Daftar 10 Terbaik Jenis Burung yang Bisa Bicara Terpintar di Dunia

Tombol berbagi:

Apa reaksi kamu ketika melihat seekor burung peliharaan yang imut meniru suara kamu? Pasti kagum! Betul tidak? Ada sejumlah spesies burung kakatua seperti burung Kakatua Abu-Abu Afrika, Kasturi, Amazon Kuning yang sejauh ini diketahui mampu memahami bahasa manusia jika dilatih dengan baik. Berikut ini adalah daftar 10 terbaik di dunia dari jenis burung yang bisa bicara. Wajib dibaca juga; jenis burung tercantik di dunia.

1. Kakatua Abu-abu Afrika

Kakatua Abu-abu Afrika adalah burung yang bisa bicara terpintar di dunia.

Sumber gambar: Pixabay

Burung Kakatua Abu-abu Afrika dianggap sebagai burung yang bisa bicara terpintar dan juga jenis burung paling cerdas di dunia. Tempat tinggal aslinya adalah hutan hujan di Afrika Barat dan Tengah. Burung kakatua abu-abu Afrika dikenal karena mampu memahami sekaligus meniru ucapan manusia. Seperti burung yang bisa bicara lainnya, burung ini juga cenderung taat atau akrab pada satu orang saja.

Hubungan atara seekor burung kakatua abu-abu Afrika dengan pemilikny adalah faktor yang paling penting untuk membentuk kemampuan berbicaranya. Memelihara burung ini sambil mengajarinya akan membantu mempercepat kemampuannya untuk bisa ngomong lebih cepat. Burung kakatua asal Afrika ini juga mempelajari berbagai jenis suara di sekitarnya. Burung ini cukup cerdas meniru berbagai suara untuk mengelabui hewan predator.

2. Burung Kesturi

Burung kesturi adalah burung yang pintar ngomong dan juga bersosial.

Sumber gambar: Pixabay

Burung Kesturi atau burung parkit peliharaan merupakan burung yang bisa bicara asli berasal dari Australia. Burung yang bersosial dan cerdas ini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengembangkan kosakata. Yang lebih mengejutkan lagi, burung kesturi juga memegang rekor Guinness pada tahun 1995. Spesies burung yang luar biasa ini telah mengembangkan kosakata lebih dari 1728 kata. Tidak semua burung dari spesies ini mampu mengembangkan kosa kata sampai sebanyak itu. Akan tetapi, beberapa spesies dapat belajar sekitar 300-500 kata dan juga kalimat.

Jenis Kesturi memiliki kecenderungan untuk meniru kata-kata yang berulang kali digunakan oleh tuannya. Pada saat yang sama, ketika dua atau lebih burung kesturi sedang bersama, mereka tidak akan mendengarkan tuannya. Karena, dalam situasi seperti ini burung kesturi lebih memberi perhatian dan menghabiskan waktu dengan kerturi lainnya. Burung kesturi jantan dan betina laki-laki sama-sama mampu meniru ucapan manusia. Tetapi kesturi jantan tampaknya lebih pintar ngomong banyak kata dengan nada yang lebih tepat ketimbang kesturi betina.

3. Nuri Amazon Tengkuk Kuning

Burung Nuri Amazon Tengkuk Kuning

Burung yang bisa bicara lainnya adalah jenis Nuri Amazon. Tapi tidak semua keluarga nuri amazon bisa bicara. Yang paling cerdas meniru suara adalah Nuri Amazon tengkuk kuning. Spesies ini dikenal karena mereka mengkontekstualisasikan (yang berhubungan dengan situasi) ucapan manusia. Burung Nuri Amazon tengkuk kuning memiliki kemampuan yang baik dalam menghafal berbagai macam kata dan menirunya dengan kualitas yang sangat baik.

Jenis Nuri Amazon yang satu ini juga sudah mulai ngomong sejak usianya masih sangat muda. Burung ini belajar meniru kata-kata dan kalimat tuannya. Seperti kebanyakan jenis kakatua biasanya, burung ini terikat hanya dengan satu tuan. Jadi, interaksi antara pemilik dan hewan peliharaan ini adalah faktor paling penting yang menentukan kemampuan berbicaranya. Nuri Amazon tengkuk kuning juga pintar mengulang lagu yang didengar di sekitarnya.

4. Nuri Bayan

Burung Nuri Bayan adalah jenis burung yang pintar bicara.

Sumber gambar: Wikiwand.com

Burung Nuri Bayan adalah jenis burung yang asli berasar dari kepulauan Papua Nugini dan dikenal karena kejelasan pengucapan kosakata dalam berbicara. Jenis Nuri ini Eclectus dapat menyalin sebagian besar kata-kata yang didengar di sekitarnya, dan menirukannya dalam kualitas yang sangat baik. Jika dilatih dengan benarbahkan mampu menyanyikan sebuah lagu seutuhnya.

Nuri Bayan mampu meniru ucapan manusia dan suara menarik lain dari sekitarnya. Dengan kemampuan tersebut, burung yang bisa bicara ini bahkan bisa menipu tuannya sendiri. Burung Nuri Bayan mau mengulangi kata-kata yang dipelajari ketika situasinya tepat. Nuri Bayan jantan dan betina juga sama-sama bisa membuat kicauan merdu.

5. Parkit Leher Cincin India

Burung Parkit Cincin Leher India

Sumber gambar: Pixabay

Burung parkit cincin India adalah salah satu burung yang bisa bicara yang populasinya bertumbuh sangat baik. Burung beo ini bisa belajar sekitar 200-250 kata. Kemampuan burung parkit ini dalam meniru suara manusia juga berbeda dibandingkan dengan burung beo lainnya. Kemampuannya ngomong tergantung seberapa sering berinteraksi dengan tuannya.

Biasanya, burung parkit ini mencoba untuk meniru suara manusia di sekitarnya. Bisa juga meniru kata-kata dengan mendengarkan musik. Kualitas kemampuan burung parkit ini dalam meniru ucapan manusia juga luar biasa.

6. Parkit Monk

Burung Parkit Monk pintar Bicara

Sumber gambar: Pixabay

Burung Parkit Monk juga dikenal dengan nama burung beo quaker. Jenis parkit ini ditemukan di Eropa, Amerika Selatan dan Amerika Utara. Seperti burung yang bisa bicara lainnya, parkit monk juga membutuhkan perawatan dan pelatihan yang tepat agar bisa meniru suara manusia. Burung parkit monk belajar dan meniru kata-kata yang terdengar berulang kali dari pelatihnya.

Burung parkit monk yang disosialisasikan dengan baik juga dapat menggunakan kata-kata yang dipelajarinyapada waktu dan situasi yang benar. Burung ini akan lebih cepat pintar bicara jika pelatih melatihnya dengan kasih sayang yang dibarengi dengan kata-kata pada saat melatih. Burung sosial ini juga meniru suara lain yang didengar di sekitarnya.

7. Burung Beo

Burung Beo adalah spesies jalak yang bisa bicara.Burung Beo adalah salah satu burung yang bisa bicara terbaik dan ditemukan di Asia Tenggara. Burung yang satu ini sangat dikenal di Indonesia karena kemampuannya dalam meniru suara manusia dengan nada yang tepat. Burung beo juga bisa bersuara berbagai nada peluit, ratapan dan bahkan jeritan.

Di India, ada dua jenis burung beo, yaitu beo besar dan beo umum dan keduanya adalah spesies beo yang terdapat di pegunungan Myna. Itu sebabnya burung ini disebut Hill Myna dalam bahasa Inggris. Kedua spesies tersebut memiliki kemampuan berbicara lebih baik dibandingkan jenis beo lainnya. Burung beo bisa meniru ucapan manusia dengan nada dan kualitas yang hampir sama. Beberapa spesies beo yang lain seperti Beo Selatan juga memiliki kemampuan berbicara. Namun, beo selatan berbicara tidak begitu jelas seperti Hill Myna yang besar atau beo biasa.

8. Burung Kakatua

Burung kakatua pintar ngomong.Burung Kakatua adalah burung yang tingkahnya sangat lucu. Jika dibiarkan bermain dengan benda-benda kecil seperti mainan anak-anak juga sama seperti anak-anak yang suka mengacak-acak mainan. Selain itu, burung yang pintar bicara ini juga termasuk burung yang sangat bersosial dengan bisa berbicara sangat baik.

Kakatua dapat meniru berbagai macam suara. Tetapi kemampuan berbicaranya mereka sangat bergantung pada kualitas pelatihannya. Ada berbagai jenis kakaktua di dunia. Di antaranya yang paling pintar ngomong adalah kakaktua dada mawar, kakaktua jambul kuning, dan kakatua paruh panjang.

Kakatua membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya untuk belajar berbicara. Burung ini memiliki kecenderungan untuk meniru kata-kata yang diulang oleh pelatihnya secara teratur.

Kakatua mampu dengan mudah meniru kata-kata yang terkait dengan aktivitasnya. Perubahan nada yang signifikan akan membuat burung kakatua kesulitan dalam belajar. Burung ini tidak akan mempelajari setiap kata yang dilatih dengan mudah. Akan tetapi, akan meniru dengan cara yang benar melalui pelatihan yang tepat juga.

9. Nuri Amazon Mahkota Kuning

Burung Nuri Amazon pintar ngomong dan bisa meniru nyanyian lagu.

Sumber gambar: Avesexoticas.org

Burung nuri amazon mahkota kuning juga lucu dan penuh kasih sayang. Burung ini ditemukan di hutan hujan Amerika Selatan dan Utara. Spesies Nuri Amazon yang satu ini adalah burung yang bisa bicara dengan kemampuan meniru suara sangat baik. Beberapa spesies Nuri Amazon bisa meniru suara manusia dengan baik. Sementara, keluarga Nuri Amazon lainnya tidak bisa berbicara.

Kemampuan berbicara Nuri Amazon Mahkota Kuning tergantung berbagai faktor, seperti lingkungan tempat tinggalnya dan frekuensi interaksi dengan manusia. Hal lain yang dikenal dari Nuri Amazon adalah suaranya yang keras. Burung ini juga mampu hidup dengan umur yang cukup panjang,  bisa lebih dari 60 tahun.

10. Nuri Amazon Blue Front

Burung Nuri Amazon Blue Front

Sumber gambar: Pixabay

Burung Nuri Amazon Blue Front adalah hewan peliharaan yang paling terkenal diantara jenis burung asli Amerika Selatan. Burung yang bisa bicara ini cukup cantik dan diberi nama dengan tanda biru yang khas di kepala. Butuh waktu untuk melatih burung nuri amazon ini agar bisa bicara.

Nuri amazon blue front juga terikat hanya dengan hanya satu orang saja. Burung ini bisa meniru suara manusia hanya jika disosialisasikan dengan benar. Menariknya, burung ini juga dapat berbicara berjam-jam jika dilatih dengan baik. Nuri Amazon blue front juga dikenal karena kicauannya yang merdu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *