
  • fenolik,
  • tannin,
  • alisin,
  • flavonoid, dan
  • saponin.

Hasil riset yang diadakan oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung, ditemukan bahwa Bawang Dayak memiliki banyak khasiat, antara lain:

Loading...

Mengobati Kanker

Seperti yang disebutkan tadi, salah satu zat yang terkandung pada umbi Bawang Dayak adalah senyawa flavonoid. Zat tersebut merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan ini dapat mengobati kanker yang terdapat pada tubuh manusia. Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian yang dilaksanakan oleh beberapa ahli. Mengkonsumsi antioksidan yang bersumber dari bahan alami, contohnya bawang dayak, lebih aman ketimbang antioksidan yang diperoleh dari obat kimia.

Mengobati Penyakit Jantung

Salah satu manfaat bawang dayak bagi kesehatan adalah mengobati penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Siapa saja bisa terkena serangan jantung, tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, khsusnya yang bersifat herbal. Salah satunya yang paling bagus adalah dengan menjadikan bawang dayak sebagai asupan herbal sehari-hari.

Menurunkan Tekanan Darah

Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi sudah barang tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karena tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan atau menimblkan masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung. Salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi bawang dayak secara rutin. Karena bawang dayak mengandung senyawa alisin yang mampu menurunkan tekanan darah, seperti pernyataan yang diutarakan oleh Prof. Dr. Sidik Apt.

Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh kalsifikasi sendi. Oleh karena itu, dibutuhkan suplemen yang bisa mengatasinya kalsifikasi sendi. Salah satunya adalah obat herbal yang sangat direkomendasikan, tak lain adalah bawang dayak. Manfaat bawang dayak yang manjur terhadap penanganan asam urat. Hal tersebut dikarenakan bahwa tanaman ini mengandung zat-zat alami yang kuat melawan asam urat, seperti glikosida, tani, alkanoid dan steroid. Disamping itu, bawang dayak juga berkhasiat untuk mencairkan penggumpalan zat asam dalam tubuh dan sekaligus memperlancar aliran darah.

Meringankan Asma

Sudah pasti penderita asma sangat tersiksa atas sesaknya sistem pernafasan yang memasok oksigen ke dalam tubuh. Akan tetapi, ada kabar baik bagi penderita asma. Karena salah satu manfaat baawng dayak yang sangat mujarab adalah bisa dijadikan sebagai herbal alternatif untuk meredakan asma disamping minum obat resep dokter.

Mengobati Bronkitis

Bronkitis merupakan suatu penyakit yang menyerang bronkus. Padahal fungsi bronkus pada sistem pernapasan manusia sangat penting. Jika terjadi masalah pada bronkus, maka sistem pernapasan akan mengalami masalah yang serius. Masalah serius tersebut dapat mengakibakan kurangnya suplai oksigen ke dalam tubuh. Apabila penyakit bronkitis dibiarkan berlama-lama, bisa mengakibatkan masalah kesehatan lain yang lebih serius. Cara penyembuhan bronkitis yang sangat dianjurkan sebagai alternatif obat resep dokter adalah dengan mengonsumsi bawang dayak secara rutin.

Bagus untuk Kesehatan Ginjal

Banyak yang sudah membuktikan bahwa manfaat Bawang Dayak bagi kesehatan sangat luar biasa. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Pernyataan tersebu diperkuat dengan fakta bahwa bawang merah mengandung senyawa aktif yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Mengatasi Epilepsi

Epilepsi atau kejang atu lebih dikenal dengan sebutan ayan juga bisa diobati dengan mengonsumsi bawang dayak secara teratur. Keluarga dekat penderita epilepsi juga harus tahu cara mengatasi epilepsi jika terjadi kambuh. Karena banyak keluarga atau kerabat penderita epilepsi yang salah kaprah dalam menangani penderita epilepsi yang lagi kambuh. Supaya lebih jelas, sangat dianjurkan agar menanyakannya ke dokter untuk penanganan yang lebih serius.

Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah suatu jenis penyakit yang membuat penderitanya susah tidur atau sulit tidur nyenyak. Ada berbagai hal yang bisa memicu insomnia pada manusia. Baca juga artikel Wongunik yang memulas cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran. Masalah tidur yang tidak alami tersebut dapat diatasi dengan cara alami, yaitu dengan mengkonsumsi bawang dayak.

Mengobati Kista

Ternyata pengobatan Kista tidak hanya melalui proses operasi saja. Tetapi penyakit ini juga bisa diobati dengan mengkonsumsi bawang dayak secara rutin. Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu seperti apa pengobatan Kista secara herbal menggunakan Bawang Dayak. Ada juga beberapa jenis kista yang bisa lenyap dengan sendirinya jika ukurannya tidak terlalu besar. Apabila ukuran kista sudah terlalu besar, maka kista tersebut harus segera dioperasi yang ditangani oleh dokter ahli.

Jangan lewatkan juga khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh.

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak

Cara membuat ramuan herbal dari Bawang Dayak.

Kita bisa mengonsumsi bawang dayak dengan tiga cara, yaitu dimakan kering, dimakan segar atau dijadikan minuman herbal. Ketiga cara tersebut memiliki manfaat yang sama bagi tubuh. Berikut cara sederhana membuat ramuan herbal berbahan Bawang Dayak:

  1. Ambil lima siung bawang dayak yang masih utuh.
  2. Bersihkan bawang tersebut dengan cara dicuci dengan air bersih.
  3. Kemudian, cincang kelima bawang dayak tersebut hingga ukurannya menjadi kecil-kecil.
  4. Sediakan panci dan diisi air, lalu masukkan bawang dayak yang sudah dicincang ke dalam panci berisi air tersebut.
  5. Setelah itu, rebus sampai airnya mendidih dan volumenya sedikit berkurang.
  6. Angkat ramuan tersebut, saring airnya dan dituangkan ke dalam mangkuk atau gelas.
  7. Ramuan herbal bawang dayak siap diminum.
  8. Untuk menjaga kesehatan, ramuan bisa diminum satu gelas dalam sehari. Sedangkan untuk pengobatan, disarankan diminum secara teratur dua kali sehari.

Manfaat bawang dayak bagi kesehatan tubuh manusia telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Bandung.

Peringatan

Untuk mendapatkan manfaat bawang dayak secara maksimal dengan dijadikan sebagai obat herbal alami, sangat dianjurkan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2 thoughts on “Manfaat Bawang Dayak untuk Menjaga Kesehatan dari Berbagai Penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *