16 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai khasiat buah naga bagi kesehatan tubuh.

Buah naga kaya akan nutrisi dan termasuk salah satu buah berkalori rendah. Khasiat buah naga sangat bermanfaat untuk memerangi berbagai penyakit kronis. Selain itu, manfaat buah naga juga termasuk untuk menjaga kesehata. Misalnya untuk meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan zat yang terdapat buah naga meiputi berbagai vitamin dan mineral seperti mangan dan zat besi, dan juga kaya serat. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa manfaat buah naga bagi kesehatan sangat banyak. Buah naga berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan, mengendalikan diabetes, menurunkan kolesterol, meningkatkan pencernaan dan menambah tenaga. Selain itu juga dapat mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung, melawan bakteri dan jamur, dan mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh secara keseluruhan.

Nah, sebelum kita telusuri lebih detil tentang berbagai khasiat buah naga, ada baiknya terlebih dauhulu mengenal buah naga lebih dalam lagi.

Apa itu Buah Naga?

Buah naga adalah buah berbentuk unik dan lezat yang dianggap sebagai makanan super tropis karena kekayaan manfaatnya. Sebutan lain untuk buah naga adalah pitaya atau pitahaya, bahkan ada juga yang menyebutnya pir stroberi. Nama latin buah naga adalah Hylocereus Undatus. Namun, secara teknis pitaya berbeda dari buah naga (pitahaya), karena pitaya berasal dari genus Stenocereus, sedangkan pitahaya berasal dari genus Hylocereus.

Buah Naga juga biasa disebut dengan Pitaya.

Loading...

Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Kemudian negara-negara asal Asia Tenggara seperti Indonesia, Kamboja, Taiwan, Filipina, Thailand dan Vietnam juga membudidayakan buah naga. Selain membudidayakan, negara-negara tersebut juga menjadikan buah naga sebagai bagian penting untuk asupan buah bagi tubuh. Sekarang, konsumsi buah naga tidak hanya bewujud buah yang biasa disajikan dengan es buah atau makanan lain. Tetapi sudah ada produk bubuk pitaya yang kaya akan nutrisi dan sudah tersedia di seluruh dunia.

Berdasarkan penelitian yang diadakan pada tahun 2011 dan diterbitkan di Journal of Food Science, terlepas dari buahnya, ternyata kulit buah naga juga bermanfaat untuk aplikasi farmasi, kosmetik dan nutraceutical.

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Naga

Buah naga adalah salah satu buah rendah kalori dan kaya akan kandungan antioksidan. Hal tersebut membuat buah naga sebagai makanan yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Menurut USDA, buah naga mengandung serat, likopen dan karbohidrat yang yang jumlahnya tinggi. Serta berbagai vitamin yang larut dalam air seperti karoten, vitamin C dan vitamin B niacin dan riboflavin. Kekayaan mineral buah ini juga tinggi, antara lain; magnesium, kalsium, fosfor, zat besi dan natrium.

Selain yang disebutkan di atas, buah naga juga mengandung fitonutrien yang berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit. Kemudian, penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry menunjukkan bahwa biji buah naga mengandung asam lemak tak jenuh ganda (asam linoleat dan asam linolenat), asam lemak omega 3 dan omega 6.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Khasiat buah naga untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut terutama terkait dengan sifat antioksidan, antibakteri dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Secara umum, manfaat buah naga untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme dan memperlancar pencernaan makanan dalam tubuh.

Di bawah ini adalah beberapa khasiat buah naga yang sudah terbukti manjur selama ini.

1. Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Buah naga bermanfaat bagi wanita hamil karena mengandung zat besi, vitamin B dan folat. Studi menunjukkan bahwa zat besi yang terkandung pada buah naga dapat membantu mencegah kekurangan hemoglobin dan juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya anemia. Vitamin B dan folat pada buah naga membantu mencegah cacat lahir dan menambah tenaga.

Selain itu, sifat pencahar ringan buah naga membantu melonggarkan tinja dan mengatur pergerakan usus. Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya juga membantu perkembangan tulang janin, sehingga berkontribusi positif pada kehamilan. Kadar kalsium dan magnesium yang tinggi juga membantu melawan osteoporosis pada wanita pascamenopause.

Baca juga: Makanan untuk Meningkatkan Gairah Seksual Wanita.

2. Melindungi Tubuh Terhadap Serangan Kanker

Sebuah penelitian terbaru tentang buah naga yang dipublikasi di Researchgate pada bulan Januari 2016 menunjukkan bahwa buah naga memiliki sifat antikanker terutama dalam kasus kanker usus besar. Selain kualitas antioksidan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga mengandung sumber antioksidan alami lainnya.

Menurut penelitian tersebut, kandungan karoten dan likopen yang ditemukan pada buah naga adalah antioksidan kuat yang berkaitan dengan berbagai kualitas anti-karsinogenik. Kedua unsur tersebut membantu mengurangi risiko kanker prostat serta menguranig ukuran tumor dalam tubuh. Karena khasiat buah naga termasuk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal tersebut merupakan langkah pertama yang baik bagi orang yang sering saki atau orang yang berisiko tinggi terkena kanker.

3. Kaya akan Serat dan Membantu Pencernaan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Food Chemistry juga menunjukkan bahwa buah naga kaya akan oligosakarida yang membantu mendorong pertumbuhan bakteri usus seperti lactobacilli dan bifidobacteria. Sebuah studi yang diadakan pada tahun 2015 mengenai prebiotik alami di Thailand jgua menunjukkan bahwa buah naga membantu meningkatkan flora usus yang sehat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan demikian, buah naga bermanfaat untuk membantu meningkatkan pergerakan usus, memfasilitasi saluran pencernaan agar prosesnya lancar, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan berbagai enzim yang dubutuhkan untuk pencernaan. Dengan mengatur fungsi usus berkat manfaat serat makanan, buah naga dapat membantu mencegah sembelit, sindrom iritasi usus dan kanker kolorektal.

4. Kaya akan Zat Besi dan Mencegah Anemia

Zat besi juga terkandung dalam buah naga. Merupakan unsur yang baik bagi tubuh untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia. Hal tersebut juga bermanfaat untul membantu produksi sel darah merah yang kemudian membantu oksigenasi yang tepat pada organ vital.

5. Menyehatkan Mata

Buah naga dapat menghambat pertumbuhan sitokrom P450 pada manusia, suatu jenis protein yang ditemukan di hati. Protein tersebut sering merupakan penyebab terjadinya glaukoma kongenital. Juga, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry, kandungan beta-karoten dalam buah naga dapat membantu mencegah degenerasi makula dan mencegah pembentukan katarak dengan menjaga mata terlindung dari radikal bebas yang sangat berbahaya.

6. Kaya akan Magnesium & Vitamin B

Buah naga juga mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh manusia seperti vitamin C, vitamin B dan magnesium. Manfaat magnesium adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang dan kesehatan jantung. Sedangkan Vitamin B1, B2 dan B3 bermanfaat untuk membantu meningkatkan segalanya mulai dari tekanan darah, kesehatan kulit dan kadar kolesterol hingga fungsi tiroid, kadar hemoglobin yang berfluktuasi dan metabolisme karbohidrat.

7. Perawatan Rambut

Menambahkan buah naga segar atau bubuk ekstrak buah naga ke dalam makanan untuk diet sehari-hari dapat membantu menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Nutrisi dari buah naga yang jumlahnya besar bermanfaat untuk membantu mengurangi kerusakan rambut yang diakibatkan oleh bahan kimia pewarna rambut. Hal tersebut juga dapat membantu meningkatkan tekstur rambut dan mengembalikan kilau rambut.

8. Bermanfaat untuk Perawatan kulit

Kandungan Antioksidan yang terdapat pada buah naga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dengan mengurangi efek bahaya radikal bebas dalam tubuh. Selain itu juga dapat membantu merawat luka bakar, menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit kering. Vitamin C yang terkandung dalam buah naga membantu mencerahkan kulit. Coba tambahkan bubuk buah naga kering ke jus untuk diminum sehari-hari dan perhatikan kulit kamu menjadi lebih cerah.

Baca juga: Manfaat madu untuk kulit wajah.

9. Sumber Antioksidan yang Baik

Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Food Science (ncbi.nlm.nih.gov) menunjukkan bahwa kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi dan aktivitas antioksidan pada buah naga dapat digunakan untuk aplikasi kosmetik dan farmasi.

10. Mencegah Peradangan

Salah satu khasiat buah naga adalah sebagai anti peradangan. Bubuk buah naga kaya akan sifat anti-inflamasi atau anti peradangan, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi dan kondisi medis lainnya.

11. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kemudian, manfaat buah naga yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan adalah untuk menguatkan tulang dan gigi. Karena buah naga mengandung kalsium lebih tinggi. Lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya dan dengan demikian dapat menjadi makanan yang sehat sebagai asupan kalsium sehari-hari. Kita memerluakn asupan kalsium setiap hari untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tufts University menunjukkan bahwa diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, protein dan kalsium tepat guna meningkatkan kepadatan tulang.

12. Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapa tmembantu penurunan kadar gula darah. Hal tersebut berarti biah naga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 dan orang yang menderita diabetes tipe lainnya. Dalam sebuah studi ulasan penelitian pada tahun 2017 yang dipublikasi di ncbi.nlm.nih.gov, ditemukan bahwa keseluruhan penderita diabetes menunjukkan penurunan kadar gula darah yang nyata dibandingkan dengan orang yang belum mengkonsumsi buah naga. Lebih lanjut, pradiabetik dengan mengkonsumsi buah naga yang lebih banyak menunjukkan pengurangan glukosa darah yang lebih besar.

13. Meningkatkan Kognisi

Buah naga mengandung vitamin B dan kaya akan vitamin C, yang mana keduanya bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan membran sel. Aktivitas vitamin tersebut dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak tetap berfungsi dengan baik. Baca juga, berbagai makanan yang baik untuk otak.

14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tingginya kadar vitamin C yang terkandung dalam buah naga membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus merangsang aktivitas antioksidan lain dalam tubuh. Menurut sebuah studi penelitian yang diadakan pada tahun 2011, daging dan kulit buah naga putih dan merah memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Hal tersebut dikaitkan dengan mencegah proliferasi sel kanker. Selain itu, antioksidan tersebut bekerja untuk meningkatkan jumlah trombosit, sehingga bisa mengobati demam berdarah dan membantu pemulihan lebih cepat.

15. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Buah naga tidak mengandung lemak jenuh yang tidak sehat. Hal tersebut menyebabkan tingkat HDL (kolesterol baik) yang lebih tinggi dan kadar LDL (kolesterol jahat) yang lebih rendah di dalam tubuh. Kemungkinan mengembangkan terbentuknya plak pada arteri dan vena berkurang, sehingga berkhasiat untuk mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

16. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Sudah saatnya kita menambahkan buah naga ke dalam menu makanan rutin sehari-hari. Terutama bagi orang yang menderita gangguan pernapasan seperti asma dan perokok. Kapsul ekstrak buah naga sudah ada tersedia dijual di toko-toko herbal terdekat. Kalsul ekstrak buah naga membantu menyediakan asupan vitamin C dan antioksidan setiap hari. Terbukti bahwa asupan buah dan sayuran yang tinggi dapat berdampak positif pada kesehatan pernapasan.

Tips Sederhana untuk Memperoleh Khasiat Buah Naga

Buah naga segar dalam bentuk utuh biasa dijual di supermarket lokal atau pasar terdekat di berbagai daerah. Bahkan banyak juga e-commerce atau toko online menjual buah naga ke konsumen akhir. Saat memilih buah naga, pastikan kulitnya tidak terdapat bintik-bintik cokelat. Jika buahnya lunak, mungkin sudah lama dipetik atau sudah busuk. Keripik buah naga merah juga bagus dijadikan camilan sehat bagi semua orang, termasuk orang dewasa dan anak-anak.

Buah naga biasa dijual di pasar atau supermarket.

Berhubung buah naga adalah buah musiman, disarankan juga menyediakan stok bubuk buah naga yang kering, dikemas dengan antioksidan dan sebagai makanan penutup mentah sehari-hari. Jadi, untuk mendapatkan manfaat buah naga sehari-hari sangatlah mudah. Hanya memakan buahnya saja sebagai cuci mulut setelah makan juga sudah memperoleh khasiat buah naga yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *