Kartu VGA Terbaik untuk Gaming Berdasarkan Kelas Grafis dan Kinerja

Kartu VGA terbaik berdasarkan keunggulan grafis dan kinerjanya.

Walaupun Nvidia RTX 2070 akan diluncurkan dibulan Oktober 2018, kartu VGA terbaik masih Nvidia GeForce GTX 1070 jika dilihat berdasarkan keseimbangan antara kinerja, harga dan kekuatannya. Jika harga tidak menjadi masalah buat kamu dan kamu memiliki monitor PC 4K, kartu VGA GeForce RTX 2080 Ti bisa dijadikan pilihan utama. Dilihat dari sudut pandng lain, Nvidia GeForce GTX 1050 3GB mengungguli AMD Radeon RX 560 berdasarkan kinerja dengan harga dengan resolusi grafis 1080p untuk memainkan game favorit kamu. Meskipun harganya lebih mahal sekitar 150 ribu rupiah GeForce jauh lebih cepat. Di bawah adalah daftar lengkap rekomendasi kartu VGA terbaik berdasarkan keunggulannya masing-masing.

Update Info VGA Cart Terbaru

Nvidia mengumumkan bahwa produk kartu grafis GeForce RTX 2070 akan dirilis pada tanggal 17 Oktober mendatang dengan kartu Founders Edition yang dijual dengan harga sekitar 9 juta rupiah, dan harga kartu custom mulai dari 7,4 juta rupiah. Tentunya kita ingin tahu bagaimana kinerja kartu grafis ini. Tetapi mengingat harganya, kemungkinan penjualannya susah menyaingi kartu grafis GTX 1080 generasi sebelumnya. Dan mengingat hardware RTX yang diperciut (45 “RTX-OPS” versus 60 pada RTX 2080), kemungkinan besar RTX 2070 memilik igrafis yang kurang memuaskan.

Tips Memilih Kartu VGA Terbaik

Ada beberapa hal untuk kamu pertimbangkan jika ingin memilih kartu VGA terbaik dengan spesifikasi yang yang sesuai dengan gaming kamu di PC. Mari kita simak bagaimana seharusnya memilih kartu VGA terbaik yang cocok untuk keperluan gaming kamu;

  • Pertama, cari tahu seberapa besar resolusi asli monitor komputer kamu. Hal ini adalah hal yang paling penting diketahui ketika hendak berbelanja kartu grafis. Pada ulasan kartu VGA terbaik ini akan menyebut resolusi monitor yang cocok untuk kartu grafis yang akan direkomendasikan.
  • Kedua, pastikan juga semua komponen komputer kamu memenuhi standard gaming berdasarkan persyaratan minimum produk kartu VGA terkini. Jika kamu ingin meng-upgrade ke kartu Radeon RX Vega 64, AMD menyarankan agar komputer kamu setidaknya dilengkapi dengan power suply berdaya 750W. Periksa kembali untuk memastikan PSU komputer kamu memiliki konektor enam atau delapan pin agar mendukung kartu VGA terbaik pilihan kamu.
  • Kemudian mengenai memory juga sangat penting. Secara umum, disarankan agar setidaknya memiliki kartu RAM berkapasitas 4GB untuk 1920×1080 dan 2560×1440 pada pengaturan kualitas tertinggi, dan RAM 8GB untuk bermain game 4K.
  • Jika monitor PC kamu memakai teknologi refresh variabel FreeSync AMD, Kamu memerlukan kartu Radeon untuk mengaktifkannya. Demikian juga dengan tampilan grafis yang mendukung G-Sync harus dipasangkan dengan kartu GeForce agar fitur tersebut dapat berfungsi.

Baca juga: Cara mempercepat kinerja Windows 10.

Kartu Grafis Terbaik dengan Anggaran Murah – Nvidia Geforce GTX 1050 3GB

Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050 3GB merupakan keluaran kartu peningkatan dari versi 2GB. Menawarkan kinerja yang standar di kelas 1920×1080 asalkan kamu bersedia untuk kualitas grafis segitu. Kartu VGA 3GB ini waktu baru muncul dijual dengan harga lebih mahal 150 ribu-an dibandingkan harga Radeon RX 560. Dengan kinerja yang lebih konsisten, tentu sedikit lebih mahal tidak terlalu masalah untuk upgrade ke kartu GeForce GTX 1050 3GB.

Kelebihan

  • Secara keseluruhan lebih cepat dari GeForce GTX 1050 2GB dan Radeon RX 560.
  • Tidak membutuhkan daya tambahan.
  • Performa resolusi 1080p dengan pengaturan detail yang dikurangi.

Kekurangan

  • Kalah dengan GeForce GTX 1050 2GB dari segi beban kinnerja.
  • Arus 12V slot PCIe bisa melebihi spesifikasi PCI-SIG.
  • Harganya masih lebih tinggi dari kartu grafis dengan spesifikasi sekelasnya.

Terbaik untuk Layar FHD – AMD Radeon RX 580 8GB

Kartu grafis Radeon RX 580 berlandaskan Polaris 10 GPU yang sama dengan Radeon RX 480 yang lebih dulu dipasarkan. AMD hanya khusus meningkatkan clock rate meningkatkan kinerja dibandingkan pendahulunya. Meskipun mampu menghasilkan grafis FHD dengan kapasitas 8GB, ada juga efek sampingnya. Yaitu boros listrik. Namun, secara keseluruhan Radeon RX 580 mengalahkan GeForce GTX 1060 6GB dengan harga kurang lebih sama. Kartu VGA ini untggul pada game DirectX 12.

Kelebihan

  • Berjalan mulus pada frame rate 1920×1080 dengan pengaturan grafis kualitas terbaik.
  • Konsumsi daya rendah pada beberapa monitor yang terpasang untuk pemutaran video.
  • Model yang 4GB lebih murah daripada versi yang 8GB dan masih mendukung banyak game kelas FHD.

Kekurangan

  • Lebih boros listrik jika dibandingkan dengan GeForce GTX 1060 6GB.
  • Harga justru lebih tinggi dibandingkan harga pada saat Radeon RX 580 baru diluncurkan.

Kartu VGA Cocok untuk QHD – Nvidia GeForce GTX 1070

Nvidia’s GeForce GTX 1070 adalah kartu grafis yang cocok untuk bermain game dengan resolusi 2560×1440 pada komputer. Tidak hanya lebih hemat listrik dibandingkan AMD Radeon RX Vega 56, tetapi lebih hemat juga dari Radeon RX 580. Dengan performa tinggi, temperatur dingin dan bekerja mulus. Kartu grafis ini merupakan terobosan baru pada saat baru diluncurkan di tahun 2016. Satu-satunya yang mungkin jadi keraguan kamu adalah hadirnya kartu VGA generasi terbaru yang jauh lebih handal tentunya.

Kelebihan

  • Performa sangat handal di resolusi 2560×1440 pada pengaturan kualitas grafis terbaik.
  • Titik awal yang bagus untuk penggemar game yang menggunakan headset VR.
  • Dengan daya 150W, hanya membutuhkan satu konektor 8–pin tambahan.

Kekurangan

  • Kemungkinan besar akan diganti dengan keluaran terbaru.
  • Harga lebih tinggi dibandingkan dengan rilisnya di tahun 2016.

Kartu Grafis Terbaik untuk Game VR – Nvidia GeForce GTX 1080

Kartu grafis terbaik untuk game VRPenggemar game komputer yang menggunakan headset VR harus mencapai titik kinerja tertentu agar kualitas grafiknya terasa nyata. GeForce GTX 1080 tergolong handal untuk mengikuti refresh rate 90 Hz modern HMD. Selain itu, kartu VGA terbaik untuk VR ini mencakup sejumlah fitur yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi rendering lingkungan VR. Meskipun harganya jatuh masih di kisaran 8,5 juta, perlu diingat juga bahwa kartu VGA GeForce GTX 1080 pernah dijual seharga 10 jutaan.

Kelebihan

  • Sarat dengan fitur untuk meningkatkan kinerja game VR.
  • Frame rate lebih tinggi dari GeForce GTX 1070 pada resolusi 2560×1440.
  • Dengna daya 180W, maka bisa dibilang jauh lebih hemat listrik dibandingkan kompetitornya.
  • Kartu grafis modern yang dijual jauh lebih murah dibandingkan harga pada saat baru dipasarkan.

Kekurangan

  • Tidak cukup cepat untuk game 4K.
  • Desain tua yang mungkin akan diganti dengan kartu grafis generasi terbaru.

Kartu VGA Terbaik untuk Game 4K – Nvidia GeForce RTX 2080 Ti FE

Kartu VGA terbaik secara keseluruhan kinerja.Nvidia’s GeForce RTX 2080 Ti adalah kartu grafis terbaik yang menampilkan rasio tampilan halus pada game 4K dengan setingan detail maksimal. Fitur andalannya belum digunakan dalam game apa pun, tetapi saat fitur tersebut online, arsitektur Turing-nya diharapkan akan lebih bermanfaat.

Kelebihan

  • Performa mulus pada game 4K dengan setingan kualitas terbaik.
  • Kinerja solusi termal yang tinggi dapat membantu mempertahankan GPU Boost clock yang lebih tinggi.
  • Dikemas dengan teknologi masa depan untuk mempercepat game next-gen dengan pelacakan sinar dan dukungan AI.

Kekurangan

  • Harganya masih di atas 17 jutaan yang mana di luar jangkauan kebanyakan gamers.
  • Desain kipas aksial ganda mengalirkan hawa panas kembali ke casing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *