20 Manfaaat Kopi untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Tombol berbagi:

Sering kita dengar bahwa kopi ditanggapi dengan negatif karena dapat merusak kesehatan dan penampilan. Contohonya, pada kopi terdapat kandungan kafein dan dapat meninggalkan noda pada gigi. Tapi kenyataannya adalah, manfaat mengkonsumsi kopi jauh lebih banyak daripada efek negatif yang diakibatkannya. Yang sering diabaikan dari kopi bahwa faktanya minuman ini jauh lebih dari hanya sekadar kafein.

Dalam bentuk aslinya, kopi merupakan makanan yang mengandung zat-zat bermanfaat bagi kesehatan seperti nutrisi dan antioksidan. Kunci untuk mendapatkan manfaat kopi adalah mengetahui kopi seperti apa yang berkualitas tinggi dan bagaimana cara menghindari efek sampingnya. Sebab banyak kopi dijual sebenarnya kandungan nutrisi nya sudah dikurangi atau telah ditambahkan bahan buatan berupa zat yang berbahaya.

Mari kita simak manfaat-manfaat kopi yang luar biasa bagi kesehatan.

Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh

1. Membantu Tubuh Kamu Membakar Kalori

Dalam satu penelitian di Spanyol, atlet yang minum kira-kira 12ons kopi sebelum berolahraga tubuhnya dapat membakar kalori sekitar lebih banyak 15% dengan berolahraga selama tiga jam.

Sedangkan tidak berolahraga saja, telah terbukti bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 10 hingga 20 persen, dengan meminum satu hingga dua cangkir kopi per hari. Alhasil, kamu bisa membakar kalori dan bahkan membantu kamu menurunkan berat badan jika kamu sedang diet dan program rutin olahraga.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Berdasarkan penelitian dari Jepang, dengan mengkonsumsi kopi sebanyak 5 ons terbukti dapat meningkatkan aliran darah kapiler sebanyak 30% kapiler.

Dengan peningkatan sirkulasi darah yang sedemikian banyaknya, aliran oksigenas pada jaringan tubuh lebih banyak. Sehingga bisa meningkatkan kinerja aktivitas fisik.

3. Efek Penghilang Rasa Sakit

University of Illinois telah meneliti dan menetapkan bahwa bahwa dengan mengkonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi tingkat nyeri setelah setelah olahraga berat.

Penemuan tersebut diteliti ulang dalam sebuah studi di Universitas Georgia. Dimana peserta melaporkan penurunanan nyeri otot sebanyak 48%. Sedangkan obat Naproxen hanya mampu menurunkan nyeri otot sebanyak 30% dan Naproxen hanya 25%.

4. Meningkatkan Stamina

Selain dapat mengurangi tingkat nyeri otot selama aktivitas fisik, kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina atau daya tahan kamu. Disimpulkan bahwa kopi bisa membuat pengkonsumsi dapat mengurangi pengeluaran energi yang dirasakan lebih sedikit 5%.

Dengan demikian, meminum kopi sebelum berolahraga atau aktivitas fisik lainnya dapat meningkatkan performa lebih dari 11%, karena tubuh merasa menggunakan energi lebih sedikit.

5. Membantu Mempertahankan Jaringan Otot agar Awet Muda

Ketika kamu minum kopi, otak kamu akan melepaskan zat yang disebut Brain-Derived Neurotrophic Factor (Faktor Neurotropik yang Dikeluarkan oleh Otak), yang mendukung kekuatan otot-otot kamu. Tanpa faktor yang penting ini, otot cenderung mengalami atrofi berlebih.

Pada dasarnya, kafein yang dikandung oleh kopi dapat membantu mencegah hilangnya kekuatan terkait usia yang juga dapat mengurangi risiko cedera.

6. Membuat Lebih Pintar

Kafein yang ada pada kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi, yang dihasilkan oleh interaksi antara adenosin reseptor di otak.

Hal tersebut bisa meningkatkan fungsi otak dalam berbagai hal, seperti kecepatan reaksi, kewaspadaan, dan fungsi-fungsi yang lain.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu fungsi otak yang terpenting adalah daya ingat. Oleh karena idu, mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan daya ingat.

Dengan meminum dua cangkir kopi (sekitar 8 ons) per hari mampu meningkatkan daya ingat menjadi lebih tajam.

8. Mengurangi Resiko Terhadap Berbagai Jenis Kanker

Sejauh ini, telah terbukti bahwa kopi dapat menekan resiko kanker hati dan kolorektal, Kdua jebis kanker ini adalah peringkat ketiga dan keempat terjangkit pada penderita kanker sedunia.

Pada peminum kopi 4-5 gelas per hari memiliki resiko kanker hati 40% lebih rendah dan kanker kolorektal 15% lebih rendah dari orang yang bukan peminum kopi. Ditemukan juga hubungan antara peminum kopi dan sejenis kanker kulit bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit karsinoma sel basal.

9. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Sebuah studi selama bertahun-tahun telah mengklaim bahwa mengonsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Namun efeknya tidak terlalu signifikan dan umumnya penyakit jantung lebih sering ditemukan pada orang-orang yang tidak minum kopi secara teratur. Sementara itu sebaliknya, belum ada studi yang mendukung gagasan bahwa kopi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Bukti menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi resiko penyakit jantung pada beberapa orang yang diteliti, terutama pada wanita. Selain itu para peminum kopi juga memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah dari orang yang tidak minum kopi.

10. Menurunkan Resiko Depresi

Kopi juga dapat menurunkan tingkat depresi, terutama pada wanita. Jika wanita mengonsumsi sebanyak empat cangkir atau delapan ons per hari, dapat menurunkan risiko depresi sebanyak 20%.

Penurunan resiko ini dikarenakan oleh fakta bahwa kopi mempengaruhi produksi zat kimia pada otak seperti serotonin dan dopamine.

11. Membantu Melawan Encok

Encok adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh peningkatan asam urat pada darah. Pria yang minum empat atau lima gelas kopi per hari memiliki risiko terkena encok lebih rendah 40 persen dibandingkan dengan pria yang tidak minum kopi.

Kopi yang tidak mengandung kafein juga lebih sedikit lebih banyak menurunkan risiko asam urat dibandingkan dengan kopi yang mengandung kafein.

12. Melindungi Hati

Selain mencegah kanker hati, kopi juga telah terbukti dapat mencegah penyakit lain yang berhubungan dengan hati, seperti hepatitis dan penumpukan lemak pada hati.

Kopi dapat melindungi serangan sirosis pada hati. Sironis adalah penyakit kronis pada hati yang ditandai dengan degenerasi sel, peradangan, dan penebalan jaringan sel. Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh alkohol atau hepatitis. Jika terkena penyakit yang satu ini, organ ini rusak parah karena sel-selnya rusak. Sementara peminum kopi 4 gelas sehari memiliki resiko terserang penyakit sironis sebanyak 80% lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tdak mengkonsumsi kopi.

13. Mengandung Nutrisi dan Antioksidan

Kandungan antioksidan pada kopi sangat tinggi. Faktanya, peminum kopi mendapatkan antioksidan lebih banyak dari kopi ketimbang orang yang memperoleh antioksidan dari buah-buahan dan sayuran.

Selain Antiosidan terdapat zat-zat penting lain seperti Riboflavin (11% dari RDA), kalium (3%), magnesium dan niacin (masing-masing 2%). Jumlah tersebut meningkat jika kamu minum kopi lebih dari satu gelas per hari.

14. Membuat Tubuh Lebih Energik

Manfaat kopi yang satu ini tampaknya sudah diketahui oleh orang-orang pada umumnya. Inilah alasan utama kenapa banyak orang meminum secangkir kopi pada pagi hari.

Selain harum dan nikmat, tidak ragu lagi bahwa kopi dapat memberi penambahan energi pada tubuh. Terutama pada saat kamu kurang tidur. Hal ini disebabkan oleh kafein yang berfungsi sebagai stimulan untuk membantu kamu merasa lebih waspada dan fokus. Selain itu, meminum kopi juga dapat memberikan dorongan energi untuk membantu kamu tetap fit saat kamu kekurangan stamina. Kamu juga bisa meningkatkan produktivitas jika meminum kopi sebelum melakukan suatu aktivitas.

15. Mengurangi Tingkat Stres Hanya dengan Mencium Aroma Kopi

Para peneliti dari Seoul National University menemukan bahwa tikus yang kurang tidur dan menghirup aroma kopi mengalami penurunan protein otak yang menyebabkan stres. Perlu dicatat bahwa pengurangan stres ini khususnya stres yang terkait dengan akibat kurang tidur.

16. Menurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah pwnyakit yang diderita oleh sekitar 300 juta orang di seluruh dunia. Sementara peminum kopi secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 ini.

Hasil dari berbagai penelitian menunjukkan pengurangan resiko terserang diabetes tipe 2 sebanyak 7% untuk setiap satu cangkir kopi yang dikonsumsi. Bahkan pecandu kopi dapat menurunkan risiko sebanyak 67%.

17. Menurunkan Risiko  Terkena Alzheimer

Alzheimer adalah penurunan daya ingat, alias pikun. Studi di Universitas Miami dan Universitas South Florida telah membuktikan bahwa ada hubungan antara mengkonsumsi kopi dan penurunan risiko demensia, di mana Alzheimer adalah salah satu jenisnya.

Bahkan, orang yang mengkonsumsi sekitar tiga gelas kopi setiap hari dapat memiliki resiko Alzheimer 65% lebih rendah ketimbang orang yang tidak meminum kopi. Selain itu, kopi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit Parkinson, mengurangi resiko sekitar 32 hingga 60%, dan penyakit neurodegeneratif atau motor system yang lainnya.

18. Menambah Usia

Penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute (NCI) menetapkan bahwa orang yang minum tiga gelas atau lebih setiap hari dapat menambah usia sekitar 10% lebih lama. Sementara tujuan utama penelitian tersebut adalah mencari tahu kemungkinan pengaruh meminum kopi terhadap kesehatan.

19. Membuatmu Merasa Lebih Bahagia

Kita tentu sudah mengetahui bahwa bahagia dapat meningkatkan kesehatan. Nah, bagi yang suka minum kopi, kehangatan dan rasa kopi yang kamu nikmati setiap pagi dapat membuat kamu hidup lebih bahagia.

20. Meningkatkan Ekonomi yang Berkelanjutan

Beberapa tahun terakhir tercatat bahwa perdagangan kopi meningkat di seluruh dunia. Dimana hal tersebut berbuah positif terhadap petani kecil di seluruh dunia.

Dengan perdagangan di berbagai organisasi yang adil dan bekerja untuk meningkatkan peluang dan hak-hak bagi para petani, mereka mempromosikan keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Mereka mendorong para petani agar meningkatkan tanaman kopi merka dan juga menyarankan bertani kopi organik.

Adakah Efek Samping Meminum Kopi?

Ada beberapa faktor penting yang harus kamu pertimbangkan jika kamu ingin menikmati manfaat kopi.

  • Beberapa dari manfaat kopi berkaitan langsung dengan kafein. Tentu manfaat kopi yang tidak mengandung kafein tidak sama dengan kopi yang mengandung kafein. Manfaat kopi bagi kesehatan akan berkurang jika koppi tersebut ditambah dengan zat-zat lain seperti pemanis buatan atau krim.
  • Meskipun kopi dapat membantu kamu untuk menahan rasa lelah, jika berlebihan dapat menyebabkan kelelahan adrenalin.
  • Kopi juga bersifat diuretik (menghasilkan air seni). Oleh karena itu, jika meminum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan dehidrasi.

Seperti yang bisa kamu lihat pada infographic di bawah ini, efek kopi diilustrasikan dengan malaikat dan iblis. Jika kamu meminum kopi secara berlebihan, dapat menyebabkan hasil negatif.

Manfaat dan Efek Samping dari Mengkonsumsi Kopi

Cara Mengambil Manfaat yang Maksimal dari Kopi

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari kopi, pilihlah biji kopi utuh dan menggilingnya sendiri sebelum kamu menyeduh dan meminumnya. Atau jika kamu tau dimana penggiling kopi asli yang kamu percaya, kamu bisa beli disitu. Kopi hitam sangat dianjurkan jika kamu ingin mendapatkan manfaat kopi untuk kesehatan yang lebih banyak.

Kamu juga boleh menggunakan biji kopi organik karena bebas pestisida dan sering ditanam di antara tanaman yang sering disemprot.

Cara terbaik untuk mendapatkan kopi yang terbebas dari bahan kimia adalah dengan mencari produk kopi yang di segel 100% organik. Atau, jika kamu sedang bepergian ke daerah pertanian, kamu juga bisa mengunjungi perkebunan kopi lokal dan membeli langsung dari petaninya.

Referensi:

  1. Time.com – Here’s Another Reason to Feel Good About Drinking Coffee
  2. www.livestrong.com – The Effects of Caffeine on Adenosine
  3. Fitness.mercola.com – 6 Reasons to Drink Coffee Before Your Workout
  4. www.healthdigezt.com – The Health Benefits Of Coffee
  5. www.huffingtonpost.com – 11 Reasons You Should Drink Coffee Every Day
  6. www.healthline.com – 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science
  7. Blog.arthritis.org – Does Coffee Help or Hurt Gout?
  8. www.dailyinfographic.com – Pros and Cons of Coffee Consumption

2 comments on “20 Manfaaat Kopi untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

  1. Pingback: 19 Topik Seru untuk Dibicarakan pada Saat Kencan Pertama

  2. Pingback: 10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit - Wongunik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *