Keyboard yang Bagus untuk Gaming – Rekomendasi Gamer Sejati

Keyboard Logitech G910 Orion Spark terkesan tangguh dan fitur canggih.

Hampir semua aspek komputer rakitan berubah selama beberapa tahun belakangan ini. Kesan keyboard yang bagus masih kelihatan sama dari keluaran yang lama. Misalnya, keyboard QWERTY yang masih mempertahankan beberapa elemen desain yang berlebihan yang mengingatkan kita ke mesin tik pertama. Saat ini, berbagai bentuk keyboard hadir dengan tata letak tombol yang unik dan dengan variasi warna yang menarik. Ada dua jenis keyboard yang cocok untuk gaming yaitu keyboard mekanik dan keyboard membran.

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas beberapa pilihan keyboard gaming yang bisa kamu pertimbangkan sesuai dengan keperluan. Jadi, sebelum memilih keyboard gaming terbaik dan cocok untuk kamu, perlu juga mengetahui cara memilih keyboard komputer. Jika sudah mengetahui fitur dan fungsi seperti apa yang kamu butuhkan, barulah memilih keyboard terbaik di level harga yang sesuai budget kamu. Semua keyboard komputer yang akan disebutkan di bawah mencakup kedua jenis keyboard yang disebutkan di atas. Langsung saja kita simak daftar keyboard yang bagus dan terbaik untuk gaming di antara yang terbaik!

Daftar Keyboard Membran yang Bagus untuk Gaming

Memang benar seperti pendapat kebanyakan orang bahwa saat ini keyboard mekanik merupakan pilihan para gamers pada umumnya. Tetapi ada masih ada juga yang lebih memilih keyboard dengan pegas karet seperti model lama. Walaupun daftar keyboard pertama berikut berbasis membran, tapi masih merupakan keyboard gaming terbaik berkualitas tinggi. Bahkan beberapa diantaranya tidak kalah dengan keyboard mekanik.

Mari kita lihat seperti apa keyboard yang bagus untuk gaming dengan harga terjangkau yang paling cocok untuk kamu.


SteelSeries Apex 100

Keyboard membran yang bagus untuk gamin; SteelSeries Apex 100.Yang paling pertama pada daftar keyboard gaming terbaik berbasis membran adalah Apex 100 yang produksi oleh SteelSeries. Perusahaan ini terutama dikenal sebagai pembuatan headset, tetapi juga membuat hardware lain dan berbagai aksesoris pelengkap komputer. Yang terpenting, merek SteelSeries disukai oleh para gamer karena standar dan keandalannya yang berkualitas tinggi. Demikian juga dengan produk keyboard Apex 100 nya yang banyak dicari gamers.

Loading...

Meskipun SteelSeries Apex 100 adalah yang termurah dari seri keyboard Apex, kualitasnya jauh diatas keyboard gaming terbaik dengan anggaran tipis. Perlu diingat bahwa ada banyak keyboard yang bagus untuk gaming dengan harga lebih murah dengan tampilan menyerupai yang mekanik. Nah, yang satu ini tidak hanya terlihat seperti keyboard mekanik tetapi juga terasa mekanis berkat tombol-tombol bertegangan cepat yang dipakai.

Fitur

  • Tombol bertegangan cepat. Saat menekan tombol membran biasa, biasanya harus menekannya hingga papan bagian dalam keyboard. Tapi dengan tombol bertegangan cepat, membran-nya sudah bisa ditarik setelah setengah jalan. Sentuhannya terasa seperti sentuhan mengetik pada keyboard mekanik. Dan meskipun masih tidak se-responsif keyboard mekanik, yang satu ini benar-benar bagus mirip koeyboard mekanik.
  • Lampu Latar LED. Pada umumnya, keyboard yang bagus untuk gaming disertai dengan pencahayaan latar. Nah, keyboard Apex 100 dilengkapi dengan lampu latar LED bercahaya biru. Tapi tombol-tombol nya tidak tembus cahaya. Kamu bisa mengatur empat tingkat kecerahan lampu latar dan beberapa opsi efek untuk menyesuaikan selera dan kenyamanan kamu dalam mengetik atau bermain game komputer.

Nilai

Secara keseluruhan, keyboard gaming SteelSeries Apex 100 tidak terlalu bagus kualitasnya. Tapi sudah lebih dari cukup untuk keyboard gaming terbaik dengan harga terjangkau. Keyboard yang satu ini dirancang sangat baik dan terasa sangat mirip dengan keyboard mekanik yang sebenarnya. Walaupun backlighting-nya terbatas, tidak terlalu mengurangi nilai-nya secara keseluruhan.


Corsair K55

Keyboard gaming terbaik jenis membran.Corsair adalah salah satu perusahaan hardware terkemuka dan baru-baru ini secara khusus mulai hanya memproduksi perangkat game komputer. Keyboard gaming terbaik keluaran Corsair lebih dari 10 model. Tetapi kali ini kita akan fokus pada keyboard Corsair yang lebih terjangkau, yaitu versi K55.

Mirip seperti spesifikasi SteelSeries di atas, Corsair K55 adalah keyboard membran dengan mirip model mekanik. Tapi fiturnya tidak seperti Apex 100. K55 hanyalah keyboard membran biasa yang meniru keyboard mekanik dari segi penampilan saja. Tapi tidak semuanya dari segi penampilan saja. Corsair K55 memiliki dua kaki belakang dan dengan lampu latar RGB yang dapat disesuaikan. Dilengkapi juga dengan 6 tombol makro yang dapat diprogram.

Fitur

  • Lampu latar RGB. Corsair K55 memiliki tiga lampu latar RGB di tiga titik. Sehingga harga keyboar gaming ini lebih terjangkau. Akan tetapi, tidak banyak efek custom dan dinamis yang bisa dilihat pada pelataran lampu per tombol. Meskipun demikian, Corsair K55 masih terlihat hebat dan mudah disesuaikan dengan menggunakan software Corsair.
  • Sandaran tangan yang bisa dilepas – Sandaran tangan pada keyboard gaming ini terbuat dari karet sederhana dan juga bisa dilepas sesuka hati. Fitur yang satu ini bukan yang paling nyaman di keyboard gaming lain yang juga memiliki sandaran tangan. Tapi masih cukup bagus melihat harganya yang lebih terjangkau.
  • Tombol makro – Terdapat di bagian paling kiri keyboard yang terdiri dari 6 tombol makro khusus untuk membuat keyboard ini mudah dalam menjalankan perintah kompleks dengan yanya menekan satu tombol. Makro bisa direkam dengan menggunakan tombol “MR” (singkatan Macro Record) yang terletak di sebelah tombol media.

Nilai

Corsair K55 adalah jenis keyboard membran, tetapi seperti yang kamu lihat. K55 tidak hanya mengandalkan RGB, tetapi juga kenyamanan dan 6 tombol makro-nya bisa diandalkan. Fitur yang terdapat pada Corsair K55 jarang ada di keyboard gaming yang bagus lain dengan kelas harga yang sama. Tidak ada kelemahan yang terlalu menonjol pada keyboard gaming . Mungkin hanya terasa agak mahal untuk jenis keyboard membran.


Razer Cynosa Chroma

Keyboard Razer murah dengan backlighting RGB per tombol.Mungkin saat kamu mendengar merek keyboard Razer langsung terpikir “gaming” dan “mahal”. Dan hal tersebut membuat orang lupa bahwa perusahaan hargware ini juga membuat berbagai produk hardware untuk kelas harga yang berbeda juga. Contohnya Razer Cynosa Chroma yang merupakan pilihan keyboard yang bagus buat kamu yang menginginkan keyboard dengan harga terjangkau tapi masih mengandung kualitas Razer yang unik khususnya buat gaming.

Fitur

  • Desain yang sederhana. Keyboard Razer Cynosa Chroma banyak mengadopsi fitur keyboard BlackWidow Razer yang high-end dalam hal desain. Dan memang hampir tidak bisa dibedakan. Tapi tentu saja yang satu ini menjadi keyboard yang lebih murah dan masih berkualitas Kerangka Razer Cynosa Chroma terbuat dari plastik sederhana.
  • Lampu Latar Chroma RGB. Satu hal yang membuat Cynosa terlihat menonjol adalah penggunaan teknologi backlighting RGB yang merupakan ciri khusus Razer. Memang RGB cukup jarang terlihat di keyboard dengan harga murah. Karna RGB sangat bagus dan dapat dikustomisasi seperti Chroma.

Nilai

Razer Cynosa Chroma adalah keyboard yang bagus untuk gaming dengan fitur solid dan berkualitas seperti produk-produk Razer lainnya. Tombolnya responsif dan sama sekali tidak sekaku keyboard yang murni membran. Tapi tidak memiliki fitur tombol makro khusus, sandaran tangan, dll. Meskipun demikian, keyboard gaming ini bisa dipertimbangkan mengingat hadirnya backlighting RGB per tombol yang berkualitas tinggi.


Razer Ornata Chroma

Razer Ornata Chroma adalah keyboard semi mekanik-membran.Selanjutnya adalah keyboard gaming yang masih bermerek Razer. Yang satu ini tidak persis sama seperti keyboard membran, tapi hibrida mekanis-membran – Ornata Chroma. Tombol jenis ini diciptakan oleh Razer sendiri dan menggabungkan sisi terbaik dari mekanik dan membran. Harganya juga murah ditambah respon tombol yang responsif dan taktil tombol mekanis.

Desain nya terlihat elegan dan cukup banyak hal-hal yang terlintas di pikiran jika gamer melihat keyboard dengan merek Razer. Desain luarnya sama dengan berbagai keyboard keluaran Razer baik yang lebih murah ataupun berharga tinggi. Sesuai dengan namanya, Razer Ornata Chroma hadir dengan backlighting Razer Chroma dan bisa diseting atau disesuaikan.

Fitur

  • Tombol Mecha-Membrane. Sebagaimana yang disebutkan di atas, keyboard Razer Ornata Chroma menggunakan teknologi Mecha-Membrane (semi mekanik-membrane) milik Razer untuk menggabungkan fitur tombol membran dan mekanik. Cukup taktil dan hampir sama responsifnya dengan keyboard mekanis utuh. Akan tetapi hanya gamers yang benar-benar terbiasa menggunakan jenis keyboard ini bisa merasakan perbedaan dengan yang utuh mekanik.
  • Lampu latar Chroma RGB. Keyboard yang bagus untuk gaming ini memakai lampu latar Chroma yang juga merupakan ciri Razer. Dari segi pencahayaan keyboard semi-mekanik ini merupakan yang terbaik di antara keyboar sejenisnya. Karena memiliki penyesuaian atau menyetingan yang belum pernah ada sebelumnya sebelumnya seperti efek dinamis dan preset.
  • Sandaran tangan yang bisa dilepas. Razer Ornata Chroma disertai dengan sandaran pergelangan tangan yang besar dan yang pasti akan membuat gamer mengetik atau mengontrol game lebih nyaman.

Nilai

Razer Ornata Chroma adalah keyboard pilihan yang bagus jika kamu menginginkan keyboard Razer dengan teknologi lighting berkualitas dengan harga yang lebih bersahabat. Keyboard ini dilengkap dengan pencahayaan RGB dan bisa disesuaikan. Tombolnya jenis hibrida yang merupakan upgrade pegas karet yang biasa. Namun, sebagai produk bermerek Razer, Razer Ornata Chroma masih cukup mahal. Faktanya, ada beberapa keyboard mekanik berkualitas tinggi yang bisa kamu dapatkan dengan harga kurang lebih sama dengan harga keyboard ini.


Keyboard Mekanik yang Bagus untuk Gaming

Dan sekarang mengulas keyboard yang disukai para gamer sejati. Teknologi ini sebenarknya berasal dari awal 70-an. Akan tetapi, tombol mekanik bahkan menjadi sangat disukai oleh kalangan gamer selama beberapa tahun terakhir ini. Alasan utamanya adalah tombol yang sangat responsif dan nyaman digunakan.

Kayboard yang bagus untuk gaming khususnya versi mekanik ini yang akan kita lihat kali ini terdiri dari model keyboar mekanik dengan harga terjangkau, fitur mencolok dan yang mahal. Namun, semuanya pada kategori ini sesuai dengan standar kualitas tertinggi. Inilah beberapa keyboard mekanik yang bagus untuk gaming.


Kingston HyperX Alloy FPS

Kingston HyperX Alloy FPS terkesan simpel dan praktis.Sama seperti Corsair, Kingston mulai merambah ke produk perangkat keras. Seiring berjalannya waktu, Kingston menciptakan label HyperX yang difokuskan untuk produk hardware gaming. Bukan hanya periferal saja, tapi juga komponen PC internal seperti RAM dan ruang penyimpanan SSD. Tampilan bodi Kingston HyperX Alloy FPS tidak terlalu banyak didandani. Walaupun terlihat simpel dan sederhana, keyboard mekanik ini merupakan keyboard yang bagus untuk bermain game komputer.

Salah satu periferal berlabel HyperX yang paling dikenal adalah HyperX Alloy FPS. Sebuah keyboard yang sangat mantap yang hadir dalam dua varian dan dengan beberapa jenis switch. Antara lain Cherry MX Blue, Brown, dan Red. Bodi keyboard ini cukup minim, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Dengan demikian tombol-tombolnya terlihat lebih tinggi dari tombol keyboar lain padahal sebenarnya kurang lebih sama tingginya.

Fitur

  • Lampu latar LED merah. Keyboard gaming ini dilengkapi dengan lampu latar bercahaya merah yang sederhana, tapi efektif. Yang biasa memakai lampu latar RGB mungkin merasa kurang nyaman dengan keyboard ini. Karena cahaya merah kurang baik. Alasannya, warna merah adalah warna agresif dan memang bagus untuk konteks game. Tetapi gelombang cahaya merah yang rendah sangat mengganggu pada kondisi ruangan bercahaya rendah.
  • Bingkai baja yang solid. Berbeda dengan bodi plastik besar yang sering terlihat pada keyboard gaming. Bodi utama keyboard gaming yang satu ini hampir tidak ada. Seluruh bagian depannya terbuat dari baja. Sedangkan bodi bagian belakangnya terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi.
  • Portabilitas. Terlepas dari keseluruhannya, faktor lain yang bisa dipertimbangkan adalah portabilitas keyboard ini. Kabel powernya dapat dilepas dan keyboard ini dilengkapi dengan tas jinjing empuk agar aman untuk di bawa kemana-mana.
  • Alloy FPS Pro. Seeprti yang telah disebutkan tadi, Alloy FPS PRO keyboard berlabel Kingston HyperX Alloy FPS terdiri dari dua varian. Yang pertama adalah yang standard dan Alloy FPS Pro yang tanpa pad nomor yang sangat bagus untuk portabilitas. Sebenarnya keyboard gaming yang satu ini tidak menambahkan fitur tambahan apa pun, tetapi jelas lebih murah karena memiliki tombol lebih sedikit.

Nilai

Sebenarnya, HyperX Alloy FPS adalah keyboard yang bagus yang paling diinginkan para gamer karena cocok untuk meja manapun dan praktis untuk dibawa-bawa. Hadir dalam dua varian dan beberapa jenis tombol, yang mana jenis Cherry MX yang paling disukai. Jadi, keyboard ini cocok untuk selera semua orang. Satu-satunya kekurangannya adalah bahwa lampu latar yang bercahaya merah yang membuat tidak nyaman pada kondisi ruangan cahaya rendah.


Logitech G910 Orion Spark

Keyboard Logitech G910 Orion Spark terkesan tangguh dan dilengkapi dengan fitur canggih.Kurang seru kalau bicara mengenai keyboard yang bagus tanpa membahas keyboard bermerek Logitech. Logitech adalah perusahaan yang terkenal terutama untuk produk berkualitas tinggi. Salah satunya adalah keyboard gaming yang akan kita bahas di sini, yaitu G910 Orion Spark.

Keyboard khusus untuk gaming ini sangat kontras dengan Alloy FPS yang minimalis, bingkai besar, sudut tombol yang runcing, pencahayaan RGB, dan keseluruhan detail yang dikemas di dalamnya. Keyboard yang ini berbeda karena tidak menggunakan Cherry MX, tapi tombol jenis Romer-G milik Logitech sendiri.

Fitur

  • Lampu latar RGB. Seperti yang diharapkan para gamer, keyboard memiliki pencahayaan RGB yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan mudah menggunakan software.
  • Arx Control. Ciri yang agak unik dari Logitech G910 Orion Spark adalah dock Arx Control yang terletak di bagian atas keyboard. Dengan menggunakan aplikasi resmi Arx untuk iOS atau Android, kamu dapat memantau data kinerja perangkat keras komputer kamu, mengelola periferal, bahkan mengontrol multimedia Semua dikemas menjadi satu pada layar ponsel atau tablet kamu.
  • Tombol makro. Yang terletak di sebelah kiri keyboard ini adalah sembilan tombol makro yang dapat diprogram. Fitur ini bagus untuk memerintah instruksi yang kompleks dengan hanya menekan satu tombol, baik dalam bermain game komputer ataupun untuk menulis kode script.
  • Romer–G switches. Beberapa tahun yang lalu, Logitech memperkenalkan jenis tombol mekanik keluaran Logitech sendiri. Jauh lebih baru daripada switch Cherry MX dan lebih responsif karena jarak dedalamannya lebih rendah dan lebih tahan lama.

Nilai

Jika kamu adalah penggemar game berat dan agresif, maka G910 Orion Spark adalah keyboard yang bagus untuk kamu. Tidak hanya bagus tetapi juga sangat fungsional dengan hadirnya fitur Arx control, tombol-tombol makro dan tombol Romer-G yang sangat handal yang dikemas dalam keyboard gaming terbaik yang satu ini. Ada juga orang yang mungkin lebih suka switch Cherry MX. Dengan desain yang berorientasi pada game, mungkin tidak semua orang suka keyboard ini walaupun firturnya canggih.


Logitech G810 Orion Spectrum

Logitech G810 Orion Spectrum adalah keyboard gaming yang praktis.Jika kamu suka desain keyboard minim, Logitech punya stok buat kamu, yaitu Logitech G810 Orion Spectrum. Terlihat lebih solid dan sporty, lebih ramping dan tampilannya jauh lebih agresif daripada G910. Tapi juga masih mempertahankan tombol Romer-G dan pencahayaan RGB yang sama.

Fitur

  • Lampu latar RGB. Sama seperti saudaranya G810 yang menggunakan teknologi RGB Logitech yang sama. Memungkinkan untuk backlighting kelas satu dengan kemampuan penyesuaian yang sangat baik melalui software.
  • Romer-G switch. Switch ciptaan Logitech ini juga dipakai pada Logitech G810 Orion Spectrum.
  • Desain netral. Desain keyboard ini cukup minim jika dibandingkan dengan G910. Sangat bagus buat kamu yang menyukai keyboard simpel dan sederhana.

Nilai

Secara keseluruhan, G810 sangat ideal dari segi harga, berada di tengah-tengah HyperX Alloy FPS dan saudaranya G910. Keyboard gaming ini mengadopsi fitur-fitur terbaik dari kedua keyboard tersebut. Desain yang praktis dan lebih halus dari Alloy FPS, ditambah pencahayaan RGB yang sama seperti yang terdapat pada G910.


Corsair K70

Corsair K70 terkesan lebih elegan dan rapi.Selanjutnya, keyboard gaming bermerek Corsair seri K70. Kedua ini, bagaimanapun, di sisi berlawanan dari spektrum, dengan K70 menjadi model top-of-the-line. Tapaknya lebih kecil dari yang seri K55 dengan desain ramping dan minim pelengkap. Mirip dengan keyboard FPS HyperX Alloy tapi jelas berbeda dari segi pencahayaan tombol. Corsair K70 memakai backlighting RGB dan tersedia dengan beberapa jenis switch Cherry MX.

Fitur

  • Lampu latar RGB. Corsair K70 dilengkapi dengan backlighting RGB per tombol berkualitas tinggi. Seperti yang diharapkan para gamer, lampu latar ini bisa disesuaikan melalui software Corsair yang bisa diunduh secara gratis dari situs resmi Corsair.
  • Berbagai switch Cherry MX. Selain switch standar biru, merah, dan coklat, Corsair juga memasarkan keyboard ini dengan dua versi lain, yaitu: Cherry MX Silent dan sakelar Cherry MX Speed. Yang pertama adalah varian dari Red, karena linear dan redup suara. Sedangkan yang terakhir adalah switch putih keperakan yang juga linier tetapi memiliki jarak aktuasi hampir setengah switch Cherry MX standar.
  • Kualitas desain premium. Bodi Corsair K70 terbuat dari aluminium K70 yang kokoh tapi ringan, sekaligus terkesan premium.
  • Alas pergelangan tangan yang bisadilepas. Fitur standard lain adalah alas pergelangan tangan yang bisa dilepas sehingga bermain game komputer atau mengetik jadi lebih nyaman.

Nilai

K70 dibuat untuk tampilan dan kinerja yang mengesankan. Terutama jika kamu menggunakan varian Cherry MX Speed. Kekurangannya adalah tidak adanya tombol makro. Terlepas dari itu, hal tersebut bukan jadi masalah besar dalam gaming.


Razer BlackWidow Chroma V2

Razer BlackWidow Chroma V2 adalah keyboard high-end idaman gamer sejati.Dan yang terakhir adalah keyboard bermerek Razer dengan seri BlackWidow Chroma V2. Ini adalah versi baru dan terupdate dari Chroma BlackWidow yang sebelumnya asli.

Jika kamu ingin mengganti keyboard yang lebih murah, maka V2 adalah pilihan keyboard yang bagus. Keyboard memiliki tampilan yang lebih profesional dan dilengkapi dengan alas tangan magnet seperti yang terdapat pada Chroma Ornata.

Fitur

  • Lampu latar Chroma RGB. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur ini adalah pencahayaan keyboard terbaik dengan kemampuan penyesuaian yang luar biasa dan sejumlah efek yang bisa kamu pilih.
  • Tiga jenis switch Razer. Sama seperti Logitech, Razer juga menerapkan switch asli buatan sendiri. Termasuk switch hijau, oranye, dan kuning.
  • Lima tombol makro. Tombol makro terletak di sebelah kiridapat diprogram. Fitur ini yang pasti sangat diinginkan oleh gamers, desainer, ataupun programmer.
  • Sandaran pergelangan tangan yang bisa dicopot. Sama seperti seri pendahulunya, BlackWidow V2 memiliki sandaran pergelangan tangan yang sangat nyaman seperti yang terdapat pada Chroma Ornata.

Nilai

Tidak dapat dipungkiri bahwa keyboard yang bagus ini adalah alat gaming komputer berkualitas tinggi dengan bentuk yang kokoh dan dengan tombol yang sangat responsif. Fungsionalitas-nya sempurna dan sekaligus menjadikannya keyboard yang bagus dan yang diinginkan gamer sejati. Namun hal yang kurang bersahabat dari BlackWidow Chroma V2 adalah harganya yang lebih mahal. Tapi tidak jauh lebih mahal daripada keyboard high-end lainnya.

One thought to “Keyboard yang Bagus untuk Gaming – Rekomendasi Gamer Sejati”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *