ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

18 Makanan untuk Diet Sehat – Kenyang Lebih Lama dan Bertenaga

Mungkin kamu sudah mengambil tindakan untuk menurunkan berat badan. Tapi hasilnya tidak sesuai seperti yang  kamu harapkan. Jika demikian kondisinya, program diet kamu mungkin memasukkan beberapa daftar makanan yang dapat menyebabkan retensi air (garam) dan asupan kalorinya terlalu tinggi. Oleh karena itu, mulailah mengurangi makanan yang sudah diproses, minuman bergula, permen karet dan minuman manis yang dapat memperbesar lemak perut.

Tidak satupun makanan dapat menghilangkan lemak perut. Akan tetapi ada beberapa makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus (menghilangkan kram dan gas). Dan membantu agar lemak perut tidak terlalu bengkak. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, padi-padian, ikan, makanan untuk diet lain yang kaya akan serat dan kandungan protein bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Sekaligus asupan nutrisinya juga bagus sebagai sumber tenaga.

Selain memasukkan daftar makanan untuk diet sehari-hari, jangan abaikan juga khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh kamu. Kamu bisa membuat daun kelor layaknya ramuan teh herbal untuk mendukung kesehatan pada program diet kamu.

Makanan Untuk Diet Sehari-hari

Jika kamu ingin melakukan diet sehat demi menurunkan berat badan tanpa harus lemas atau kehilangan tenaga pada saat melakukan aktivitas sehari-hari, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang tepat. Berikut ini adalah makanan nabati yang disarankan dan disukai oleh para ahli gizi.

1 Selai Kacang

Loading...

Satu paket selai kacang mengandung sekitar 8 gram protein dan 4 gram serat per sajian. Nilai gizi tersebut menjadikan selai kacang sebagai camilan yang ideal untuk membantu kamu kenyang lebih lama pada saat diet dan tidak loyo. Kacang mengandung L-arginin, asam amino yang bekerja untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dengan membantu pembuluh darah “rileks”. Dengan demikian dapat membantu mengurangi retensi cairan.

2 Kacang Chickpea (Garbanzo)

Jenis kacang ini mengandung serat dan protein nabati. Selain itu juga mengandung antioksidan penambah kekebalan tubuh dan mineral penghancur lemak. Kacang Chickpeas dengan mudah dicerna menggunakan sup, semur, salad dan lauk pauk. Bisa juga dijadikan sebagai ganti lauk-pauk yang biasa dikonsumsi diluar program diet kamu. Selain itu, kacan chickpea merupakan alternatif pembakaran lemak yang bagus demi hasil yang lebih padat nutrisi dan bisa kenyang lebih lama.

3 Labu

Buah ini mengandung serat lebih banyak daripada biji gandum dan mengandung kalium lebih banyak daripada pisang. Jadi, labu adalah salah satu makanan untuk diet yang bagus jika kamu butuh ngemil demi menambah tenaga. Cobalah membuat labu kental yang ditambahkan ke yogurt Yunani tanpa pemanis, tambahkan kayu manis dan pir cincang untuk hidangan penutup yang bergizi.

4 Kacang Polong

Secangkir kacang polong mengandung 8 gram protein dan kaya akan nutrisi penting untuk mengurangi lemak. Makanan ini memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Misalnya sebagai asupan vitamin C, magnesium, kalium, dan zat besi. Yang mana semua unsur tersebut dapat membantu mengimbangi natrium dan membawa oksigen ke sel-sel darah.

5 Tuna

Ikan Tuna bisa dijadikan makanan untuk menjaga kesehatan kulit

Tidak ada makanan yang lebih bagus daripada ikan untuk perihal asupane protein sehat, terutama ikan tuna, salmon dan sarden. Jenis-jenis ikan tersebut kaya akan omega-3 yang penting dan protein tanpa lemak yang bagus untuk dijadikan sebagai makanan untuk diet. Selain itu, ikan tuna juga membantu agar kenyang lebih lama pada saat diet dan mengurangi nafsu makan. Selain merupakan makanan untuk diet, tuna juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk kulit.

6 Salmon

Asam lemak tak jenuh ganda ditambah mineral yang terkandung pada ikan salmon membuat makanan ini menjadi pilihan makan malam yang ideal untuk program diet. Vitamin D yang ditemukan pada daging salmon membantu menurunkan risiko penyakit kronis. Selain itu, diet kamu juga akan mendapatkan 25% vitamin B6 harian yang kamu butuhkan. Vitamin B6 dapat membantu mengontrol suasana hati dan stres.

7 Kentang

Kentang putih yang dipanggang adalah sumber potasium yang sangat baik, yang dapat membantu melawan kembung mengimbangi natrium. Karena kentang adalah meakanan berserat, juga memiliki manfaat untuk membantu agar kenyang lebih lama. Namun, hindari kentang goreng jika kamu ingin makanan untuk diet sehat. Kentang bisa menjadi makanan yang kaya akan nutrisi asalkan tidak disajikan sebagai kentang goreng.

8 Biji-bijian

Biji-bijian untuk bisa meningkatkan gairah hubungan intim pada wanita.

Biji yang mengandung mineral, misalnya biji bunga matahari dan biji labu mengandung banyak zat seng yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan secara sangat bagus untuk kenyang lebih lama. Kandungan protein nabati dan serat pada biji-bijian mencegah cepat lapar.

9 Makanan Berfermentasi

Makanan fermentasi seperti miso, tempe, dan asin-asinan mengandung probiotik, bakteri yang ramah yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur fungsi usus, dan menghindari perut kembung. Yogurt Yunani dan skyr (susu olahan) polos tanpa pemanis juga dapat memberikan manfaat probiotik bagi tubuh. Pilih yang memiliki lima strain populasi bakteri (atau lebih) per porsi 6 ons.

10 Oat (Haver)

Probiotik menyuplai bakteri yang berguna untuk sistem pencernaan tubuh. Akan tetapi, prebiotik yang terkandung dalam gandum membantu bakteri baik berkembang biak.

11 Kacang-kacangan

Sumber gambar

Berdasarkan sebuah studi pada tahun 2015 di Journal of the American Heart Association, orang yang mengemil kacang seperti kacang tanah, almond, kenari, kacang pistasi dsb biasanya memiliki lemak perut lebih rendah daripada yang sering memakan camilan berkarbohidrat. Kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Unsur tersebut menjadi makanan yang sehat untuk jantung.

Ketahui juga berbagai manfaat bawang dayak yang sangat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung.

12 Beri-berian

Buah stroberi juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

Beri-berian seperti strawbery, anggur atau blueberry megnandung serat sekitar 9 gram per cangkir. Juga mengandung antioksidan dan mengandung lebih sedikit gula dibandingkan jenis-jenis buah lainnya. Hal tersebut itu membuat beri-berian menjadi makanan untui diet yang memuaskan dan sehat.

13 Minyak Zaitun

Minyak nabati seperti minyak zaitun murni dapat membuat perasaan kenyang dan membantu agar langsing secara keseluruhan. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tinggi. Tidak seperti minyak sayur biasa yang mengandung lemak jenuh. Makanan yang digoreng dengan minyak zaitun bagus dijadikan makanan untuk diet. Tapi walaupun begitu, makanan yang digoreng sering dikaitkan dengan faktor kenaikan berat badan. Jadi, disarankan membatasi makanan yang digoreng pada saat diet agar lebih cepat menurunkan berat badan.

14 Telur

Pada saat diet, telur bisa dijadikan menu sarapan. Karena berprotein tinggi dan bisa membantu menurunkan berat badan. Tambahkan telur yang digoreng menggunakan minyak zaitun ke sayuran yang ditumis, atau pasangkan ke roti gandum dan sayuran untuk dijadikan menu sarapan lezat pada saat program diet.

15 Gandum Utuh

Gandum tidak bagus dikonsumsi dalam hal penurunan berat badan, tetapi dikarena gandum olahan. Hal tersebut terkait dengan pinggang yang kegemukan. Tapi gandum yang 100% utuh adalah makanan untuk diet yang bagus untuk menghilangkan lemak. Hal tersebut karena gandum utuh dikemas mengandung mineral.

16 Produk Susu

Pada saat diet, kamu bisa meminum secangkir susu rendah lemak. Banyak penelitian yang mengaitkan hubungan antara kalsium dengan bobot tubuh yang lebih rendah. Hasil penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa makanan yang mengandung kalsium dapat mengurangi lingkar pinggang bagi orang yang secara genetik memiliki kecenderungan gemuk di tubuh bagian tengah.

17 Alpukat

Berita bagus untuk pecinta buah. Sebuah studi tahun 2013 mengaitkan antara konsumsi alpukat secara teratur dengan lingkar pinggang dan BMI (body max index) yang lebih rendah. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal yang terkandung pada alpukat menyehatkan jantung dan membuat kenyang lebih lama, serta mengurangi keinginan untuk makan makanan olahan.

18 Kopi dan Teh

Kopi berkafein membantu memperlancar saluran pencernaan. meminum kopi secara teratur juga bisa membuat perut tampak lebih kencang dan berbagai manfaat kopi untuk kesehatan. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa minuman manis dapat memicu kenaikan berat badan. Jadisebaiknya gunakanlah gula rendah lemak untuk dicampur dengan kopi atau teh.

2 thoughts on “18 Makanan untuk Diet Sehat – Kenyang Lebih Lama dan Bertenaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *