Latihan Membentuk Otot di Usia 40-an Ala Batman – Masih Bisakah?

Batman terlihat lebih kekar dibandingkan di film sebelumnya.

Ben Affleck baru-baru ini memiliki tubuh dengan otot yang jauh lebih gahar dibanding sebelumnya. Auran latihan membentuk otot Ben Affleck cukup sederhana. Dia mencapai tubuh kekar tersebut melalui binaraga yang terprogram untuk penampilannya di film Batman vs Superman. Dalam film tersebut dia terlihat seperti masih muda. Sekilas mengenai usia Ben Affleck, ternyata tidak begitu banyak orang yang tau bahwa Ben Affleck saat ini berusia 45 tahun.

Walaupun sudah 45 tahun Ben Affleck masih sanggup mengikuti latihan membentuk otot.
Batman vs Superman

Meskipun dia sudah bisa tergolong middle-aged (separuh baya) penampilannya dengan kostum Batman bahkan terlihat seperti monster. Jauh lebih kekar dibandingkan dengan penampilannya di sekuel Batman sebelumnya. Selain itu, tinggi badan Ben Affleck yang sekitar 6’3 kaki (atau 192 cm) – membuatnya lebih sulit untuk terlihat lebih berotot. Tapi ternyata si pemeran Batman ini masih bisa membentuk otot persis sepenuhnya seperti yang disyaratkan untuk film Batman vs Superman.

3 Aturan dalam Latihan Membentuk Otot di Usia 40-an

Meskipun tampilan Batman yang sekarang terlihat sangat kekar mungkin karena bentuk kostum dan bantuan pencahayaan, Ben Affleck tetap pantas untuk dijadikan contoh dalam latihan membentuk otot di usia 40-an tahun. Adapun aturan yang ia ikuti terdiri dari 3, yaitu:

1. Berpegang pada Tehnik Dasar

Sebenarnya Ben Affleck tidak suka latihan bina raga. Bahkan, walaupun dia adalah seorang pelatih, setiap bangun pagi tidak berpikir: “Oh, tiba waktunya untuk sesi latihan”.

Itu penyiksaan.… Saya tidak suka latihan membetuk otot. – Ben Affleck

Melatih tubuh atau bina raga bukanlah merupakan suatu hal yang fantastis. Tapi seharusnya hanya merupakan bagian dari rutinitas anda. Sementara faktanya banyak orang yang berlatih setelah berusia 40 tahun dan berpikir bahwa mereka memerlukan jadwal latihan khusus yang spesifik. Itu tidak betul.

Periode pemulihan stamina dan otot mungkin butuh waktu lebih lama. Yang mana dalam melakukannya juga tidak harus berbeda dari anak muda yang berusia 20 tahun. Kecuali anda memiliki keterbatasan fisik seperti hernia (turun berok).

Tubuh Ben Affleck terlihat serius khusus dipersiapkan untuk film Batman vs Superman
Ben Affleck

Poin yang paling penting dalam setiap jadwal latihan fisik adalah harus rutin. Tapi sebagai orang yang menginjak usia 40 tahun keatas, membentuk otot bisa jadi lebih sulit karena, karena biasanya orang dewasa usia 40-an memiliki banyak tanggung jawab dan beban pikiran seperti pekerjaan mengurus keluarga.

Pada tahap awal, anda perlu mengubah berbagai aspek dalam keseharian anda. Dan anda juga butuh dukungan dari lingkungan sekitar anda. Selain itu, cobalah untuk membangun relasi sebanyak mungkin di gym atau bergabung dengan grup bodybuilding di media sosial seperti Facebook dan Whatsapp. Tentu dukungan tersebut akan membantu anda pada aturan nomor 2.

2. Terus Maju

Banyak orang yang mendaftar keanggotaan gym berhenti setelah 3 bulan bergabung. Banyak gunanya latihan membentuk otot dan program diet berkelanjutan. Akan tetapi, hal tersebut jauh lebih sulit jika kamu berusia lebih dari 40 tahun.

Itu juga alasan mengapa sebagian besar aktor gagal mempertahankan bentuk tubuh mereka dalam jangka panjang. Misalnya, Ben Affleck memiliki tubuh gahar hanya ketika dia harus syuting film Batman. Sepertinya filmnya membuatnya harus bertanggung jawab.

Penampilan Batman pada Film BvsS
Penampilan Batman di BvsS

Seandainya Ben bisa memilih peran lagi dari titik awal, dia mendingan milih peran seperti Spongebob, bukan Superhero. Tidak ada rutinitas keseharian yang terlalu dianggap serius dan mempertaruhkan karier. Sementara peran Superhero cenderung harus konsisten dalam rutinitas keseharian – seperti latihan membentuk otot untuk tanggung jawab Superhero yang diperankannya.

Ketahuilah, hal-hal yang berharga dalam hidup, untuk memulai sebenarnya sulit, lalu setelah terbiasa, baru akan menjadi lebih mudah.

Tulis tujuan anda yang realistis untuk diri anda sendiri, atau tulis di status Facebook anda dan posting juga foto latihan otot anda. Hal tersebut akan menciptakan tekanan sosial untuk membantu anda terus maju.

Jika anda bertekat untuk membentuk otot di usia 40-an, rencanakanlah sesi latihan anda mulai minggu ini dan tindakkan rencana tersebut sebagai prioritas. Sebaiknya menentukan waktu latihan otot untuk orang dewasa cocoknya di pagi hari. Karena biasanya orang yang berusia 40-an sudah memiliki anak. Dimana anak-anak pada pagi hari masih tidur. Buatlah jam pagi kamu menjadi ‘you-time’. Latihan membentuk otot di pagi hari juga membantu untuk aturan ke-3 berikut.

Latihan membentuk otot butuh waktu lebih lama untuk hasil yang maksimal jika anda berusia 40 tahun. Karena otot-otot semakin meonggar selama bertahun-tahun.

Untuk lebih konsisten, usahakanlah mencari teman yang juga sedang dalam program latiha membentuk otot. Atau bisa juga menyewa pelatih bina raga. Seorang pelatih bina raga akan membuat anda lebih fokus dan konsisten dan memandu anda dalam melakukan apa saja yang diperlukan dalam sesi latihan membentuk otot di usia 40-an.

3. Nikmati Prosesnya

Ben Affleck mengatakan kepada seorang pewawancara bahwa ketika dia mulai masuk dalam program latihan membentuk otot, hal-hal yang lain juga mulai membaik dalam hidupnya. Dia semakin disiplin dan memiliki lebih banyak energi pada sesi syuting film.

Hal tersebut adalah perwujudan yang akan anda lihat setiap hari. Meskipun seperti yang kita lihat dalam aturan pertama tadi bahwa latihan membentuk otot bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Akan tetapi efeknya terhadap hal-hal lain dalam hidup anda benar-benar hebat.

Jadwal latihan membentuk otot mungkin bisa menjadi hal yang membosankan. Akan tetapi, jika kamu tetap rutin melakukannya, akan meningkatkan fisik anda dan juga meningkatkan berbagai aspek dalam kehidupan anda.

Berolah raga bisa membawa dampak positif dalam keseharian anda. Bahkan jika hari anda sedang kurang mujur, setidaknya sesi latihan anda masih bisa anda lakukan. Nah, daripada selalu fokus pada tujuannya saja, anda bisa menikmati prosesnya dan dampak-dampak lainnya yang positif.

Anda Masih Bisa Membentuk Otot pada Usia 40-an

Ben Affleck yang sekarang terlihat seperti monster. Dia adalah contoh yang bagus buat anda yang ingin membentuk otot kekar dan gahar, walaupun usia dan tinggi badan cukup lumayan.

Kesimpulannya, dia berhasil membentuk otot persis seperti yang diinginkannya dengan mengikuti tiga aturan sederhana, yaitu:

  • Berpegang pada tehnik.
  • Temukan alasan yang tepat untuk terus berlatih.
  • Menikmati proses latihan pembentukan otot.

Video berikut ini adalah video tentang bagaimana Ben Affleck mengubah bentuk tubuhnya:

One thought to “Latihan Membentuk Otot di Usia 40-an Ala Batman – Masih Bisakah?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *