Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Kelebihan Scanner Flatbed Dibandingkan Scanner Jenis Lain

Scanner flatbed memilik kelebihan dalam memindai berbagai jeniks dokumen seperto foto, lembaran surat, halaman dalam buku dan benda apa pun yang bisa diletakkan di permukaan scanner. Scanner flatbed kompatibel dengan sistem Windows, Mac dan Linux, dan juga dilengkapi dengan software yang mudah digunakan. Produsen scanner flatbed yang palingterkenal adalah Epson, Microtek dan Hewlett-Packard. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan scanner flatbed dibandingkan dengan scanner drum atau jenis yang lain.

Ukuran Pemindaian

Alat ini mampu memindai dokumen yang berukuran hingga 20 hingga 30 cm jika meletakkan dokumen yang ingin discan pada perangkat kacanya. Jika menggunakan ADF, perangkat ini mampu menscan dokumen berukuran 20 hingga 35 cm. Scanner flatbed juga tersedia dalam model, ada yang bisa menscan dokumen berukuran 30 sampai dengan 43 cm kali 17 dan ada juga yang mampu menscan dokumen yang berukuran lebih besar.

Rentang Pemindaian dan Lampiran

Scanner flatbed dapat menangkap semua sisi permukaan dokumen tanpa haruskan membalik dokumen jika menggunakan ADF. Secara otomatis, unit ADF bisa menscan kedua sisi dokumen. Scanner flatbed juga mampu menscan film negatif melalui Transparent Media Adapter yang juga dikenal sebagai TWA. Unit TMA juga dapat memindai kaca negatif.

Kualitas Salinan

Pengaturan resolusi hasil scan pada perangkat ini bervariasi, tergantung modelnya. Ada beberapa model scanner flatbed yang mampu menscan dengan resolusi 1.200 titik per inci (dpi) dan ada juga yang bisa menghasilkan kualitas salinan dengan kualitas resolusi yang lebih tinggi. Pengguna bisa menyesuaikan tingkat DPI secara manual melalui program aplikasi perangkat dan juga bisa mengatur tingkat kualitas warna salinan yang akan dihasilkan. Pengguna juga bisa menentukan apakah dokumen yang akan dipindai harus berwarna atau hanya hitam dan putih. Kelebihan scanner flatbed yang satu ini menjadi alasan orang-orang untuk mencetak foto agar menghasilkan kualitas warna sesuai dengan yang diharapkan.

Tidak Bergerak atau Berputar

Selama proses pemindaian, dokumen yang diletakkan di platform kacanya dan tidak harus menggerakkan penggulung dokumen seperti scanner drum. proses pemindaian seperti ini mengurangi risiko kerusakan dokumen atau terjebak oleh penggulung di dalam drum scanner nya. Scanner flatbed juga cocok untuk menscan foto jadul, buku dan dokumen yang rentan terhadap air.

Loading...

Kecepatan dan Produktivitas

Perangkat ini bisa memindai dokumen yang bertuliskan teks hitam dengan kecepatan hanya sekitar 27 lembar per menit. Jika memindai dokumen atau kertas berwarna, proses pemindaian butuh waktu kira-kira 11 lembar per menit. Jumlah lembar dokumen yang bisa discan per menit bervariasi, tergantung pada model scanner dan aksesori (alat pelengkap) yang dikunakan atau dipasang. Scanner flatbed terdiri dari beberapa tombol di bagian depan yang memungkinkan pengguna memindai atau menyalin dokumen tanpa harus membuka program software-nya. Yang mana, program software atau aplikasinya bisa dioperasikan melalui komputer.

Fitur Tambahan

Scanner flatbed terhubung ke komputer pengguna melalui koneksi USB. Scanner flatbed keluaran lama masih ada yang terhubung ke komputer melalui koneksi port paralel. Beberapa model scanner flatbed bisa berinteraksi terkoneksi ke jaringan komputer atau internet, sehingga, yang bisa menggunakan satu unit scanner flatbed tidak hanya satu komputer saja. Jadi, sangat cocok untuk keperluan kantor atau pekerjaan yang butuh alat scanner dengan personel tim yang berbeda tempat kerja.

Itulah tadi beberapa kelebihan scanner flatbed yang mungkin cocok untuk keperluan anda. Jika ada masukan, komentar, atau sekedar tambahan, silahkan masukkan komentar di kotak komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *