Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Kelebihan iPhone Dibanding Android Secara Keseluruhan

Berbicara mengenai hp iPhone, yang pertama terlintas di pikiran adalah mahal. Lalu muncul pertannyaan; “apa sih kelebihan iPhone dibanding Android?” Tidak bisa dipastikan bahwa iPhone selalu unggul dari Android di segala bidang. Karena memang banyak juga orang yang beralih dari iPhone ke Android sejak digoda oleh fitur-fitur terbaru andalan Android. Tapi nasib iPhone tidak bisa disamakan seperti kisah kelam Nokia yang merajai pasar ponsel genggam pada masa jayanya. iPhone dan Android adalah dua ponsel cerdas terbaik yang bersaing ketat untuk memenangkan hati para pelanggan.

Memang kita bisa menemui titik lemah iPhone dibanding Android di beberapa bagian fitur. Salah satunya fitur distribusi aplikasi, yang mana Android dilengkapi dengan akses ke Google Play Store yang sarat akan jumlah variasi aplikasi dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan. Ditambah lagi teknologi Cloud pada Google Docs dan Drive yang memanjakan para pengguna Android dengan cuma-cuma. Tentu hal tersebut sangat menggiurkan.

Di lain hal, banyak juga orang yang sudah pernah mencoba sistem iOS semakin suka dan mengikuti update produk iPhone terbaru, meskipun harganya dibandrol tinggi hingga diatas 10 jutaan. Nah, biar nggak semakin penasaran, pada artikel ini kita akan mengulas berbagai kelebihan iPhone dibanding ponsel Android yang membuat orang rela mengeluarkan uang puluhan juta untuk membeli ponsel iPhone.

Kelebihan Hp iPhone

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang banyak orang yang malah lebih suka Android ketimbang iPhone. Tapi bagi orang yang sudah melekat dengan iPhone seperti yang disebutkan tadi, tau dimana titik unggul iPhone dibanding Android. iPhone dilengkapi dengan perangkat keras (hardware) bawaan yang berkualitas dan berbagai opsi kustomisasi perangkat lunak (software).

Zaman sekarang ini, mengulas telepon genggam kurang lebih sama dengan mengulas komputer atau laptop. Karena kita tidak boleh mengabaikan salah satu dari antara software dan hardware yang digunakan. Jadi, tidak cukup hanya sebatas software atau aplikasi yang memiliki berbagai fitur dan fungsi. Hardware yang bagus juga sangat mendukung kinerja software pada ponsel, sehingga nilai produktifitas ponsel tersebut semakin tinggi. Buat apa beli aplikasi canggih yang memiliki fitur dan nilai produktifitas tinggi jika hardware hp kita tidak tahan atau tidak sanggup untuk menjalankannya.

Loading...

Kehadiran ponsel Android terbaru seperti Samsung Galaxy S9 dan Google Pixel 2 sangat menarik perhatian banyak orang karena memiliki desain seksi dan kamera yang menarik. Tetapi kamu bisa perhatikan orang-orang yang dari dulu setia pada perangkat bersistem iOS yang lebih memilih iPhone dari pada Android, walaupun keluaran hp Android terbaru sekarang canggih-canggih. Meskipun standard hp Android sekarang sudah mendukung kelebihan Android Nougat yang lebih canggih dibanding versi sistem Android yang lama. Orang yang loyal dan tau kelebihan iPhone pasti akan tetap melekat dan merekomendasikan iPhone ketimbang Android.

iPhone vs Android

Perlu dicatat bahwa artikel ini tidak mengatakan; iOS lebih unggul dari sistem Android atau sebaliknya. Sistem operasi iOS dan Android memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Di lain kesempatan kita juga akan membahas sistem iOS vs Android secara menyeluruh. Sedangkan untuk perangkat ponsel genggam, keluaran Apple hanya berlabel iPhone. Sedangkan “hp Android” (bukan sistem Android) banyak mereknya. Mulai dari hp Samsung, hp Xiaomi, Nokia, Oppo, dan masih banyak merek hp Android yang lain.

Keunggulan iPhone Dibanding Android

Tampilan depan dan belakan iPhone X.Apple juga tidak kalah gencar dalam meluncurkan perangkat iPhone terbaru, seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, atau iPhone X. Alasan orang-orang memilih iPhone bukan hanya karena platformnya saja. Tetapi juga melihat bagaimana perangkat software dan  hardware nya saling melengkapi satu sama lain. Contohnya, iPhone juga bisa digunakan secara bersamaan dan tersinkron dengan gadget Apple lainnya seperti Apple Watch, Apple TV dan juga komputer Mac. Itu termasuk ke faktor ekosistem, yang mana lebih unggul dibandingkan dengan fitur sinkronisasi Android. Untuk lebih detailnya, berikut kita uraikan 10 kelebihan iPhone dibanding Android.

1. Ponsel Cerdas yang Lebih Mudah Digunakan Dibanding Android

Jauh lebih mudah mempelajari penggunaan iPhone dibanding Android.Meskipun sistem Android terbaru dirampingkan, seperti pada sistem Nougat yang sudah dibahas sebelumnya, iPhone masih tetap ponsel cerdas yang lebih mudah digunakan sejauh ini. Pecinta iPhone mungkin menyesali kurangnya perubahan dalam tampilan dan nuansa sistem iOS selama bertahun-tahun. Akan tetapi, ada nilai tambah di balik hal tersebut, yaitu cara pemakaian yang hampir sama seperti pada tahun 2007. Cukup genggam ponsel iPhone, aktifkan dan sentuh salah satu aplikasi untuk mulai menggunakan fiturnya.

Memang Apple telah merilis berbagai sistem tambahan selama bertahun-tahun, seperti Siri dan Control Center. Namun iPhone masih tetap mudah digunakan. Dengan hadirnya sistem iOS 10, Apple membuka peluang bagi para pengembang software untuk mengembangkan Siri dan iMessages dan ada widget yang bisa disesuaikan pada layar Today. Jadi, sekarang iPhone tidak bisa dibilang seperti taman bermain yang dipagari lagi. Bahkan dengan rilisnya sistem iOS 11, Apple menambahkan fitur edit pada Live Photos, fitur pembayaran ke teman-teman pada aplikasi Messages dan menata file melalui aplikasi File yang diakses melalui penyimpanan cloud seperti fitur yang lebih dulu ada pada Android.

2. Kinerja iPhone Jauh Lebih Cepat Dibanding Android

Prosesor A11 Bionic pada seri iPhone terbaru jauh lebih cepat dari raja hp Samsung terbaru tahun 2018.
Prosesor/CPU A11 Biotic / Sumber gambar: ExtremeTech.com

Kelebihan iPhone lainnya terletak pada prosesor atau CPU nya. Tak tanggung-tanggung! Perangkat ponsel terbaru keluaran Apple seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus atau iPhone X dilengkapi dengan chip bawaan berlabel A11 Bionic yang bisa dibilang jauh lebih cepat dibanding ponsel Android manapun. Prosesor canggih ini tidak hanya menjadi keunggulan iPhone dibanding Android dari segi kinerja. Tetapi juga unggul dari segi tolok ukur sintetis seperti Geekbench 4 dan 3DMark.

Kelebihan iPhone ini membuat perangkat berbasis iOS terbaru tadi jauh lebih unggul dari perangkat Android terbaru berlabel Galaxy Note 8 dan Pixel 2 XL dalam hal aktifitas berat seperti mengedit video 4K yang baru-baru ini lagi ngetren. Selain itu, membuka file besar juga menjadi lebih ringan, seperti membuka eBook dengan ribuan halaman, mengedit file spreadsheet (sejenis Excel kalau di Windows) yang banyak datanya, atau file-file berat lainnya. Hebatnya, bahkan dua kali lebih cepat dibandingkan rajanya hp Samsung, Galaxy S9. Tapi belum tau jika dibanding dengan Samsung Galaxy S10, karna rilisnya tahun depan.

Dengan kecepatan seperti itu, bermain game grafis juga jauh lebih ringan, terutama game dan aplikasi VR atau augmented-reality yang baru-baru lagi gencar-gencarnya dikembangkan ke teknologi gaming pada perangkat telepon genggam.

3. Tidak ada Bloatware

Tidak ada bloatware pada hp iPhone.Samsung dan merek lain memang sudah berusaha meminimalkan kekecewaan pengguna dengan membundelkan semua bloatware dari distributor ke dalam satu folder. Tapi hal tersebut masih saja mengambil ruang penyimpanan ponsel Android. Selain menyita ruang penyimpanan, terkadang bloatware pada Android tetap nakal walaupun sudah dinonaktifkan, karena mau jalan sendiri dan juga menyita quota internet. Yang lebih parah lagi, bloatware pada Android biasanya tidak bisa diuninstall seperti menghapus aplikasi lain.

Salah satu kelebihan iPhone dibanding Android adalah, tidak adanya software yang disisipkan oleh distributor pada hp iPhone. Karena Apple punya distributor penjualan iPhone resmi. Baca juga cara membedakan iPhone asli dan palsu. Tentu hal tersebut membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Memang Apple menyertakan beberapa aplikasi yang mungkin tidak kamu butuhkan seperti Apple Watch. Tetapi Apple jauh lebih fleksibel dibandingkan berbagai produsen Android yang menggabungkan atau membundel apps bawaanya sendiri. Contohnya pada iPhone yang sudah upgrade ke iOS 11. Aplikasi bawaan bisa dinonaktifkan. Tentu kelebihan iPhone yang satu ini menjadi hal prioritas demi kenyamanan penggunaan, menjaga privasi, mengoptimalkan penggunaan ruang penyimanan dan juga quota internet.

4. Berbagi dengan Anggota Keluarga

Fitur Family Sharing pada iPhone bermanfaat untuk menghemat belanja mobile.Keluarga Apple atau keluarga yang semuanya atau beberapa anggota keluarga sama-sama menggunakan iPhone, bisa sama-sama menggunakan aplikasi yang dibeli hanya sekali melalui App Store. Dengan fitur Family Sharing pada iPhone, ibu, ayak, dan anak-anak bisa berbagi aplikasi, eBook, musik, atau film yang dibeli dari App Store, iTunes, dan iBooks maksimal 6 orang. Kamu tetap sepenuhnya mengontrol akun iTubes kamu.

Jika kamu adalah kepala keluarga dan anak kamu juga punya iPhone, ketika dia ingin membeli apps di iTunes, kamu akan menerima notifikasi melalui fitur Ask to Buy. Sehingga kamu juga bisa menyimpan aplikasi tersebut dan yang lebih lebih baik lagi, fitur ini berguna untuk mencegah pembelian skot jantung yang dilakukan anak seperti yang sering terjadi pada pengguna Andorid.

Kita semua tahu bahwa anak-anak zaman sekarang kalau sudah kenal game Android pasti ngerti download game sana-sini. Yang parahnya, kalau yang digunakan adalah hape Android kamu (biasanya hape ortu lebih canggih dan cocok untuk main game), si anak bisa jadi melakukan pembelian dengan pembayaran pakai pulsa secara otomatis tanpa sepengetahuan kamu.

Pada iPhone, kamu bisa memilih paket penyimpanan iCloud 200GB untuk keluarga ($ 2,99 per bulan) atau atau $ 9,99 per bulan untuk kapasitas penyimpanan 2TB.

Fitur Family Sharing lainnya juga bisa berbagi album foto bersama, kalender bersama, dan dilengkapi dengan fitur untuk melihat lokasi anak-anak pada peta dengan pelacakan GPS. Google tidak menyediakan fitur resmi utnuk sharing keluarga pada perangkat Android. Tapi butuh aplikasi aplikasi kontrol orang tua dari pihak ketiga. Fitur yang satu ini menjadi kelebihan iPhone yang paling disukai oleh keluarga Apple.

5. Integrasi Antara Software dan Hardware Lebih Baik

Integrasi hardware dan software pada iPhone lebih baik dibanding Android.
Gambar: Pixabay.com

Layar sentuh 3D pertama kali diperkenalkan Apple pada keluaran hp iPhone 6s. Fitur ini cukup cerdas untuk mengetahui tujuan sentuhan jari pengguna. Jadi, sejak keluarnya iPhone 6s sampai sekarang, para pecinta iPhone bisa melakukan tindakan cepat pada beranda hanya dengan menekan ikon aplikasi agak lama. Fitur ini sangat bagus untuk mengabadikan momen-momen penting yang terjadi tanpa kita ketahui sebelumnya sementara aplikasi kamera hp kita tidak stand by. Tinggal tekan ikon kamera beberapa detik, langsung siap untuk memotret.

Sedangkan mode potret pada iPhone 8 Plus dapat menambahkan efek pencahayaan canggih dengan hanyua satu sentuhan jari. Dan iPhone X bisa mengenali wajah kamu dengan car ascan wajah untuk buka hp iPhone kamu, pada saat punya jenggot atau tidak, atau mengenakan kaca mata atau tidak. Sementara hp Android  yang bisa mengenali wajah baru hadir dua tahun setelah rilisnya fitur Apple Face ID ini.

6. Pengguna iPhone Lebih Dulu Menikmati Aplikasi Terbaik Dibanding Pengguna Android

Sekarang kita bisa lihat bahwa iOS dan Android sama-sama memiliki jutaan aplikasi yang didistribusikan di store masing-masing. Bahkan bisa dibilang lebih banyak aplikasi pada Android Playstore. Tapi para developer masih mengutamakan iPhone sebagai platform untuk meluncurkan aplikasi terbaik mereka. Makanya tidak heran kalau pengguna Android sering terlanjur menggunakan aplikasi yang masih beta. Kelebihan iPhone dalam hal up-to-date dalam penggunakan aplikasi yang lagi ngetren membuat orang-orang rela mengeluarkan puluhan juta untuk menggenggam perangkat berbasis iOS ini.

Sebagai contoh, game Mario Run pertama dirilis pada iOS pada bulan Desember 2016. Sedangkan peluncurannya pada Android dimulai pada bulan Maret 2017. Aplikasi Netflix pertama kali ngehits di iTunes sebelum ngehits di Goggle PlayStore. Contoh lainnya seperti aplikasi Super Mario Run dan HQ Trivia yang terlebih dulu dinikmati pengguna iPhone. Singkatnya, rata-rata aplikasi atau game Android terbaik pertama kali dinikmati pengguna iPhone. Nah, tentunya iPhone cocok untuk kamu yang tidak ingin diperlakukan seperti warga netizen kelas dua.

7. Bekerja Sempurna pada Komputer Mac

Sinkronisasi antara iOS dan MacOS.Jika kamu belum pernah mencoba komputer Mac, kamu mungkin kaget mengetahui kalau iPhone juga bisa digunakan pada sistem Mac. Menggunakan Mac berarti kamu juga bisa menikmati sebagian besar kelebihan iPhone. Karena memang MacOS adalah sistem komputer keluaran resmi Apple yang diatur agar kompatibel dengan iOS. Misalnya, menggunakan fitur Continuity pada komputer Mac untuk mengirim dan menerima SMS dan juga menerima dan melakukan panggilan telepon. Yang perlu kamu lakukan hanya menjaga jarak iPhone kamu tetap di dekat komputer Mac kamu. Memang komputer kamu juga bisa menggunakan aplikasi Android pada Windows. Tapi agar bisa melakukan semua fungsi hape Android pada Windows, butuh konfigurasi dan sinkronisasi yang lumayan ribet dan butuh emulator.

Berkat iCloud, iPhone dan Mac bisa tetap sinkron dan kamu juga bisa memiliki akses mudah di Mac kamu untuk memindahkan foto dari iPhone ke komputer atau catatan dan dokumen lainnya agar lebih mudah diakses dan tidak terhapus. Dengan hadirnya iOS 11, aplikasi File terbaru mempermudah sinkronisasi semua file yang ada pada iCloud ke komputer Mac kamu. Sedangkan MacOS High Sierra dilengkapi dengan aplikasi Photo yang lebih mirip dengan iOS dan dengan fitur edit Live Photo dan album People yang disempurnakan. Sehingga cukup mudah untuk transisi data dari iOS ke macOS.

8. Pembaruan OS yang Lebih Canggih

Fitur-fitur iOS12 jauh lebih canggih dari generasi sebelumnya.
Apple memperkenalkan fitur-fitur baru pada iOS 12, sumber: Apple.com.

Kabarnya, seminggu setelah peluncuran iOS 11, 25 persen perangkat iPhone di seluruh dunia mengupgrade sistemnya. Hingga Januari 2018, 65 persen perangkat berbasis iOS menggunakan iOS 11. Lain halnya dengan Android. Pada awal peluncuran sistem Android Oreo, hanya ada 0,7 persen dari pengguna Android yang menggunakannya. Hal ini memnunjukkan bahwa para pengguna iPhone (yang compatible) selalu menantikan fitur-fitur baru dan pembaharuan sistem yang lebih canggih pada setiap upgrade OS.

Sementara, lain halnya dengan para pengguna Android. Banyak rintangan upgrade OS Google yang harus dihadapi, terkecuali pengguna hp Android murni yang bermerek Samsung, Pixel 2, HTC dan LG. Karena, para produsen hp berbasis Android harus memiliki sertifikasi operator untuk OS Google terbaru agar pengguna hp mereka bisa upgrade OS terbaru. Ditambah lagi tidak kompatibelnya ponsel lama untuk Android terbaru.

Itulah alasan mengapa LG mendirikan pusat upgrade perangkat lunak untuk mempercepat pembaruan OS. Jika kamu memiliki iPhone yang kompatibel, minimal iPhone 5, kamu bisa menikmati kemewahan iOS 11. Jadi, tidak seperti kebanyakan penggunaan Android yang harus ganti hape agar bisa menikmati kemewahan OS Android baru. Kelebihan iPhone ini membuat hati para pengguna iPhone tetap pada pilihannya. Sementara, banyak para pengguna Android yang masih menggunakan hape Android keluaran lama kecewa karena tidak kompatibel untuk upgrade ke OS Google terbaru.

9. Apple Pay

Aplikasi Apple Pay sangat berguna untuk melakukan pembayaran yang lebih aman.
Sumber: Economia3.com

Selain Android Pay dan Samsung Pay, sebenarnya masih banyak lagi saingan Apple Pay yang memfasilitasi fitur pembayaran online. Akan tetapi, jika kamu menggunakan iPhone, Apple Pay bisa menjadi metode pembayaran yang paling aman untuk melakukan pembayaran mobile. Apple Pay juga mudah digunakan. Untuk menggunakan Apple Pay hanya perlu mendekatkan iPhone kamu ke mesin pembayaran yang kontrol kasir, kemudian tekan jari kamu pada sensor Touch ID.

Sedangkan pada iPhone X, kamu cukup menekan dua kali tombol pada sisi ponsel kamu dan kemudian menatap ponsel untuk menggunakan Face ID. Jika kamu tidak suka  menggunakan ponsel untuk membayar belanjaan kamu di toko, kamu bisa mencoba alternatif lain. iOS 11 mendukung pengiriman dan penerimaan uang dari teman, keluarga, atau mitra bisnis via aplikasi Messages. Keunggulan iPhone dalam hal bertransaksi mobile menjadi fitur yang bermanfaat untuk keamanan. Karena tidak perlu lagi kawatir kehilangan uang pada saat bepergian. Kalau iPhone-nya yang hilang, data masih tetap aman karena perangkat tidak bisa dibuka oleh orang lain.

10. Bantuan dan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Jika kamu ada masalah dengan ponsel Android kamu, kamu bisa mencari solusi di forum online atau situs blog tutorial. Atau kadang butuh menelepon ke operator. Tetapi jika kamu menggunakan iPhone, kamu bisa memanfaatkan database bantuan yang sangat banyak di situs web resmi dari Apple, melalui obrolan langsung, atau menjadwalkan janji di Apple Store Genius Bar.

Ponsel iPhone juga didukung integrasi layanan cadangan data seperti iCloud atau iTunses yang mudah digunakan. Jadi, jika lupa password iPhone perlu di reset dan bisa mengembalikan datanya dari kedua layanan tersebut.

Google tidak menyediakan hubungan langsung untuk layanan pelanggannya, terkecuali ponsel yang berlabel Google Pixel. Untuk ponsel Android lainnya, harus melalui operator atau pembuat ponsel, dan tingkat layanannya juga tidak sama.

Itulah tadi 10 kelebihan iPhone dibandingkan saingan beratnya Android yang selama beberapa tahun ini sangat gencar menginkatkan perangkat hardware dan sofwarenya untuk memanjakan pengguna dalam hal mobilitas, produktifitas, dan hiburan.

One thought on “Kelebihan iPhone Dibanding Android Secara Keseluruhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *