ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

9 Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Daun kelor mulai terkenal dengan sebutan “makanan super” yang baru karena sifatnya yang tinggi, antiinflamasi, antioksidan dan merupakan pelindung jaringan sel yang kuat dan berbagai khasiat daun kelor lainnya bagi kesehatan.

Kelor disebut juga dengan Merunggai dalam bahasa Indonesia dan bahasa latinnya adalah Moringa Oleifera. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai pohon lobak, pohon ben, atau pohon stik drum, merupakan pohon kecil di India, Pakistan dan Nepal.

Daun Kelor telah digunakan selama beberapa generasi di negara-negara Timur untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, anemia, radang sendi, penyakit liver, gangguan pernapasan, penyakit kulit dan gangguan pencernaan.

Daun Kelor telah menjadi populer sebagai suplemen bubuk alami. Selain itu, polong, akar, kulit batang, bunga, biji, dan buahnya juga dapat dimakan.

Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

Daun kelor sering digunakan sebagai bahan herbal untuk pengobatan tradisional di negara-negara Timur.
Sumber gambar: Rfcarchives.org.au

Tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Pada artikel ini, akan diungkapkan 10 manfaat daun kelor bagi kesehatan yang didukung penelitian secara ilmiah menggenai pengkonsumsian daun kelor.

Loading...

1. Sumber Nutrisi Bagi Tubuh

Salah satu khasiat daun kelor yang paling penting adalah sebagai asupan nutrisi bagi tubuh. Daun Kelor kaya akan kandungan vitamin, mineral dan asam amino yang bermanfaat bagi kesehatan. Adapun nutrisi penting yang nilainya tinggi pada daun kelor antara lain; vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium dan protein.

2. Melawan Radikal Bebas

Kelor mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, polifenol dan asam askorbat yang terkandung dalam daun, bunga dan bijinya. Antioksidan terebut bermanfaat untuk melawan radikal bebas atau molekul yang menyebabkan stres oksidatif, kerusakan sel dan peradangan.

Sebuah studi mengungkap bahwa ekstrak daun kelor memiliki aktivitas antioksidan yang sangat tinggi, kapasitas pemulungan radikal bebas, menghambat lipid, protein, dan oksidasi DNA yang lebih tinggi daripada bunga dan biji kelor.

Hal tersebut berarti daun kelor berkhasiat untuk mencegah kerusakan dan degradasi yang disebabkan oleh radikal bebas dalam sel-sel organ dalam tubuh. Sekaligus menjaga organ-organ tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

3. Ini Melawan Peradangan

Peradangan dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, gangguan pernapasan, penyakit kardiovaskular, radang sendi dan obesitas. Daun Kelor mampu mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh. Selain itu, konsentrat daun kelor dapat menurunkan peradangan dalam sel secara signifikan.

4. Membantu Mengurangi Berbagai Gejala Diabetes

Serbuk daun kelor telah terbukti efektif mengurangi kadar lipid dan glukosa dalam tubuh dan mengatur stres oksidatif pada penderita diabetes. Hal teresebut berarti salah satu manfaat daun kelor adalah menurunkan gula darah dan kolesterol serta meningkatkan perlindungan terhadap kerusakan sel.

5. Melindungi Sistem Kardiovaskular

Serbuk daun kelor memiliki khasiat untuk menyehatkan jantung, terutama dalam mengontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak pada arteri dan menurunkan kadar kolesterol.

6. Mendukung Kesehatan Otak

Kelor mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitifnya karena aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Hal tersebut telah teruji sebagai pengobatan penyakit Alzheimer dengan hasil yang menguntungkan. Ketahui juga daftar makanan yang bagus untuk kecerdasan otak.

Kandungan vitamin E dan C nya yang tinggi berfungsi melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, sekaligus meningkatkan fungsi otak. Daun kelor juga dapat menormalkan neurotransmitter serotonin, dopamin, dan noradrenalin di otak, yang memainkan peran kunci dalam kemampuan daya ingat, suasana hati, fungsi organ, respons terhadap stimulus seperti stres dan kenikmatan, dan kesehatan mental.

7. Melindungi Hati

Bunga dan daun kelor mengandung polifenol konsentrasi tinggi dalam yang berkhasiat melindungi hati terhadap oksidasi, toksisitas dan kerusakan.

Artinya, khasiat daun kelor bagi kesehatan hati adalah untuk mengurangi kerusakan hati dan fibrosis, serta membalikkan oksidasi pada hati. Minyak kelor juga dapat mengembalikan enzim hati ke tingkat normal, mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan kandungan protein pada hati.

Hati berfungsi untuk detoksifikasi darah, memproduksi empedu, metabolisme fruktosa, metabolisme lema dan memproses nutrisi. Hati dapat melakukan fungsi-fungsi tersebut dengan bantuan enzim hati. Jadi, sangat penting fungsi tersebut tetap pada level normal. Misalnya, kadar enzim hati yang terlalu rendah dapat mengganggu kemampuannya dalam men-detoksifikasi (menyaring) darah.

8. Mengandung Sifat Antimikroba dan Antibakteri

Daun kelor memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang bermanfaat untuk melawan infeksi. Hal tersebut efektif terhadap jenis jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit dan virus atau microba yang mengakibatkan infeksi saluran kemih dan darah serta penyebab masalah pencernaan.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kelor memiliki sifat pembekuan darah pada daun, akar dan bijinya yang membantu penyembuhan luka. Dengan kata lain, khasiat daun kelor terhadap luka adalah mempersingkat pembekuan luka atau menghentikan pendarahan.

Cara Mengambil Khasiat Daun Kelor

Serbuk daun kelor digunakan sebagai bahan suplemen makanan dan obat herbal.

Sekarang ini sudah ada beberapa produk suplemen makanan berbahan serbuk daun kelor. Kamu dapat menambahkan suplemen makanan yang mengandung ekstrak daun kelor ke makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Atau, bisa juga meminumnya layaknya minum teh.

Bubuk daun kelor dianggap aman dalam penelitian terhadap manusia, bahkan dalam dosis yang lebih tinggi dari biasanya. Bubuk daun kelor memiliki rasa yang ringan, sehingga rasa teh daun kelor terasa ringan dan sederhana.

Untuk menambah asupan ramuan herbal kamu sehari-hari, jangan lewatkan juga manfaat bawang dayak yang sudah terbukti sangat mujarab melawan berbagai penyakit kronis. Itulah tadi beberapa khasiat daun kelor untuk kesehatan manusia. Jangan lupa bagikan artikel ini ke laman media sosial kamu agar teman-teman dan keluarga kamu juga mengetahui manfaat daun kelor bagi kesehatan.

5 thoughts on “9 Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *