Jenis-Jenis Keyboard Papan Ketik untuk Komputer

Keyboard atau disebut papan ketik merupakan hardware penting untuk komputer yang digunakan untuk memasukkan semua jenis karakter ke dalam sistem. Pada jenis keyboard papan ketik biasa biasas digunakan pada komputer atau laptop, setiap tombol sesuai dengan sebuat karakter atau simbol. Tapi ada juga kombinasi beberapa tombol untuk menghasilkan karakter tertentu.

Saat ini, interpretasi penekanan tombol pada keyboard modern didukung oleh software khusus yang bisa mengatur tata letak tombol-tombol dan perangkat-perangkat teleprinter yang biasa digunakan selama puluhan tahun.

Jenis-jenis Keyboard untuk Perangkat Komputer

Kita bisa menemui berbagai jenis keyboard papan ketik yang dijual di pasaran. Tiap jenis keyboard memiliki kegunaan khusus. Sebagian besar keyboard papan ketik dilengkapi dengan tombol panah, huruf, simbol, dan ada juga yang dilengkapi dengan fitur tambahan seperti tombol multimedia, tombol power, sandaran tangan, dll. Selain untuk mengetik angka, huruf dan simbol, keyboard juga dapat digunakan untuk melakukan operasi khusus seperti pengontrol gaming dan lain sebagainya.

Di bawah ini, kamu bisa melihat jenis-jenis keyboard yang biasa digunakan yang mana beberapa diantaranya mungkin belum kamu ketahui.

1. Keyboard Virtual

Loading...

Munculnya iPad dan teknologi layar sentuh padan ponsel pintar melahirkan jenis keyboard yang baru yang dikenal dengan isstilah keyboard virtual. Dan bisa dibilang bahwa keyboard virtual lah yang paling banyak digunakan di dunia, karena lebih banyak orang yang memiliki ponsel pintar dibandingkan komputer. Keyboard virtual hanya merupakan antarmuka virtual yang memungkinkan pengguna memasukkan simbol dan karakter dengan sentuhan jari tanpa tombol fisik.

Saat ini jenis keyboard ini tidak hanya digunakan di smartphone, tetapi ada juga desktop all-in-one yang memiliki metode input alternatif. Juga banyak digunakan dalam software emulator, contoh sederhananya adalah emulator Android.

Sementara keyboard virtual sekarang paling banyak digunakan, teknologi radikal baru sedang dikembangkan, yang informasinya sedang marak diperbincangkan di berbagai media. Di masa depan, kita akan melihat perangkat augmented reality yang bisa menggantikan keyboard dan mouse standar yang sering kita gunakan saat ini.

2. Keyboard Laptop

Ciri-ciri keyboard laptop memiliki ukuran tombol yang lebih kecil dan jumlah tombolnya lebih sedikit dibandingkan keyboard untuk PC desktop. Keyboard laptop terintegrasi dan tidak memiliki keypad numerik, tetapi umumnya dilengkapi dengan tombol fitur tambahan yang mengontrol volume, kecerahan, tombol power, dll sesuai rancangan pabrikannya. Keyboard laptop memiliki pengaturan keyboard QWERTY universal. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan opsi untuk menambahkan keyboard eksternal di setiap laptop yang disambung melalui port USB atau banyak juga yang bisa melalui koneksi bluetooth.

3. Keyboard Gaming

Industri game adalah salah satu sektor yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini. Bahkan sekarang sudah bisa mendapatkan uang dari main game dan menjadi profesi serius bagi gamer pro yang jumlahnya juga tidak sedikit. Mereka membutuhkan papan keyboard khusus agar bisa gaming dengan kinerja yang lebih tinggi.

Keyboard gaming khusus mirip dengan keyboard standar tapi memiliki beberapa fitur tambahan seperti tombol multimedia, layar LED dan palm rest (sandaran telapak tangan). Tombol berlampu adalah komponen utama dari keyboard gaming.

Biasanya ukuran papan keyboard gaming juga sedikit lebih kecil dan lebih nyaman dibandingkan dengan keyboard PC biasa. Hal tersebut berguna untuk mengurangi kelelahan dan cedera pada pergelangan tangan yang kemungkinan bisa dialami gamer selama bermain game dalam waktu yang cukup lama.

4. Keyboard Fleksibel

Keyboard fleksibel merupakan perpaduan antara papan keyboard standar dan papan keyboard laptop baik dari segi fungsi dan tujuannya. Keyboard fleksibel memiliki ciri khas dengan kedalaman tombol yang lebih dangkal dan jarak serta ukurannya pendek. Jika kamu ingin ponsel atau tablet Android kamu menjadi sebuah workstation yang praktis dan dapat dimasukkan ke tas ukuran kecil untuk dibawa-bawa, kamu bisa menggunakan jenis keyboard fleksibel untuk menyambung keyboard USB ke Android. Ketimbang beli laptop workstation yang harganya mahal, mendingan menggunakan kombinasi ponsel Android dan keyboard fleksibel jika prioritas kamu adalah mengetik dan portable.

Sebagian besar keyboard fleksibel terbuat dari silikon, sehingga tahan terhadap debu dan air serta bisa digulung. Jenis keyboard yang satu ini biasa digunakan oleh wisatawan, travel blogger/vlogger dan business traveller yang menghabiskan banyak waktu di luar ruangan.

Agar berfungsi sebagaimana mestinya, keyboard fleksibel sebaiknya diletakkan pada permukaan yang keras dan datar. Selain itu, kabel USB standar diperlukan agar membuat koneksi dengan sistem lebih lancar. Perlu diketahui bahwa keyboard ini hanya bisa digulung jika kamu ingin menyimpannya. Karena jika dilipat dapat merusak kabel dan sirkui elektronik internalnya.

5. Keyboard Thumb

Keyboard thumb biasanya ditemukan di PC genggam, ponsel dan perangkat sejenisnya yang tidak dilengkapi dengan keyboard internal dan ukurannya terbatas. Jenis keyboard ini memiliki lebih sedikit tombol dibandingkan dengan papan keyboard PC biasa. Memerlukan tekanan lebih keras untuk dapat menghasilkan simbol dan karakter tertentu ke sistem. Dinamai dengan keyboard thumb karena dikhususkan untuk mengetik dengan dedua jari jempol tangan.

Keypad angka pada jenis keyboard thumb hanya mengakomodasi simbol matematika dan karakter numerik (0-9) untuk melakukan penambahan, pengurangan dan operasi aritmatika lainnya.

Jika keypad numerik pada umumnya terintegrasi dan biasanya terletak di sebelah kanan keyboard komputer standar, keypad numerik pada keyboard thumb terpisah dan digunakan dalam berbagai pekerjaan entri data.

6. Keyboard Membran

Keyboard membran adalah papan keyboard komputer yang unik, menggunakan bantalan tekanan sebagai ganti tombol yang ditemukan pada keyboard biasa. Tidak seperti jeis keyboard biasa, keyboard membran memiliki simbol dan karakter yang dicetak pada permukaan datar dan fleksibel yang disebut dengan membran. Ketika area yang ditandai ditekan, sinyal listrik melewati membran ke papan sirkuit untuk memasukkan perintah ke sistem operasi yang digunakan.

Harganya jgua lebih murah dan tahan kotoran yang membuatnya menonjol pada tahun 1980-an. Akna tetapi, akurasi pengetikan dengan keyboard membran yang kurang bagus dikarenakan tidak ada umpan balik sentuhan. Jenis keyboard ini tidak cocok untuk gaming.

7. Keyboard Chiclet

Dinamai keyboard chiclet karena permen karet asal Amerika yang populer. Jenis keyboard yang satu ini hanya memiliki sedikit tombol yang lebih tinggi dan ukurannay kecil dengan permukaan tombol lengkung yang arahnya berlawanan dengan lengkung yang terdapat pada tombol keyboard biasa.

Kinerja Keyboard Chiclet tidak baik karena rilis komersial pertamanya di awal 1980-an mendapat banyak dikritikan karena papan keyboard dan tombolnya yang kurang nyaman digunakan. Tapi sekarang malah jauh lebih populer.

Teknologi yang digunakan pada keyboard chiclet beragam tergantung jenis perangkatnya. Pada beberapa keyboard chiclet, tombol melekat pada membran dengan jarak tekanan rendah, sementara yang lain ada yang tombol-tombolnya diintegrasikan ke dalam membran yang berubah bentuk setelah menyelesaikan kontak dengan listrik.

Saat ini, keyboard chiclet digunakan dalam berbagai sistem termasuk komputer pribadi, kendali jarak jauh dan kalkulator. Beberapa versi MacBook dan Chromebook saat ini juga menggunakan jenis keyboard ini.

8. Keyboard Ergonomis

Keyboard ergonomis dirancang khusus untuk orang-orang yang memiliki masalah seperti nyeri otot, nyeri punggung dan yang cedera di sekitar pergelangan tangan, yang diderita karena menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Keyboard ergonomis secara khas memiliki desain berbentuk V yang memungkinkan kedua tangan tetap pada posisi alami saat mengetik. Keyboard ergonomis memiliki beberapa jenis termasuk keyboard split dan handheld.

Fixed-split keyboard adalah salah satu variasi keyboard split. Semua tombol fixed-split keyboard dibagi menjadi beberapa kelompok dan diposisikan pada sudut yang berbeda, sehingga pengguna lebih fleksibel. Jenis lain dari keyboard ini adalah papan keyboard yang dapat disesuaikan dan dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Bentuknya juga bermacam-macam disesuaikan dengan kenyamanan pengguna dalam penggunaan tertentu.

Jenis keyboard ergonomis yang lain dan lebih populer adalah keyboard genggam (handheld). Keyboard genggam memiliki desain yang nyaman dengan bentuk mirip game controller. Mentuknya memungkinkan pengguna untuk bebas duduk dengan posisi apa pun saat bekerja.

Jenis lain dari keyboard ergonomis ada keyboard split angle dan keyboard ergonomis keyless.

9. Keyboard Chorded

Pernahkah kamu memainkan chord (akor) pada piano atau gitar? Nah, hal tersebut kurang lebih hampir sama dengan jenis keyboard yang satu ini. Keyboard chorded memungkinkan pengguna untuk memasukkan karakter ke dalam sistem dengan jumlah tombol yang terbatas. Yang harus kamu lakukan adalah memasukkan kombinasi tertentu untuk menghasilkan karakter yang diinginkan. Keyboard ini hanya dapat digunakan dengan satu tangan saja.

Karena ukuran papan keyboard chorded kecil, jadi dapat dengan mudah digunakan pada area compact di mana keyboard berukuran biasa tidak bisa. Tidak seperti jenis keyboard lainnya, keyboard chorded tidak sukses atau jarang dipasarkan secara komersial saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *