3 Cara Jadi Pemain Game yang Menghasilkan Uang Banyak Setiap Bulan

Main game yang menghasilkan uang setiap bulan.

Pertanyaan yang tentu pernah muncul di pikiran gamers adalah: “Main game apa yang bisa menghasilkan uang?” Tujuan utama “semua gamers” dalam bermain game adalah untuk menghibur diri. Dan yang pasti, nggak ada gamer yang nggak punya game favorit. Artinya, aktivitas gaming adalah kegiatan yang paling disukai para gamer sejati. Oleh karena itu, mari kita kaji dua peribahasa di bawah yang sudah tidak asing lagi saat ini.

“Sukai apa yang kamu lakukan dan lakukan apa yang kamu sukai. Jangan dengarkan orang lain yang mengatakan kepada kamu untuk tidak melakukannya. Anda melakukan apa yang kamu inginkan, apa yang kamu sukai. Imajinasi harus menjadi pusat kehidupan kamu.”

Ray Bradbury – Penulis buku dan penulis naskah skenario.

“Ada saat-saat dimana kamu harus mulai melakukan apa yang kamu inginkan. Ambil pekerjaan yang kamu sukai. Kamu akan melompat dari tempat tidur di pagi hari. Saya rasa pikiran kamu akan gelisah (atau tertekan) jika terus mengambil pekerjaan yang tidak kamu sukai hanya karena kamu pikir itu akan terlihat bagus di resume kamu….”

Warren Buffet – Raja bisnis, investor, orang terkaya di dunia.

Apakah kedua peribahasa dari orang tersukses di dunia tersebut juga berlaku untuk gamers? Apakah ada game yang menghasilkan uang buat hidup kamu? Jawabnya adalah, ya, just do it! Kedua peribaha tersebut bisa kamu jadikan motivasi agar bisa mendapatkan uang dari aktivitas gaming sehari-hari.

Jika kamu suka bermain video game, apapun konsol-nya, kamu bisa mendapatkan bayaran atau menghasilkan uang dengan memainkan game. Tentu akan menjadi hal yang luar biasa jika kamu bisa mencari nafkah dari kegiatan yang paling kamu sukai. Sekali lagi, apakah bisa main game menghasilkan uang? Jawaban yang benar adalah, bisa! Siapa saja juga bisa, asalkan memang suka gaming dan ada memauan kuat.

Loading...

Semua pekerjaan, termasuk gaming bisa menghasilkan uang! Tapi apapun itu, butuh kerja keras. Banyak orang yang mendedikasikan hidupnya jadi gamer profesional, tapi menyerah dalam beberapa saat. Karena aspek pekerjaannya mematikan kesenangan dalam bermain video game. Alhasil mereka jadi membenci apa yang pernah mereka sukai. Hal tersebut beresiko, bahkan setiap kisah gamers sukses, mereka pernah gagal di awal-awal mencoba. Tapi karena mereka memiliki keyakinan kuat dan “pantang menyerah”, akhirnya mereka menjadi gamers sukses yang menghasilkan uang yang layak untuk kehidupan mereka.

Siapa yang Bisa Main Game Dapat Uang?

Jadi gamer profesional untuk menghasilkan uang cocok bagi cowok maupun cewek. Sebenarnya profesi ini nggak direkomendasikan bagi orang yang umurnya sudah lumayan banyak, misal sudah kepala 4 keatas, sudah merit, apalagi yang suah punya anak. Bisa repot karena pikirannya sudah bercabang. Gaming butuh konsentrasi tinggi agar bisa bermain bagus. Tapi tidak ada salahnya juga mencoba jika semua aspek keluarga dan kehidupan mengizinkan, dan nggak ada halangan.

Menjadi gamer yang menghasilkan uang sangat cocok dimulai pada saat umur masih muda, lajang dan ingin berkomitmen beberapa tahun untuk merintis atau membangun pondasi yang kuat sebagai lahan penghasil uang banyak nantinya. Main game dapat uang bisa dilakukan dengan modal komitmen dan strategi yang benar. Tentu usahanya tidak akan sia-sia dan lebih cepat menghasilkan.

Apakah ada Game yang Menghasilkan Uang Tanpa Modal?

Tingkat kesulitan cari uang dari gaming itu beragam, tergantung strategi yang digunakan, ada yang mudah, sedang, hingga yang sulit. Tapi mengenai modal, agak sulit menjelaskannya. Karena biasanya untuk memiliki beberapa game yang paling divaforitkan itu dibeli. Membeli game-game tersebut juga sudah termasuk modal.

Gaming yang menghasilkan uang biasabya butuh modal.

Atau katalankah game favorit yang gratis seperti PUBG Mobile atau Fortnite. Karena game tersebut adalah jenis battle royale online multi-player, untuk memainkannya butuh koneksi internet yang memadai. Paling tidak internet 4G nirkabel dengan volume sinyal penuh. Untuk membeli paket internet atau berlangganan internet fyber optic juga sudah termasuk modal. Rig gaming atau laptop gaming atau konsol game favorit kamu, headset gaming terbaik dan webcam. Belum lagi software streaming bagus yang biasanya berbayar.

Strategi Gaming yang Menghasilkan Uang

Berikut adalah beberapa strategi paling jitu agar kamu bisa mulai menghasilkan uang dengan cara bermain video game.

Cara #1 – Dibayar Main Game dengan Melakukan Real-time Gameplay Streaming

  • Modal: Relatif sedang.
  • Tingkat kesulitan: Sulit, khususnya di bagian teknis live streaming dan memantapkan skill gaming.
  • Potensi penghasilan: Relatif tinggi.

Cara Kerjanya:

Lakukan streaming gameplay permainan game PC yang banyak peminatnya. Game PC offline atau online semuanya bisa disiarkan di Twitch. Atau apapun konsolnya, baik X-Box, PS4, Android, atau iOS, pasti selalu ada banyak game favorit yang bisa kamu mainkan dan sreming-kan secara real-time. Sehingga “dunia” dapat melihat gaya permainan kamu yang bisa mereka pelajari.

Cara ini bertujuan untuk membangun audiens yang besar, sehingga kamu bisa uangkan dengan ikut program platform periklanan. Cara ini bagus untuk membangun audiens yang loyal dengan basis subscribers ata followers. Platform terbesar di dunia untuk gameplay streaming adalah Twitch. Tapi YouTube Gaming juga nggak kalah dengan Twitch. Oleh karena itu, perlu jgua mempelajari cara mendapatkan uang dari YouTube agar kamu bisa mengkombinasikan beberapa platform streaming demi jangkauan pemirsa yang lebih banyak dan menghasilkan uang lebih banyak.

Dengan meng-online-kan konsol kamu saat sedang bermain game sesering mungkin, bisa juga menjadi koleksi video gameplay yang bisa ditonton berulang-ulang. Dengan konsistensi yang tinggi, kamu membangun channel atau saluran video yang berpotensi menghasilkan uang “juta hingga milyaran rupiah” setiap bulan. Ya, sekali lagi, jutaan hingga milyaran rupiah dalam setiap 30 hari!

Memang butuh waktu tahunan agar bisa menghasilkan uang banyak dengan cara real-time gameplay streaming. Tapi, justru disitulah tantangannya, apakah kamu memang gamer profesional yang benar-benar menyukai gaming atau tidak. Kamu bisa memulai cara ini kapanpun dan dimanapun kamu tinggal.

Kenapa Mencari Uang Pakai Cara “Real-time Gamepley Streaming” itu Sulit?

Butuh waktu lama untuk membangun / mengundang / menambah pemirsa (followers / subscribers) di channel siaran langsung gameplay kamu. Kamu mungkin belum mendapat 100 penonton dalam beberapa bulan, atau mungkin belum mencapai 1000 penonton selama satu atau dua tahun. Memang ada beberapa gameplay streamers yang belum mencapai titik tersebut. Karena semuanya tergantung kreativitas dan daya tarik si stremer sendiri.

Danucd mendapatkan ratusan ribu followers di Twitch.
Dana – cewek gamer & streamer terkenal di Twitch @danucd

Dengan sesering mungkin menyiarkan layar konsol kamu pada saat main game dan mempraktekkan beberapa trik video marketing sederhana, kamu bisa mendapatkan banyak viewers bahkan banyak juga subscibers atau followers kamu yang akan selalu menantikan saat-saat kamu online.

Plus, kalau kamu jago mainnya, kemungkinan besar video kamu akan tenar melalui mouth-to-mouth marketing dan jadi topik yang ramai diperbincangkan di grup-grup gamers di berbagai media sosial. Sehingga untuk mencapai ribuan subscribers atau followers aktif nggak lama dan nggak susah.

Tontonan streaming terkadang bikin jenuh. Mengapa orang harus menonton kamu sedangkan ada banyak channel terkenal (seperti danucd di gambar atas) lainnya yang bisa mereka tonton? Itu tantangan utama dalam usaha gameplay streaming, khususnya bagi streamer pemula.

Oleh karena itu, buatlah kepribadian kamu unik dalam melakukan personal branding, misalnya bikin nama channel lucu atau belajar agar menjadi kepribadian yang humoris, plus menjadi pemain jago kelas dunia atau memainkan game yang masih jarang dimainkan orang lain.

Cara Memulai Jadi Gameplay Streamer

Panduan jadi seorang streamer sebernarnya butuh sebuah topik terpisah yang lebih detil dan terperinci. Tapi disini kita ambil inti-intinya saja.

Hambatan untuk menjadi seorang streamer tidaklah rumit. Yang dibutuhkan dari seorang gamer hanyalah PC gaming atau laptop gaming yang layak, beberapa game bagus (kalau bisa game yang belum banyak yang mainin) yang ingin ditonton pemirsa, kepribadian yang baik dan unik dan beberapa software streaming. Selain itu jangan lupa juga mempercepat koneksi WiFi kalau menggunakan internet nirkabel dan pastikan laptop atau PC kamu sanggup menjalankan game yang ingin kamu streaming-kan.

Untuk menyiarkan game PC, khusus pemula, sangat direkomendasikan menggunakan software streaming gameplay bernama OBS Studio. Karena gratis, open-source dan cocok untuk OS Windows, Mac dan Linux. Sementara, untuk game konsol, ada beberapa cara menangkap (merekam dan langsung streaming) gameplay kamu. Untuk cara-cara-nya akan dibahas pada artikel-ertikel berikutnya. Oleh karena itu, like fanpage Wongunik dan ikuti artikel-artikel selanjutnya.

Cara #2 – Coba Keberuntungan Kamu di Dunia Jurnalistik Gaming

  • Modal: Relatif rendah.
  • Tingkat kesulitan: Sedang.
  • Potensi penghasilan: Tinggi.

Cara kerjanya:

Memang untuk terjun ke dunia jurnalistik nggak harus jadi wartawan dulu. Tapi kurang lebih tugasnya hampir sama dengan wartawan. Jika kamu yakin akan wawasan dan pengalaman gaming, kamu bisa coba bergabung ke perusahaan situs yang relevan. Atau, kamu juga bisa kok buat situs sendiri (disarankan micro-niche) dan langsung nulis ulasan, panduan, berita dan wawancara di seputar gaming, genre atau industri video game.

Seandainya kamu lebih suka memilih untuk jadi penulis di situs yang sudah ada, kamu bisa dibayar sebagai freelancer atau menjadi karyawan posisi writer, content creator, web content specialist atau web content analysts. Semua posisi tersebut banyak kesamaan fungsi dan tugasnya.

Jika kamu lebih memilih untuk membuat situs kamu sendiri, biayanya tidak mahal kok. Selain itu kamu juga bisa menghasilkan uang dari iklan sponsor (AdSense, Mgid, Affiliate, dll) atau info berbasis langganan. Banyak atau sedikitnya penghasilan kamu tergantung dari seberapa banyak pengunjung atau pembaca yang di situs kamu. Oleh karena itu, tantangannya adalah dalam meningkatkan jumlah traffik website atau blog kamu.

Apakah Jadi Penulis Artikel Gaming itu Sulit?

Dari berbagai bidang jurnalistik, niche game adalah salah satu yang paling kompetitif. Banyak orang ingin menulis sekitar topik gaming untuk mencari nafkah. Jika kamu menulis di perusahaan media situs, kamu bekerja untuk mendapatkan gaji setiap bulan. Jadi, kamu butuh portofolio sebagai pembuktian keahlian jurnalistik kamu. Nah, situs kamu sendiri bisa kamu jadikan porfolio kamu sendiri. Sedangkan jika ingin mendapat penghasilan dari blog niche gaming butuh bertahun-tahun agar bisa membangun magnet traffic yang bisa menghasilkan uang cukup untuk hidup.

Jurnalisme itu biasanya intensif. Jadi, untuk penulisan berita, kamu harus memanfaatkan berbagai sumber sepanjang waktu agar mendapatkan ceruk pasar lebih banyak sebelum situs yang lain melakukannya. Jenis ulasan dan wawancara memakan waktu lebih banyak agar hasilnya maksimal. Dan biasanya, menulis setiap hari terus-menerus sangat menguras energi dan mental.

Cara Mulai Menulis Artikel Gaming

Cari lowongan di perusahaan media yang fokus di website game. Untuk saat ini, lupakan situs besar seperti IGN atau Duniaku untuk saat ini. Dan abaikan juga situs pemula yang belum banyak pembacanya. Pastikan kamu sudah memiliki beberapa sampel karya tulisan. Kirim lamaran beserta sampel tulisan kamu dan berharaplah yang terbaik. Jika kamu belum memiliki sampel tulisan, pertimbangkanlah untuk menulis secara sukarela pada situs-situs kecil terlebih dahulu.

Untuk pemula, tidak direkomendasikan untuk meluncurkan situs jurnalis game sendiri sebelum mapan dari segi keuangan dan keahlian konten marketing. Jadi, jika kamu berhasil mendapatkan posisi kerja di website jurnalistik game, kamu bisa memanfaatkan waktu libur atau waktu luang untuk mengelola situs kamu sendiri. Sehingga jika tiba waktu yang tepat beberapa tahun kemudian, kamu sudah bisa mandiri dalam mencari uang melalui situs gaming sendiri. Menulis hari demi hari sudah terasa cukup sulit. Apalagi ditambah mengelola situs sendiri yang mengurus desain, branding, SEO, dsb. Akan tetapi, meniti karir di dunia jurnalistik game bisa kamu jadikan batu loncatan sebelum keahlian web management kamu dapatkan.

Cara #3 – Menangkan Turnamen dan Memperoleh Sponsor

  • Modal: Relatif rendah.
  • Tingkat kesulitan: Sangat sulit.
  • Potensi penghasilan: Sangat tinggi.

Cara kerjanya:

Turnamen gaming sering diadakan untuk jenis permainan PvP. Dan semakin populer game tersebut, semakin besar juga jumlah hadiah yang akan didapatkan. Jika kamu cukup yakin akan skill gaming kamu, bergabunglah dengan organisasi esport. Disitu kamu akan berlatih dan diuji apakah kamu layak bersaing di level turnamen game-game tertentu.

Penghasilan kamu biasanya diperoleh dari gaji, hadiah kemenangan dan sponsor. Mekanisme penghasilannya hampir sama seperti pemain sepak bola yang digaji klub dan disponsori oleh perusahaan yang berminat numpang branding. bahkan sekarang game esport sering dipertandingkan di pesta-pesta olah raga resmi di dunia selevel Olimpiade dan Asian Games.

Kenapa Memenangkan Turnamen Gaming Itu Sangat Sulit?

Nggak semua gamer mempunyai perbekalan yang layak untuk memenangkan suatu turnamen. Mengingat segala peralatan berlabel “gaming” dibandrol harga tinggi, tidak banyak remaja atau anak muda yang mampu membelinya. Agar bisa menjadi gamer kelas dunia, dibutuhkan peralatan kualitas kelas dunia juga. Misalnya keyboard gaming mekanik atau controler consol apapun itu, mouse canggih, headset canggih yang harganya bisa di atas 3 jutaan, dsb.

Selain membutuhkan peralatan gaming yang serba kelas dunia, dibutuhkan juga skill gaming di atas rata-rata. Jika pemain game yang menghasilkan uang pakai cara #1 hanya perlu personal yang unik, seperti cantik atau lucu, cara #3 ini membutuhkan skill di atas rata-rata. Kan ngga’ lucu saat kamu ikut turnamen gaming tersingkirnya di babak-babak penyisihan, belum lagi malunya itu jika ada teman atau pacar yang menonton kekalahan kamu. Dan pulang hanya dengan impian tinggal mimpi. Bahkan walaupun bisa menang, belum tentu hadiahnya bisa mencakup biaya penginapan di hotel dan biaya penerbangan. Nah, jika kamu belum terlalu yakin atas persiapan dan skill gaming kamu, lupakan saja cara #3 ini untuk sementara waktu.

Lagian industri esport masih terbilang muda, belum seheboh sepak bola atau katakanlah basket. Bahkan jika seandainya kamu bisa mendapatkan posisi yang paling disegani di tim atau di klub gaming kamu, gajinya juga kemungkinan masih di bawah upah minimum. Tapi jika kamu masih terlalu semangat untuk ikut turnamen gaming, tidak ada salahnya juga untuk “sekedar mencoba” terlebih dahulu. Sekedar mendapatkan pengalaman gaming, siapa tau bisa kamu jadikan topik hangat di situs atau vlog kamu lengkap dengan dokumentasinya.

Cara Mencari Turnamen Gaming

Untuk itu, carilah game PvP yan sudah punya nama dan banyak peminatnya, plus sudah sering dipertandingkan di berbagai turnamen. Game seperti itu biasanya sangat diminati oleh organisasi esport. Berlatih, berlatih dan berlatih sampai kamu benar-benar mahir menguasai game tersebut. Disampin semua itu, satu hal istimewa jika bisa mencari uang pakai cara ini adalah, kamu akan dilirik perusahaan-perusahaan raksasa yang ingin bersponsor, yang mau bayar kamu mahal hanya untuk hal-hal seperti branding di baju kamu, buat iklan video atau iklan tv, wawancara, dll.

One thought to “3 Cara Jadi Pemain Game yang Menghasilkan Uang Banyak Setiap Bulan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *