Kelebihan Android Nougat Dibandingkan dengan Versi Android Lama

Kelebihan Android Nougat yang jauh lebih canggih dan simpel.

Google membuat beberapa keputusan yang sangat baik dalam pengembangan fitur ponsel pintar yang kita bisa rasakan di Android Nougat. Banyak kelebihan Android Nougat yang dikemas pada fitur-fitur terbaru yang lebih canggih dan nyaman agar produktivitas sehari-hari kita semakin meningkat.

Secara keeluruhan, sistem Android Nougat jauh lebih baik dibandingkan dengan versi-versi Android sebelumnya. Kamu bisa menikmati fitur-fitur Androi terbaru yang sangat bermanfaat. Yang mana, pembaharuan beberapa fitur pada versi Android ini adalah meningkatkan fitur yang ada pada Android Marshmallow. Mulai dari penghematan waktu dalam menggunakan fitur atau higga memperluasan opsi agar penggunaan sistem Android sehari-hari semakin lebih nyaman dan menyenangkan.

Tampilan home screen versi Android Nougat.

Inilah 13 Fitur yang Jadi Kelebihan Android Nougat

Supaya pengalaman kamu dalam menggunakan Android Nougat lebih maksimal, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur terbaru atau yang sudah lebih canggih dibandingkan semua versi Android sebelumnya. Punya hape Android Nougat atau masih pengen beli, kamu perlu ketahui fitur-fitur terbaru yang akan kita bahas satu per satu di bawah. Langsung saja kita gali fitur canggih Android Nougat kamu.

Fitur Kuci Layar Wallpaper

Kunci layar wallpaper pada Android Nougat.Jika kamu juga pengguna iOS, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur kunci layar wallpaper. Kamu bisa menyesuaikan wallpaper yang tampil pada kunci layar ponsel Android kamu sebagai layar beranda. Ini adalah kelebihan Android Nougat yang belum pernah ada pada versi Android yang lebih tua. Memang sebelumnya ada aplikasi pihak ketiga yang menambahkan fitur seperti ini. Tapi sekarang sudah menjadi fitur bawaan Android Nougat.

Ketika kamu ingin mengubah wallpaper ponsel kamu, kamu akan disajikan opsi untuk menggunakan wallpaper untuk home screen saja, kunci layar saja, atau keduanya. Setelah sekian lama Android berevolusi, fitur bawaan seperti ini baru bisa didapatkan di Android Nougat.

Lebih Cepat Beralih antar Aplikasi

Tombol Quick Switch (Beralih ke aplikasi lain dengan cepat) pada Android Nougat.Kelebihan Android Nougat yang tak kalah pentingya adalah fitur tombol Recents yang lebih bagus. sentuh dua kali tombol tersebut, maka kamu akan langsung berpindah ke tampilan aplikasi yang kamu gunakan sebelumnya. Cara ini adalah adalah cara cepat untuk berpindah bolak-balik antar dua aplikasi jika kamu ingin multitasking dengan layar penuh. Jika kamu sentuh tombol Recents dua kali di layar Home, kamu bisa langsung ke aplikasi terakhir yang kamu buka.

Mode Layar Terpisah

Tampilan mode layar terpisah pada Android Nougat.Beberapa ponsel keluaran Samsung terbaru sudah dilengkapi dengan fitur untuk menampilkan mode layar terpisah. Tapi secara bawaan, fitur ini ditanamkan pada rilis pertama Android Nougat. Artinya, Android semakin tak kalah canggihnya dengan sistem operasi kawakan lain karena Google mampu menciptakan solusi yang lebih canggih dan elegan. Jika kamu sentuh dan tahan tombol kotak yang terletak di bawah bagian tengah layar, kamu bisa memilih aplikasi lain agar terbuka pada layar tanpa harus menutup layar aplikasi yang sebelumnya terbuka. Istilahnya berbagi layar dengan aplikasi lain.

Selain itu, kamu juga bisa membukan dua jendela browser Chrome secara bersamaan. Fitur ini merupakan penguat nilai produktivitas sistem Android yang paling tinggi dan juga paling dinantikan para pengguna Android. Denga fitur mode layar terpisah, kamu bisa melakukan dua aktifitas bergantian dengan layar yang terbuka untuk masing-masing aktifitas tersebut. Baca juga cara main game Android di PC.

Multitasking Lebih Bagus dan Menyenangkan

Fiturmultitasking pada Android Nougat lebih menyenangkan.Fitur multitasking yang terdapat pada Android Nougat mirip dengan yang ada pada versi Android Marshmallow. Namun, Google telah membuat beberapa kelebihan Android Nougat dibandingkan OS sebelumnya dari segi fitur multitasking yang lebih menyenangkan untuk digunakan. Saat kamu menyentuh tombol tengah bulat, kamu bisa melihat aplikasi yang sedang kamu gunakan ditampilkan di bagian bawah. Sehingga kamu bisa melihat aplikasi yang sebelumnya digulir keluar atau ditampilkan dengan susunan jendela dengan lebih nyaman.

Selain itu, Google juga menambahkan opsi “clear all” agar kamu bisa menyingkirkan aplikasi lain dari daftar aplikasi terbuka. Opsi ini sangat membantu mengurangi ketidaknyamanan karena aplikasi yang sebelumnya kamu gunakan bisa mengisi menu multitasking lebih cepat.

Semua Notifikasi Lebih menyatu

Semua notifikasi pada Android nougat lebih menyatu dan lebih cepat untuk dinavigasi.Jika kita menggunakan ponsel Android yang menggunakan sistem Android versi lama, kita pasti sering mendapatkan notifikasi terlalu banyak. Salah satu kelebihan Android Nougat juga terletak dalam menangani notifikasi. Versi Android yang satu ini menggabungkan notifikasi atau pemberitahuan dari SMS dan aplikasi lain menjadi satu. Sehingga kita mudah melihat notifikasi. Fitur ini terletak pada bilah pemberitahuan di bagian atas layar dengan ikon notifikasi yang tidak rame seperti pada beberapa versi Android sebelumnya.

Pengembang Android melakukan sedikit perubahan struktur pemograman untuk fitur ini. Jadi, pada saat Android Nougat belum banyak beredar, mungkin banyak aplikasi Android yang belum kompatible dengan sistem notifikasi pada versi Android Nougat. Akan tetapi, seperti yang sudah biasa terjadi, aplikasi-aplikasi yang lain juga akan dikembangkan agar beradaptasi dengan sistem Android terbaru. Desain fitur notifikasi ini terlihat lebih bersih dan dengan warna yang halus dan disertai dengan fitur tombol balas cepat. Jadi, mengelola notifikasi yang berupa messaging bisa langsung dibalas.

Fitur Balas Cepat

Fitur balasan SMS atau chatting pada Android Nougat langsung di notifikasi.Seperti yang dijelaskan pada fitur sebelumnya, fitur balas cepat (inline reply) ini membantu kita agar bisa mengirim balasan dengan cepat. Jadi tidak perlu membuka aplikasinya terlebih dahulu. Salah satu keunggulan Android Nougat yang belum ada pada beberapa versi Android yang lebih tua. Penghematan waktu dalam mengirim balasan merupakan nilai produktifitas yang sangat bagus sekali.

Fitur ini bukan hanya mendukung balasan cepat, tetapi juga disediakan dengan beberapa opsi merespon yang bisa kamu pilih. kamu bisa melompat langsung ke navigasi peta atau menunda pesan. Jika pembuat aplikasi Android lebih lagi mengeksplorasi fitur ini, mungkin kamu akan bisa melihat opsi yang lebih banyak dalam hal in-line reply.

Fitur Mode Penghemat Data

Fitur mode penghemat data pada sistem Android Nougat.Jika kamu perlu mengurangi penggunaan data untuk beberapa hari ke depan, Android Nougat dilengkapi dengan mode penghemat data yang sangat mudah digunakan. Tinggal mengaktifkan fitur mode penghemat data. Fitur ini juga sekaligus mengurangi penggunaan background apps yang sedang tidak kamu perlukan.

Selain itu, Android juga akan mencoba dan mengurangi aplikasi yang berjalan yang tidak kamu gunakan. Fitur penghemat penggunaan data internet ini dibuat agar kamu tidak perlu repot-repot sibuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi tertentu yang sering berjalan secara otomatis seperti pada beberapa versi Android sebelumnya.

Tidak Ada Lagi Gangguan Layar pada Saat Sistem Android sedang Upgrade

Selamat tinggal intrupsi layar pada saat sistem Android sedang ugrade.Salah satu kondisi yang paling membosankan dari Android adalah terganggunya tampilan layar pada saat sistem Android sedang upgrade. Sementara, kelebihan Android Nougat dalam menangani upgrade sistem adalah tetap menampilkan layar yang bisa dipergunakan walaupun sistemnya lagi dalam proses memperbaharui atau upgrading. Proses upgrade sistem Android memakan waktu yang lumayan lama, tergantung seberapa besar data yang diproses dalam upgrade. Hal ini juga terjadi pada versi Android sebelumnya, yaitu Marshmallow. Tentu hal menunggu bisa menjadi hal yan gmembosankan.

Nah, berkat pengembangan sistem Android pada Nougat, proses upgrade sistem jauh lebih cepat dan kamu tidak perlu terganggu dengan layar mode upgrade. Karena Android Nougat telah sudah menggunakan kompiler JIT terbaru.

Pengaturan Cepat yang Lebih Bagus

Pengaturan cepat Android Nougat jauh lebih baii dari versi Android sebelumnya.Kelebihan Android Nougat berikutnya terletak pada fitur pengaturan cepat (Quick Settings). Kita sering menggunakan pengaturan cepat untuk menyalakan Wi-Fi atau kebutuhan dadakan lainnya seperti menyalakan lampu senter. Jadi, kamu bisa mengakses pengaturan cepat pada perangkat Android Nougat hanya dengan dua sentuhan jari. Fitur ini juga bisa diseting sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk menyeting pengaturan cepat di Android Nougat, tinggal sentuh tombol Edit di bagian bawah dan kamu perlu menyeret ikon yang kamu inginkan untuk memposisikannya ke dalam daftar pengaturan cepat sesuka kamu.

Fitur pengaturan cepat di ANdroid Nougat lebih bagus dari versi Android sebelumnya. Fitur pengaturan cepat ini juga mendukung tombol aplikasi yang sering kamu gunakan pada saat kondisi dadakan.

Lebih Mudah Menggunakan Pengaturan

Menggunakan fitur pengaturan pada Android Nougat jauh lebih mudah.Jika kita perhatikan opsi pengaturan pada OS jenis lain, semakin trebaru versi OS nya, maka semakin rumit juga menggunakan pengaturannya. Nah, kelebihan Android Nougat juga terdapat pada pengaturan berkat penyegaran yang dilakukan oleh Google khusus untuk pengaturan.

Menu geser yang ada di sebelah kiri menampilkan area pengaturan yang teratur. Selain itu, ada juga tombol Pengaturan Home. Intinya, lebih mudah menemukan opsi pengaturan pada Android Nougat dibandingkan pada versi Android sebelumnya.

Tombol Cancel Download

Android Nougat dilengkapi dengan tombol pembatalan download.Sayangnya, internet di Indonesia belum bisa dinikmati dengan kecepatan tinggi. Bahkan di kota-kota besar sekalipun, internetnya kadang masih mau lelet. Hal seperti ini kadang-kadang terjadi ketika kita sedang mendownload aplikasi atau file dengan ukuran besar. Tentu proses download akan sulit diselesaikan karena pada umumnya kualitas jaringan di Indonesia masih belum bagus. Kecuali kamu berada di lokasi yang dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi dengan kecepatan super cepat. Nah, pada versi Android sebelumnya proses mendownload yang lelet tidak mudah untuk dicancel, karena belum ada fitur cancel download. Kelebihan Android Nougat bisa cancel downlod hanya dengan menyentuh tombol cancel tepat di bawah bar proses download.

Emoji Lebih Keren

Emoji pada Android Nougat terlihat lebih keren.Kamu bisa melihat enam lusin emoji dengan bentuk terbaru guna membuat chatting terkesan lebih hidup pada hp Android Nougat. Hal ini merupakan suatu keunggulan Android Nougat karena bukan hanya menambah jumlah emoji, tapi kualitas emoji pada Android Nougat juga lebih berkualitas. Emoji pada perangkat Nougat adalah emoji Unicode 9 dengan variasi warna kulit dan glyph yang terlihat lebih manusiawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *