14 Makanan yang Bagus untuk Kecerdasan dan Daya Ingat Otak

Hevernut disebut juga dengan sebutan oatmeal.

Setiap orang bebas memilih makanan sehari-hari sesuai dengan gaya hidupnya masing-masing. Kita bisa melihat berbagai opsi makanan baik makanan cepat saji, makanan alami, ataupun makanan instan. Tapi ada baiknya mengkonsumsi makanan yang bagus untuk otak secara rutin, agar tidak cepat pikun dan otak cerdas.

Yang sering menjadi pertanyaan; apakah apakah makanan olahan yang diproduksi untuk meningkatkan kemampuan otak benar-benar manjur atau justru makanan alami tertentu yang lebih bagus untuk otak.

Makanan yang Bagus untuk Otak

 

Kita bisa menemukan berbagai pembuktian yang dipublikasi di berbagai media bahwa ada beberapa makanan yang sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak. Beberapa diantaranya adalah makanan atau minuman yang ternyata tidak asing lagi bagi kita, seperti brokoli, teh hijau dan kopi. Nah, artikel ini akan mengulas 14 makanan terbaik yang cocok untuk meningkatkan fungsi otak.

1. Blueberry

Buah blueberry mampu meningkatkan daya ingat otak.

Loading...

Salah satu makanan alami terbaik berupa buah adalah blueberry. Buah ini dikenal sebagai antioksidan terbaik dan digunakan untuk detoksifikasi tubuh.

Tidak banyak penelitian yang mencoba membuktikan hubungan antara blueberry dan peningkatan fungsi otak. Akan tetapi, ada satu penelitian yang mana respondennya terdiri dari sembilan orang yang sudah lanjut usia. Hasil penelitian menemukan bahwa dengan mengkonsumsi jus blueberry secara rutin setiap hari dalam jangka waktu 12 minggu, daya ingat responden meningkat.

Daftar makanan yang bagus untuk otak pada artikel ini akan memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan, termasuk juga blueberry. Jika kamu ingin mulai mengkonsumsi blueberry secara rutin bersamaan dengan makanan yang bagus untuk otak lainnya, pastikan anda tidak meminum jus bluberry lebih dari setengah gelas (113 gram) setiap hari.

2. Brokoli

Selain enak dijadikan untuk sayur, brokoli juga bagus untuk otak.

Sayuran yang masuk ke daftar tertinggi pada daftar ini adalah sayur brokoli. Seperti apapun pengolahan brokoli, baik di tumis, direbus atau dipanggang, tetap akan bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman otak.

Ada dua jenis nutrisi utama yang terkandung dalam brokoli yang membuat jenis sayur ini bagus untuk fungsi otak. Adapun nutrisi tersebut antara lain; Vitamin K untuk memperkuat kemampuan kognitif dan nutrisi kolin untuk meningkatkan daya ingat.

Terdapat enam kali lebih banyak vitamin K dalam brokoli dibandingkan dengan blueberry. Kelemahannya cuma rasanya yang jauh kalah dibandingkan blueberry. Konsumsilah beberapa potong sayur brokoli sebagai pauk makan minimal sekalis sehari untuk meningkatkan kemampuan otak anda.

3. Kacang Kenari

Kacang kenari dikenal juga dengan sebutan walnut.

Kacang kenari atau disebut juga dengan walnut adalah jenis kacang yang paling bagus untuk meningkatkan fungsi kognitif. Manfaat kenari sama seperti kacang lainnya, tetapi kacang ini mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bagus untuk otak.

Disamping meningkatkan daya ingat, walnut juga bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung, khususnya buat para wanita. Mengkonsumsi kacang kenari juga dapat membantu memperlambat penurunan fungsi otak, karena kaya akan Vitamin E.

Kacang kenari cocok dijadikan cemilan yang sehat, tapi lebih bagus dikonsumsi dengan kadaan tidak digoreng dan tidak diasini. Makanan yang bagus untuk otak biasanya kaya akan vitamin dan antioksidan, salah satunya walnut. Itulah cara mengenali makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

4. Teh Hijau

Banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Teh adalah minuman favorit yang sering dimunum orang sama halnya dengan kopi. Tapi yang masuk ke daftar disini adalah teh hijau. Jika kamu sudah rutin minum kopi, kamu tidak harus memasukkan teh hijau ke daftar menu kesehatan kamu sehari-hari.

Teh hijau mengandung L-theanine yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat kecemasan. Tumbuhan ini juga meningkatkan produksi dopamin dan gelombang alfa (relaksasi).

Tingkat kafein yang terdapat pada teh hijau lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Hal tersebut menjadikan minuman ini masuk diurutan keempat daftar makanan (dan minuman) yang bagus untuk meningkatkan fungsi otak.

Orang yang rutin minum teh hijau terbukti bahwa mereka memiliki tingkat energi yang lebih stabil dan tingkat produktivitas nya juga lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang rutin minum kopi. Jadi, jika anda mencari minuman yang bagus untuk otak sekaligus meningkatkan produktivitas, teh hijau bisa jadi pilihan yang bagus.

5. Jeruk

Sumber gambar: Phlbi.org

Seua pasti sudah kenal buah jeruk. Jeruk sangat digemari orang karena selain rasanya yang manis asem juga bermanfaat untuk kesehatan yang didukung oleh kandungan Vitamin C yang sangat kaya. Satu jeruk yang berukuran besar cukup untuk memenuhi asupan Vitamin C harian 100% bagi tubuh. Inilah manfaat-manfaat Vitamin C yang terkandung dalam jeruk;

  • Mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.
  • Membantu melawan tekanan darah tinggi.
  • Meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan produksi sel darah putih.
  • Dan yang terakhir: dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan dalam berpikir. Orang yang menderita demensia telah terbukti memiliki tingkat Vitamin C yang rendah. Artinya, dengan mengkonsumsi jeruk setiap hari, kita mampu mencegah demensia.

6. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang disebut jgua dengan lemak tak jenuh.

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak sehat atau disebut juga dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh dipercaya dapat memperlancar aliran darah yang berdampak pada peningkatan fungsi otak.

Selain itu, alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah, sehingga terhindar dari penurunan kemampuan kognitif. Dengan mengkonsumsi 1/4 atau 1/2 buah alpukat setiap hari, otak kita mampu berfungsi lebih baik dari biasanya.

7. Minyak Kelapa

Selain bagus untuk kulit, minyak kelapa juga bagusuntuk otak.

Minyak kelapa adalah jenis minyak nabati yang memiliki fungsi yang banyak. Merupakan makanan untuk kesehatan kulit dan juga bisa digunakan untuk menggoreng atau membuat kue bolu. Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa, tidak perlu meminumnya seperti meminum air, melainkan mengkonsumsinya dengan digunakan sebagai penggorengan makanan. Minyak kelapa terbukti dapat meningkatkan fungsi otak pada pasien penderita alzheimer.

8. Bayam

Selain untuk menambah tenaga, bayam juga bagus untuk meningkatkan fungsi otak.

Orang tua yang rutin mengkonsumsi sayur bayam dalam jangka waktu 5 tahun memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan orang berusia 11 tahun lebih muda yang tidak pernah mengkonsumsi sayuran hijau. Hal tersebut didukung oleh Vitamin K yang terkandung dalam bayam (dan juga sayuran hijau lainnya).

9. Havernut

Hevernut disebut juga dengan sebutan oatmeal.

Makanan yang bernama havernut biasanya digunakan untuk santapan sarapan. Havernut merupakan jenis sereal yang mengandung banyak vitamin. Makanan ini disebut juga dengan oatmeal atau jika diartikan secara harfiah disebut dengan tepung gandum kasar.

Banyak alasan mengapa havernut sering digunakan sebagai santapan sarapan di pagi hari. Alasan yang utama adalah karena kaya akan karbohidrat yang bermanfaat utntuk asupan glukosa pada tubuh dan meningkatkan kadar gula darah.

Kaadar glukosa langsung diproses ke otak untuk membantu kinerjanya. Intinya, semakin tinggi konsentrasi glukosa dalam darah kita, maka semakin baik pula tingkat konsentrasi dan berguna untuk meningkatkan daya ingat.

Orang dengan kadar gula darah rendah fungsi otaknya tidak maksimal pada pagi hari jika tidak sarapan. Oleh karena itu, havernut bisa menjadi makanan terbaik, karena glukosa-nya cepat terproses ke otak.

10. Kismis

Kismis kaya akan vitamin D dan juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Anak-anak biasanya suka mengkonsumsinya kismis karena merupakan camilan sehat dan manis. Tetapi sudahkah anda tahu manfaat kismis untuk fungsi otak?

Kismis mengandung zinc lebih kaya sumber dibandingkan denga makanan yang bagus untuk otak lainnya. Penelitian menemukan bahwa tingkat zinc bermanfaat untuk ingatan jangka pendek dan koordinasi antara tangan dan mata. Dengan meningkatnya kadar zinc pada tubuh, maka juga meningkatkan kedua kemampuan otak tersebut.

Selain itu, manfaat lain kismis bagi kesehatan adalah;

  • Mempercepat penyembuhan luka,
  • sebagai sumber asupan vitamin D,
  • dan masih banyak lagi.

11. Kopi

Kita sudah menyinggung manfaat teh hijau sebelumnya. Tetapi walaupun teh hijau jauh lebih mujarab untuk otak, bukan berarti kopi kurang bagus untuk meningkatkan fungsi otak. Jika anda lebih suka kopi daripada teh, mari kita simak salah satu manfaat kopi untuk kesehatan berikut.

Ada satu hal mengenai kopi yang kebanyakan orang belum tau. Banyak diantara kita mendapatkan asupan antioksidan terlebih melalui kopi ketimbang makanan atau minuman yang bagus untuk otak seperti yang disebutkan di daftar ini.

Kita rutin meminum kopi bukan karena sadar akan kandungan antioksidan-nya yang kaya. Tapi kita mengkonsumsi kopi karena rasanya yang enak dan harumnya nikmat. Antioksidan melindungi otak dari kematian sel yang bermanfaat untuk menghindari demensia dan penyakit-penyakit yang terkait lainnya. Sedangkan kafein yang terkandung pada kopi juga dapat mencegah alzheimer.

Mengkonsumsi kopi hitam maksimal 3 gelas per hari masih bagus untuk meningkatkan kemampuan otak. Akan tetapi, perlu membatasi campuran gulanya agar kadar gula darah tidak melebihi batas normal.

12. Kacang Almond

Kacang almond bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat sekaligus menghindari alzheimer.

Sebelumnya kita sudah menyinggung kacang kenari atau walnut. Tetapi sebenarnya semua jenis kacang-kacangan baik untuk kesehatan, dan salah satu yang terbaik untuk otak setelah kacang kenari adalah kacang almond.

Kacang almond sangat dikenal karena berpotensi meningkatkan daya ingat dan menunda perkembangan alzheimer. Tentu saja, akrena kacang ini memiliki manfaat yang sama dengan walnut. Akan tetapi kandungan omega 3 pada kacang almond lebih rendah dibandingkan dengan kacang walnut.

Jika kamu gampang lupa, cobalah konsumsi segenggam kacang almond setiap hari, mungkin dapat membantu meningkatkan daya ingat anda. Paling tidak lima biji kacang almond setiap hari mampu meningkatkan daya ingat. Jika kamu tidak terlalu bermasalah dengan berat badan atau tidak sedang melakukan diet, mengkonsumsi segenggam lebih bagus. Tapi jangan berlebihan karena kacang almond mengandung banyak lemak.

13. Miju-miju

Miju-miju adalah makanan yang bagus untuk meningkatkan konsentrasi.

Miju-miju disebut juga dengan lentil. Lentil merupakan salah satu jenis makanan vegan yang paling kaya akan protein khususnya di antara kacang-kacangan. Selain itu, miju-miju mengandung berbagai nutrisi yang penting seperti zat besi, Vitamin B6, dan Vitamin B9.

Selain sop lentil cocok dijadikan santapan teman nasi; miju-miju juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Semua nutrisi penting yang terkandung pada makanan ini secara tersendiri dapat meningkatkan fungsi otak dengan cara sebagai berikut;

  • Asupan Vitamin B9 untuk meningkatkan daya pikir tetap tajam walaupun usia bertambah.
  • Kandungan zat besi-nya memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi kognitif terlebih bagi wanita hamil.
  • Mengandung zinc yang bagus untuk meningkatkan daya ingat.
  • Vitamin B6 dan tiamin dapat menambah energi dan meningkatkan konsentrasi.

14. Stroberi

Buah stroberi juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Stroberi juga dapat memperikan efek positif bagi otak. Buah ini membantu mencegah pikun terkait usia dan juga mampu memperlambat perkembangan alzheimer.

Hal lain yang lebih menonjol pada buah stroberi adalah jumlah kandungan kalium nya yang tinggi. Kalium bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, sehingga bisa meningkatkan fungsi kognitif. Delapan buah stroberi dikonsumsi per haribermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *