ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

15 Khasiat Daun Binahong untuk Pengobatan dan Menjaga Kesehatan

Sebelum membahas khasiat daun binahong, ada baiknya mengenal tanaman ini terlebih dahulu. Begitu mendengar istilah Daun Binahong, yang terlintas dipikiran banyak orang pasti “Daun macam apa itu?” Memang nama tumbuhan tersebut tidak begitu familiar. Tapi, mungkin tidak sedikit juga orang yang langsung mengenalinya jika melihatnya secara langsung.

Binahong adalah jenis tanaman menjalar yang biasanya dijadikan tanaman hias yang sengaja dibiarkan merambat di dinding atau pagar. Dari petunjuk tersebut mungkin kamu, khususnya para wanita pecinta tanaman hias sudah mulai tahu seperti apa tanaman binahong itu.

Secara internasional, daun binahong disebut sebagai “Heartleaf Maderavine Madevine” karena bentuknya terlihat seperti ikon jantung. Nama latin Binahong disebut dengan Anredera Cordifolia. Kita dapat menemukan tanaman menjalar ini di beberapa negara seperti Indonesia, Korea Selatan, Madagaskar dan Cina.

Selain daun binahong, negara-negara di Asia juga sering menambil khasiat daun kelor dan manfaat bawang dayak dalam bentuk pengobatan tradisional dan suplemen makanan herbal.

Kandungan Zat yang Terdapat dalam Daun Binahong

Sejak dahulu kala, daun binahong sudah dipakai sebagai ramuan herbal di berbagai belahan dunia. Setiap bagian dari tanaman binahong dapat digunakan sebagai obat. Akan tetapi, yang biasa digunakan orang adalah daun binahong. Orang-orang yang tertarik dengan ramuan herbal biasanya percaya bahwa khasiat daun binahong sangat manjur bagi pengobatan dan menjaga kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa unsur-unsur baik yang terkandung dalam daun binahong:

Loading...
  • protein,
  • saponin,
  • alkaloid,
  • asam oleanolic,
  • mono poliksarida,
  • polifenol,
  • antioksidan,
  • D-Galaktose,
  • D-glukosa,
  • L-arabinosa,
  • L-rhamnose,
  • minyak atsiri,
  • asam askorbat, dan
  • flavonoid.

Ternyata tumbuhan yang biasanya dijadikan tanaman hias ini mengandung banyak zat yang bagus untuk kesehatan manusia, lho! Tentu hal tersebut menjadi alasan kuat mengapa daun ini sangat dikenal baru-baru ini. Itulah sebabnya dijadikan sebagai bahan herbal untuk memproduksi suplemen makanan demi mendapatkan khasiat daun binahong secara praktis.

Khasiat Daun Binahong

Dari penjelasan singkat di atas, kita sudah kenal bahwa daun binahong mengandung banyak unsur yang memiliki dampak baik untuk kesehatan. Kamu sampai ke artikel ini tenti ingin tahu berbagai khasiat daun binahong untuk kesehatan. Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja kita simak 15 khasiat daun binahong yang paling utama bagi kesehatan tubuh.

1. Sembuhkan Sakit Perut

Salah satu manfaat daun binahong bagi kesehatan adalah untuk mengobati sakit perut. Ada berbagai jenis sakit perut yang penyebabnya juga berbeda-beda. Nah, disini kita secara khusus membahas sakit perut yang dikarenakan waktu makan yang tidak teratur. Kadang-kadang kita terlalu sibuk hingga makan siang atau makan malam jadi tidak tepat waktu. Atau mungkin kita juga sering lupa sarapan. Kebiasan tersebut dapat mengakibatkan sakit perut karena sistem pencernaan kita tidak bekerja tepat waktu.

Sebenarnya banyak cara untuk menyembuhkannya. Akan tetapi, tidak semua orang berani berkonsultasi ke dokter atau minum obat kimia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba tanaman herbal yang sudah terkabar manjur untuk obati sakit perut. Salah satunya adalah dengan mendapatkan khasiat daun binahong. Tapi walaupun manfaat daun binahong bisa sembuhkan sakit perut karena makan tidak teratur, lebih baik memastikan jam makan selalu tepat waktu.

Ketahui juga berbagai makanan untuk diet sehat agar bertenaga, kenyang lebih lama dan membantu mengurangi berat badan.

2. Menyembuhkan Luka

Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam arkobat yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tapi bagaimana caranya? Apakah dengan meminumnya? Tidak! Kamu perlu menumbuknya sampai halus kemudian diolesi pada luka yang hendak diobati. Cara ini dapat membantu menyembuhkan luka. Akan tetapi, jika lukanya agak serius, kamu perlu menutupi lukanya dengan perban setelah mengolesi daun Binahong agar luka teresbut terlindung dari bakteri jahat. Itulah manfaat daun binahong untuk luka pada kulit.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Khasiat daun binahong berikutnya adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Orang yang tubuhnya terlalu kurus seharusnya menaikkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Jika kamu ingin menaikkan berat badan, kamu bisa menggunakan daun binahong sebagai ramuan herbal alami untuk meningkatkan nafsu makan. Rebus 5 lembar daun binahong di dalam air sebanyak 2 gelas. Kamu perlu meminumnya paling tidak sekali dalam sehari agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan.

4. Sembuhkan Penyakit Otak

Tentu ada banyak jenis penyakit otak. Disini kita membahas penyakit otak yang disebabkan oleh benturan seperti yang dialami oleh korban kecelakaan. Misalnya orang yang mengalami kecelakaan seperti kecelakaan mobil, ada kemungkinan kepalanya terbentur sesuatu. Terkadang, situasi seperti itu akan memengaruhi kondisi otaknya. Khasiat daun binahong mampu membantu penyakit otak yang diakibatkan oleh benturan. Petik 10 helai daun binahong kemudian di rebus. Setelah itu, airnya harus diminum dua kali dalam sehari. Akan tetapi pengobatan herbal tersebut hanya untuk stimulus. Penyakit otak masih harus pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca juga: makanan yang bagus untuk otak.

5. Sembuhkan Disentri

Disentri adalah salah satu penyakit sistem pencernaan yang perlu disembuhkan. Jika kame mengalami penyakit ini tapi terlalu takut untuk berkonsultasi dengan dokter atau enggan minum obat, kamu bisa mencoba pengobatan alami. Salah satunyanya adalah dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong. Untuk membuat ramuan daun binahong, kamu membutuhkan setidaknya 10 helai daun binahong lalu direbus dalam air sebanyak 2 gelas. Rebus sampai air mendidih hingga volumenya menjadi 1 gelas. Kamu perlu mengkonsumsinya paling tidak sekali dalam sehari sampai kamu sembuh dari disentri.

6. Sembuhkan Wasir

Bagi orang yang menderita wasir, dapat mengambil khasiat daun binahong sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal. Resepnya agak berbeda. Dibutuhkan setidaknya 16 helai daun binahong lalu direbus. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas dan tunggu air sampai mendidih hingga volume airnya tersisa 1 gelas. Penderita wasir perlu meminum 1 gelas ramuan daun binahong setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Bantu Menstruasi

Tidak jarang wanita menderita pada saat datang bulan tiba. Ada banyak ramuan yang bisa menjadi obat herbal penghilang rasa sakit saat datang bulan. Salah satunya adalah yang terbuat dari bahan daun binahong. Karena salah satu khasiat daun binahong adalah membantu memperlancar haid dengan cara yang nyaman dan aman. Ambil 3 potong daun binahong lalu direbus dengan air sampai matang. Pastikan untuk mengkonsumsi airnya paling tidak sekali dalam sehari.

8. Menambah Energi dan Meningkatkan Vitalitas

Komputer atau perangkat elektronik lainny membutuhkan energi listrik agar perangkat tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Tanpa energi listrik, chip utama komputer tidak dapat bekerja, tidak peduli seberapa canggihnya komputer tersebut. Demikian jugalah tubuh kita yang membutuhkan energi. “Tapi bukan energi listrik dari stop kontak, yah!” 😀 Jika tubuh kita diibaratkan dengan sebuah komputer, maka listrik adalah energi yang dibutuhkan. Tanpa energi, kita tidak bisa menggerakkan tubuh kita bahkan organ-organ di dalam tubuh kita pun tidak bisa bekerja.

Bagaimana kita memenuhi energi untuk kita? Yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat atau minuman yang mengandung karbohidrat atau protein. Daun binahong adalah sumber protein yang baik yang dapat meningkatkan energi untuk tubuh. Untuk itu, rebus dua helai daun binahong ke dalam dua gelas air dan kemudian siap dikonsumsi. Maka kamu akan mendapatkan energi tambahan secara alami.

Bagi orang yang memiliki masalah vitalitas juga dapat mencobanya. Rebus 3 hingga 10 helai daun binahong dalam dua gelas air sampai mendidih, lalu dikonsumsi setiap hari. Ketahui juga cara tahan lama berhubungan intim secara alami.

9. Sembuhkan Penyakit Ginjal

Sepasang organ kecil kita yang bernama ginjal juga memiliki peran penting di dalam tubuh kita. Sebenarnya, setiap organ memiliki perannya masing-masing. Itulah sebabnya sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan, termasuk menjaga kesehatan ginjal. penderita penyakit ginjal dapat mencoba mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong. Untuk membuanya sendiri, ambil 10-15 helai daun binahong dan di rebus di dalam 1 gelas air hingga mendidih. kemudian diminum tiga kali sehari. Tapi perlu diingat bahwa ramuan tersebut hanya untuk stimulus. Tetap saja perlu berkonsultasi ke dokter.

10. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Daun binahong mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan tubuh kita dari radikal bebas. Apa itu radikal bebas? Radikal bebas adalah suatu kondisi ketika tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang melewati batas normal. Tubuh manusia dirancang hanya untuk menerima senyawa alami. Jadi, jika tubuh kita menerima senyawa kimia yang melebihi batas normal, hal tersebut dapat mengubah sel-sel sehat kita menjadi sel-sel jahat. Kemudian, sel-sel jahat tersebut akan membunuh sel sehat lain dan mengubahnya menjadi sel jahat. Jadi, itulah khasiat daun binahong yang sangat kita butuhkan karena mengandung antioksidan.

11. Sembuhkan Penyakit Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam sistem pernapasan. Oleh karena itu, sudah barang tentu melindungi paru-paru adalah hal yang sangat penting demi kesehatan tubuh kita. Rasa sakit di area paru-paru bisa saja terjadi tanpa kita duga-duga. Terlebih bagi para perokok aktif. Pada saat hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, pastikan sesegera mungkin untuk mengurusnya.

Jika kamu berada di daerah yang jauh dari klinik atau rumah sakit, tidak ada salahnya menggunakan tanaman herbal sebagai obat alternatif. Hanya saja, hal tersebut bisa dilakukan jika di pekarangan atau di sekitar rumah kita ada tanaman herbal. Salah satu yang mudah didapatkan adalah daun binahong. Petik 10 lembar daun binahong dan rebus sampai matang. Pastikan mengkonsumsi daun binahong setidaknya sekali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Meningkatkan Tekanan Darah

Untuk penderita tekanan darah rendah harus meningkatkan tekanan darahnya. Karena jika tidak, tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi lemas. Alhasil tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan maksimal dan dalam banyak kasus efeknya jadi lebih berbahaya, misalnya pingsan secara tiba-tiba. Jika tekanan darah kita rendah, kita harus meningkatkannya dengan mengonsumsi sesuatu yang mengandung mineral. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun binahong. Untuk mendapatkan khasiat daun binahong terhadap darah rendah, ambil 8 helai dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Pastikan untuk mengkonsumsinya paling tidak sekali dalam sehari.

13. Perawatan kulit

Manfaat daun binahong lainnya adalah untuk merawat kulit. Karena daun binahong mengandung anti-oksidan yang dibutuhkan agar kulit tetap sehat dan mencegah penuaan. Tumbuk daun binahong sampai halus dan oleskan

di sekitar wajah. Carah ini bisa membantu merawat kulit dan bagi yang memiliki lesung pipi, cara ini juga akan membantu menyembuhkannya.

Baca juga: Manfaat Madu untuk Wajah

14. Menyembuhkan Patah Tulang

Manfaat daun binahong bagi kesehatan yang lain dari adalah untuk menyembuhkan patah tulang. Daun binahong mengandung banyak mineral. Hal tersebut akan membantu penderita patah tulang sembuh. Akan tetapi pengobatan herbal tersebut hanya untuk stimulus. Masih tatap perlu berkonsultasi dengan dokter.

15. Pasca Bedah

Salah satu manfaat daun binahong adalah untuk memulihkan kondisi tubuh setelah operasi dengan cepat. Setelah operasi, yang bersangutan kehilangan banyak darah dan juga energi. Itu sebabnya orang yang baru operasi perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan mineral. Daun binahong adalah pilihan yang baik untuk suplemen makanan herbal alami. Rebus 20 lembar daun binahong di dalam air sebanyak 3 gelas. Pasien harus meminumnya setidaknya sekali dalam sehari agar kondisi tubuh cepat pulih setelah bedah.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengkonsumsi Daun Binahong

Berbagai khasiat daun binahong bagi kesehatan tubuh.

Kita tidak bisa mengkonsumsi daun binahong yang terlalu tua atau terlalu muda. Sangat disarankan agar memilih nomor daun ke-4 hingga ke-7 yang dihitung mulai dari pucuknya. Jangan menyimpannya di dalam kulkas atau memanaskannya kembali, karena akan merusak unsur-unsur di dalamnya. Disarankan menyimpan daun binahong di dalam laci atau lemari dengan suhu ruangan. Dan yang terpenting adalah tidak terlalu banyak mengkonsumsinya. Jika terlalu banyak mengkonsumsi daun binahong, bisa merusak hati dan ginjal. Jadi, tetaplah sehat!

Itulah tadi berbagai khasiat daun binahong yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika kamu merasa artikel ini penting, bagikan juga ke laman media sosial kamu agar keluarga dan teman-teman kamu juga mengetahui manfaat daun binahong yang sangat mujarab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *